Selasa, 21 Januari 2020

Materi Ajar 22 Januari 2020


Hari/tanggal :         Januari 2020
Kelas :  IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU) Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-cita/1

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.6.
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
3.6.1.
memahami isi dan amanat puisi yang akan dideklamasikan.

4.6.

Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
4.6.1.
mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.


IPA
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2.
Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
3.2.1.
mengetahui pentingnya pelestarian makhluk hidup bagi lingkungan sekitar dengan tepat.

4.2.

Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
4.2.1.
membuat poster tentang pentingnya pelestarian makhluk hidup bagi lingkungan sekitar.

Deklamasi puisi adalah membaca puisi dengan cara membawakannya dengan lagu atau gerak tubuh sebagai alat bantu.
Perbedaan antara membaca puisi dengan deklamasi puisi adalah:
Di dalam membaca puisi, penekanannya pada membaca. Pembaca tidak harus hafal teks puisi tersebut tetapi cukup memahami dan mengerti akan makna yang terkandung dalam puisi itu. Deklamasi adalah penyajian puisi disertai lagu dan gaya. Dalam deklamasi deklamator tidak hanya mengerti dan memahami makna puisi tetapi uga harus hafal pada puisi yang akan dibawakannya nanti.
Lafal : suatu cara seseorang atau sekelompok orang dalam mengucapkan bunyi bahasa.
Ekspresi : pengungkapan atau proses menyatakan maksud, gagasan, perasaan dan sebagainya.
Intonasi : tinggi rendahnya nada kalimat yang memberikan penekanan pada kata-kata tertentu di dalam kalimat.




MATERI AJAR MATEMATIKA
PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN DATA


MENGUMPULKAN DAN MENYAJIKAN DATA
Data adalah suatu keterangan yang diperlukan untuk memecahkan suatu masalah atau mendapat gambaran suatu keadaan. Pengumpulan data dapat bersumber dari: hasil ujian siswa, skor suatu pertandingan, pengukuran tinggi badan, pendataan penduduk, dan lain-lain.
Cara mengumpulkan data dapat dilakukan dengan beberapa cara:
Pengamatan langsung (observasi)
Angket (kuesioner)
Wawancara

Data yang terkumpul dapat disajikan dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang,diagram lingkaran, atau diagram gambar (piktogram).

Sebagai contoh, hasil ulangan matematika siswa kelas enam adalah sebagai berikut:
6, 6, 5, 7, 8, 8, 4, 9, 8, 8,
9, 9, 6, 4, 7, 7, 8, 9, 10, 8,
8, 9, 9, 4, 5, 5, 8, 9, 7, 7,
6, 9, 8, 7, 7, 8, 9, 8, 10, 10.

Tabel
Data di atas jika ditampilkan dalam bentuk tabel akan seperti berikut:
Nilai Ulangan Matematika Banyak Siswa
Nilai
Banyak Siswa

4
3

5
4

> 6
4

7
7

8
11

9
8

10
3

Jumlah
40


Dari bentuk tabel di atas, data akan jauh lebih mudah dibaca, dihitung rata-rata (Mean), nilai tengah (Median), Modus, bahkan diubah ke dalam diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran, bahkan piktogram (diagram gambar).


Diagram Garis
Dari data table Nilai Ulangan Matematika di atas, dapat  kita sajikan pula data tersebut ke dalam diagram garis seperti contoh di bawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Rabu, 22 Mei 2024

  Hari/Tanggal                     :  Rabu, 22 Mei 2024 Muatan  Pembelajaran        :   1.  Matematika                        : Analisa Data...