Selasa, 22 Agustus 2023

Materi Ajar: Selasa, 22 Agustus 2023

SEMESTER 1

Hari/ Tanggal : Selasa, 22 Agustus 2023

Kelas: IV A

1. Pend. Pancasila 

Bab :

Materi : Norma

CP    :

1.    Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar    tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru.

2.    Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

TP / ATP  : 

1.   Peserta didik dapat mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya dengan tepat.

2.    Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya dengan benar.

3.    Peserta didik dapat mengidentifkasi hak dan kewajibannya sebagai peserta didik dengan tepat.

4.    Peserta didik dapat mengidentifkasi hak dan kewajibannya sebagai anggota keluarga dengan tepat.

5.    Peserta didik dapat merumuskan pendapat secara sistematis dan logis.

6.    Peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku positif apabila pendapatnya tidak diterima oleh orang lain.

7.    Peserta didik dapat menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya dengan tepat.


2. Seni Budaya       

Bab : Mengenal Lingkungan dengan Tari

Materi : Eksplorasi gerak tubuh pada Tari

CP    : 

1.      Elemen Mengalami (Experiencing)

Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.

2.      Menciptakan (Creating)

peserta didik mampu mengidentifikasi dan membuat gerak dengan unsur utama tari, level, perubahan arah hadap.

3.      Berpikir dan bekerja artistik (Thinking and working artistically)

peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

4.      Merefleksikan (Reflecting)

peserta didik mampu menilai pencapaian dirinya saat melakukan aktivitas pembelajaran tari

5.      Berdampak (Impacting)

peserta didik mampu menumbuhkan rasa cinta pada seni tari yang berpengaruh pada kemampuan diri dalam menyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.

 

TP / ATP  :

 Peserta didik mampu memperagakan ciri khas gerak tari dari flora, fauna, dan makhluk hidup di sekitar lingkungannya secara individu maupun kelompok


Assalamu'alaikum wr wb...


 
Apa kabar anak-anak bu Tutik hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 
 

PANCASILA


Di Indonesia terdapat 4 norma yang mengatur kita untuk bertindak dan berperilaku, Kids.

Secara umum norma merupakan pedoman masyarakat guna berperilaku dan bertindak.

Menurut KBBI, norma merupakan aturan maupun ketentuan yang sifatnya mengikat suatu kelompok orang di dalam masyarakat.

Berikut penyelasan masing-masing norma dan contoh yang ada di sekitar kita.

Yuk, simak penjelasannya!

1. Norma agama

Norma agama merupakan sekumpulan peraturan hidup mamusia yang berasal dari Tuhan.

Umumnya norma agama akan membuat manusia mengendalikan sikap dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh norma agama yang paling umum ialah beribadah sesuai kepercayaan dan agamanya.

2. Norma kesusilaan

Norma kesusilaan sendiri muncul dari hati nurani manusia ketika melakukan suatu hal.

Umumnya norma tersebut bersifat lokal di masyarakat tertentu.

Jika masyarakat melakukan pelanggaran maka akan ada sanksi sosial seperti dikucilkan atau muncul rasa penyesalan, Kids.

Contoh dari norma kesusilaan yaitu selalu jujur dan memperlakukan mahkluk hidup dengan baik.

3. Norma kesopanan

Secara umum norma kesopanan akan muncul di masyarakat atau komunitas.

Norma kesopanan merupakan aturan-aturan yang memfokuskan kepada perbuatan seseorang dalam menjaga sopan santun.

Meski begitu, setiap wilayah memiliki norma kesopanan yang berbeda-beda.

Contoh norma kesopanan yang paling umum ialah menghargai seseorang ketika berbicara.

Lalu, hormat kepada orang yang lebih tua.

4. Norma hukum

Norma hukum merupakan aturan mengenai tingkah laku manusia pada kehidupan sehari-hari.

Umumnya norma ini dibuat oleh negara dan bersifat memaksa, Kids.

Norma hukum bersisi larangan dan perintah, jika tak menaatinya maka bisa terkena sanksi.

Tujuan norma hukum ialah terciptanya rasa aman, keadilan, ketertiban, dan keteraturan dalam bermasyarakat.

Contoh norma hukum adalah perintah untuk menaati peraturan berkendara.

Untuk lebih  jelas ayo kita simak  video berrikut!





SENI BUDAYA

Eksplorasi menurut Yohanes Subowo (1992:23) adalah merupakan kegiatan awal dalam penyusunan sebuah komposisi tari. Dengan melakukan eksplorasi gerak yang didukung oleh improvisasi, penari telah terlatih secara refleksi untuk melakukan gerak baik dengan ekspresi maupun dengan pola irama

Gerak dalam tarian dapat diperoleh melalui eksplorasi atau penjelajahan. Eksplorasi gerak dilakukan dengan cara proses berpikir, berimajinasi, merasakan, dan merespon suatu objek yang diperoleh melalui panca indera. Objek ini bentuknya bisa berupa benda, alam, suara dan rasa

Rangsang tari yang banyak dipakai di dalam pembentukan tari meliputi rangsang gagasan, rangsang visual, rangsang auditif, rangsang kinestetik, dan rangsang peraba.

  1. Rangsangan Dengar (Auditif) adalah salah satu tahapan pengembangan gagasan gerak yang dilihat oleh suara atau bunyi suatu benda atau perbuatan sendiri.
  2. Rangsangan visual dapat muncul karena panca indera, rangsangan ini dapat timbul dari objek gambar, warna, wujud, patung, melihat orang menari atau bergerak, dan lain sejenisnya.
  3. Rangsangan Kinestetik dalam tahap ini dapat dilakukan seperti pada saat mengolah gerak berdasarkan pola hitungan
  4. Rangsangan Gagasan (idesional) adalah rangsangan yang seringkali digunakan peñata tari dalam membuat karyanya.

Pembahasan

Seni tari merupakan bentuk gerakan semua bagian tubuh atau hanya sebagian saja yang dilakukan dengan ritmis serta pada waktu tertentu untuk mengungkap pikiran, perasaan, dan tujuan dengan iringan musik atau tanpa iringan musik. Pada seni tari yang memakai iringan musik, maka gerakannya mengikuti irama dari musik yang dibawakan. Orang-orang yang memiliki peran dalam bermain alat musik akan menyesuaikan setiap gerakan penari agar arti dan tujuan dari tarian yang dibawakan tersampaikan kepada penonton tari-tarian.

Tari adalah gerak tubuh yang ritmis sebahai ungkapan ekspresi jiwa pencipta gerak sehingga menghasilkan unsur keindahan dan makna yang mendalam. Tari menitik beratkan konsep dan koreografi yang bersifat kreatif.


Unsur utama tari, natara lain:

1. Gerak

2. Ruang

3. Waktu


Unsur pendukung tari, antara lain:

1. Tata rias

2. Kostum

3. Pola lantai

4. Properti

Jenis tari berdasarkan jumlah penarinya:

1. Tari tunggal (Solo)

2. Tari berpasangan (duet/pas de duex)

3. Tari kelompok (Group choreography)

4. Tari kolosal


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan diberikan kemudahan dalam memperoleh ilmu 

Salam sayang dari ibu Tutik 
Wassalaamualaikum wr wb 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Selasa, 21 Mei 2024

Hari/ Tanggal : Selasa, 21 Mei 2024       Kelas: IV A Muatan  Pembelajaran              :   1. Pendidikan Pancasila   : Gotong Royong 2. Sen...