Hari/Tanggal : Rabu, 15 Oktober 2025
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Anak-anak sudah siap mengikuti ujian?
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
BERIKUT JADWAL Sumatif Tengah SEMESTER 1
KISI-KISI SOAL SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS)
SEMESTER 1 T.P 2025/2026
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung
Fase / Kelas / Semester : C / VI / 1
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Jumlah Soal : 50 Soal
Mata Pelajaran |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Tujuan Pembelajaran (TP) |
Indikator Soal |
Seni Rupa |
· Elemen Mengalami Peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
· Elemen Merefleksikan Peserta didik mempresentasikan penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni.
· Elemen Berpikir dan Bekerja Artistik Peserta didik mampu menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran seni rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mampu secara mandiri menggunakan variasi teknik dasar berkarya rupa.
· Elemen Menciptakan Peserta didik mampu membuat karya rupa berdasarkan gagasannya sendiri atau mengambil inspirasi dari luar dirinya dengan menggunakan dan menggabungkan unsur garis, warna, tekstur, bentuk dan bangun. Peserta didik mampu menggunakan perspektif dalam membuat karya 2 dimensi.
· Elemen Berdampak Peserta didik mampu memberikan respon terhadap kejadian sehari-hari, keadaan lingkungan sekitar, dan perasaan atau emosinya melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi diri dan lingkungan terkecilnya. |
1. Peserta didik mampu membandingkan penggunaan warna, tekstur, dan gelap terang pada objek di lingkungan dengan benar. 2. Peserta didik mampu menunjukan profil pelajar pancasila ketika menyusun warna, tekstur, dan gelap terang dalam ritme atau pola yang ditentukan guru. 3. Peserta didik mampu memodifikasi warna, tekstur, dan gelap terang berdasarkan objek yang ada di lingkungan sekitar dengan benar. 4. Peserta didik mampu memahami ritme melalui gambar simulasi dengan baik dan benar. 5. Peserta didik mampu menyebutkan cara-cara dalam menggambar ritme dengan baik dan benar. 6. Peserta didik mampu memahami manfaat menggambar ritme dengan baik dan benar. 7. Peserta didik mampu menggambar ritme dalam seni rupa dengan baik dan benar. 8. Peserta didik mampu membandingkan penggunaan ikatan dan simpul dalam mendesain kaerya fungsional dengan benar. 9. Peserta didik mampu menunjukan profil pelajar pancasila ketika menggunakan ikatan dan simpul dalam mendesain karya fungsional dengan baik. 10. Peserta didik mampu memodifikasi ikatan dan simpul dalam mendesain karya fungsional dengan benar |
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan unsur-unsur seni rupa dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan arti ritme dalam seni rupa dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan arti informal dalam pola dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan arti warna primer dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan arti tekstur dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis contoh dari tekstur nyata dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis contoh warna primer dengan benar.
Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan ritme sesuai gambar dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan arti dari oposisi dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan manfaat menggambar ritme dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mennganalisis manfaat menghias benda dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan istilah cara menggambar salah satu ritme dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi perwujudan ritme dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan salah satu contoh penggunaan ritme menggambar dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi ikatan dalam membuat kerajinan dengan benar.
Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan nama simpul sesuai gambar dengan benar.
Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan nama simpul sesuai gambar dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan fungsi dari salah satu simpul dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan fungsi pengikatan tali dengan benar.
Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan nama simpul sesuai gambar dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan pengertian macramé.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis unsur penting macramé. Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis bahan pembuatan kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan, peserta didik mampu menentukan contoh kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan, peserta didik mampu menganalisis perencanaan pembuatan kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan, peserta didik mampu menentukan alat dan bahan pembuatan kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan , murid menganalisis salah satu bahan tali pada kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pernyataan , murid menganalisis salah satu bahan tali pada kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan, peserta didik mampu menentukan alat dan bahan pembuatan kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan , murid menentukan salah satu jenis tali pada kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan , murid menentukan salah satu jenis simpul pada kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan , murid menentukan salah satu jenis simpul pada kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan , murid menentukan salah satu jenis simpul pada kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan , murid menentukan fungsi simpul pada kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan , murid menentukan fungsi simpul pada kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan , murid menganalisis pengertian ritme.
Disajikan sebuah pertanyaan , murid menentukan tehnik pada pola ritme
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan 2 jenis golongan warna.
Disajikan sebuah pertanyaan , murid menganalisis pengertian gradasi.
Disajikan sebuah pertanyaan , murid menganalisis pengertian irama.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan 2 jenis simpul pada kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan 2 tehnik pada kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menyebutkan 2 jenis alat dan bahan pada kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan , murid menganalisis salah satu bahan tali pada kerajinan macramé.
Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan 2 jenis tali pada kerajinan macramé
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan dan menuliskan arti pola dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan dan menuliskan arti warna dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan dan menuliskan arti oposisi dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan dan menuliskan perbedaan simpul dan ikatan dengan benar.
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan dan menuliskan jenis simpul dengan benar. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar