SEMESTER 1
Hari/ Tanggal : Rabu, 6 Agustus 2023
Kelas: IV A
1. MATEMATIKA
Bab : PEMBAGIAN
Materi : Aturan Pembagian
CP :
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,
TP / ATP :
- Menemukan aturan pembagian dari cara pembagian yang "bilangan yang dibagi"-nya sama besar.
- Menentukan aturan pembagian dari cara pembagian yang "bilangan pembagi"-nya sama besar
2. BAHASA INDONESIA
Bab : Di Bawah Atap
Materi : Kalimat Majemuk
CP :
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
2. Melalui kegiatan mengisi tabel homonim, peserta didik dapat memahami kata-kata yang memiliki makna jamak dengan tepat
TP/ ATP:
1. Melalui latihan, peserta didik dapat mengenali perubahan bentuk awalan ‘me-’ dan menggunakannya sesuai ketentuan bahasa Indonesia dengan benar.
Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik
Apa kabar anak-anak bu Tutik hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pembagian diartikan sebagai proses, cara, perbuatan membagi atau membagikan.
Namun, bagaimana pengertian pembagian dalam matematika?
Dalam matematika, pembagian diartikan sebagai salah satu dari operasi dasar matematika, yaitu penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Nah, pembagian memiliki sifat yang bertolak belakang dengan perkalian.
Soal 1
Ada 24 cokelat. Cokelat tersebut dibagi sama rata di antara ... anak. Berapa cokelat yang diterima setiap anak?
1. Masukkan berbagai angka ke ... dan temukan jawabannya. Jika cokelat tersebut dibagi kepada 4 anak, berapa yang diterima setiap anak?
Jika ada 8 anak, berapa banyak cokelat yang akan diterima setiap anak?
Jawab:
- 24 cokelat: 4 anak = 6
Jadi, jika ada 4 anak masing-masing akan mendapatkan 6 buah cokelat.
- 24 cokelat : 8 anak = 3
Jadi, jika ada 8 anak masing-masing akan mendapatkan 3 buah cokelat.
Pembagian adalah salah satu operasi hitung yang ada pada mata pelajaran matematika. Pembagian merupakan kebalikan dari perkalian yang diajarkan sejak SD. Sehingga, untuk mempelajari pembagian, kita juga harus menguasai perkalian. Nah, untuk memahami materi pembagian, berikut akan dibahas latihan contoh soal pembagian dan jawabannya.
Pembahasan soal-soal pembagian berikut ini diambil dari materi matematika untuk kelas 4 SD. Dimana di dalam soal terdiri dari perhitungan pembagian puluhan, ratusan, hingga ribuan. Serta beberapa soal cerita pembagian yang mudah dikerjakan.
Soal-soal juga telah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Sehingga diharapkan akan lebih mudah memahami bagaimana menghitung pembagian dalam pelajaran matematika. Langsung saja simak pembahasan contoh soal berikut ini.
Contoh Soal Pembagian Kelas 4 SD Dan Jawabannya
A. Soal Pilihan Ganda
Pilihlah Jawaban Yang Tepat Pada Soal-Soal Pembagian Di Bawah Ini!
1. 15 : 5 = …..
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
2. 18 : 9 = …..
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
3. 24 : 6 = …..
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
4. 35 : 7 = …..
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
5. 56 : 8 = …..
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9
6. 42 : 7 = …..
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9
7. 64 : 8 = …..
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9
8. 63 : 7 = …..
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9
9. 72 : 8 = …..
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9
10. 90 : 9 = …..
a. 8
b. 9
c. 10
d. 11
11. 156 : 12 = …..
a. 13
b. 14
c. 15
d. 16
12. 210 : 14 = …..
a. 13
b. 14
c. 15
d. 16
13. 272 : 17 = …..
a. 13
b. 14
c. 15
d. 16
14. 399 : 21 = …..
a. 16
b. 17
c. 18
d. 19
15. 575 : 23 = …..
a. 23
b. 24
c. 25
d. 26
16. 972 : 27 = …..
a. 35
b. 36
c. 37
d. 38
17. 1.584 : 33 = …..
a. 47
b. 48
c. 49
d. 50
18. 1.887 : 37 = …..
a. 48
b. 49
c. 50
d. 51
19. 3.136 : 49 = …..
a. 66
b. 65
c. 64
d. 63
20. 4.248 : 59 = …..
a. 71
b. 72
c. 73
d. 74
B. Soal Cerita Pembagian
1. Kakak membeli 100 ekor ikan. Kemudian Kakak menaruh ikan di 5 kolam dengan jumlah yang sama. Berapa jumlah ekor ikan pada tiap-tiap kolam?
2. Ayah membeli gula pasir sebanyak 25 kg. Kemudian ibu memasukan gula pasir ke dalam 50 kantong plastik dengan jumlah sama. Berapa kg gula pasir isi tiap-tiap kantong?
3. Ibu membuat kue sebanyak 225 potong. Kemudian Ibu memasukan ke dalam 15 toples dengan jumlah sama. Berapakah isi tiap-tiap toples?
4. Fani memiliki 396 potong coklat. Kemudian coklat tersebut akan dibungkus ke dalam kotak dengan isi tiap-tiap kotak 18 potong coklat. Berapa jumlah kotak yang dibutuhkan?
Kunci Jawaban Soal Pembagian
A. Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda
1. b
2. a
3. c
4. d
5. b
6. a
7. c
8. d
9. d
10. c
11. a
12. c
13. d
14. d
15. c
16. b
17. b
18. d
19. c
20. b
B. Kunci Jawaban Soal Cerita
1. Jumlah ekor ikan tiap kolam = 100 : 5 = 20 ekor ikan.
2. Isi gula pasir tiap-tiap kantong = 25 : 50 = 0,5 kg.
3. Isi kue tiap-tiap toples = 225 : 15 = 15 potong.
4. Jumlah kotak yang dibutuhkan = 396 : 18 = 22 potong coklat.
5. Uang yang diterima oleh tipa-tiap cucu Kakek = Rp 600.000 : 24 = Rp 25.000.
Demikianlah pembahasan mengenai latihan contoh soal pembagian kelas 4 SD dan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat.
B.INDONESIA Kelas 4 SD
- Kalimat Majemuk Setara
- Kalimat Majemuk Bertingkat
- Kalimat Majemuk Campuran
- Kalimat Majemuk Rapatan
- Ketika matahari berada di ufuk timur, Budi mencuci motor,
- Budi mencuci motor ketika matahari berada di ufuk timur.
Wassalaamualaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar