Rabu, 04 September 2024

Materi Ajar: Rabu, 4 September 2024

 Hari/Tanggal               : Rabu, 4 September 2024

Kelas                            : IV A

Muatan Pelajaran         : 

1. Matematika                     :  Faktor Bilangan

CP: 

Fase B Berdasarkan Elemen :

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antarpecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal.  Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

Aljabar

Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau objek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.

Pengukuran

Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku.  Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Geometri

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

Analisis Data Dan Peluang

Pada akhir fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).

 

2. P5                                            :  Tema Kewirausahaan Pernak-pernik cantik berbahan Flanel

Kegiatan  Pembelajaran    :   P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Tujuan Pembelajaran :

- Peserta didik dapat  mengenal istilah P5

- Peserta didik dapat mengidentifikasi dimensi P5

- Peserta didik mengenal istilah wirausaha dancontoh-contohnys

- peserta didik mengetahui cara berdagang yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW

-Peserta didik berwawancara dengan para usahawan sekolah

Dimensi

Elemen

Subelemen

Capaian pada fase B

Beriman dan bertaqwa Kepada Allah SWT

Berempati kepada orang lain

Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat

 

 

 

Kreatif

Menghasilkan gagasan yang orisinal

Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk
membuat kombinasi hal yang baru dan imajinatif
untuk mengapresiasikan pikiran dan/atau
perasaannya

Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari
alternatif solusi permasalahan

Berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan
yang diambil tidak berhasil berdasarkan identifikasi
terhadap situasi

               

Mandiri

Regulasi diri

Menunjukkan inisiatif dan
bekerja secara mandiri

Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta
inisiatif untuk melakukannya dalam menunjang
pembelajaran dan pengembangan dirinya




 
Apa kabar anak-anak bu guru? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 
 


MATEMATIKA

Faktor Bilangan

Faktor bilangan merupakan bilangan yang habis dibagi dengan bilangan lainnya. 

Faktor bilangan adalah bilangan-bilangan yang dapat membagi bilangan tersebut dengan sisa pembagian nol. 
 
Dengan kata lain, faktor-faktor bilangan adalah bilangan-bilangan yang dapat menghasilkan hasil kali untuk membentuk bilangan tersebut. 
 
Misalnya, faktor-faktor dari 12 adalah 1, 2, 3, 4, 6, dan 12, karena semua bilangan ini dapat membagi 12 tanpa sisa pembagian.

Kelipatan Bilangan

 
Kelipatan suatu bilangan adalah hasil kali dari bilangan tersebut dengan suatu bilangan bulat.
 
Sebagai contoh, kelipatan 3 dari bilangan 3 adalah 3, 6, 9, 12, 15, dan seterusnya.
 
Kelipatan 5 dari bilangan 5 adalah 5, 10, 15, 20, dan seterusnya.
 
Baca Juga: Jenis-jenis Bilangan Matematika: Ganjil, Genap, Cacah hingga Pangkat
Lalu bagaimana dengan kelipatan bilangan? kelipatan bilangan adalah hasil kali dari bilangan tersebut dengan bilangan bulat lainnya.

Contoh: Misalkan kita ingin mencari faktor-faktor dari bilangan 24.

Faktor-faktor dari 24 adalah 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, dan 24.

Sementara itu, jika kita ingin mencari kelipatan 7 dari bilangan 7.

Kelipatan 7 dari 7 adalah 7, 14, 21, 28, dan seterusnya.

Harap dicatat bahwa setiap bilangan bulat memiliki faktor-faktor dan kelipatan yang tak terhingga banyaknya, karena kita dapat terus mengalikan atau membagi bilangan tersebut dengan bilangan bulat lainnya.

Contoh Soal Faktor Bilang dan Kelipatan Bilangan

1. Tentukan kelipatan dari bilangan 8 dan 9?

Jawaban

Kelipatan 8 = 8, 16, 24, 32, 48, 48, 56 dan seterusnya
Kelipatan 9 = 9, 18, 27, 36, 45, 54, 63 dan seterusnya

2. Tentukan faktor dari bilangan 20 dan 30?


Jawaban

Faktor dari 20 = 1, 2, 4, 5, 10, 20
Faktor dari 30 = 1, 2, 3, 5, 6, 10, 15, 30

Kids, itulah penjelasan mengenai pengertian faktor bilangan dan kelipatan bilangan dan beserta contohnya.



P5

Pada tahap ini, siswa
akan membuat
rancangan untuk usaha
yang akan dilakukan

Kegiatan pembuka:

Guru membuka dengan pertanyaan “Siapa yang ingin menjadi pengusaha ?” lalu tanyakan pada siswa usaha
apa yang ingin dilakukan oleh siswa, “Jika kamu ingin menjadi pengusaha, kira - kira apa yang “produk apa ingin
kamu tawarkan?”. Atau bisa dengan pertanyaan serupa lainnya.

Kegiatan Inti:

Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan langkah - langkah yang telah ditetapkan. Guru
juga melakukan pendampingan kepada siswa ketika melakukan kegiatan berikut :

         Memilih jenis usaha berdasarkan kebutuhan pasar

         Menganalisis kebutuhan usaha

Kegiatan penutup:

Siswa mempresentasikan hasil di depan kelas dan guru memberikan masukan serta apresiasi

Note : Kegiatan dapat dilakukan secara individu maupun kelompok.

Siswa menentukan produk yang dipilih dan target pasarnya

Untuk jenis usahanyanya adalah membuat pernak-pernik berbahan flane;

Sebelumnya siswa mengisi LKPD berikut!





Sebelumnya siswa belajar menjahit kain flanel 




Setelah mahir menjahit siswa mulai membuat sketsa huruf alfabet dari kain flanel
Ayo simak video berikut ini: 



dan coba cek juga video berikut ini:








KEGIATAN LIFE SKILL
PRAKTIK BERLATIH MENJAHIT 
dicontohkan oleh guru di kelas.

KESIMPULAN KEGIATAN HARI INI :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik aktif dan lancar anak-anak semangat sekali  dan untuk materi proyek penguatan profil pelajar Pancasila anak-anak melalui tema kewirausahaan melakukan rancangan untuk membuat usaha. Pada tahap ini, siswa akan membuat rancangan untuk usaha dari kain flanel yang akan dilakukan Kegiatan hari ini Tuntas dikerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Kamis, 7 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Kamis, 21 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran                ...