Jumat, 10 November 2023

Materi Ajar: Jumat, 17 November 2023


Hari/ Tanggal : Jum'at, 17 November 2023

Kelas: IV A

 BAHASA INDONESIA     

Bab : 4 Meliuk dan Menerjang

Materi : Berwawancara

CP    : 

1. Menyimak

·         Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

2. Membaca dan Memirsa

·         Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informasi dan mampu menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

3. Berbicara dan Mempresentasikan

·         Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh (gestur) yang santun; menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks; serta mengajukan dan menanggapi pertanyaan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan lebih aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan menerapkan tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beragam.

4. Menulis

·         Peserta didik mampu menulis teks narasi, deskripsi, rekon, prosedur, dan eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam serta informasi yang lebih terperinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik makin terampil menulis tegak bersambung.

 

TP/ ATP:

1

  • Melalui beragam teks dan kegiatan, peserta didik dapat menulis dengan struktur argumentasi, mengenal pemakaian awalan ‘ber-’ dan menggunakannya, menyampaikan petunjuk arah, serta menulis teks dengan struktur deskripsi.
IPAS

Capaian Pembelajaran 

1.  Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia  (panca indra)

2.   Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup

3. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup

PAK ( Pendidikan Anti Korupsi)

Wawasan: Memahami manfaat perilaku bertanggung jawab untuk diri pribadi dan sosial

Ketrampilan: Mengimplementasikan perilaku bertanggung jawab

Sikap Sosial : Meyakini manfaat perilaku bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari


 
Apa kabar anak-anak bu Tutik hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 

 Cara Menulis Laporan Hasil Wawancara

Berikut ini,beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menulis laporan yang baik mengenai hasil wawancara, yaitu:


langkah-langkah persiapan wawancara. Persiapkan daftar pertanyaan seperti di bawah ini. Setelah kalian melakukan wawancara, tuliskanlah hasilnya berupa laporan wawancara.

Nama Kelompok : Sekolah : SD Al azhar 1
Kelas : IV ATanggal : 10 November 2023
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Perkenalkan kami dari kelompok: ...... kelas IV.Perkenalan
Saya ingin mewawancarai Bapak/Ibu ........
tentang ...........
Sampaikan tujuan
Pertanyaaan 1 : .......Sampaikan pertanyaan 1
Jawaban narasumber : 

Catatlah jawaban narasumber
Pertanyaaan 2 : .......Sampaikan pertanyaan 2
Jawaban narasumber :

Catatlah jawaban narasumber
Pertanyaaan 3 : .......Sampaikan pertanyaan 3
Jawaban narasumber :

Catatlah jawaban narasumber
Pertanyaaan 4 : .......Sampaikan pertanyaan 4
Jawaban narasumber :

Catatlah jawaban narasumber

Sampaikan simpulan
Terima kasih atas waktu dan kesediaan Bapak/Ibu  untuk diwawancarai. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.Sampaikan terima kasih dan salam penutup


PAK ( Pentingnya bertanggung jawab)
Sikap bertanggung jawab membuat seseorang lebih kuat dan tegar menghadapi permasalahan yang harus diselesaikan. Sikap bertanggung jawab akan membuat seseorang bertindak lebih hati-hati dengan perencanaan yang matang. Sikap bertanggung jawab seseorang membuat ia berhasil menyelesaikan tugas dengan baik.
Pertemuan kali ini akan membahas tentang transformasi energi dalam kehidupan sehari-hari, mari kita simak video berikut ini!


Transformasi energi adalah perubahan bentuk energi. Di mana suatu bentuk energi diubah menjadi bentuk energi lainnya tanpa menambah atau mengurangi jumlah total energi di alam semesta. Transformasi energi dapat terjadi pada semua entuk energi. Misalnya, transformasi energi dari energi mekanik ke energi listrik.

Tanpa disadari, banyak perubahan energi yang terjadi di sekitar kita, dapat berbentuk alat maupun kegiatan. Berikut adalah contoh transformasi energi yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Rabu, 22 Mei 2024

  Hari/Tanggal                     :  Rabu, 22 Mei 2024 Muatan  Pembelajaran        :   1.  Matematika                        : Analisa Data...