Rabu, 21 Februari 2024

Materi Ajar: Rabu, 21 Februari 2024

Hari/Tanggal                                   :  Rabu, 21 Februari  2024

Muatan  Pembelajaran              :  

1. Matematika                   Pengukuran Luas dan Volume

3. Bahasa Indonesia         : Satu Titik

Capaian Pembelajaran Matematika

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.
 Capaian Bahasa Indonesia

1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

     


Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik dapat  mengestimasi luas dengan satuan. Melalui kegiatan menuliskan cara menabung di bank, peserta didik dapat menulis teks prosedur dengan baik , 

 BAHASA INDONESIA



Pada kegiatan ini peserta didik membaca teks, mengamati gambar, dan membahas objek wisata “Raja Ampat” atau membahas objek wisata alam yang terdekat. Berikutnya adalah membaca dengan memberikan perhatian lebih pada kosakata, bukan hanya yang diberi tanda. Minta peserta didik membaca kalimat per kalimat dan segera mengacungkan tangan jika ada kosakata yang belum dipahami atau kata yang masih asing bagi peserta didik. Ketika mengisi kalimat rumpang, jika memungkinkan, izinkan peserta didik mencari kosakata yang sulit melalui kamus secara amandiri atau berkelompok.

Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat yang berupa kepulauan. Dari banyak pulau yang ada, terdapat empat yang paling besar, yaitu Pulau Waigo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Sebagian penduduknya bekerja sebagai nelayan. Raja Ampat menjadi rumah bagi biota laut. Ada sekitar 540 jenis karang, 1.511 jenis ikan, 700 jenis moluska, dan masih banyak lagi lainnya.

Bacalah teks di bawah ini dengan cermat!
Raja Ampat
Hai! Aku Reu. Aku dan teman-temanku akan berenang bersama. Kami tinggal di Pulau Misool, Raja Ampat, di Papua Barat. Kalau kalian melihat peta dunia, tempat tinggal kami adalah satu titik di Indonesia bagian timur.
Raja Ampat
Tempat tinggal kami dikelilingi lautan. Kalau ingin berenang, kami cukup pergi ke pantai. Pantai di sini bersih, pasirnya putih lembut dan airnya jernih.

Beberapa tahun belakangan ini, pulau kami didatangi banyak turis. Ada turis dari dalam negeri, ada pula yang dari luar negeri. Mereka menyukai pemandangan di daerah kami, baik pemandangan di darat, maupun pemandangan di bawah laut. 

Banyak wisatawan datang ke daerah kami untuk menyelam. Mereka tertarik akan beragam flora dan fauna di dalam laut. Kata mereka, Raja Ampat adalah surga bawah laut tercantik di dunia. Tentu saja kami setuju.

Tidak semua wisatawan suka menyelam. Ada yang cukup menikmati pemandangan dari permukaan saja, karena air laut di sini bening sekali. Ikan dan karang aneka warna bisa terlihat dengan mudah.

Untuk aku dan teman-temanku, laut adalah tempat bermain kami. Kami terbiasa berenang dan menyelam tanpa alat. Kadang-kadang kami bercengkerama dengan ikanikan, kadang-kadang kami saling menyipratkan air.

Sejak kecil kami sudah diingatkan orang tua kami untuk tidak merusak karang. Tahukah kalian, karang itu termasuk hewan laut. Karang menjadi tempat tinggal dan sumber makanan bagi banyak biota laut lainnya. Temanku, Maruna, sangat marah jika ada wisatawan yang merusak karang atau membuang sampah sembarangan.

“Hei, bawa pulang sampah kalian!” Maruna akan mengejar si pembuang sampah dan tidak akan membiarkannya bebas.

Ya, sampah akan mencemari lingkungan tempat tinggal kami. Sampah juga akan membuat laut kami tercemar dan merusak karang serta biota laut lainnya. Jika karang rusak dan mati karena sampah atau perilaku penyelam, ikan-ikan akan kehilangan tempat tinggal dan sumber makanannya. Kalau itu sampai terjadi, ikanikan akan berkurang jumlahnya. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Laut kami tidak akan cantik lagi. Kita semua akan merugi.

Jelajah Kata
Perhatikan kata-kata yang ditandai pada cerita “Raja Ampat” di atas. Lihatlah arti kata-kata tersebut di bawah ini.
No.KataArti kata
1kepulauankumpulan beberapa pulau
2turisorang yang berwisata; pelancong; wisatawan
3floradunia tumbuh-tumbuhan
4faunadunia hewan
5biotaseluruh flora dan fauna di suatu daerah tertentu

Gunakanlah kata-kata tersebut untuk melengkapi kalimat rumpang berikut agar kalian lebih memahami artinya.
  1. Semua makhluk hidup yang ada di dalam laut disebut biota laut.
  2. Kumpulan beragam jenis karang yang indah sering disebut sebagai taman laut, walaupun karang termasuk fauna khas laut. 
  3. Indonesia merupakan negara kepulauan karena terdiri atas beribu-ribu pulau.
  4. Peringatan harus diberikan kepada para turis yang membuang sampah seenaknya di sekitar perairan Raja Ampat.
  5. Hutan-hutan Papua Barat kaya akan aneka flora yang tidak ditemui di tempat lain, misalnya buah matoa

MATEMATIKA
Pengukuran Volume satuan tak baku.
Ayo simak video berikit ini!



Dalam ilmu matematika, volume adalah sebuah besaran turunan yang sebenarnya diambil dari besaran pokok panjang.

Masih ingat satuan panjang, kan? Yap! Satuan panjang terdiri atas kilometer (km) hingga milimeter (mm).

Nah, satuan volume umumnya ditandai dengan akhiran “kubik”, misalnya kilometer kubik atau centimeter kubik.

Bagaimana cara penulisannya? Kubik biasanya dilambangkan dengan pangkat 3 yang diletakkan di sebelah kanan atas ukuran satuan, seperti km3 (kilometer kubik).

Satuan volume ini kita gunakan untuk menyatakan ukuran isi suatu benda, misalnya kapasitas air, minyak, dan lain-lainnya.

O iya, selain satuan kubik, volume dapat dinyatakan dengan satuan lain, lo, contohnya seperti satuan liter.

Antarsatuan volume tersebut memiliki hubungan persamaan ukuran yang tentunya dapat dikonversikan satu sama lain. Bagaimana caranya? Kita bahas bersama, yuk!

“Terdapat dua cara untuk menyatakan satuan volume, yaitu dalam satuan kubik dan satuan liter.”

Satuan Volume dalam Kubik

Adjarian, seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, terdapat dua satuan untuk menyatakan volume, yaitu dengan satuan kubik dan dengan satuan liter.

Pertama, kita akan bahas satuan volume dalam kubik terlebih dahulu.

Nah, di bawah ini tangga satuan kubik mulai dari yang tertinggi sampai terendah, yaitu:

1. Kilometer kubik (km3)

2. Hektometer kubik (hm3)

3. Dekameter kubik (dam3)

4. Meter kubik (m3)

5. Desimeter kubik (dm3)

6. Sentimeter kubik (cm3) / umum disebut dengan cubic centimeter (cc)

7. Milimeter kubik (mm3)

Berbeda dengan tangga satuan lain yang hanya dikali atau dibagi 10, pada tangga konversi satuan volume, setiap turun satu anak tangga nilainya dikali 1.000. sementara setiap kenaikan satu anak tangga, nilainya akan dibagi 1.000.

Jadi, 1 kmsama nilainya dengan 1.000 hm3

"Pada tangga satuan kubik, setiap naik satu anak tangga, nilainya dikali 1.000, setap turun satu anak tangga, nilainya dibagi 1.000."

Satuan Volume dalam Liter

Setelah memahami satuan volume dalam kubik, kini kita akan membahas satuan volume dalam liter.

Berikut urutan tangga satuan liter dari yang tertinggi hingga terendah:

1. Kiloliter (kl)

2. Hektoliter (hl)

3. Dekaliter (dal)

4. Liter (l)

5. Desiliter (dl)

6. Sentiliter (cl)

7. Mililiter (ml)

Nah, kalau satuan liter ini sama dengan satuan baku lain. Setiap turun satu anak tangga, nilainya akan dikali 10, sementara setiap naik satu anak tangga, nilainya akan dibagi 10.

Jadi, 1 kl memiliki nilai yang sama dengan 10 hl.

"Terdapat hubungan antarsatuan volume. 1 dmsama dengan 1 liter, 1 msama dengan 1 liter, dan 1 cm3 sama dengan 1 ml."


Nah, kalau satuan liter ini sama dengan satuan baku lain. Setiap turun satu anak tangga, nilainya akan dikali 10, sementara setiap naik satu anak tangga, nilainya akan dibagi 10.

Jadi, 1 kl memiliki nilai yang sama dengan 10 hl.

"Terdapat hubungan antarsatuan volume. 1 dmsama dengan 1 liter, 1 msama dengan 1 liter, dan 1 cm3 sama dengan 1 ml."

Baca Juga: Mengenal Satuan Kuantitas dalam Matematika, Materi SD Kelas 4

Konversi Satuan Volume dalam Kubik dan Liter

Adjarian, satuan volume dalam kubik dan liter memiliki hubungan satu sama lain, lo.

Hubungan keduanya dapat dinyatakan menggunakan beberapa persamaan di bawah ini:

  • 1 dm3 = 1 liter
  • 1 m3 = 1 kl (kiloliter)
  • 1 cm3/1 cc = 1 ml (milimeter)

Dengan adanya hubungan persamaan tersebut tentu akan memudahkan kita untuk mengonversikan dari satuan volume dari kubik ke liter atau sebaliknya.

Contoh Soal

1. Ubahlah 5 meter kubik (m3) ke desiliter!

awaban dan pembahasan: Nah, supaya mudah untuk menyelesaikannya, langkah awal yang harus kita lakukan adalah mengubah satuan meter kubik (m3) menjadi desimeter kubik (dm3) terlebih dahulu supaya setara dengan 1 liter.

5 m3 = 5 x 1.000 (turun 1 tangga) = 5.000 dm3

Karena 1 dm3 sama dengan 1 liter, maka 5.000 dm3 sama dengan 5 liter.

Setelah diketahui dalam satuan liter,  kita bisa langsung mengubahnya menjadi desiliter.

5.000 liter x 10 (turun 1 tangga) = 50.000 desiliter (dl)

Jadi, 5 m3 sama nilainya dengan 80.000 desiliter (dl)

Mudah, kan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Rabu, 22 Mei 2024

  Hari/Tanggal                     :  Rabu, 22 Mei 2024 Muatan  Pembelajaran        :   1.  Matematika                        : Analisa Data...