Selasa, 14 Oktober 2025

STS: Rabu, 15 Oktober 2025



Hari/Tanggal   : Rabu, 15 Oktober 2025

 Kelas              : VI Al Jazari 


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Anak-anak sudah siap mengikuti ujian?

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.


BERIKUT JADWAL Sumatif Tengah SEMESTER 1


KISI-KISI SOAL SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS)

SEMESTER 1 T.P 2025/2026


Satuan Pendidikan                 : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung

Fase / Kelas / Semester          : C / VI / 1

Mata Pelajaran                     : Seni Rupa

Jumlah Soal                           : 50 Soal  


Mata Pelajaran

Capaian Pembelajaran (CP)

Tujuan Pembelajaran (TP)

Indikator Soal

Seni Rupa

·         Elemen Mengalami

Peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

 

·         Elemen Merefleksikan

Peserta didik mempresentasikan penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni.

 

·         Elemen Berpikir dan Bekerja Artistik

Peserta didik mampu menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran seni rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya. 

Peserta didik mampu secara mandiri menggunakan variasi teknik dasar berkarya rupa.

 

·         Elemen Menciptakan

Peserta didik mampu membuat karya rupa berdasarkan gagasannya sendiri atau mengambil inspirasi dari luar dirinya dengan menggunakan dan menggabungkan unsur garis, warna, tekstur, bentuk dan bangun. 

Peserta didik mampu menggunakan perspektif dalam membuat karya 2 dimensi.

 

·         Elemen Berdampak

Peserta didik mampu memberikan respon terhadap kejadian sehari-hari, keadaan lingkungan sekitar, dan perasaan atau emosinya melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi diri dan lingkungan terkecilnya.

1.      Peserta didik mampu membandingkan penggunaan warna, tekstur, dan gelap terang pada objek di lingkungan dengan benar.

2.      Peserta didik mampu menunjukan profil pelajar pancasila ketika menyusun warna, tekstur, dan gelap terang dalam ritme atau pola yang ditentukan guru.

3.      Peserta didik mampu memodifikasi warna, tekstur, dan gelap terang berdasarkan objek yang ada di lingkungan sekitar dengan benar.

4.      Peserta didik mampu memahami ritme melalui gambar simulasi dengan baik dan benar.

5.      Peserta didik mampu menyebutkan cara-cara dalam menggambar ritme dengan baik dan benar.

6.      Peserta didik mampu memahami manfaat menggambar ritme dengan baik dan benar.

7.      Peserta didik mampu menggambar ritme dalam seni rupa dengan baik dan benar.

8.      Peserta didik mampu membandingkan penggunaan ikatan dan simpul dalam mendesain kaerya fungsional dengan benar.

9.      Peserta didik mampu menunjukan profil pelajar pancasila ketika menggunakan ikatan dan simpul dalam mendesain karya fungsional dengan baik.

10.  Peserta didik mampu memodifikasi ikatan dan simpul dalam mendesain karya fungsional dengan benar

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan unsur-unsur seni rupa dengan benar.

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan arti ritme dalam seni rupa dengan benar.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan arti informal dalam pola dengan benar.

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan arti warna primer dengan benar.

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan arti tekstur dengan benar.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis  contoh dari tekstur nyata dengan benar.

                                                  

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis  contoh warna primer dengan benar.

 

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan ritme sesuai gambar dengan benar.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan arti dari oposisi dengan benar.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan manfaat menggambar ritme dengan benar.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mennganalisis manfaat menghias benda dengan benar.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan istilah cara menggambar salah satu ritme dengan benar.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi perwujudan ritme dengan benar.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan salah satu contoh penggunaan ritme menggambar dengan benar.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi ikatan dalam membuat kerajinan dengan benar.

 

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan nama simpul sesuai gambar dengan benar.

 

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan nama simpul sesuai gambar dengan benar.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan fungsi dari salah satu simpul dengan benar.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan fungsi pengikatan tali dengan benar.

 

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan nama simpul sesuai gambar dengan benar.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan pengertian macramé.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis unsur penting macramé.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis bahan pembuatan kerajinan macramé.

 

 

Disajikan sebuah pertanyaan, peserta didik mampu menentukan contoh kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, peserta didik mampu menganalisis perencanaan pembuatan kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, peserta didik mampu menentukan alat dan bahan pembuatan kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan , murid  menganalisis salah satu bahan tali pada kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pernyataan , murid  menganalisis salah satu bahan tali pada kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, peserta didik mampu menentukan alat dan bahan pembuatan kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan , murid  menentukan salah satu jenis tali pada kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan , murid  menentukan salah satu jenis simpul pada kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan , murid  menentukan salah satu jenis simpul pada kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan , murid  menentukan salah satu jenis simpul pada kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan , murid  menentukan fungsi simpul pada kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan , murid  menentukan fungsi simpul pada kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan , murid  menganalisis pengertian ritme.

 

Disajikan sebuah pertanyaan , murid  menentukan tehnik pada pola ritme

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan 2 jenis golongan warna.

 

Disajikan sebuah pertanyaan , murid  menganalisis pengertian gradasi.

 

Disajikan sebuah pertanyaan , murid  menganalisis pengertian irama.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan 2 jenis simpul pada kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan 2 tehnik pada kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menyebutkan 2 jenis alat dan bahan pada kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan , murid  menganalisis salah satu bahan tali pada kerajinan macramé.

 

Disajikan sebuah pertanyaan, murid menentukan 2 jenis tali pada kerajinan macramé

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan dan menuliskan arti pola dengan benar.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan dan menuliskan arti warna dengan benar.

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan dan menuliskan arti oposisi dengan benar.

 

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan dan menuliskan perbedaan simpul dan ikatan dengan benar.

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan dan menuliskan jenis simpul dengan benar.

Latihan Soal Seni Rupa
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Ide motif dekoratif di Indonesia berasal dari ....
a. film drama
b. budaya asing
c. cerita leluhur
d. budaya masyarakat

2. Pewarna untuk poster sebaiknya bersifat ….
a. kontras
b. natural
c. samar-samar
d. sangat cerah

3. Perhatikan gambar berikut !

Contoh Soal PTS/STS Seni Rupa Kelas 6 Semester 1 Kurikulum Merdeka Gambar 1


Irama pada gambar di samping terbentuk karena ….
a. pengulangan karakter bentuk dan warna
b. pengulangan bentuk, warna, dan arah yang berbeda
c. pengulangan bentuk, warna, dan arah yang sama
d. pengulangan bentuk dengan ukuran yang berbeda dengan warna yang sama
 
4. Gerak dedaunan akan menciptakan sebuah garis dengan prinsip ....
a. penekanan
b. kontras
c. keseimbangan 
d. irama

5. Garis pekat tanpa jarak pada suatu gambar akan menghasilkan area ....
a. terang
b. gelap
c. samar-samar
d. teduh

6. Ketika menggambar sebuah benda tetapi tidak terlihat area bayangan, maka langkah yang dapat kalian lakukan adalah ....
a. mengganti objek yang lebih nyata
b. mengganti media lukis agar lebih terlihat gambarnya
c. mencari sudut pandang lain dengan pencahayaan yang lebih terlihat
d. merubah teknik penggambaran

7. Di dalam sebuah ruangan pameran terdapat karya seni berjenis glow in the dark.
Berikut ini cara yang dapat dilakukan oleh penonton apabila ingin melihat karya seni glow in the dark, adalah ....
a. melihat pada siang hari
b. melihat karya dari dekat
c. karya dapat terlihat apabila tidak ada cahaya
d. penonton harus membawa senter agar dapat melihat karya seniman

8. Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip berikut dalam pekerjaan desain, kecuali ....
a. irama
b. keseimbangan 
c. kesederhanaan
d. kesatuan

9. Jenis ritme pada gambar di samping adalah ....

Contoh Soal PTS/STS Seni Rupa Kelas 6 Semester 1 Kurikulum Merdeka Gambar 2

a. oposisi
b. repetisi
c. gradasi
d. flowing

10. Dalam batik Jawa motif garis-garis disebut motif ....
a. abstrak
b. lurik
c. truntum
d. jumputan

11. Alat menggambar yang tidak memerlukan pengencer yaitu ....
a. cat poster
b. cat air
c. konte
d. tinta

12. Unsur nonfisik biasanya menggunakan pemahaman dengan ....
a. raga
b. rasa
c. visual
d. gambar

13. Warna hijau diperoleh dari campuran warna ....
a. kuning dan biru 
b. biru dan merah 
c. kuning dan biru
d. biru dan merah

14. Cara untuk membantu menentukan warna dengan tepat adalah ....
a. menggunakan warna alam
b. menggunakan skala warna
c. menggunakan diagram warna
d. menentukan warna dari benda sintetis

15. Dalam karya seni rupa, unsur dan prinsip saling ....
a. bertolak belakang
b. melengkapi
c. berhubungan
d. membutuhkan

16. Nadia membuat karya patung dari clay, tetapi bahan yang digunakan sudah habis. Alternatif lain yang dapat dilakukan Nadia agar tetap dapat melanjutkan pembuatan karyanya adalah ....
a. menggunakan bahan tepung yang ada di dapur
b. mengganti bahan pembuatan karya
c. mencari bahan lain agar mudah dibentuk
d. mengganti konsep karya

17. Area gelap terjadi karena tidak terkena cahaya matahari. untuk bisa menghasilkan gambar dengan unsur gelap terang. Teknik yang digunakan dilakukan dengan cara ....
a. membuat arsiran tampak renggang
b. membuat arsiran pada area gelap lebih tebal
c. mendusel area yang gelap
d. mengarsir dengan tebal pada area yang menonjol

18. Irama menggambarkan adanya …. yang selalu berada dalam pengulangan.
a. bentuk
b. alur
c. pola
d. gambar

19. Karya yang dihias akan memiliki nilai jual yang ....
a. standar
b. sama
c. tinggi
d. rendah

20. Memperjelas sebuah sketsa ritme agar tidak mudah dihapus dapat menggunakan ....
a. cat
b. tinta permanen 
c. bolpoint
d. pilox
Semoga sholeh-sholehah diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal-soalnya ya. Jangan lupa berdoa sebelum memulai mengerjakan dan Good Luck Kids:)

Baiklah untuk minggu ini hanya itu saja yang dapat miss sampaikan. Miss ucapkan terimakasih atas perhatiannya. Tetap semangat dan tetap istiqomah untuk melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah dan tepat waktu ya sholeh sholehah:)

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS: Rabu, 15 Oktober 2025

Hari/Tanggal   : Rabu, 15 Oktober 2025  Kelas              : VI Al Jazari  Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh Apa kabar anak sho...