Hari/ Tanggal : Selasa, 5 September 2023
Kelas: IV A
1. Pendidikan Pancasila
Bab : Norma
Materi : Hak dan Kewajiban
CP :
· 1. Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru.
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
TP / ATP :
1. Peserta didik dapat mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya dengan tepat.
2. Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya dengan benar.
3. Peserta didik dapat mengidentifkasi hak dan kewajibannya sebagai peserta didik dengan tepat.
4. Peserta didik dapat mengidentifkasi hak dan kewajibannya sebagai anggota keluarga dengan tepat.
5. Peserta didik dapat merumuskan pendapat secara sistematis dan logis.
6. Peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku positif apabila pendapatnya tidak diterima oleh orang lain.
7. Peserta didik dapat menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya dengan tepat.
2. Seni Tari
Bab : Mengenal Lingkunga dengan Tari
Materi : Unsur Pendukung dalam Pertunjukan Tari
CP :
- Elemen Mengalami (Experiencing), Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.
- Menciptakan (Creating), peserta didik mampu mengidentifikasi dan membuat gerak dengan unsur utama tari, level, perubahan arah hadap.
- Berpikir dan bekerja artistik (Thinking and working artistically peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.
- Merefleksikan (Reflecting) peserta didik mampu menilai pencapaian dirinya saat melakukan aktivitas pembelajaran tari
- 5 Berdampak (Impacting) peserta didik mampu menumbuhkan rasa cinta pada seni tari yang berpengaruh pada kemampuan diri dalam menyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.
TP/ ATP:
Peserta didik mampu memperagakan ciri khas gerak tari dari flora, fauna, dan makhluk hidup di sekitar lingkungannya secara individu maupun kelompok
Apa kabar anak-anak bu Tutik hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
PANCASILA
Hak dan Kewajiban
- Hak mendapatkan kasih sayang dari orang tua.
- Hak mendapatkan bimbingan dan pelajaran dari guru.
- Hak mendapatkan pendidikan.
- Hak mendapatkan air bersih.
- Mengambil sesuatu milik orang lain.
- Bebas melakukan sesuatu.
- Mencontek jawaban teman.
- Mencuci piring setelah makan.
- Menjaga kebersihan kelas.
- Membantu orang tua di rumah.
- Belajar.
- Menaati peraturan.
- Melakukan ibadah sesuai agama yang dianut.
- Menghormati dan menghargai perbedaan keberagaman.
- Mengganggu teman ketika sedang belajar.
- Membiarkan kelas kotor.
- Tidak melaksanakan tugas sekolah.
- Tidak membantu orang tua di rumah.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Berikut ini yang termasuk contoh kewajiban kita dalam menghemat energi yaitu ....
a. membersihkan lingkungan dari sampah
b. mematikan lampu di siang hari
c. melakukan penghijauan
d. membuang sampah pada tempatnya
2. Salah satu contoh hak kita terhadap lingkungan hidup adalah ....
a. menikmati udara bersih yang bebas polusi
b. membuang sampah pada tempatnya
c. mengurangi penyebab polusi
d. memperindah lingkungan
3. Contoh kewajiban kita terhadap air di rumah adalah ....
a. mematikan kran jika tidak dipakai
b. menggunakan air dengan sesuka hati
c. bermain air sesukanya
d. menyiram tanaman di siang hari
4. Seorang murid akan mendapat haknya setelah melaksanakan kewajiban. Salah satu hak murid di sekolah adalah ....
a. menghormati guru
b. mengikuti upacara
c. mendapat bimbingan dari guru
d. bermain di kelas saat pelajaran
5. Salah satu wujud kewajiban terhadap lingkungan dengan cara ....
a. membuang sampah ke sungai
b. menebang pohon sembarangan
c. mencoret-coret tembok
d. membuang sampah pada tempatnya
6. Kewajiban warga negara dalam menggunakan listrik adalah ....
a. menggunakan mesin cuci untuk pakaian sedikit
b. menggunakan listrik saat diperlukan
c. menyalakan lampu saat siang hari
d. menyalakan lampu selama 24 jam
7. Sumber energi memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan kita, untuk itu kita
wajib untuk ....
a. menjaganya
b. menjualnya
c. menghematnya
d. menggunakannya
8. Salah satu bentuk perilaku yang mencerminkan hemat energi adalah ....
a. mematikan lampu di siang hari
b. menonton televisi sampai ketiduran
c. menyalakan kran air saat bak mandi masih terisi penuh
d. memakai kertas kosong untuk bermain
9. Menjaga kelestarian sumber energi merupakan kewajiban bagi ....
a. anak sekolah
b. orang tua
c. petani
d. semua orang
10. Hak setiap orang terhadap sumber energi yang ada di sekitarnya adalah ....
a. mengelola energi dengan bijaksana
b. menghamburkan energi
c. membuang-buang energi
d. membiarkan tidak terpakai
SENI TARI
Unsur Utama Seni Tari Ilustrasi. Unsur-unsur utama dalam tari (ANTARA FOTO/Zabur Karuru) Sebelum lebih jauh, kamu sebaiknya memahami dulu terkait unsur-unsur utama atau pokok dari tarian. Dalam seni tari terdapat unsur utama, yaitu: Wiraga artinya kemampuan penari dalam membawakan tarian secara keseluruhan. Wirama artinya kemampuan penari secara musikal dalam membawakan tarian sesuai dengan musik tarinya. Wirasa artinya kemampuan penari dalam mengekspresikan tarian sesuai dengan konteks serta karakter tarian yang dibawakan. Nilai Estetis Seni Tari Selain memperhatikan unsur pokok, nilai estetis tari juga tak boleh diabaikan. Adapun nilai estetis dalam tari sebagai berikut: 1. Gerak Gerak merupakan unsur tari yang utama dan bernilai estetis, mengingat seni tari identik dengan gerakan. Gerak dalam dunia tari disebut juga gerak badaniah seperti gerak tangan, kepala, dan kaki. Seni tari menggunakan gerak sebagai bahasa atau pengucapan. 2. Irama Irama berfungsi sebagai pendukung gerakan, pengatur gerak, penguat ungkapan gerak, dan pemberi ilham untuk penari. 3. Ruang Ruang dan gerak dinilai saling berkesinambungan. Gerak dapat dilahirkan karena terdapat ruang. Maka itu, penggunaan ruang dalam seni tari harus sesuai dengan kebutuhan gerak seperti ruang sempit, luas, dan sedang. Ruang juga bisa diolah sesuai arah dan tinggi rendah penari. Contoh, ke samping, depan, belakang, atas dan bawah atau kanan dan kiri. Olahan ruang biasanya disebut dengan pola lantai seperti pola lantai segi empat, trapesium, diagonal, dan lingkaran. 4. Tenaga Tenaga termasuk salah satu dari unsur-unsur tari yang tidak boleh dilewatkan. Tenaga dianggap sebagai pendukung gerak dalam tarian. Contohnya, tarian halus diperlukan penggunaan tenaga yang relatif sedikit. Sedangkan tarian yang bersifat lincah dibutuhkan tenaga yang sedikit kuat dibandingkan tarian halus. 5. Waktu Dalam tarian, waktu termasuk penting untuk pengaturan dinamika. Tarian yang halus tentu membutuhkan penyelesaian gerak dalam waktu yang relatif lebih lama. Unsur Pendukung Seni Tari
Mengutip Buku Pembelajaran Seni Budaya SD 1, Pembelajaran Seni Tari di Indonesia dan Mancanegara (2006), selain unsur pokok terdapat juga unsur pendukung dalam tarian, sebagai berikut. Tata rias, diartikan sebagai penataan wajah atau muka supaya tampil lebih menarik. Tata busana tari, sebagai pakaian dengan segala kelengkapannya yang digunakan untuk tari. Musik, keberadaan musik dalam tari merupakan hal yang sangat penting. Peranan atau kedudukan musik dalam tari bukan sebagai pengiring. Tema tari, merupakan suatu tema yang dapat dicerna lewat gerakan yang dirangkai dari permulaan hingga akhir. Tema tarian di antaranya erotis dan percintaan, heroik atau kepahlawanan, pergaulan, gembira, dan imitatif atau pantomim. Itulah penjelasan soal unsur-unsur tari yang kamu perlu ketahui. Semoga bermanfaat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar