Hari/Tanggal : Selasa, 22 Juli 2025
Kelas : 6 Al Jazari
Muatan Pelajaran :
1. Bahasa Indonesia : BAB 1 Bangga Menjadi Anak Indonesia
2. Matematika : Pecahan dan Desimal
Bahasa Indonesia:
Capaian Pembelajaran :
Pada akhir Fase C, murid memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.1. Menyimak
Menganalisis informasi dari teks nonsastra berbentuk teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengarkan; dan menganalisis isi teks sastra berbentuk teks aural.
1.2. Membaca dan Memirsa
Membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dengan fasih dari bacaan dan/atau tayangan yang dipirsa; dan menganalisis informasi serta nilai-nilai dalam teks sastra dan nonsastra berwujud teks visual dan/atau audiovisual.
1.3. Berbicara dan Mempresentasikan
Mempresentasikan gagasan dari berbagai tipe teks dengan efektif dan santun; dan menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk teks sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.
1.4. Menulis
Menulis berbagai tipe teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan/atau imajinasi dengan rangkaian kalimat kompleks secara kreatif, menarik, dan/atau indah; dan menggunakan kaidah kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif dan konotatif.
Tujuan Pembelajaran:
1. Murid dapat menemukan solusi atas permasalahan tokoh dan menyimpulkan pesan cerita secara utuh.
2. Memahami dan menganalisis tokoh, alur, dan permasalahan dalam teks narasi
Matematika:
Capaian Pembelajaran:
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
Tujuan Pembelajaran :
Murid dapat melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
Bahasa Indonesia
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Unsur Intrinsik Cerpen “Aku Anak Indonesia”. Tujuan pembelajaran kali ini adalah mengidentifikasi dan menyebutkan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks naratif yang sesuai jenjangnya serta solusi yang dilakukan oleh tokoh tersebut.
No. | Nama Tokoh | Sifat Tokoh | Tindakannya |
---|---|---|---|
1. | Hana | Mandiri, berani, dan terbuka, tetapi kadang suka cemas | Cemas menghadapi hari pertama sekolahnya, tetapi dia berangkat sekolah sendiri, berani berpendapat dan memperkenalkan dirinya secara terbuka. |
2. | Juna | Ceria, ramah, suka menjadi pusat perhatian | Mengacungkan tangan dan bertanya kepada Hana di depan kelas. |
3. | Ibu Pertiwi | Penuh perhatian dan berwawasan luas | Membesarkan hati dan memberikan penjelasan yang baik. |
4. | Salim | Aktif dan percaya diri | Menanggapi pertanyaan guru secara cepat dan berteriak spontan saat melihat sesuatu yang mengejutkannya |
Hana cemas menghadapi menghadapi hari pertama sekolahnya karena ia baru pindah dari luar negeri.
Secara terbuka Hana memperkenalkan diri dan berbagi dengan teman-temannya.
Ibu guru membantu Hana mengatasi kekhawatirannya dengan memperkenalkannya kepada teman-temannya sebagai anak Indonesia. Hana juga mau belajar memperlancar bahasa Indonesianya. Ayah Hana juga membantu agar Hana dapat lebih cepat akrab dengan teman-temannya.
Demikian pembahasan mengenai Unsur Intrinsik Cerpen “Aku Anak Indonesia”. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Matematika
1. Pecahan adalah bagian dari suatu kesatuan yang dibagi menjadi beberapa bagian yang sama besar. Pecahan terdiri dari dua bagian:
· Pembilang (numerator): Angka yang ada di atas garis pecahan.
· Penyebut (denominator): Angka yang ada di bawah garis pecahan.
Contoh:3/4
· Pembilang = 3
· Penyebut = 4
Ini berarti "3 dari 4 bagian yang sama besar."
2. Jenis-jenis Pecahan
Pecahan terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
· Pecahan Sejenis: Pecahan yang penyebutnya sama.
o Contoh: 1/4, 3/4, 2/4
· Pecahan Tak Sejenis: Pecahan yang penyebutnya berbeda.
o Contoh: 1/4, 1/3, 1/2
· Pecahan Campuran: Gabungan antara bilangan bulat dan pecahan.
o Contoh: 1 1/2
· Pecahan Desimal: Pecahan yang penyebutnya adalah kelipatan 10 (10, 100, 1000, dll).
o Contoh: 0.5 (1/2), 0.75 (3/4)
3. Operasi pada Pecahan
A. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Sejenis
Untuk penjumlahan atau pengurangan pecahan sejenis, hanya pembilang yang dijumlahkan atau dikurangkan, sedangkan penyebutnya tetap sama.
Contoh Penjumlahan Pecahan Sejenis:
1/4 + 2/4 = (1 + 2)/4 = 3/4
Contoh Pengurangan Pecahan Sejenis:
3/5 - 1/5 = (3 - 1)/5 = 2/5
B. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Tak Sejenis
Untuk pecahan tak sejenis, kita harus mencari KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dari penyebut pecahan-pecahan tersebut, kemudian menyamakan penyebutnya.
Contoh Penjumlahan Pecahan Tak Sejenis:
1/3 + 1/4
Cari KPK dari 3 dan 4, yaitu 12.
1/3 = 4/12 dan 1/4 = 3/12.
Jadi, 4/12 + 3/12 = 7/12.
Ayo simak video berikut ini:
Kegiatan belajar di kelas hari ini semoga berjalan dengan baik dan lancar. Peserta didik dapat mengikuti kegiatan dengan antusias. Alhamdulilah semua peserta didik Tuntas dalam memahami dengan baik materi tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan. Pada pertemuan selanjutnya kita akan membahas mengenai perkalian bilangan pecahan Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu diberikan pemahaman dalam menuntut ilmu pada hari ini. aamiin....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar