Hari/ Tanggal : Selasa, 21 Mei 2024
Kelas: IV A
Muatan Pembelajaran :
1. Pendidikan Pancasila : Gotong Royong
2. Seni Budaya : Mengenal Tari Melalui Cerita Rakyat
Capaian Pendidikan Pancasila
Peserta didik mampu mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
Capaian Seni Budaya
Pada akhir fase, peserta didik mampu menilai hasil pencapaian diri dalam mengenal tari sebagai wujud ekspresi diri, melalui pengamatan bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta pengidentifikasian dalam menerapkan unsur utama tari, level, perubahan arah, sebagai bentuk ekspresi tari kelompok yang dapat menumbuhkan rasa cinta pada seni tari.
Elemen
Capaian Pembelajaran
Mengalami
(Experiencing)
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.
Menciptakan
(Making/Creating)
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengidentifikasi dan membuat gerak dengan unsur utama tari, level, dan perubahan arah hadap.
Merefleksikan
(Reflecting)
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menilai pencapaian dirinya saat melakukan aktivitas pembelajaran tari.
Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.
Berdampak (Impacting)
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menumbuhkan rasa cinta pada seni tari yang berpengaruh pada kemampuan diri dalam menyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.
Apa kabar anak-anak bu Tutik hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.
Pendidikan Pancasila
Latihan Soal
1. Fungsi utama Pancasila adalah sebagai....
A. Pelindung negara
B. Penjaga negara
C. Jiwa bangsa
D. Dasar negara
2. Salah satu rumusan dasar negara Indonesia merdeka yang diusulkan oleh Mr. Muhammad Yamin adalah....
A. Persatuan
B. Peri Kebangsaan
C. Mufakat atau Demokrasi
D. Kesejahteraan Sosial
Jawaban: B. Peri Kebangsaan
3. Salah satu usulan dasar negara yang dikemukakan oleh Mr. Soepomo adalah....
A. Persatuan
B. Peri Kebangsaan
C. Mufakat atau Demokrasi
D. Kesejahteraan Sosial
Jawaban: A. Persatuan
4. Berikut ini merupakan usulan Ir. Soekarno mengenai dasar negara Indonesia merdeka, kecuali....
A. Persatuan
B. Ketuhanan yang berkebudayaan
C. Mufakat atau Demokrasi
D. Kesejahteraan Sosial
Jawaban: C. Mufakat atau Demokrasi
5. Rumusan Pancasila yang dipakai sampai saat ini tercantum dalam....
A. Ketetapan MPR
B. Batang Tubuh UUD 1945
C. Keputusan Presiden
D. Pembukaan UUD 1945
Jawaban: D. Pembukaan UUD 1945
6. Ketuhanan Yang Maha Esa berlaku untuk....
A. Semua agama di Indonesia
B. Agama tertentu di Indonesia
C. Orang yang tidak beragama
D. Bangsa lain
Jawaban: A. Semua agama di Indonesia
7. Sikap yang ditampilkan para tokoh pendiri negara pada saat merumuskan Pancasila di antaranya sebagai berikut, kecuali....
A. Menghargai perbedaan pendapat
B. Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
C. Mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa
D. Mengutamakan kepentingan golongan
Jawaban: D. Mengutamakan kepentingan golongan
8. Kehidupan di lingkungan keluarga harus berdasarkan pada....
A. Norma-norma yang berlaku di masyarakat
B. Kehidupan anggota masyarakat lainnya
C. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
D. Kesepakatan-kesepakatan anggota masyarakat
Jawaban: A. Norma-norma yang berlaku di masyarakat
9. Salah satu manfaat norma agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah....
A. Memberikan semangat kepada umat beragama untuk lebih bahagia
B. Mendorong umat beragama untuk hidup merdeka
C. Mendorong umat beragama untuk meningkatkan iman dan takwa
D. Dapat menyadarkan umat beragama untuk hidup sederhana
Jawaban: C. Mendorong umat beragama untuk meningkatkan iman dan takwa
10. Proses penyelenggaraan negara oleh pemerintah harus berdasarka
n kepada norma....
A. Kesusilaan
B. Hukum
C. Adat
D. Kesopanan
Jawaban: B. Hukum
SENI TARI
Berdasarkan cerita tersebut, peserta didik akan belajar perjuangan sang Ular Naga untuk mendapatkan banyak teman bermain, selanjutnya bagaimana peserta didik bermain bersama Ular Naga. Aktivitas gerak yang dilakukan dapat mengambil Permainan kelompok Ular Naga untuk menerapkan cerita fabel. Melalui permainan Ular Naga, anak berjalan meliuk-liuk menyerupai ular, disertai nyanyian yang menceritakan tentang ular. Secara keseluruhan materi ini merupakan perpaduan antara nyanyian, gerak dan permainan. Dari sisi materi gerak peserta didik akan belajar banyak gerak dalam permainan. Dari bagian bagian tubuh yaitu kaki (statis dan berjalan/lokomotor), tangan, kepala dan wajah. Selain itu juga permainan pola lantai, arah hadap & level. Selain itu tambahan adalah peserta didik harus mampu menghapal dan menyanyikan lagu Ular Naga yang harus dinyanyikan saat permainan berlangsung. Selain itu dalam permainan terdapat bagian dialog-dialog sederhana antar pemain yang akan menambah kemampuan berbahasa dan berkomunikasi antar peserta didik.
Praktik gerak Tari Daerah
Kalian akan dibagi menjadi kelompok dan masing-masing kelompok akan membawakan tarian yang diambil dari cerita rakyat.
Silahkan Cek video-video berikut ini sebagai acuan untuk proyek berlahih tari daerah
1. Tari Randai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar