Kamis, 16 April 2020

Materi Ajar, Kamis 16 April 2020

Tema 9 Subtema 2 PB 6
Hari/tanggal :  Kamis, 16 April 2020
Kelas  : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 9 (Kayanya Negriku) / Subtema 2 (Pemanfaatan Kekayaan Alam
   di  Indonesia) / PB 6

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2.
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1.
mengidentifikasi perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.

4.2.

Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.1.
menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari terhadap sumber daya alam dengan penuh kepedulian.


Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3.
Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
3.3.1.
Mengidentifikasi informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

4.3.

Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
4.3.1.
Membuat laporan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.


Kerjasama dalam melaksanakan kewajiban menjaga kelestarian sumber daya alam.
Sda membierikan banyak manfaat bagi masyarakat.
Tetapi pemanfaatan sumber daya alam yang berlebihan secara terus menerus dapat menimbulkan permasalaham, misalnya ketersedian sumber daya alam yang habis atau tercemarnya sumber daya alam.
Oleh karena itu baik masyarakat dengan masyarakat yang lain dan pemerintah perlu bekerjasama . dalam melaksanakan kewajiban. Hal itu bertujuan agar sumber daya alam tersebut tetap lestari.
Berikut contoh kerjasama dalam melaksanakan kewajiban menjaga kelestarian sumber daya alam.
Melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan rumah
Melakukan kegiatan reboisasi hutan
Melakukan pengelolaan sampah dengan baik dan benar.
Menyediakan tempat sampah dibeberapa titik lokasi yang sering dilalui masyarakat seperti taman serta
Pemerintah daerah berpartisipasi dalam membersihkan sungai dari sampah seperti menyediakan alat-alat penggeruk sampah.

Sebelum melakukan wawancara kita harus memperhatikan langkah-langkah yang harus dilakukan saat wawancari seseorang.
Kita harus menentukan topik dan narasumber yang ingin diwawancarai terlebih dahulu. Kemudian kita dapat menyusun pertanyaan wawancara sesuia topik.

Untuk topik yang berhubungan dengan wabah virus kita dapat mewawancarai narasumber seorang ahli kesehatan yang menangani kasus covid 19. Seperti bagaimana menangulangi, pengobatan, menghindari virus tersebut.

Exercise
Anak-anakku sayang hari ini ibu akan memberikan proyek kelas untuk melakukan wawanncara tugasnya yaitu,
buatlah sebuah wawancara dengan seorang narasumber yang ahli di bidang virus mematikan atau mengenai wabah covid 19 dari media cetak atau media elektronik boleh ditulis dalam bentuk tulisan atau dalam bentuk lisan minimal 5 pertanyaan. tugas dikumpulkan hari Senin tanggal 20 April 2020 jadi selama hari kamis,jumat dan senin bu guru tidak akan memberikan soal lain untuk materi tematik hanya membuat daftar pertanyaan dan berwawancara mengenai Covid 19 boleh melakukannya bersama ayah bunda, atau adik kakak di rumah ya Kids 😍
Misal kamu sebagai reporternya dan ayah sebagai narasumbernya.

5 komentar:

  1. Siap buguru, lisan berarti bentuk vidio ya bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mah bisa dalam bentuk video (lisan)bisa dalam bentuk tulisan

      Hapus
  2. Ass. Wr.wb.
    Teuku M Alfatsyah Zamier absen hasir ya bu
    Terimakasih Wassalam

    BalasHapus

Materi Ajar: Selasa, 21 Mei 2024

Hari/ Tanggal : Selasa, 21 Mei 2024       Kelas: IV A Muatan  Pembelajaran              :   1. Pendidikan Pancasila   : Gotong Royong 2. Sen...