Selasa, 21 November 2023

Materi Ajar: Selasa, 21 November 2023

 Hari/ Tanggal : Selasa, 14 November 2023

Kelas: IV A

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:

1.   Mengenali karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di lingkungan sekitarnya. 

2. Memahami bahwa kebinekaan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru.


Capaian Pembelajaran Seni Budaya:

1.       Elemen Mengalami (Experiencing)

Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.

2.       Menciptakan (Creating)

peserta didik mampu mengidentifikasi dan membuat gerak dengan unsur utama tari, level, perubahan arah hadap.

3.       Berpikir dan bekerja artistik (Thinking and working artistically)

peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

4.       Merefleksikan (Reflecting)

peserta didik mampu menilai pencapaian dirinya saat melakukan aktivitas pembelajaran tari

5.       Berdampak (Impacting)

peserta didik mampu menumbuhkan rasa cinta pada seni tari yang berpengaruh pada kemampuan diri dalam menyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.

                                  

               Muslim Waving GIF - Muslim Waving Hi GIFs

  Apa kabar anak-anak bu Tutik hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..

Pendidikan Pancasila

 mari simak dan tonton video tentang keragaman budaya di Indonesia berikut!





SENI RUPA

Materi Seni Rupa Kelas 4 Unit 1 Menggambar Rumah Tetangga

Materi Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 1 Menggambar Rumah Tetangga yang akan kita pelajari terdiri dari 3 sub unit :
A. Bentuk Rumah di Indonesia
B. Prinsip Menggambar
C. Menggambar Rumah Tetangga dengan Perspektif

Pada unit 1 ini, kita akan belajar mengenal lingkungan sosial untuk dijadikan objek dalam kegiatan menggambar. Ada beberapa tahapan dalam menggambar rumah tetangga yaitu mengenal lingkungan sekitar dengan mengamati rumah tetangga, mengenal bentuk rumah di Indonesia, prinsip menggambar, dan menggambar rumah tetangga dengan perspektif.

A. Bentuk Rumah di Indonesia

Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki beragam suku, budaya, agama, dan bahasa yang menyatu dalam satu kesatuan. Keberagaman ini menjadi kekayaan yang patut diapresiasi dan dilestarikan. 

Menggambar rumah tetangga merupakan wahana untuk mengenal bangsa kita yang majemuk. Dengan menggambar rumah tetangga, kita dapat mengenal, memahami dan bersikap baik di tengah lingkungan sekitar yang beragam. Dalam menggambar rumah tetangga, kita juga diajak mengenal dan memahami kehidupan para tetangga serta pemandangan rumah di lingkungan sosial kita. 

Rumah tetangga menjadi simbol dari kehidupan dan karakter masyarakat yang hidup di sekitar kita. Setiap rumah memiliki ciri khas dan bentuk yang berbeda-beda, mencerminkan latar belakang suku dan budaya pemiliknya. Dalam konteks keberagaman bangsa, menggambar rumah tetangga berarti kita menghargai perbedaan dan keunikan yang ada di sekitar kita. 

Selain itu, menggambar rumah tetangga juga memberi kita wawasan tentang kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar. Bagaimana cara mereka berpakaian, adat istiadat, makanan khas, dan bahasa yang digunakan. Hal-hal tersebut mewakili kehidupan sosial masyarakat yang berbeda-beda, tetapi tetap hidup berdampingan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rumah Adat Indonesia

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia menyajikan ragam rumah adat yang indah. Ada rumah panggung Betawi, rumah gadang Sumatra Barat, rumah joglo Jawa Tengah, rumah honai Papua, dan masih banyak lagi macam-macam rumah adat dan asalnya. 

Gambar Rumah Adat di Indonesia

Selain sebagai wahana mengenal bangsa kita, menggambar rumah tetangga juga dapat menjadi bentuk apresiasi terhadap budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun. Dengan menggambar rumah tetangga dalam bentuk rumah adat, kita ikut berperan dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia agar tetap hidup dan terjaga dari masa ke masa.

Bentuk Dasar Rumah

Bentuk dasar rumah di Indonesia cukup bervariasi, tergantung pada tradisi, budaya, dan kondisi geografis di setiap daerah. 

Beberapa bentuk dasar rumah yang umum ditemukan di Indonesia adalah sebagai berikut.
1. Rumah Panggung : Rumah panggung adalah jenis rumah yang berdiri di atas tiang-tiang atau tiang-tiang pendukung. Rumah panggung biasanya banyak ditemukan di daerah yang rawan banjir atau di wilayah pedalaman. Dengan dibangun di atas tiang-tiang, rumah ini terhindar dari banjir dan hewan liar.

2. Rumah Limas : Rumah limas adalah rumah adat dari suku Batak di Sumatera Utara. Rumah ini memiliki bentuk atap yang khas menyerupai kerucut. Struktur rumah limas biasanya terbuat dari kayu dan memiliki fungsi sebagai tempat tinggal dan berbagai kegiatan adat.

3. Rumah Joglo : Rumah Joglo merupakan rumah adat dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ciri khasnya adalah atap limasan yang melengkung indah. Rumah ini umumnya memiliki tiang-tiang yang kokoh dan terbuat dari kayu dengan ukiran yang cantik.

4. Rumah Gadang : Rumah Gadang adalah rumah adat Minangkabau di Sumatera Barat. Rumah ini memiliki bentuk atap yang mirip dengan tanduk kerbau yang melambangkan kemakmuran. Arsitektur rumah Gadang juga menggambarkan sistem kekerabatan matriarkal dalam budaya Minangkabau.

5. Rumah Tongkonan: Rumah Tongkonan adalah rumah adat dari suku Toraja di Sulawesi Selatan. Rumah ini memiliki bentuk atap yang menonjol ke atas dengan ornamen ukiran yang indah. Rumah Tongkonan biasanya terbuat dari kayu dan dianggap sebagai lambang status sosial dan kekayaan keluarga.

6. Rumah Kebaya : Rumah Kebaya adalah jenis rumah tradisional di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Rumah ini memiliki bentuk atap seperti payung terbalik dan dinding yang terbuat dari anyaman bambu atau kayu.

Latihan soal Sumatif Akhir Semester 1
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Pancasila mempunyai peranan sebagai pembina persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Pernyataan tersebut mengandung pengertian bahwa ….
a. keberadaan Pancasila telah ada sejak dulu
b. sila-silanya di dalam Pancasila merupakan satu kesatuan
c. Pancasila hanya ada di Indonesia
d. dengan Pancasila negara Indonesia dapat bersatu

2. Pengambilan keputusan harus dilakukan secara bersama-sama dengan tujuan yang sama demi kebaikan bersama. Pernyataan tersebut merupakan perwujudan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar dari pengambilan keputusan, yaitu nilai ....
a. lapang dada
b. berjiwa besar
c. kebersamaan
d. kebebasan mengemukakan pendapat

3. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk, dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai. Bunyi salah satu pasal dari Undang-Undang Dasar 1945 merupakan pengamalan Pancasila yaitu sila yang berlambang ….
a. bintang
b. rantai emas
c. pohon beringin
d. padi dan kapas

4. Contoh penerapan sikap yang merupakan pengamalan nilai Pancasila di lingkungan keluarga adalah ….
a. menghormati tetangga yang berbeda agama
b. menjaga adik dengan penuh kasih sayang
c. ikut bekerja bakti membersihkan selokan
d. menghormati guru

5. Pada akhir semester nanti, kelas akan mengadakan rekreasi bersama. Ada beberapa teman yang ingin pergi ke kebun binatang. Beberapa teman lain ingin ke pantai. Sebagian lainnya ingin pergi mengunjungi museum. Untuk menentukan tujuan yang akan didatangi, sebaiknya mereka melakukan ....
a. tolong menolong 
b. musyawarah
c. hidup rukun
d. toleransi

6. Perhatikan gambar tokoh berikut !

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 4 Kurikulum Merdeka Gambar 1

Salah satu rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh tokoh di atas adalah ....
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Peri kemanusiaan
c. Kebangsaan Indonesia
d. Mufakat atau demokrasi

7. Bersatu dalam keberagaman artinya saling menghormati dan menghargai segala perbedaan ciri fisik, agama, pekerjaan, suku bangsa, dan budaya. Berikut yang merupakan sikap bersatu dalam keberagaman adalah ….
a. menolong teman yang disukai saja
b. memilih-milih teman
c. menjenguk teman yang sakit
d. mengejek tarian dari daerah lain

8. Indonesia adalah negara yang taat hukum. Siapapun yang melanggar hukum akan dikenakan sanksi dan jika terbukti melakukan pelanggaran. Pernyataan tersebut menunjukkan sikap bangsa Indonesia sesuai dengan pengamalan Pancasila, yaitu sila ....
a. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
b. Persatuan Indonesia
c. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan
d. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

9. Intermasionalisme atau peri kemanusiaan merupakan salah satu gagasan tentang dasar Negara yang disampaikan oleh tokoh bernama ....
a. Mr. Mohammad Yamin
b. Dr. Soepomo
c. Ir. Soekarno
d. Mohammad Hatta

10. Rumusan Pancasila yang sah berlaku sekarang adalah sebagaimana tercantum di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alinea ….
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat

11. Pak Anton adalah orang yang sibuk sehingga ia sering meninggalkan kegiatan kerja bakti. Sikap yang dimiliki oleh Pak Anton bertentangan nilai-nilai Pancasila sila yang dilambangkan ….
a. bintang
b. rantai emas
c. pohon beringin
d. kepala banteng

12. Perhatikan gambar berikut !

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 4 Kurikulum Merdeka Gambar 2

Sikap pada gambar merupakan penerapan sila-sila Pancasila di lingkungan ….
a. rumah
c. sekolah
b. masyarakat 
d. kantor

13. perhatikan contoh sikap-sikap berikut ini!
(1) Selalu tertib dâlam menjalankan ibadah.
(2) Menolong teman yang sedang kesusahan.
(3) Memberi jawaban ulangan kepada teman.
(4) Tidak berkelahi sesama teman.
Pernyataan yang termasuk contoh sikap mencerminkan nilai Pancasila ditunjukkan oleh nomor ….
a. (1). (2), dan (3)
b. (1). (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)

14. Pernyataan yang bertentangan dengan pengamalan Pancasila dalam kehidupan adalah ....
a. Faiz bermain ke rumah Nyoman saat perayaan hari raya Nyepi.
b. Ema bermain dengan Diana dan Eno walaupun berbeda suku.
c. Anita belajar tarian Bali di rumah Kadek.
d. Murid-murid kelas 4 mengadakan kegiatan amal.

15. Bentuk pengamalan sila dengan lambang bintang adalah ....
a. menjaga persatuan bangsa
b. menjalankan ibadah tepat waktu
c. mengembangkan sikap tenggang rasa
d. mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan masalah

16. Perhatikan contoh sikap baik berikut!
(1) Andi tidak memilih-milih dalam berteman.
(2) Ahmad selalu berdoa sebelum dan setelah belajar.
(3) Rosnita dan Sagita mengikuti rapat pembagian jadwal piket.
(4) Rizwan menyisihkan uang sakunya untuk ditabung.
Sikap yang sesuai Sila Kelima Pancasila ditunjukkan nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

17. Perhatikan beberapa sikap berikut !
(1) Mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama.
(2) Cinta permusyawaratan dan demokrasi.
(3) Bijak dalam menyelesaikan masalah.
Sikap-sikap tersebut merupakan pengamalan Pancasila sila ke- ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

18. Perhatikan gambar tokoh di bawah

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 4 Kurikulum Merdeka Gambar 3

Salah satu tokoh yang diminta memberikan pandangannya tentang dasar negara ditunjukkan oleh gambar ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

19. Rasa persatuan dapat kita pupuk mulai dari lingkungan terkecil kita, yaitu keluarga dengan cara ....
a. membawa bekal dari rumah untuk dimakan bersama teman di kelas
b. mengajak adik membeli makanan di warung tetangga
c. mengajak teman bermain di rumah tiap hari
d. melakukan diskusi bersama seluruh anggota keluarga

20. Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara tidak berjalan dengan mudah. Ketika para tokoh negara telah menyetujui rancangan dasar negara, ternyata ada keberatan yang diajukan dari beberapa pihak yang menuntut penyesuaian. Perubahan yang dimaksud terjadi pada ….
a. Sila Pertama 
b. Sila Kedua 
c. Sila Ketiga
d. Sila Keempat

21. Norma atau peraturan hidup yang ada dalam masyarakat berguna untuk ….
a. mengganggu masyarakat
b. mengatur masyarakat
c. menghambat masyarakat
d. mempersulit masyarakat

22. Norma-norma dalam masyarakat mempunyai dua macam isi, yaitu ….
a. keinginan dan keyakinan
b. anjuran dan saran
c. ajakan dan kemauan
d. perintah dan larangan

23. Norma yang timbul dan diadakan oleh masyarakat untuk mengatur pergaulan, sehingga masing-masing anggota masyarakat saling menghormati disebut norma ….
a. agama
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. hukum

24. Hubungan antara norma satu dengan norma yang lain adalah saling ….
a. bertentangan
b. mengisi dan memperkuat
c. berhubungan
d. menguntungkan

25. Contoh dari norma hukum adalah ….
a. menghina teman
b. mematuhi peraturan lalu lintas
c. menyantuni anak yatim
d. mengucapkan salam

26. Contoh penerapan norma dalam di lingkungan keluarga antara lain ….
a. setiap naik kendaraan bermotor menggunakan helm pengaman
b. sikap patuh dan taat seorang anak terhadap orang tua
c. memakai seragam sekolah sesuai ketentuan sekolah
d. taat membayar pajak tepat pada waktunya

27. Piket kelas menunjukkan kegiatan anak-anak di sekolah. Kegiatan tersebut merupakan salah satu contoh .... anak di sekolah.
a. kemauan 
b. hak
c. kewajiban
d. tugas

28. Berikut ini yang merupakan contoh tanggung jawab manusia terhadap Tuhan adalah ....
a. Nina mengerjakan tugas dari guru
b. Ayah bekerja keras mencari nafkah untuk keluarga.
c. Iwan beribadah sesuai dengan agama yang dianutnya.
d. Edi bangga mengenakan baju adat tradisional

29. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Hari ini Nando berangkat sekolah diantar oleh ayahnya. Mereka berangkat dengan menggunakan sepeda motor. Nando dan ayahnya tidak lupa untuk mengenakan helm. Ayah Nando mengendarai motornya di lajur sebelah kiri. Lampu lalu lintas menyala merah. Ayah Nando berhenti di belakang batas garis penyeberangan. Setelah lampu hijau menyala, mereka kembali melanjutkan perjalanan. 15 menit kemudian, Nando dan ayahnya sampai di sekolah.
Cerita di atas menggambarkan pelaksanaan norma ....
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum

30. Edo sedang bermain ditemani oleh kedua orang tuanya.
Pernyataan di atas menunjukkan ...
a. hak anak
b. kewajiban anak
c. hak ayah
d. hak ibu

31. Pak Dani tinggal Komplek Perumahan Permata Jingga. Pak Dani dan tetangganya memiliki kehidupan yang nyaman dan damai, semua itu terjadi karena adanya suatu ....
a. hukuman
b. hadiah
c. norma
d. keterangan

32. Sikap menaati norma-norma yang berlaku harus dibiasakan mulai dari lingkungan keluarga. Norma dalam keluarga harus ditaati oleh ….
a. ayah
b. ibu
c. anak
d. semua anggota keluarga

33. Bu Rosa sedang menjelaskan materi kepada anak-anak di kelas. Semua anak mendengarkan dengan saksama, tidak ada yang bercanda atau, bermain sendiri. Aktivitas belajar mengajar pun menjadi nyaman, sehingga anak-anak mudah memahami materi.
Ilustrasi cerita di atas menunjukkan penerapan norma di lingkungan ....
a. rumah
b. sekolah
c. masyarakat
d. tempat khusus

34. Pak Mario sangat tidak disukai oleh para tetangganya karena sering mengeluarkan kata-kata kasar kepada siapa saja. Para tetangganya bahkan enggan untuk mendekati Pak Mario, termasuk ketika beliau sedang mengadakan hajatan. Tindakan yang dilakukan para tetangga Pak Mario merupakan bentuk sanksi atas pelanggaran terhadap norma ….
a. agama
b. moral
c. kesopanan
d. hukum

35. Berikut ini adalah contoh aturan dalam lingkungan sekolah adalah ....
a. setiap anak harus membawa bekal rumah
b. tiap anak harus sampai di sekolah paling lambat pukul 05.00
c. setiap siswa harus memakai seragam
d. murid perempuan harus mengenakan perhiasan

36. Contoh di bawah ini yang menunjukkan hak anak di rumah adalah ….
a. Reno mengerjakan PR setelah pulang sekolah.
b. Ibu menemani Anggi bermain ketika hari libur.
c. Aditya membantu membersihkan rumah.
d . Siti bertanya tentang pelajaran yang belum dipahami kepada guru.

37. Pak Gunawan sedang menjelaskan materi di depan kelas. Dino menyimak penjelasan guru dengan saksama. Setelah Pak Gunawan selesai menjelaskan, Dino mengangkat tangan untuk bertanya. Dino ingin bertanya tentang materi yang belum dipahami. Apa yang dilakukan Dino termasuk pelaksanaan ....
a. hak di sekolah
b. kewajiban di sekolah
c. tanggung jawab di sekolah
d. musyawarah di sekolah

38. Daniel memimpin teman-temannya mengadakan musyawarah untuk menentukan regu piket kelas. Dalam musyawarah tersebut diputuskan bahwa Rika, Tomi, dan Uli berada dalam satu regu, sedangkan Jesika satu regu dengan Marta. Jesika kecewa dengan keputusan itu karena tidak satu regu dengan Uli. Sikap yang seharus diterapkan Jesika adalah ....
a. tidak mau mengikuti jadwal piket
b. meminta Tomi bertukar regu
c. tetap melaksanakan jadwal piket
d. mengikuti jadwal piket regu Uli

39. Perhatikan teks berikut !
Nadia selalu berjalan kaki Jika bersekolah karena jarak antara sekolah dan rumahnya cukup dekat. Ketika pulang sekolah, Nadia melewati sebuah pos ronda di desanya, Di pos ronda itu, ada beberapa warga yang berkumpul dan bersenda gurau. Ada bapak-bapak dan ibu-ibu yang membawa serta anaknya. Ketika melewati pos ronda, Nadia tidak membungkukkan badan. Bahkan, Nadia juga tidak menyapa atau mengucapkan permisi kepada warga yang ada di sana. 
Pada teks tersebut, Nadia melanggar norma ….
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum

40. Waktu menunjukkan pukul 7 malam. Kewajiban seorang anak pada waktu tersebut adalah ….
a. belajar
b. menonton televisi
c. tidur
d. bermain dengan teman

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Mengikuti kegiatan siskamling merupakan pengamalan nilai-nilai Pancasila sila ke ………………….. 
2. Ketuhanan yang berkebudayaan merupakan saah satu poin dalam usulan dasar negara yang dikemukakan oleh ………………………………………………………………………………………………...
3. Gagasan tentang dasar negara disampaikan oleh Mohammad Yamin pada tanggal ………………….
4. Saling menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda merupakan contoh pengamalan sila …………………………………………………………..
5. Tidak membedakan seseorang karena status dan kondisi ekonominva merupakan contoh pengamalan sila …………………………………………………………………………………………………..
6. Musyawarah dalam kelas harus mengedepankan sikap ………………………………………………….
7. Mengetuk pintu sebelum masuk ke rumah merupakan penerapan norma …………………………......
8. Bagas dikenal sebagai anak yang sering berbohong Karena itu, tidak ada teman yang mau percaya dengan semua perkataan Bagas. Hal ini merupakan bentuk pemberian …………………………………..
9. Sikap kita jika pendapat tidak menjadi keputusan dalam musyawarah adalah …………………………
10. Dalam menyampaikan pendapat sebaiknya menggunakan bahasa yang ………..……………………

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Apa saja nilai kebersamaan yang dapat diteladani dalam proses perumusan Pancasila? Jelaskan!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………

Dalam menyelesaikan suatu masalah, kita dianjurkan untuk bermusyawarah. Hasil musyawarah inilah yang akan dilakukan bersama-sama. Karena itu, hasil musayawarah harus dapat dipertanggung jawabkan. Mengapa hasil musyawarah harus dapat dipertanggungjawabkan?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………

3. Mengapa kita harus menaati norma yang berlaku di lingkungan sekitar?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………

4. Sebutkan tiga contoh pelanggaran norma kesusilaan !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………

5. Apa yang terjadi jika kita mengemukakan pendapat tanpa mengikuti aturan ?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………….

Kunci Jawaban Room I

1. d. dengan Pancasila negara Indonesia dapat bersatu
2. c. kebersamaan
3. a. bintang
4. b. menjaga adik dengan penuh kasih sayang
5. b. musyawarah
6. c. menjenguk teman yang sakit
7. d. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
8. b. Peri kemanusiaan
9. c. Ir. Soekarno
10. d. Keempat
11. c. pohon beringin
12. b. masyarakat 
13. b. (1). (2), dan (4)
14. a. Faiz bermain ke rumah Nyoman saat perayaan hari raya Nyepi.
15. b. menjalankan ibadah tepat waktu
16. d. (4)
17. d. 4
18. b. (2)
19. d. melakukan diskusi bersama seluruh anggota keluarga
20. a. Sila Pertama 
21. b. mengatur masyarakat
22. d. perintah dan larangan
23. c. kesopanan
24. b. mengisi dan memperkuat
25. b. mematuhi peraturan lalu lintas
26. b. sikap patuh dan taat seorang anak terhadap orang tua
27. c. kewajiban
28. c. Iwan beribadah sesuai dengan agama yang dianutnya.
29. d. hukum
30. a. hak anak
31. c. norma
32. d. semua anggota keluarga
33. b. sekolah
34. c. kesopanan
35. c. setiap siswa harus memakai seragam
36. b. Ibu menemani Anggi bermain ketika hari libur.
37. a. hak di sekolah
38. c. tetap melaksanakan jadwal piket
39. b. kesopanan
40. a. belajar

Kunci Jawaban Room II

1. tiga
2. Ir. Soekarno
3. 29 Mei 1945
4. pertama
5. kelima
6. saling menghargai
7. kesopanan
8. sanksi sosial
9. berlapang dada
10. sopan dan mudah dipahami

Kunci Jawaban Room III

1. Nilai kebersamaan yang dapat diteladani dalam proses perumusan Pancasila yaitu : menghargai perbedaan pendapat, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa
2. Karena tujuan musyawarah adalah untuk mencapai mufakat dan diharapkan menjadi solusi permasalahan yang ada sehingga tidak merugikan salah satu pihak atau sebagian pihak
3. karena dengan menaati norma yang berlaku di lingkungan maka akan tercipta kehidupann yang tertib, disiplin, dan beradab
4. mengganggu orang lain, memfitnah orang, berbohong
5. Yang terjadi jika kita mengemukakan pendapat tanpa mengikuti aturan adalah suasana menjadi tidak tertib, perdebatan yang panjang, merusak rasa kebersamaan, dan memunculkan permusuhan

Demikianlah Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 4 Kurikulum Merdeka yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.


SENI TARI

KISI-KISI SOAL

I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada pilihan A, B, C dan D di bawah ini!.


1. Seni Tari adalah...

2. berikut yang tidak termasuk tari berpasangan adalah tari....
A. Cokek
B. Legong
C. Bambangan cakil
D. Remo

3. Salah satu tarian dari jawa Timur yang ditampilkan secara tunggal adalah ....
A. Tari Remo
B. Tari Gandrung
C. Tari Punjari
D. Tari Cokek

4. Tari topeng kuncaran berasal dari....
A. Jawa barat
B. Sumatra barat
C. Bali
D. Papua

5. Tari cokek pada gambar diatas berasal dari....

A. Jawa tenga
B. Sumatra utara
C. DKI jakarta
D. Kalimantan tengah

6. Salah satu tarian yang berasal dari Betawi ditampilkan secara berpasangan adalah ....
A. Legong
B. Bambangan Cakil
C. Ngarojeng
D. Cokek

7. Tarian dilakukan dengan sesama putera atau sesama puteri, merupakan salah satu jenis pada bentuk
tari ....
A. tunggal
B. berpasangan
C. individu
D. kelompok

8. Tarian berikut yang ditampilkan secara kelompok yaitu ....
A. Tari Saman, Kecak, Panji Semirang
B. Tari Saman, Reog, Piring
C. Tari Piring, Srikandi Larasati, Panji Semirang
D. Tari Piring, Bambangan Cakil, Payung

9. Sebuah tarian yang ditampilkan secara individu, baik oleh penari perempuan atau penari laki-laki
disebut bentuk tari ....
A. berpasangan
B. kelompok
C. tunggal
D. bersama

10. Tarian yang ditampilkan oleh dua atau lebih penari secara bersama-sama disebut ....
A. tunggal
B. berpasangan
C. kelompok
D. sendiri

11. Tari Srimpi merupakan tarian yang ditampilkan secara ....
A. kelompok
B. berpasangan
C. tunggal
D. sendiri

12. Tari topeng koncaran termasuk jenis tari....
A. tunggal
B. massal
C. berpasangan
D. kelompok

13. Salah satu tarian dari Bali yang ditampilkan secara tunggal adalah ....
A. Tari Kecak
B. Tari Legong
C. Tari Pendet
D. Tari Barong Keris


14. Sebutkan unsur-unsur tari!

15 Tari kipas pakerena berasal dari daerah ....

16. Sebutkan properti yang diugunakan saat menari sigeh!



17. Tari legong termasuk termasuk jenis tari....
A. tunggal
B. massal
C. berpasangan
D. kelompok

18. jenis tarian berkelompok yang berasal dari bali adalah tari....
A. Legong
B. Saman
C. Mambri
D. Kecak

19. Tari pada gambar berikut merupakan tarian kelompok yang berasal dari daerah ....
A. Sulawesi Selatan
B. Jawa Timur
C. Bali
D. Papua

20. Bentuk karya tari dibagi menjadi....
A. 1
B. 4
C. 3
D. 7



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Rabu, 22 Mei 2024

  Hari/Tanggal                     :  Rabu, 22 Mei 2024 Muatan  Pembelajaran        :   1.  Matematika                        : Analisa Data...