Hari/ Tanggal : Rabu, 13 Agustus 2023
Kelas: IV A
1. MATEMATIKA
Bab : Berpikir tentang cara berhitung
Materi : Aturan Pembagian
CP :
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,
TP / ATP :
v Alur Tujuan Pembelajaran :
· Dapat memikirkan tentang cara menghitung 48/3 dengan menggunakan gambar dan pembagian yang telah dipelajari.
v Alur Tujuan Pembelajaran Ke-1
· Menjelaskan cara menghitung 48 : 3 menggunakan gambar dan cara berdasarkan apa yang sudah dipelajari.
v Alur Tujuan Pembelajaran Ke-2
Memikirkan bagaimana cara menghitung 56:4 dan meringkasnya dalam sebuah laporan
2. BAHASA INDONESIA
Bab : 3 Lihat Sekitar
Materi : Paragraf Argumentasi
CP :
1. Menyimak
· Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
2. Membaca dan Memirsa
· Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informasi dan mampu menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
3. Berbicara dan Mempresentasikan
· Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh (gestur) yang santun; menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks; serta mengajukan dan menanggapi pertanyaan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan lebih aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan menerapkan tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beragam.
4. Menulis
· Peserta didik mampu menulis teks narasi, deskripsi, rekon, prosedur, dan eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam serta informasi yang lebih terperinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik makin terampil menulis tegak bersambung.
TP/ ATP:
1
- Melalui beragam teks dan
kegiatan, peserta didik dapat menulis dengan struktur argumentasi,
mengenal pemakaian awalan ‘ber-’ dan menggunakannya, menyampaikan petunjuk
arah, serta menulis teks dengan struktur deskripsi.
Apa kabar anak-anak bu Tutik hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
ayo simak video berikut ini:
1. Pahami
persoalan dan tentukan caranya.
Membuat siswa memahami
isi soal dari soal cerita.
Dari pembagian dengan
jumlah yang sama, konfirmasi hal-hal yang dibutuhkan dalam pembagian dengan
membandingkannya dengan cara pada teks dan konteks pada hal. 27
Menemukan cara untuk 48
: 3.
2. Memahami
tugas yang diberikan.
Minta mereka untuk
memperkirakan secara kasar banyak bagian untuk satu orang. (30:3 = 10 10 x 3 =
30, jadi kemungkinan besar ada 10 atau lebih)
Mari kita perjelas
perbedaan dari perhitungan konvensional.
□ × 3 = 48 tidak dapat
dihitung sekaligus.
Bilangan yang akan
dibagi bukanlah kelipatan 10.
3. Memikirkan
bagaimana cara menghitung 48:3.
Biarkan mereka berpikir
dengan bebas.
Bagikan diagram balok
(untuk anak-anak) dan beri tahu mereka bahwa mereka dapat berpikir menggunakan
diagram.
Jika ada anak yang
berpikir dengan perhitungan bersusun, beri tahu dia untuk menjelaskannya terkait
dengan diagram tersebut.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) Ke-1
Nama :
.............................................................................
Kelas : .............................................................................
Petunjuk!
Paragraf argumentasi adalah pendapat yang disampaikan lewat paragraf tertulis.
Pendapat yang disampaikan secara lisan atau tertulis adalah bentuk argumentasi yang bisa menjelaskan fungsi dan bukti-bukti peraturan dan data ilmiah.
Paragraf argumentasi berisikan pendapat atau sikap disertai alasan, contoh, dan bukti untuk meyakinkan pembacanya.
Contoh dan bukti ini berguna agar pendapat dan sikap yang dipilih kuat dan valid.
Paragraf argumentasi juga diartikan sebagai jenis paragraf yang membuktikan tentang kebenaran suatu hal.
Untuk bisa menyusun argumentasi dengan sempurna harus mempertimbangkan pola pikir logis dan kritis.
Berikutnya akan dijelaskan tentang ciri-ciri dan contoh dari paragraf argumentasi.
Yuk, simak sama-sama detail tentang ciri-cirinya dan contohnya di bawah ini.
Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi
1. Mengandung pendapat, keyakinan, dan pandangan terhadap sebuah kondisi dan permasalahan;
2. Memiliki data akurat yang dipakai untuk meyakinkan orang lain;
3. Menjelaskan permasalahan dengan cara menganalisis dan menganalogikan;
4. Ada kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas, tetapi bukan merupakan penegasan kembali sebagai topik utama.
Contoh Kalimat yang Mengawali Paragraf Argumentatif
- "Menurutku ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum kamu pergi liburan"
- "Betul sekali, aku setuju. Tentunya kamu perlu mengikuti jalur atau jadwal supaya kegiatanmu enggak berlarut-larut selama liburan"
- "Aku Tidak setuju, karena selama liburan harusnya kita bisa menikmati waktu tanpa perlu terlalu terpaku dengan rencananya"
- "Aku sependapat denganmu, karena ketika terlalu berpaku pada rencana kita jadi enggak menikmati momentum dan liburannya".
tag: Bahasa Indonesia Kelas 4 SD
Pertanyaan: |
Apakah yang dimaksud dengan paragraf argumentatif? |
1.Paragraf argumentasi merupakan paragraf yang didalamnya berisi….
a.cerita fiksi
b.pandangan pengarang
c.pendapat, pandangan dan keyakinan yang disertai data akurat
d.menggambarkan sesuatu secara detail
Jawaban :c.pendapat, pandangan dan keyakinan yang disertai data akurat
2.Rambu lalu lintas digunakan untuk memberikan…,kecuali…
a.petunjuk jalan
b.hiasan jalan
c.larangan
d.perintah
Jawaban:b.hiasan jalan
3.Gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan sebagainya yang berfungsi memudahkan petunjuk lokasi disebut…..
a.rute
b.gambar
c.denah
d.kompas
Jawaban:c.denah
4.Lampu lalu lintas berwarna kuning memiliki arti….
a.berhenti
b.jalan
c.persiapan
d.jalan lurus
Jawaban:c.persiapan
5.Rudi ….. sepeda hati-hati dan memperhatikan rambu lalu lintas.
a.menjalankan
b.mengayuh
c.gowes
d.mengendarai
Jawaban:b.mengayuh
6.Bunyi ….. motor membuat Rudi mengayuh sepeda ke pinggir jalan.
a.bel
b.klakson
c.teriakan
d.raungan
Jawaban:b.klakson
7.Setiap pengendara motor harus menggunakan ….. untuk melindungi kepala dari benturan.
a.topi
b.helm
c.penutup kepala
d.pelindung kepala
Jawaban:b.helm
8.Ayah ….. motor supaya berhenti.
a.gas
b.mengurangi kecepatan
c.rem
d.mematikan
Jawaban:c.rem
9.Jika …… berwarna hijau maka kendaraan dapat berjalan kembali.
a.lampu lalu lintas
b.penerangan jalan
c.tanda
d.rambu lalu lintas
Jawaban:a.lampu lalu lintas
Perhatikan teks berikut ini untuk menjawab pertanyaan nomor 10 dan 11!
Kendaraan juga disebut alat transportasi. Berdasarkan tenaga penggeraknya, kendaraan terbagi menjadi dua yaitu kendaraan yang digerakkan oleh mesin dan kendaraan yang digerakkan oleh makhluk hidup, termasuk manusia. Kendaraan yang digerakkan oleh mesin antara lain mobil, sepeda motor, pesawat terbang, dan kereta api. Sementara itu, delman, gerobak, kereta kuda digerakkan oleh hewan, sedangkan sepeda digerakkan oleh kaki pengendaranya.
10. Alat transportasi yang digerakkan oleh mesin adalah….
a.sepeda
b.delman
c.kereta kuda
d.pesawat terbang
11.Hewan dibawah ini dapat dimanfaatkan untuk alat transportasi, kecuali ….
a.sapi
b.keledai
c.kuda
d.rusa
Jawaban: d.rusa
12.Alat transportasi air yang menggunakan tenaga mesin tetapi ukurannya kecil dan hanya untuk beberapa orang dan jarak tempuhnya dekat adalah …..
a.sampan
b.kapal laut
c.speedboat
d.kapal pesiar
Jawaban:c.speedboat
13.Kupu-kupu …… di udara.
a.terbang
b.beterbangan
c.terbangan
d.berterbangan
Jawaban :b.beterbangan
14.Ayah …. di instansi pemerintah.
a.berkerja
b.kerja
c.bekerja
d.pekerja
Jawaban: c.bekerja
15. Alat transportasi yang dapat menjangkau suatu tempat hingga mancanegara adalah….
a.kereta
b.bus
c.pesawat terbang
d.mobil
Jawaban:c.pesawat terbang
16.Cerita yang ditulis dalam paragraf deskripsi merupakan tulisan….
a.menggambar suatu objek berdasarkan hasil pengamatan,perasaan, dan pengalaman penulisnya.
b.pendapat, pandangan dan keyakinan yang disertai data akurat.
c.menampilkan peristiwa secara kronologis dan memiliki alur gagasan yang pasti.
d.menampilkan kejadian suatu peristiwa dengan tujuan untuk diceritakan kembali
Jawaban:a.menggambar suatu objek berdasarkan hasil pengamatan,perasaan, dan pengalaman penulisnya.
17.Lala mematikan lampu lalu menuju ke kamar,...... Andi menghidupkan kembali lampunya.
Kata penghubung yang tepat untuk kalimat di atas adalah….
a.tetapi
b.namun
c.dan
d. karena
Jawaban:a.tetapi
18.Homonim adalah ……
a.kata yang sama lafal dan ejaannya, tetapi berbeda maknanya
b.kata yang sama maknanya
c.kata yang berbeda lafal dan ejaannya
d.kata yang berbeda maknanya
Jawaban:a.kata yang sama lafal dan ejaannya, tetapi berbeda maknanya
19.Yuni menangis.
Contoh kalimat di atas disebut kalimat….
a.tidak utuh
b.sempurna
c.intransitif
d.transitif
Jawaban:c.intransitif
20.Arman sakit perut …… tidak makan tepat waktu.
Kata penghubung yang tepat untuk kalimat di atas adalah….
a.tetapi
b.namun
c.dan
d. karena
Jawaban:d.karena
Tidak ada komentar:
Posting Komentar