Hari/Tanggal : Jum'at, 20 September 2024
Kelas : IV (Empat) A
Mata Pelajaran :
1. Bahasa Indonesia : BAB 3 Lihat Sekitarku
CP:
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
BAHASA INDONESIA
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar Bab III lihat sekitar terdapat kegiatan membaca teks berjudul Awas. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah melalui kegiatan membaca cerita “Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan tepat.
Awalan ‘ber-‘
Kita akan belajar salah satu imbuhan yang ada di dalam bahasa Indonesia, yaitu awalan ‘ber-‘.
Awalan ‘ber-‘ berfungsi untuk membentuk kata kerja atau kata sifat, dengan kata lain, awalan fungsi awalan ‘ber-‘ adalah sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat.
Kata kerja yang dibentuk oleh awalan ‘ber-‘ tidak memerlukan objek, sehingga kalimat yang dihasilkannya tidak bisa dipasifkan (tidak bisa diubah menjadi kalimat pasif).
Cara Penulisan
Penulisan kata berimbuhan ‘ber-‘ adalah ‘ber-‘ + kata dasar.
Contoh = ‘ber-‘ + satu = bersatu
= ‘ber-‘ + sama = bersama
= ‘ber-‘ + santai = bersantai
= ‘ber-‘ + hitung = berhitung
Akan tetapi, yang harus kita catat adalah terdapat beberapa pengecualian untuk kata dasar yang diawali dengan huruf /r/ atau yang suku kata pertamanya berakhiran /er/. Mari kita lihat pada tabel di bawah ini!
Contoh pembentukan kata berimbuhan | Keterangan |
ber + rambut = berambut ber + ragam = beragam ber + rencana = berencana | Awalan ‘ber-‘ berubah bentuk menjadi ‘be-‘ apabila huruf awal kata dasar adalah r. |
ber + cermin = becermin ber + kerja = bekerja ber + pergi + an = bepergian | Awalan ‘ber-‘ berubah bentuk menjadi ‘be-‘ apabila suku kata pertama kata dasar berakhiran ‘er-‘. |
ber + ajar = belajar ber + unjur = belunjur | Pengecualian khusus |
ber + main = bermain ber + sekolah = bersekolah ber + kunjung = berkunjung | Bentuk umum kata berimbuhan ‘ber-‘, selain pada pengecualian-pengecualian di atas. |
Soal Latihan
Kerjakan di buku tugas kalian ya!
Berilah imbuhan ‘ber-‘ atau ‘ber-‘ + ‘-an’ pada kata yang tertulis di dalam tanda kurung agar menjadi kalimat yang benar!
1. Dian (rambut) panjang.
2. Pak Bakdi (kerja) di sawah sebagai petani.
3. Intan (cermin) sambil mematut diri.
4. Faiq (sekolah) di SDIT Insan Cendekia.
5. Kupu-kupu (terbang) di taman.
6. Kerbau (rendam) di kubangan lumpur.
7. Joko dan Yanto (main) layang-layang di lapangan.
Pendidikan Anti Korupsi ( PAK)
Kesimpulan :
Alhamdulillah, kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar dan seru. siswa aktif terlibat. mereka antusias menyampaikan ide dan pendapat mengenai materi hari ini namun ada 2 orang siswa yang belum Tuntas dalam menggunakan kalimat menggunakan awalan ber- dalam kegiatan pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar