Rabu, 22 Mei 2024

Materi Ajar: Rabu, 22 Mei 2024

 Hari/Tanggal                     :  Rabu, 22 Mei 2024

Muatan  Pembelajaran        :  

1. Matematika                    : Analisa Data dan Peluang

3. Bahasa Indonesia           : Sehatlah Ragaku

Capaian Pembelajaran Matematika

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.
 Capaian Bahasa Indonesia

1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

     


Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Anak sholih sholihah.
Bahasa Indonesia



Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

Soal No.1
Hukuman harus diberikan kepada turis yang membuang sampah sembarangan di sekitar pantai Sanur.
Kata turis pada kalimat tersebut memiliki arti...
A. penjual minuman
B. orang yang berwisata
C. orang yang berenang
D. pelayan restoran

Soal No.2
Burung Jalak Bali merupakan salah satu . . . yang dilindungi di Indonesia
Kata yang tepat untuk mengisi kalimat di atas yaitu...
A. flora
B. fauna
C. biota
D. sabana

Soal No.3
Daerah dengan pemandangan bawah laut yang indah merupakan.....wisata favorit Adit.
Kata yang tepat untuk mengisi kalimat di atas yaitu...
A. sabana
B. vegetasi
C. eksotis
D. destinasi

Soal No.4
Perhatikan ilustrasi berikut!
Pendapat berikut yang sesuai dengan ilustrasi di atas yaitu...
A. ilustrasi kurang menarik karena tidak berwarna
B. ilustrasi menunjukkan situasi menegangkan
C. ilustrasi menunjukkan suasana menyenangkan
D. ilustrasi orang-orang yang mengungsi

Soal No.5
Perhatikan pernyataan berikut!
1) setidaknya berisi subjek
2) tidak bertele-tele
3) hemat kata
4) memiliki banyak makna

Ciri-ciri kalimat efektif ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4

Soal No.6
Berikut ini salah satu contoh kalimat efektif yaitu...
A. Terdapat beraneka macam hewan di hutan
B. Banyak anak-anak bermain di taman kota
C. Dani berenangnya tidak bisa-bisa
D. Itu buku saya sudah baca tiga kali

Soal No.7
Ayah datang kemari memberi tahu.
Kalimat tersebut tidak efektif karena...
A. tidak memiliki subjek
B. bertele-tele
C. membingungkan
D. tidak hemat kata

Perhatikan puisi berikut!
(Untuk menjawab soal nomor 7 dan 8)

Hamparan pasir putih seluas mata memandang
Nyanyian camar sesekali terdengar
Suara hempasan air yang menggelora
Sungguh suasana yang kurindukan

Banyak insan yang berdatangan
Ada yang mengajak buah hati
Ada yang mengajak kerabat
Menikmati waktu hingga surya memudar

Soal No.8
Puisi di atas menggambarkan suasana di...
A. pantai
B. sungai
C. sawah
D. hutan

Soal No.9
Larik yang bermajas metafora pada puisi tersebut yaitu...
A. sungguh suasana yang kurindukan
B. banyak insan yang berdatangan
C. nyanyian camar sesekali terdengar
D. ada yang mengajak buah hati

Soal No.10
Setiap hari ayah bekerja keras untuk menafkahi keluarga.
Kata yang tepat untuk kalimat di atas agar bermajas metafora yaitu ...
A. cari muka
B. membanting tulang
C. berlapang dada
D. tikus kantor


Matematika

Piktogram dalam matematika adalah suatu penyajian data dengan menggunakan gambar tertentu untuk mewakili banyaknya objek.
Piktogram sering disebut juga sebagai diagram gambar yang representasi datanya menggunakan simbol atau gambar. Jika diagram batang menggunakan kolom untuk menunjukkan suatu data, maka diagram gambar menggunakan gambar-gambar untuk menyimbolkan suatu data.
Piktogram memiliki tujuan yang sama dengan diagram pada umumnya, yaitu untuk menyajikan data dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah dipahami.
Kerjakan Latihan Berikut !
Soal No.1
Perhatikan data benda yang ada di meja guru berikut ini!
Benda yang paling banyak ada di meja guru yaitu . . .
A. pensil
B. penggaris
C. penghapus
D. vas bunga

Soal No.2
Perhatikan data mainan Nanda berikut ini!
Jumlah keseluruhan mainan yang dimiliki Nanda yaitu. . .
A. 6
B. 13
C. 15
D. 18

Soal No.3
Perhatikan data buah Bu Heni berikut ini!
Buah milik Bu Heni yang jumlahnya paling sedikit yaitu . . .
A. mangga
B. apel
C. jeruk
D. alpukat

Soal No.4
Perhatikan data hewan yang ada di rumah Rudi berikut ini!
Hewan di rumah Rudi yang jumlahnya sama yaitu . .
A. anjing dan burung
B. anjing dan ikan
C. kucing dan burung
D. kucing dan ikan

Soal No.5
Perhatikan data benda yang ada di kelas berikut ini!
Selisih banyaknya meja dan kursi di kelas yaitu . . .
A. 1
B. 3
C. 5
D. 6

Soal No.6
Perhatikan data olahraga yang disukai siswa kelas IV berikut ini!
Banyak siswa kelas IV yang menyukai bulu tangkis yaitu. . .
A. 3 orang siswa
B. 6 orang siswa
C. 8 orang siswa
D. 16 orang siswa

Soal No.7
Perhatikan data hewan peliharaan siswa SD Tunas Harapan berikut ini!
Banyak siswa SD Tunas Harapan yang memelihara ayam yaitu . . .
A. 3 orang siswa
B. 10 orang siswa
C. 12 orang siswa
D. 15 orang siswa

Soal No.8
Perhatikan data warna kesukaan siswa berikut ini!
Banyak siswa yang menyukai warna hijau yaitu. . .
A. 4 orang siswa
B. 12 orang siswa
C. 16 orang siswa
D. 20 orang siswa

Soal No.9
Perhatikan data buah kesukaan siswa berikut ini!
Selisih banyak siswa yang menyukai mangga dan durian yaitu . . .
A. 1 orang siswa
B. 2 orang siswa
C. 3 orang siswa
D. 4 orang siswa

Soal No.10
Perhatikan data makanan kesukaan siswa kelas V berikut ini!
Jumlah keseluruhan siswa kelas IV yaitu. . .
A. 26 orang siswa
B. 27 orang siswa
C. 30 orang siswa
D. 33 orang siswa





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS: Rabu, 16 Oktober 2024

  Hari/Tanggal   : Rabu, 16 Oktober 2024   K e l a s              :  IV A Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh Apa kabar anak shol...