Senin, 20 November 2023

Materi Ajar: Senin, 20 November 2023

 Hari/ Tanggal : Senin, 20 November 2023

Kelas: IV A

 BAHASA INDONESIA     

Bab : 4. Meliuk dan Menerjang

Materi : MAJAS

CP    : 

1. Menyimak

·         Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

2. Membaca dan Memirsa

·         Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informasi dan mampu menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

3. Berbicara dan Mempresentasikan

·         Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh (gestur) yang santun; menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks; serta mengajukan dan menanggapi pertanyaan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan lebih aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan menerapkan tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beragam.

4. Menulis

·         Peserta didik mampu menulis teks narasi, deskripsi, rekon, prosedur, dan eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam serta informasi yang lebih terperinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik makin terampil menulis tegak bersambung.


MATEMATIKA

Bab : FPB

CP    :

Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya, 1/2,1/3, 1/4) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya 2/8, 4/8, 7/8). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

IPAS

Capaian Pembelajaran 

1.  Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia  (panca indra)

2.   Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup

3. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup


 
Apa kabar anak-anak bu Tutik hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 


MATEMATIKA 

FPB
SILAKAN TONTON DAN SIMAK VIDEO BERIKUT!


Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)

Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari dua atau lebih bilangan adalah faktor persekutuan dari bilangan-bilangan yang terbesar.

Langkah mencari FPB dari dua bilangan

  1. Tentukan faktorisasi prima dari kedua bilangan dengan menggunakan pohon faktor
  2. Faktor prima yang sama dengan pangkat terkecil

Contoh:
Tentukan FPB dari 4 dan 8

Pembahasan:

Faktorisasi prima 4 = 2 x 2 = 22
Faktorisasi prima 8 = 2 x 2 x 2 = 23
Jadi FPB dari 4 dan 8 adalah 22

Menentukan FPB dari Dua Bilangan

Bagaimana anak hebat, apakah ananda sudah paham tentang FPB? Semoga ananda sudah memahaminya. Supaya ananda lebih memahaminya, kerjakan soal latihan berikut ini ya!

1). 12 dan 16

Pembahasan:

Faktorisasi prima 12 = 2 x 2 x 3 = 22 x 3
Faktorisasi prima 16 = 2 x 2 x 2 x 2 = 24
Jadi FPB dari 12 dan 16 adalah 22 = 4

2). 15 dan 18

Pembahasan:

Faktorisasi prima 15 = 3 x 5
Faktorisasi prima 18 = 2 x 3 x 3 = 2 x 32
Jadi FPB dari 15 dan 18 adalah 3

3). 18 dan 20

Pembahasan:

Faktorisasi prima 18 = 2 x 3 x 3 = 2 x 32
Faktorisasi prima 20 = 2 x 2 x 5 = 22 x 5
Jadi FPB dari 18 dan 20 adalah 2

4). 20 dan 36

Pembahasan:

Faktorisasi prima 20 = 2 x 2 x 5 = 22 x 5
Faktorisasi prima 36 = 2 x 2 x 3 x 3 = 22 x 32
Jadi FPB dari 20 dan 36 adalah 22 = 4

5). 24 dan 28

Pembahasan:

Faktorisasi prima 24 = 2 x 2 x 2 x 3 = 23 x 3
Faktorisasi prima 28 = 2 x 2 x 7 = 22 x 7
Jadi FPB dari 24 dan 28 adalah 22 = 4


Contoh soal 1 

Ayo tulislah semua faktor persekutuan dari pasangan bilangan berikut. Lalu temukan FPB nya.

1.  (6 dan 12) 

2. (18 dan 20)

3.  (32 dan 42)

 Jawaban: 

Faktor bilangan 6 = 1, 2, 3, dan 6. 

Faktor bilangan 12 = 1, 2, 3, 4, 6, dan 12. 

FPB 6 dan 12 adalah 6

Faktor bilangan 18 = 1, 2, 3, 6, 9, dan 18. 

Faktor bilangan 20 = 1, 2, 4, 5, 10, dan 20.


BAHASA INDONESIA

Majas Personifikasi

Majas adalah gaya bahasa yang menggunakan kiasan untuk menyampaikan pesan atau maksud. Makna yang ditunjukkan dalam majas bukanlah makna sebenarnya, melainkan makna konotatif.

Majas digunakan agar pembaca lebih menangkap atau membayangkan gagasan, suasana, atau perasaan yang dimaksud oleh penulis. Di samping itu, penggunaan majas dapat memberikan efek tertentu yang lebih kuat atau lebih indah.

Mari kita lihat contoh berikut.
1. Petugas pemberangkatan meniup peluit sebagai tanda kereta api segera berangkat.
2. Peluit petugas memekik-mekik memanggil penumpang kereta api untuk bergegas.

Pada kalimat kedua, desakan waktu lebih terasa dibanding pada kalimat pertama. Kalimat kedua menggunakan majas yang menggambarkan seolah-olah peluit dapat berperilaku sebagai manusia: memekik-mekik memanggil penumpang.

Majas seperti ini disebut majas personifikasi, yaitu majas yang membandingkan benda-benda tak bernyawa seolah-olah mempunyai sifat seperti manusia.

Bacalah dengan baik teks berikut ini, lalu ceritakan kembali dengan kalimat kalian sendiri.

Tepuk Bulu
Indonesia masih merajai dunia olahraga bulu tangkis. Pada setiap generasi, selalu ada pemain bulu tangkis Indonesia yang menorehkan prestasi. Dunia mengingat Indonesia pernah meraih sepasang medali emas di Olimpiade 1992.

Bulu tangkis, yang juga disebut badminton, termasuk olahraga populer di dunia. Bulu tangkis tumbuh dan berkembang pesat dari hari ke hari. Buktinya sekarang banyak negara yang menunjukkan peningkatan prestasi. Padahal sebelumnya, bulu tangkis didominasi oleh Tiongkok, Indonesia, Malaysia, Korea Selatan, dan Denmark.

Bulu tangkis sendiri adalah cabang olahraga yang berusia sangat lama. Dulunya, alat untuk bermain bulu tangkis menggunakan tongkat sederhana sebagai raketnya dan buntalan wol sebagai bolanya. Lamalama permainan bulu tangkis dikenal banyak orang.Tongkat pemukul diganti raket yang lebih modern. Bola wol diganti bola dari bulu yang disebut kok. Tata cara memainkannya pun dirumuskan agar seragam. Olahraga tepuk bulu ini perlahan meniti tangga menjadi favorit dunia.

Dalam pertandingan percobaan di Olimpiade Munich (Jerman) pada 1972, Indonesia mampu menyumbangkan dua medali emas melalui pemainnya, Rudi Hartono dan pasangan ganda putra Ade Chandra dan Christian Hadinata. Sejak itu, Indonesia makin bersemangat mengumpulkan berbagai medali kejuaraan dalam pertandingan badminton tingkat dunia. Total ada 19 medali yang terkumpul dari pesta olahraga terbesar dunia tersebut.

Bahas Bahasa
Majas Personifikasi
Majas adalah cara penyampaian melalui kiasan. Personifikasi artinya diumpamakan seperti manusia. Majas personifikasi adalah jenis kiasan yang mengumpamakan benda mati dapat bertingkah laku seperti manusia.

Pada teks “Tepuk Bulu” terdapat beberapa kalimat yang menggunakan majas personifikasi. Dapatkah kalian menemukannya? Salin di buku tulis kalian!

Kalimat yang menggunakan majas personifikasi dalam teks “Tepuk Bulu”:
  1. Indonesia masih merajai dunia olahraga badminton.
  2. Dunia mengingat Indonesia pernah meraih sepasang medali emas di Olimpiade 1992.
  3. Bulu tangkis tumbuh dan berkembang pesat dari hari ke hari.
  4. Olahraga tepuk bulu ini perlahan meniti tangga menjadi favorit dunia.
  5. Sejak itu Indonesia makin bersemangat mengumpulkan berbagai medali kejuaraan dalam pertandingan bulu tangkis tingkat dunia.
  6. Bulu tangkis sendiri adalah cabang olah raga yang berusia sangat lama.

Latihan
Untuk kegiatan ini, kalian perlu bekerja berpasangan dengan teman.
  1. Perhatikan benda-benda di sekitar kalian. Misalnya pensil, sepatu, sapu, pohon, daun, matahari, dan sebagainya.
  2. Bayangkan benda itu dapat bertingkah laku seperti manusia. Sesuaikan dengan keadaannya saat ini. Misalnya kalian melihat teman kalian menulis dengan pensil. Pensil itu bergerak di atas kertas. Kalian bisa membuat sebuah kalimat majas personifikasinya: Pensil Dita menari-nari di atas kertas dan bercerita tentang liburan sekolah.
  3. Kalian dapat menuliskan majas personifikasi yang sudah kalian temukan di selembar kertas, lalu buatlah hiasan dan gambar yang sesuai.
  4. Tempelkan atau pasanglah karya kalian pada papan pajangan di kelas.
Majas

  1. Pensil Dita menari-nari di atas kertas dan bercerita tentang liburan sekolah.
  2. Kupu-kupu menari indah di antara bunga.
  3. Bunga-bunga mengangguk menyambut kehadiran sang surya.
  4. Setiap pagi alarm handphone bernyanyi membangunkanku dari kesiangan
  5. Matahari tersenyum manis menyapaku di pagi hari

Demikian pembahasan mengenai Majas Personifikasi Pada Teks “Tepuk Bulu”. Semoga tulisan ini bermanfaat.

IPAS

ENERGI KINETIK 

Energi gerak adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda yang berpindah. Setiap benda yang memiliki kecepatan disebut sebagai benda yang memiliki energi gerak. Misalnya, tiupan angin yang dapat menggerakan kincir angin, atau bola billiard yang semakin cepat bergerak apabila semakin kuat kita dorong. Energi gerak pada benda tersebut secara otomatis akan semakin besar.

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena gerak yang dilakukan atau dialaminya. Kata kinetik berasal dari bahasa Yunani yaitu kinetikos yang artinya bergerak. Maka dari itu, semua benda yang bergerak, sudah pasti memiliki energi kinetik. Energi kinetik disebut juga dengan energi gerak. Energi cahaya, panas, listrik, dan bunyi adalah bagian dari energi kinetik.

Simak video berikut!



1. Energi cahaya
Cahaya akan merambat dari sumber cahaya melalui gelombang elektromagnetik sehingga menerangi area sekitarnya. Cahaya dari Matahari merambat melewati jarak yang sangat jauh dan sampai ke Bumi. Pergerakan ini yang membuat energi cahaya termasuk bagian dari energi kinetik. Sampai saat ini tidak ada yang mengalahkan kecepatan cahaya bergerak.

2. Energi panas
Adanya panas, membuat partikel penyusun benda bergerak lebih aktif dibanding pada benda yang lebih dingin. Akibatnya, energi panas pada suatu benda akan bergerak ke benda yang lebih dingin.Salah satunya dengan cara kontak langsung. Perpindahan energi panas ini akan terjadi sampai kedua benda mencapai temperatur yang sama. Ketika mencampur air panas dengan air dingin, energi panas akan berpindah ke air dingin sampai suhu pada kedua air sama.

Wajan yang dipakai menggoreng, akan menjadi panas karena bersentuhan dengan api (sumber energi panas). Panas Matahari terasa sampai ke badan walau kita tidak bersentuhan dengan Matahari. Ini pengamatan sederhana yang menggambarkan bahwa energi panas bergerak.

3. Energi bunyi
Bunyi terjadi karena adanya getaran pada suatu benda. Ketika mengeluarkan bunyi, benda akan mengeluarkan gelombang suara yang bisa merambat melalui udara, air, ataupun benda padat. Gelombang suara ini akan bergerak dan masuk ke telinga manusia. Akibatnya kita bisa mendengar bunyi yang dihasilkan.

4. Energi Listrik
Energi listrik: energi listrik bisa terjadi karena adanya pergerakan elektron pada rangkaian listrik. Tanpa pergerakan elektron ini, energi listrik tidak akan terbentuk. Kawat berperan sebagai jalur elektron bergerak.

Mari Mencoba
Tidak semua pergerakan energi bisa kita lihat dengan mata. Namun ,ada beberapa percobaan yang membantu kalian mempelajarinya dengan lebih mudah.

Percobaan 1: Energi Cahaya
Alat dan bahan
  1. Kotak dus dengan ukuran cukup besar, seperti dus makanan atau sepatu.
  2. Kertas hitam untuk alas.
  3. Gunting/cutter.
  4. Pensil.
  5. Senter.
  6. Penggaris.

Langkah Percobaan:
Senter Menyala
  1. Buatlah lubang kecil ukuran 0,5-1 cm pada sisi depan dan belakang kardus. Pastikan lubang dalam posisi yang sama. Gunakan penggaris sebagai alat bantu.
  2. Pastikan dus tidak dalam kondisi tertutup dan kalian bisa melihat bagian dalam dus.
  3. Simpan dus di atas kertas hitam.
  4. Nyalakan senter dan arakan sinarnya ke lubang pada dus. 
  5. Amati bagian dalam dus dan cahaya di lubang yang lain.
  6. Diskusikan dengan kelompok kalian pertanyaan berikut : a. Transformasi energi apa yang terjadi pada senter? b. Apa yang terlihat pada bagian dalam dus saat disinari dengan senter? c. Apa yang terlihat pada lubang satunya saat disinari dengan senter? d. Bisakah kalian mengamati pergerakan cahayanya? Ke mana cahaya bergerak?
  7. Tuliskan hasil diskusi pada buku tugas.

Hasil Diskusi
a. Transformasi energi apa yang terjadi pada senter?
Energi kimia (tersimpan pada baterai) menjadi energi listrik menjadi energi cahaya. 
b. Apa yang terlihat pada bagian dalam dus saat disinari dengan senter?
Terlihat sinar lurus.
c. Apa yang terlihat pada lubang satunya saat disinari dengan senter?
Ada cahaya yang keluar dari lubang. 
d. Bisakah kamu mengamati pergerakan cahayanya? Ke mana cahaya bergerak?
Cahaya masuk ke dalam kotak dan keluar lagi pada lubang seberangnya. Ini menunjukkan bahwa cahaya bergerak.

Percobaan 2: Energi Bunyi
Alat dan bahan
  1. 2 buah gelas plastik.
  2. Benang kasur minimal 1 m.
  3. Gunting.
  4. Jarum.

Langkah Percobaan
  1. Buatlah telepon benang dari gelas plastik. Lubangi bagian dasar gelas dengan jarum dan masukkan benang ke dalamnya.
  2. Ikat benang dari bagian dalam gelas agar tidak copot.
  3. Cobalah untuk berbicara dengan teman kalian melalui telepon ini. Pastikan benang berada dalam posisi tegak dan tegang.
  4. Saat berbicara, teman kalian yang lain akan memegang benang dan merasakannya.
Telepon Mainan
  1. Diskusikan dengan teman kelompok pertanyaan berikut. a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini? b. Apa transformasi energi yang kalian lihat? c. Apakah menurut kalian yang membuat benang terasa bergetar? d. Apakah kalian bisa melihat pergerakan bunyi pada percobaan ini? Menurut kalian ke mana bunyi bergerak?
  2. Tuliskan hasil diskusi pada buku tugas.

Hasil Diskusi
a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini?
Energi bunyi dan energi kinetik.
b. Apa transformasi energi yang kalian lihat?
Energi bunyi dari suara teman yang berbicara menjadi energi kinetik (gerakan garam).
c. Apakah menurut kalian yang membuat garam bergerak?
Energi bunyi menggetarkan balon, sehingga garam ikut bergerak.
d. Apakah kalian bisa melihat pergerakan bunyi pada percobaan ini? Ke mana menurutmu bunyi bergerak?
Suara itu sampai ke telinga teman dan menggetarkan benang. Ini menunjukkan bahwa bunyi bergerak.

Percobaan 3: Energi Panas
Alat dan bahan
  1. Air panas (sebaiknya simpan dalam termos).
  2. Cangkir.
  3. Sendok teh berbahan stainless steel 2 buah

Langkah Percobaan
  1. Tuangkan air panas dalam cangkir.
  2. Simpan 1 sendok teh dalam cangkir.
  3. Tunggu selama 5 menit. Peganglah ujung sendok bagian atas yang tidak tercelup air.
Sendok dan Air Panas
  1. Bandingkan rasanya dengan sendok yang tidak dicelupkan dalam air.
  2. Diskusikan dengan teman kelompok pertanyaan berikut. a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini? b. Benda apakah yang berperan sebagai sumber panas? c. Apa perbedaan sendok yang dicelupkan ke air panas dengan yang tidak? d. Apakah kalian bisa melihat pergerakan panas pada percobaan ini? Menurut kalian ke mana panas bergerak?
  3. Tuliskan hasil diskusi pada lembar kerja.

Hasil Diskusi
a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini?
Energi panas.
b. Benda apakah yang berperan sebagai sumber panas?
Air panas.
c. Apa perbedaan sendok yang dicelupkan ke air panas dengan yang tidak?
Sendok pada air panas akan menjadi panas.
d. Apakah kalian bisa melihat pergerakan panas pada percobaan ini? Menurut kalian kemana panas bergerak?
Panas pada air bisa sampai ke ujung sendok yang tidak tercelup air. Ini menunjukkan bahwa panasnya bergerak dari air ke sendok.

Energi Kinetik
Semua yang bergerak akan memiliki energi kinetik. Walaupun beberapa energi gerakannya tidak terlihat, tetapi kita dapat merasakannya.
  1. Energi cahaya Matahari bergerak dari luar angkasa dan sampai ke Bumi.
  2. Energi panas dari api bergerak menghangatkan badan kalian.
  3. Suara alat musik bergerak sampai ke telinga kalian.
  4. Listrik dari pusat pembangkit listrik bergerak dalam kabel sampai ke rumah kalian.

Mari Refleksikan
1. Apa yang dimaksud dengan energi kinetik?
Energi yang ada pada benda-benda yang bergerak.
2. Energi apa saja yang termasuk ke dalam energi kinetik?
Energi cahaya, energi panas, energi bunyi, dan energi listrik.
3. Mengapa energi ini termasuk ke dalam energi kinetik?
Karena energi ini bergerak walaupun kita tidak bisa mengamati secara langsung gerakannya.
4. Perubahan energi apa saja yang bisa terjadi pada energi kinetik?
Energi gerak pada jari berubah menjadi energi bunyi pada senar gitar, energi bunyi menjadi energi gerak pada telepon mainan dari benang, energi listrik dari pusat pembangkit listrik menjadi energi cahaya di rumah.

Belajar Lebih Lanjut
Walaupun berbentuk energi panas, listrik, cahaya, dan bunyi, namun energi kinetik tidak bisa dipisahkan dari energi ini.
Energi Gerak
  1. Ban sepeda akan terasa panas saat kalian pakai.
  2. Badan kalian akan terasa panas sehabis berolahraga.
  3. Petir yang keras akan membuat kaca-kaca bergetar.
  4. Bahkan leher kalian akan terasa bergetar saat berbicara.

Memilih Tantangan
Kalian ditantang untuk membuat ilustrasi yang menggambarkan bahwa energi cahaya, bunyi, panas, dan listrik termasuk energi gerak.
Ilustrasi
  1. Buatlah ilustrasi untuk kegiatan pada masing-masing energi.
  2. Berikan tanda panah untuk menggambarkan arah gerak pada energi cahaya, bunyi, dan panas. 
  3. Berikan warna agar gambar kalian terlihat menarik.
  4. Tunjukkan dan jelaskan hasil karya kalian pada teman-teman agar mereka juga mendapatkan ilmu.

Apa yang sudah aku pelajari?
  1. Energi kinetik adalah energi yang disebabkan oleh gerak.
  2. Energi yang termasuk energi kinetik yaitu energi bunyi, energi panas, energi cahaya, dan energi listrik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Selasa, 21 Mei 2024

Hari/ Tanggal : Selasa, 21 Mei 2024       Kelas: IV A Muatan  Pembelajaran              :   1. Pendidikan Pancasila   : Gotong Royong 2. Sen...