Rabu, 15 Mei 2024

Materi Ajar: Rabu, 15 Mei 2024

 Hari/Tanggal                     : Rabu, 15 Mei 2024

Muatan  Pembelajaran      :  

Bahasa Indonesia              : Sehatlah Ragaku


Capaian Bahasa Indonesia

   1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     

                                                
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik dapat membedakan informasi fakta dan opini


Bahasa Indonesia

Pada materi Bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas IV anak-anak akan diajarkan tentang fakta dan opini.

Kalimat yang berisi fakta dan opini tentu memiliki perbedaan yang bisa dengan mudah ditemukan.

Tapi tentu saja anak-anak harus paham dulu tentang fakta dan opini.

Anak-anak juga bisa menemukan perbedaan bila sudah memahami ciri-ciri dari fakta dan juga opini.

Pengertian Fakta dan Opini

Fakta

Fakta adalah sesuatu yang sifatnya menunjukan bentuk kalimat berdasarkan situasi yang benar-benar terjadi.

Jadi kalimat fakta adalah kalimat yang ditulis sesuai dengan keadaaan yang sebenarnya serta konteks yang benar-benar terjadi.

Lalu pada sebuah kalimat fakta tidak boleh adanya campuran pendapat, opini, atau perspektif dari penulis.

Dalam konteks komunikasi tulis, kalimat fakta akan lebih banyak kita temukan pada teks berita yang sifatnya informatif.


Pada media cetak, kita bisa menemukan kalimat fakta tertera di koran, majalah, brosur, buletin, dan lain sebagainya.

Opini

Sedangkan opini adalah suatu bentuk pendapat, pemikiran, atau pendirian milik seseorang dalam menghadapi suatu peristiwa yang terjadi.

Karena itu, sebuah opini akan bergantung dari orang yang mengungkapnya dan bukan suatu fakta, melainkan hanya sebuah tanggapan atas suatu kejadian.

Jadi tidak mengherankan jika dalam suatu peristiwa akan muncul banyak opini yang merupakan pendapat atau tanggapan banyak orang atas peristiwa yang terjadi.

Meski merupakan tanggapan, sering kali opini akan disampaikan dengan mencantumkan beberapa fakta dan juga data untuk menguatkan argumen yang disampaikan.

Jadi dalam membuat sebuah opini, bukan hanya pendapat pribadi saja yang disampaikan, tapi juga harus diiringi dengan sebuah fakta sebagai dasar atas argumen yang disampikan.

Sehingga, sebuah opini bisa juga disebut sebagai tanggapan, pendapat, pernyataan, pola pikir, dan pengetahuan seseorang terhadap fenomena yang terjadi yang memerlukan fakta untuk memperkuatnya.

Ciri-ciri Fakta dan Opini

Fakta

- Fakta memiliki ciri dengan data yang ditampilkan jelas tentang peristiwa yang tejadi sehingga data yang disampaikan akurat.

- Sebuah fakta juga disampaikan secara objektif yang menyampaikan sebuah pernyataan netral serta tidak memihak siapapun atau apapun yang sedang dibahas.

- Sebuah fakta tentu merupakan sesuatu yang benar-benar terjadi dan bisa diamati dari kalimat yang ditampilkan dengan kelogisan.

Opini

- Opini disampaikan dengan menggunakan pendapat pribadi berdasarkan pengalaman atau pengetahuan yang dimiliki orang tersebut.

- Opini memiliki sifat subjektif karena memiliki tujuan untuk memberikan pandangan yang memihak.

- Kata-kata yang digunakan dalam opini juga bersifat relatif atau kata-kata yang bisa berubah tergantung pengucapnya.

Contoh

Fakta

- Kambing adalah hewan berkaki empat dan makhluk hidup yang berkembang biak dengan melahirkan.

- Gula adalah bahan makanan yang bisa digunakan untuk membuat minuman memiliki rasa manis.

- Indonesia adalah negara yang merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Opini

- Orang-orang yang bertubuh gemuk adalah orang yang sangat suka makan makanan manis.

- Makanan buatan Tante Ina hari ini sangat lezat.

- Pelajaran Bahasa Indonesia dianggap lebih mudah daripada Matematika.

Nah, itu tadi penjelasan tentang fakta dan opini yang tentunya keduanya adalah dua hal yang sangat berbeda.

Untuk lebih jelasnya ayo simak video berikut ini!


Setelah kalian menyimak materi di atas ayo kerjakan latihan berikut ini!


LATIHAN HARI INI

 Materi Fakta dan Opini

1.Cermatilah teks berikut!

(1) Transportasi kereta api mempunyai keunggulan dibandingkan dengan transportasi darat yanglain. (2) Keunggulan itu antara lain hemat energi dan dampak lingkungan yang ditimbulkanrelatif lebih kecil. (3) Selain itu kereta api merupakan sarana angkutan yang lebih ekonomis baik  bagi penumpang maupun barang untuk jarak jauh. (4) Hal ini diungkapkan oleh kepala PJKAdalam harian ibukota.Kalimat yang berisi pendapat adalah kalimat . . . .

A. pertama

B. ketiga

C. kedua

D. keempat

2.(1) Pemkot Bandung telah menertibkan 700 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya di pinggir jalan.(2) Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan.(3) Di samping itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut. (4) Penertiban yang berlangsung tanggal 21 September itu disambut dengan senang oleh para pengguna jalan.Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (4)

C. (2) dan (3)

D. (3) dan (4)

3.Perhatikanlah teks berikut!

1) Setelah masyarakat menjerit karena harga gabah melonjak  beberapa bulan lalu, giliran petani menjerit. 

2) Harga gabah hasil panen belakangan ini, turun drastis. 3) Kondisi seperti ini sebenarnya merupakan peristiwa tahunan. 4) Ketika terjadi panenraya pada Maret hingga Mei karena over supply, maka harga turun drastis.

Kalimat yang merupakan opini adalah kalimat nomor . . . .

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

4.Simaklah kutipan tajuk berikut!

1) Musim banjir belum lagi mencapai puncaknya yang diperkirakan berlangsung Januari 2009 mendatang. 2) Akan tetapi, di beberapa tempat di Bandung, ratusan rumah telah terendam banjir.3) Penyebabnya klasik. 4) Mula-mula hujan turun terus-menerus menyebabkan bertambahnyaaliran air di permukaan. Dalam keadaan normal, air itu akan mengikut hukum alam mencaritempat yang lebih rendah. 5) Dalam hal ini, sungai. 6) Dari sana, curahan air mengikuti aliransungai menuju laut. 7) Tak ada masalah.Kalimat yang merupakan opini adalah kalimat nomor . . . .

A. 1

B. 3

C. 5

D. 7

 

5.Simaklah paragraf berikut!

(1) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. (2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara. (3) Namun setiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakkan roda perindustriannya. (4) Kalau dituliskan dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (5) Meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu belum sampai membuat kita sesak nafas.Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor . . .

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

6.Simaklah teks berikut ini!

(1) Di perairan sepanjang Selat Pantar, Alor, Nusa Tenggara Timur, ada keunikan yangmenakjubkan wisatawan, yang tidak kalah menarik dengan Raja Ampat, Papua. (2) Di sana ada berbagai jenis ikan, termasuk jenis mamalia dan aneka warna terumbu karang yang dikelilingi puluhan pulau kecil, seperti Pulau Buaya, Pulau Ternate, dan Pulau Pura. (3) Digugusan pulau- pulau ini terdapat satu selat, terletak antara Pulau Alor Kecil dan Pulau Kepa, seluas 3 km persegi, disebut Selat Kumbang atau warga setempat menyebutnya mulut kumbang. (4) Di mulut kumbang inilah, pada pagi dan sore hari, ratusan ekor lumba-lumba berwarna merah muda dan tampak jinak, muncul di permukaan air, mendekati perahu-perahu kecil yang melintas sepertimenyapa pengunjung. (5) Selain lumba-lumba, jalur ini juga menjadi lintasan ikan paus dari perairan Pasifik menuju Papua, Selat Banda, Selat Pantar, terus ke Laut Sawu, tempat pausmenjadi incaran pemburu tradisional warga Lamalera, Lembata.

Kalimat fakta pada paragraf tersebut terdapat dalam kalimat…

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (5)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS: Rabu, 16 Oktober 2024

  Hari/Tanggal   : Rabu, 16 Oktober 2024   K e l a s              :  IV A Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh Apa kabar anak shol...