Selasa, 28 Oktober 2025

Materi Ajar: Selasa, 28 Oktober 2025

 Selamat datang di perpustakaan online di kelas bu Tutik! Mari kita saling mengenal sebelum memulai pembelajaran. Saya akan menjadi teman belajar kalian selama setahun dan berharap kita bisa berkolaborasi serta menikmati perjalanan belajar ini bersama!

Hari/tanggal         :  Selasa,  28 Oktober 2025

Kelas                      : VI AL JAZARI


Materi Muatan Pelajaran

B. Indonesia : Bab 3 Taman Nasional dan Situs Warisan Dunia

Matematika                 :Rasio


Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran: 

Murid mampu menganalisis informasi dan nilai-nilai dari teks sastra (legenda) dan informasional (catatan perjalanan, teks museum). Murid mampu menemukan dan mengidentifikasi informasi pada fitur grafis (grafik), serta menulis teks laporan untuk menjelaskan hasil pengamatan

Tujuan Pembelajaran: 

Murid dapat :

1. Memahami isi legenda "Putri Komodo" dan mengidentifikasi majas yang digunakan.

2. Menganalisis catatan perjalanan untuk membedakan informasi yang bersifat fakta dan opini.

3. Mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung (dan sebaliknya) sesuai konteks.

4. Menganalisis data dari grafik dan menyajikannya kembali dalam bentuk kalimat informatif.

5. Menulis laporan hasil pengamatan/kunjungan ke museum atau tempat bersejarah dengan struktur yang baik.

CP Matematika:

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uangMereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPBPeserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

Tujuan Pembelajaran : 

1. Murid dapat menjelaskan konsep rasio dan menentukan kesamaan rasio dengan benar.

2. Murid dapat menentukan rasio bagian terhadap bagian atau rasio bagian terhadap keseluruhan

3. Murid dapat menentukan rasio jarak terhadap durasi waktu

4.  Murid dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan rasio dalam kehidupan sehari-hari.


Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


BAHASA INDONESIA


Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Membaca dan Memahami Infografik. Tujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik dapat memahami informasi pada infografik.

Pada kegiatan ini peserta didik membaca teks “Kontroversidi Balik Industri“Fast Fashion” sambil memirsa foto yang ditampilkan dalam bacaan tersebut. Setelah itu,peserta didik menjawab pertanyaan berkaitan dengan bacaan dan menyampaikan pendapat mengenai penyajian informasi tentang fashion.

Infografik adalah representasi visual informasi, data, atau ilmu pengetahuan secara grafis. Grafik ini memperlihatkan informasi rumit dengan singkat dan jelas. Saat ini infografik ada di segala bentuk media, mulai dari hasil cetakan biasa dan ilmiah hingga papan dan rambu jalan. Infografik mengilustrasikan informasi yang memiliki sedikit teks dan berperan sebagai ringkasan visual untuk konsep sehari-hari.

Kontroversi di Balik Industri“ Fast Fashion”
Pernahkah kamu mendengar tentang Fast Fashion? Fast dalam bahasa Inggris artinya ‘cepat’, sementara fashion adalah padanan kata dari ‘fesyen’ atau ‘mode’. Fast Fashion adalah pakaian yang diproduksi dalam siklus yang cepat dan masif oleh industri pakaian demi tren terbaru di masyarakat. Biasanya, pakaian ini harganya murah dan kualitasnya tidak begitu bagus. 

Industri fesyen siap pakai ini melibatkan banyak buruh di pabrik garmen. Sebesar 34% pekerja berada di wilayah Asia. Sebagian besar di antaranya tidak mendapatkan upah yang layak. Selain itu, beberapa pengusaha mempekerjakan anak-anak di bawah usia 18 tahun.

Selain kontroversi di sektor sosial, industri fesyen ini juga mempunyai dampak buruk pada lingkungan. Proses pembuatan pakaian membutuhkan banyak sekali air. Misalnya untuk memproduksi 1 potong kaus katun dibutuhkan 2.700 liter air yang setara dengan air minum satu orang selama 2,5 tahun. Proses produksi baju juga menghasilkan emisi yang besar dan menghasilkan limbah plastik dalam bentuk mikrofiber.

Untuk mengurangi dampak buruk dari fesyen siap pakai, kita bisa berkontribusi dengan memilih pakaian dari bahan katun organik, mengurangi membeli baju baru, dan mendaur ulang pakaian yang sudah tidak terpakai. 
Memahami Infografik
Amati infografik tersebut dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan fast fashion?
Fast fashion adalah pakaian yang diproduksi dalam siklus yang cepat dan masif oleh industri pakaian demi tren terbaru di masyarakat.
2. Sebutkan dampak sosial dari industri fast fashion!
Dampak sosial dari industri fast fashion adalah banyaknya buruh yang tidak mendapatkan upah yang layak. Ada juga pengusaha yang mempekerjakan anak-anak di bawah usia 18 tahun.
3. Apa dampak lingkungan dari industri ini?
Dampak lingkungan dari industri ini adalah membutuhkan banyak sekali air, menghasilkan emisi yang besar, dan menghasilkan limbah plastik dalam bentuk mikrofiber.
4. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak buruk industri fesyen siap pakai ini?
Hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak buruk industri fesyen siap pakai ini antara lain memilih pakaian dari katun organik, mengurangi membeli baju baru, dan mendaur ulang pakaian yang sudah tidak terpakai.

Demikian pembahasan mengenai Membaca dan Memahami Infografik Kontroversi di Balik Industri “Fast Fashion”. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VI Kurikulum Merdeka, Kemendikbud


Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Membahas Teks “Museum Manusia Purba Sangiran”. Tujuan pembelajaran kali ini adalah Peserta didik dapat menilai kualitas teks dan data visual dari teks “Museum Manusia Purba Sangiran.

Pada kegiatan ini Peserta didik mungkin ada yang mempunyai persepsi salah tentang teori evolusi. Ada yang salah paham mengatakan bahwa manusia adalah keturunan kera. Kesalahpahaman ini bisa menutup pintu untuk mempelajari evolusi lebih lanjut. Diskusikan dengan peserta didik, apa sebenarnya yang dimaksud dengan evolusi dan di mana posisi manusia dibandingkan dengan manusia purba.

Museum Manusia Purba Sangiran
Museum Sangiran adalah museum yang menggambarkan kisah manusia purba yang ditemukan di situs penggalian arkeologi Sangiran. Situs ini terletak di Kabupaten Sragen, sekitar 17 kilometer dari Kota Solo, Jawa Tengah. Fosil-fosil binatang, manusia purba, dan artefak yang ditemukan di Sangiran berusia 1,8 juta tahun yang lalu hingga 150.000 tahun yang lalu.
Museum Sangiran
Museum Sangiran memiliki tiga ruang pamer, satu ruang audio visual untuk menonton film sejarah manusia Jawa dan lokasi lahar purba yang memuat lapisan-lapisan tanah yang berusia jutaan tahun.

Dan seterusnya....

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini untuk membantu kalian menulis laporan hasil pengamatan!
1. Ada berapa ruang pamer di Museum Sangiran? Apa yang membedakannya?  Jelaskan dengan kata-kata kalian sendiri.
Di Museum Sangiran ada tiga ruang pamer. Ruang pamer pertama berisi koleksi fosil manusia purba dan binatang dari situs Sangiran. Ruang pamer kedua menampilkan perkembangan kehidupan manusia, sejak manusia purba hingga manusia modern, yang dilengkapi dengan diorama situs penggalian. Selain perkembangan kehidupan manusia itu, ruang pamer kedua juga menampilkan proses terbentuknya alam semesta secara audio visual. Ruang pamer ketiga terdiri dari diorama kehidupan manusia purba dan lingkungannya.
2. Salah satu ciri khas Museum Sangiran adalah museum yang dinamis, apa maksudnya?
Museum yang dinamis berarti museum ini tidak statis karena selalu ada temuan baru yang dipamerkan.
3. Kalau kalian menjadi kepala atau direktur sebuah museum, apa saja yang akan kalian lakukan agar museum kalian menarik bagi pengunjung?
Kalau saya menjadi kepala museum, saya akan selalu berusaha memperhatikan kebersihan lingkungan museum, terutama perawatan koleksi museum di ruang pamer. Saya juga akan membuat berbagai pertunjukan. Informasi melalui berbagai media penting untuk menarik pengunjung.

Kosa Kata Baru
Adakah kata-kata sulit yang belum kamu pahami? Gunakan kamus untuk mencari arti kata-kata berikut ini. Buatlah kalimat menggunakan kata-kata itu dan tuliskan dalam buku tulis kalian masing-masing.

Kosakata Baru dalam Bacaan “Museum Manusia Purba Sangiran”
  1. purbakala: n zaman dahulu sekali; zaman kuno; dahulu kala manusia purba: manusia yang hidup pada masa prasejarah
  2. evolusi: n perubahan (pertumbuhan, perkembangan) secara berangsurangsur dan perlahan-lahan (sedikit demi sedikit)
  3. fosil: n sisa tulang belulang binatang atau sisa tumbuhan zaman purba yang telah membatu dan tertanam di bawah lapisan tanah
  4. situs: n daerah temuan benda-benda purbakala
  5. replika: n duplikat; tiruan
  6. peradaban: n hal yang menyangkut sopan santun, budi bahasa, dan kebudayaan suatu bangsa
  7. arkeologi: n ilmu tentang kehidupan dan kebudayaan zaman kuno berdasarkan benda peninggalannya, seperti patung dan perkakas rumah tangga; ilmu purbakala
  8. hominid: n Antr suku yang mencakupi manusia dan makhluk mirip manusia yang telah punah 
  9. artefak: n Ark benda-benda, seperti alat, perhiasan yang menunjukkan kecakapan kerja manusia (terutama pada zaman dahulu) yang ditemukan melalui penggalian arkeologi, n Ark benda (barang-barang) hasil kecerdasan manusia, seperti perkakas, senjata
  10. ruang pamer: n tempat untuk memamerkan koleksi museum
  11. homo erectus: n makhluk manusia purba “manusia berkepala tegak” yang juga ditemukan di daeral Trinil, Ngawi, Jawa Timur.

Contoh Kalimat
  1. Museum Sangiran menyimpan koleksi benda-benda purbakala.
  2. Teori evolusi yang dicetuskan oleh Charles Darwin menekankan bahwa evolusi terbentuk melalui seleksi alam menjadi teori yang paling populer dalam ilmu biologi.
  3. Fosil terawetkan secara alami oleh alam dan memberikan gambaran bagaimana kehidupan di bumi pada masa itu.
  4. Situs Sangiran menyimpan kekayaan purbakala yang berupa fosil manusia purba, binatang purba, hingga hasil kebudayaannya.
  5. Replika teks Proklamasi hasil ketikan terbuat dari marmer berbentuk empat persegi panjang dengan warna putih keabu-abuan. 
  6. Peradaban Suku Aztec muncul pada sekitar 1325 M.
  7. Arkeolog adalah istilah yang disematkan kepada seorang ahli arkeologi.
  8. Hominid adalah setiap manusia modern atau leluhurnya yang punah termasuk dalam keluarga biologis Hominidae.
  9. Indonesia juga termasuk negara yang memiliki banyak contoh artefak.
  10. Ruang pameran 2 Museum Sangiran akan segera dibuka pada Desember 2021.
  11. Penemuan fosil Homo erectus di Indonesia terkonsentrasi di wilayah Jawa.

Demikian pembahasan mengenai Membahas Teks “Museum Manusia Purba Sangiran”. Semoga tulisan ini bermanfaat.



MATEMATIKA

Rasio untuk Kelas 6 SD adalah perbandingan dua besaran yang dapat diungkapkan dalam bentuk a:b atau a/b, yang bisa disederhanakan dengan membagi kedua angka dengan nilai yang sama untuk mendapatkan rasio paling sederhanaKonsep ini penting untuk membandingkan jumlah atau ukuran secara proporsional dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam resep masakan atau perbandingan harga barang. 
Pengertian Rasio 
  • Perbandingan BesaranRasio adalah cara membandingkan dua nilai atau lebih dari suatu besaran.
  • BesaranBesaran adalah sesuatu yang bisa diukur, seperti jumlah benda, ukuran, atau berat.
  • Penulisan Rasio:
    • Menggunakan tanda "dibanding" atau ":" (misalnya, 2:3).
    • Dalam bentuk pecahan (misalnya, 2/3).
  • SatuanDalam rasio besaran yang sama, satuan tidak perlu dicantumkan.
Menyederhanakan Rasio
  • Membagi dengan Angka yang Sama
    Untuk menyederhanakan rasio, kedua angka dalam rasio dibagi dengan faktor persekutuan terbesar (FPB) atau angka pembagi yang sama. 
  • Contoh
    Rasio 4 berbanding 6 dapat disederhanakan menjadi 2 berbanding 3, dengan membagi kedua angka dengan 2. 
Penerapan Rasio dalam Kehidupan Sehari-hari
  • Membandingkan Jumlah
    Menentukan rasio jumlah buah-buahan, seperti rasio jeruk terhadap lemon dalam semangkuk buah. 
  • Membandingkan Harga
    Memilih paket bibit pohon yang lebih murah dengan menghitung rasio harga per bibit, seperti harga satu bibit. 
  • Resep Masakan
    Menentukan takaran bahan-bahan agar sesuai dengan proporsi yang diinginkan, misalnya rasio tepung dan telur untuk kue. 
Contoh Soal dan Pembahasan 
  • Soal
    Di sebuah sekolah, terdapat 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Tentukan rasio siswa laki-laki terhadap siswa perempuan!
  • Pembahasan:
    • Rasio laki-laki : perempuan adalah 10 : 15.
    • Sederhanakan rasio dengan membagi kedua angka dengan 5: 10/5 : 15/5 = 2 : 3.
    • Jadi, rasio siswa laki-laki terhadap perempuan adalah 2 berbanding 3.
Demikian pembahasan mengenai Rasio, Semoga tulisan ini bermanfaat,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Selasa, 28 Oktober 2025

 Selamat datang di perpustakaan online di kelas bu Tutik! Mari kita saling mengenal sebelum memulai pembelajaran. Saya akan menjadi teman be...