Senin, 20 Mei 2024

Materi Ajar: Senin, 20 Mei 2024

Hari/Tanggal                        : Senin, 20 Mei 2024

Muatan  Pembelajaran      :  

1. Matematika                     : Analisis Data dan Peluang

3. Bahasa Indonesia            : Sehatlah Ragaku

3. IPAS                                  : Aku dan Kebutuhanku


 Capaian Bahasa Indonesia
1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

  12.   Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

Capaian Pembelajaran IPAS:  

1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.

2. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.


 
Apa kabar anak-anak bu Tutik hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 

MATEMATIKA


Menyajikan data dalam bentuk piktogram


Piktogram

Diagram gambar juga disebut sebagai piktogram, yaitu penyajian data dalam bentuk gambar-gambar pada suatu tabel yang mewakili nilai-nilai tertentu. Gambar yang digunakan dalam piktogram biasanya menggunakan gambar yang relevan dengan data atau persoalan
Cara Membaca Piktogram
Ilustrasi piktogram adalah. Sumber: dokumen pribadizoom-in-white
Perbesar
Cara membaca piktogram yang paling utama yaitu dengan melihat keterangan simbolnya. Satu gambar simbol mewakili berapa banyak data. Misalnya dalam piktogram di atas, maka setiap 1 gambar mewakili 1.000 ton.
Membacanya hanya tinggal mengalikan jumlah gambar dengan satuan nilainya. Pada bulan Januari terdapat dua gambar yang mewakili nilai 2.000 ton. Jadi, jika gambarnya ada 9 maka dikali 1.000 ton menjadi 9.000 ton.

Bahasa Indonesia
Sehatlah Ragaku



Bacalah teks di bawah ini untuk soal nomor 1-3.

Bermain atau belajar bersama di rumah Pahmi itu menyenangkan. Rumahnya luas, bentuknya meniru rumah Baloy, rumah adat Kalimantan Utara. Bagi Kidul, bermain di rumah Pahmi berarti dia terbebas dari Kak Asih yang cerewet menyuruhnya mandi. Kidul tidak suka mandi, itu sudah bukan rahasia lagi.

Selain terbebas dari Kak Asih, di rumah Pahmi juga banyak makanan, Ibu Pahmi selalu menyuguhi mereka buah dan penganan khas Malinau ataupun dari luar daerah, Siang ini mereka membaca buku ditemani kerupuk tipis, Kata Pahmi, kerupuk ini disebut rempeyek dan makhluk keci kecil di atasnya itu adalah rebon, atau disebut juga udang papai. Kidul suk sekali, Tiap sebentar tangannya meraih stoples berisi kerupuk itu.



1. Latar cerita di atas adalah....

a. rumah Pahmi

b. rumah Kak Asih

c. kamar mandi

d. warung


IPAS
Setiap manusia membutuhkan kegiatan ekonomi di dalam kehidupannya.

Ini karena kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang dilakukan manusia guna memenuhi kebutuhannya.

Selain itu, manusia merupakan mahkluk sosial sehingga tak bisa hidup dan memenuhi kebutuhannya sendiri.

1. Produksi

Produksi merupakan kegiatan ekonomi pertama karena setiap usaha manusia untuk menghasilkan atau menambah nilai barang dan jasa.

Contoh kegiatan produksi yaitu petani menanam padi yang akan menghasilkan gabah atau beras.

Lalu, nelayan mengambil ikan di laut untuk dijual kembali.

Pada intinya, kegiatan produksi yaitu menciptakan atau menghasilkan barang dan jasa. 

Distribusi merupakan proses menyalurkam barang yang hendak dikirim dari produsen ke konsumen.

Orang yang melakukan kegiatan distribusi dikenal dengan distributor.

Distributor mempermudah pemenuhan kebutuhan tanpa perlu pergi ke pabrik pembuatan langsung.

Contoh kegiatan ekonomi distribusi seperti agen, pedagang besar atau grosir, dan pengecer yang disuplai oleh distributor.

3. Konsumsi

Kegiatan ekonomi ketiga ialah konsumsi yang merupakan usaha manusia agar memenuhi kebutuhan barang atau jasa.

Umumnya kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia dilakukan secara berangsur-berangsur atau sekaligus habis guna memenuhi kebutuhan.

Contoh kegiatan konsumsi yaitu membeli keperluan untuk mandi seperti pasta gigi, sabun hingga sampo.

Barang-barang tersebut selalu digunakan dan akan habis dalam kurun waktu tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran           ...