Hari/Tanggal : Senin, 27 Mei 2024
SUMATIF AKHIR TAHUN
Muatan Pelajaran : IPAS
·
Interaksi Sosial ·
Bentang Alam ·
Peta ·
Keragaman Budaya dan Hayati · Kearifan Lokal INDIKATOR SOAL: Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan pernyataan adanya interaksi sosial. Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat
menentukan jenis interaksi sosial. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan jenis
bentang alam yang dimaksud dalam pernyataan. Disajikan nama-nama prodfesi, peserta didik dapat
menunjukkan profesi berkaitan dengan suatu bentang alam. Disajikan gambar dan pernyataan, peserta didik dapat
menentukan jenis peta. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan komponen
yang dimaksud dalam pernyataan. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat memilih gambar
fauna yang dimaksud dalam pernyataan. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan jenis
flora yang dimaksud dalam pernyataan. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat memilih gambar
tarian daerah yang dimaksud dalam pernyataan. Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan
asal daerah suatu makanan khas. Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan
asal suatu lagu daerah.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan
asal kearifan lokal suatu daerah yang dimaksud dalam pernyataan. Disajikan gambar kearifan lokal, peserta didik dapat menyimpulkan
nama kearifal lokal tersebut. Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat
menentukan manfaat dari kegiatan mempelajari sejarah. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan bukti
adanya perubahan sejarah. Disajikan suatu biografi tokoh, peserta didik dapat
menentukan asal daerah tokoh tersebut. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan nama
tokoh yang terdapat di dalam gambar. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat memilih nama
provinsi pertama di Indonesia. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan jenis kebutuhan yang dimaksud dalam pernyataan Disajikan suatu sebab pemenuhan kebutuhan manusia,
peserta didik dapat menentukan akibat yang ditimbulkan. Disajikan ilustrasi cerita barter, peserta didik dapat
mengartikan suatu kata. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan jenis kegiatan
ekonomi suatu barang yang dimaksud. Disajikan ilustrasi cerrita, peserta didik dapat menyimpulkan
penggolongan suatu barang berdasarkan skala prioritas. Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan
jenis pelaku kegiatan ekonomi yang dimaksud dalam cerita. Disajikan nama-nama benda, peserta didik dapat
menyimpulkan istilah untuk benda tersebut terkait pemenuhan kebutuhan.
Disajikan nama-nama benda, peserta didik dapat menentukan istilah untuk benda-benda tersebut terkait dengan alat pembayaran. Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan interaksi
sosial berdasarkan pelaku. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan
jenis bentang alam yang dimaksud dalam pernyataan. Disajikan suatu peta, peserta didik dapat memilih tanda
panah yang menunjukkan wilayah tempat tinggalnya. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan
wilayah salah satu fauna endemik di Indonesia. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan
asal daerah suatu kearifal lokal yang ada di Indonesia. Disajikan suatu pengertian, peserta didik dapat
menyimpulkan istilah dari kata yang berkaitan dengan kebutuhan manusia. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan
jenis uang. Disajikan gambar, peserta didik dapat menuliskan nilai
mata uang yang ditunjukkan dalam gambar. Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat
menentukan peran suatu tokoh cerita terkait kegiatan ekonomi. |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menuliskan
kebudayaan suatu daerah terkait suku, lagu, dan makanan khas.
Disajikan gambar kearifan lokal, peserta didik dapat
mengaitkan gambar dengan tujuan pelaksanaan dan asal daerah kearifan lokal.
Disajikan beberapa ilustrasi kebutuhan manusia, peserta
didik dapat mengklasifikasikannya ke dalam diagram prioritas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar