Hari/Tanggal : Selasa, 14 Oktober 2025
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Anak-anak sudah siap mengikuti ujian?
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
BERIKUT JADWAL Sumatif Tengah SEMESTER 1
KISI-KISI SOAL SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS)
SEMESTER 1 T.P 2025/2026
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung
Kelas / Semester : VI / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jumlah Soal :
50
Soal
Tahun Pelajaran : 2025 / 2026
Elemen |
Tujuan Pembelajaran
(TP) |
Materi |
Stimulus
/ Indikator Soal |
Elemen Menyimak Peserta didik mampu menganalisis
informasi dengan mengidentifika-sikan ciri objek, urutan proses kejadian dan
nilai-nilai dari berbagai tipe teks nonfiksi dan fiksi yang disajikan dalam
bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan audio. Elemen Membaca
dan Memirsa Peserta didik mampu membaca
kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dalam kata dengan fasih dan
indah.. Peserta didik mampu memahami informasi dan kosakata baru yang
memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek,
fenomena, dan karakter. Peserta didik mampu menganalisis informasi dari
berbagai tipe teks serta nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra dari
teks visual dan/atau audiovisual. Peserta didik mampu membaca hasil
pengamatan. Elemen
Berbicara dan Mempresentasikan Peserta didik mampu
menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan
mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan
kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta
didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya.
Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta
didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri
sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra
dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu
mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis,
sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif. Elemen Menulis Peserta
didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil
pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil
pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk
meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan
kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya.
Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif,
konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan
fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik
dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta
didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung. |
1. Peserta didik dapat
mendiskusikan hal-hal yang membuat kalian bangga menjadi anak Indonesia, dari
tempat lahir hingga Bahasa dengan benar. 2. Peserta didik dapat
mengenali ragam surat resmi dan surat pribadi dengan benar. 3. Peserta didik dapat
mengisi formulir serta mahir menulis surat elektronik dengan benar. 1.
Peserta didik dapat mendiskusikan ide-ide seni
budaya Indonesia untuk diplomasi lunak dengan benar. 2.
Peserta didik dapat melakukan wawancara untuk
menggali informasi dengan benar 3.
Peserta didik dapat membuat poster dan brosur sebuah
pagelaran seni di sekolah dengan benar. |
Unsur intrinsik cerita Formulir Paragraf Surat resmi dan surat pribadi Wawancara Formulir |
Disajikan peserta didik dapat menganalisis
tokoh pada teks bacaan Disajikan peserta didik dapat
menganalisis latar tempat dalam teks bacaan Disajikan peserta didik dapat
menganalisis watak tokoh dalam teks bacaan Peserta didik dapat menentukan
arti kalimat dalam teks bacaan Peserta didik dapat menentukan
arti kata sulit. Peserta didik dapat menentukan
arti kata sulit. Peserta didik dapat menentukan kata
yang tepat pada bagian kalimat yang rumpang. Disajikan penngalan cerita ,Peserta
didik dapat menentukan cara mengisi formulir Peserta didik dapat menentukan formular Peserta didik dapat menentukan cara mengisi formulir Disaajikan beberapa sumber
informasi, peserta didik dapat menunjukkan informasi Sejarah Bahasa Indonesia (soal nomor 11 s.d. 14) Disajikan kalimat, peserta didik
dapat menentukan arti kata ’’Lingua Franca’’ Peserta didik dapat menentukan Sejarah
Bahasa Indonesia’ Peserta didik dapat menentukan bagian
surat pribadi Peserta didik dapat menganalisis kalimat penutup surat Peserta didik dapat
menganalisis jenis paragraph Peserta didik dapat
menganalisis jenis paragraf Peserta didik dapat menganalisis fungsi
wawancara Peserta didik dapat menentukan pengertian
wawancara Peserta didik dapat menentukan pengertian narasumber Peserta didik dapat menganalisis
cara mengisi formulir Peserta didik dapat menentukan kalimat
pertanyaan dalam wawancara Peserta didik dapat menentukan bagian
utama peta pikiran Peserta didik dapat menentukan manfaat
membuat peta pikiran Disajikan kalimat, Peserta didik dapat menganalisis kata lingua franca dalam kalimat. Disajikan penggalan cerita, peserta didik mampu
menjelaskan permasalahan yang ada dalam penggalan cerita. Disajikan pernyataan, peserta
didik mampu menentukan unsur pada surat resmi dengan benar. Peserta didik dapat menentukan contoh
surat resmi dengan benar Disajikan penggalan teks bacaan, peserta
didik dapat menyimpulkan kata yang rumpamg dalam teks bacaan Disajikan penggalan teks bacaan, peserta
didik dapat menyimpulkan makna katanya. Disajikan pernyataan, peserta
didik mampu menentukan hal yang harus dilakukan pewawancara dengan benar. Peserta didik mampu menentukan kata
dalam kalimat rumpang. Disajikan pernyataan, peserta
didik mampu menentukan tujuan utama dalam kegiatan wawancara dengan benar |
|
|
Surat
resmi dan surat pribadi Kalimat
Rumpang Wawancara |
Peserta
didik menganalisis
jenis surat pribadi Peserta didik menganalisis bagian
surat resmi Disajikan kalimat, peserta
didik mampu
menentukan kata yang tepat dalam kalimat rumpang Disajikan pernyataan,
peserta didik menyimpulkan arti kata berhomonim Disajikan
pernyataan,Peserta didik menulis tahap membuar laporan
wawancara dengan tepat Disajikan
sebuah teks secara acak, peserta didik menentukan urutan kalimat dengan tepat. Peserta didik mampu menentukan pengertian
dari narasumber Disajikan
sebuah teks,peserta didik menelaah bagian penutup
surat pribadi Disajikan
sebuah teks,peserta didik menentukan
pengertian paragraf deduktif Peserta didik mampu menentukan pengertian
dari pewawancara |
|
|
|
\Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan perbedaan surat resmi dan pribadi
dengan benar. Disajikan pernyataan,
peserta didik mampu menuliskan contoh surat pribadi dengan benar Disajikan pernyataan,
peserta didik mampu menyebutkan dan menuliskan contoh surat resmi dengan
benar Disajikan pernyataan,
peserta didik mampu menyebutkan dan menuliskan langkah-langkah wawancara dengan
benar. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar