Selasa, 14 Oktober 2025

STS: Selasa, 14 Oktober 2025

 Hari/Tanggal   : Selasa, 14 Oktober 2025

 Kelas              : VI Al Jazari 


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Anak-anak sudah siap mengikuti ujian?

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.


BERIKUT JADWAL Sumatif Tengah SEMESTER 1


KISI-KISI SOAL SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS)

SEMESTER 1 T.P 2025/2026


Satuan Pendidikan                 : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung


Kelas / Semester                    :
VI / 1

Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia

Jumlah Soal                           : 50 Soal 

Tahun Pelajaran                   : 2025 / 2026

 

Elemen

Tujuan Pembelajaran (TP)

Materi

Stimulus / Indikator Soal

Elemen Menyimak

Peserta didik mampu menganalisis informasi dengan mengidentifika-sikan ciri objek, urutan proses kejadian dan nilai-nilai dari berbagai tipe teks nonfiksi dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan audio.

 

 

 

Elemen Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dalam kata dengan fasih dan indah.. Peserta didik mampu memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter. Peserta didik mampu menganalisis informasi dari berbagai tipe teks serta nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra dari teks visual dan/atau audiovisual. Peserta didik mampu membaca hasil pengamatan.

 

Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

 

Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

1.       Peserta didik dapat mendiskusikan hal-hal yang membuat kalian bangga menjadi anak Indonesia, dari tempat lahir hingga Bahasa dengan benar.

2.       Peserta didik dapat mengenali ragam surat resmi dan surat pribadi dengan benar.

3.       Peserta didik dapat mengisi formulir serta mahir menulis surat elektronik dengan benar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.       Peserta didik dapat mendiskusikan ide-ide seni budaya Indonesia untuk diplomasi lunak dengan benar.

2.       Peserta didik dapat melakukan wawancara untuk menggali informasi dengan benar

3.       Peserta didik dapat membuat poster dan brosur sebuah pagelaran seni di sekolah dengan benar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Unsur intrinsik cerita

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Formulir

 

 

 

 

 

 

 

 

Paragraf

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Surat resmi dan surat pribadi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Wawancara

 

 

 

Formulir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan peserta didik dapat menganalisis tokoh pada teks bacaan

Disajikan peserta didik dapat menganalisis latar tempat dalam teks bacaan

Disajikan peserta didik dapat menganalisis watak tokoh dalam teks bacaan

Peserta didik dapat menentukan arti kalimat dalam teks bacaan

Peserta didik dapat menentukan arti kata sulit.

Peserta didik dapat menentukan arti kata sulit.

 

Peserta didik dapat menentukan kata yang tepat pada bagian kalimat yang rumpang.

Disajikan penngalan cerita ,Peserta didik dapat menentukan cara mengisi formulir

Peserta didik dapat menentukan formular

 Peserta didik dapat menentukan cara mengisi formulir

 

Disaajikan beberapa sumber informasi, peserta didik dapat menunjukkan informasi Sejarah Bahasa Indonesia

(soal nomor 11 s.d. 14)

Disajikan kalimat, peserta didik dapat menentukan arti kata ’’Lingua Franca’’

Peserta didik dapat menentukan Sejarah Bahasa Indonesia’

Peserta didik dapat menentukan bagian surat pribadi

Peserta didik dapat menganalisis  kalimat penutup surat

Peserta didik dapat menganalisis  jenis paragraph

Peserta didik dapat menganalisis  jenis paragraf

 

Peserta didik dapat menganalisis fungsi wawancara

Peserta didik dapat menentukan pengertian wawancara

 Peserta didik dapat menentukan pengertian narasumber

Peserta didik dapat menganalisis cara mengisi formulir

Peserta didik dapat menentukan kalimat pertanyaan dalam wawancara

Peserta didik dapat menentukan bagian utama peta pikiran

Peserta didik dapat menentukan manfaat membuat peta pikiran

Disajikan  kalimat, Peserta didik dapat menganalisis  kata lingua franca dalam kalimat.

Disajikan penggalan     cerita,            peserta didik    mampu menjelaskan permasalahan yang ada dalam penggalan cerita.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan unsur pada surat resmi dengan benar.

Peserta didik dapat menentukan contoh surat resmi dengan benar

Disajikan penggalan teks bacaan, peserta didik dapat menyimpulkan kata yang rumpamg dalam teks bacaan

Disajikan penggalan teks bacaan, peserta didik dapat menyimpulkan makna katanya.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan hal yang harus dilakukan pewawancara dengan benar.

Peserta didik mampu menentukan kata dalam kalimat rumpang.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan tujuan utama dalam kegiatan wawancara dengan benar

 

 

 

 

Surat resmi dan surat pribadi

 

 

Kalimat Rumpang

 

Wawancara

 

Peserta didik menganalisis jenis surat pribadi

Peserta didik menganalisis bagian surat resmi

Disajikan kalimat, peserta didik mampu menentukan kata yang tepat dalam kalimat rumpang

Disajikan pernyataan, peserta didik menyimpulkan arti kata berhomonim

Disajikan pernyataan,Peserta didik menulis tahap membuar laporan wawancara dengan tepat

Disajikan sebuah teks secara acak, peserta didik  menentukan urutan kalimat dengan tepat.

Peserta didik  mampu menentukan pengertian dari narasumber

Disajikan sebuah teks,peserta didik  menelaah bagian penutup surat pribadi

Disajikan sebuah teks,peserta didik  menentukan pengertian paragraf deduktif

Peserta didik  mampu menentukan pengertian dari pewawancara

 

 

 

\Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan perbedaan surat resmi dan pribadi dengan benar.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menuliskan contoh surat pribadi dengan benar

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan dan menuliskan contoh surat resmi dengan benar

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan dan menuliskan langkah-langkah wawancara dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS: Selasa, 14 Oktober 2025

  Hari/Tanggal   : Selasa, 14 Oktober 2025  Kelas              : VI Al Jazari  Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh Apa kabar anak...