Kamis, 12 Agustus 2021

Materi Ajar, Kamis 12 Agustus 2021 tema 1 sub 4

  JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan      : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  2 /1

Tema                           : HIDUP RUKUN

Sub Tema                  : Hidup Rukun di Masyarakat (Sub Tema 4)




Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran


Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa Setelah berdoa yuk kita murojaah surah Al-QORIAH dipandu teman kita M. Arkaan



Pada Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat akan mempelajari tentang prosedur dan mempraktekkan gerakan melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. Menyebutkan dan menggunakan kalimat penolakan yang terdapat di dalam teks cerita yang berkaitan dengan sikap hidup rukun. Menunjukkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Kalian bisa simak video penjelasan berikut ini:




Warga lingkungan rumah Udin akan berolahraga bersama.

Mereka berkumpul di tempat terbuka.

Udin dan Edo juga ikut.

Apakah kamu bisa melakukan gerakannya?

Ayo Mengamati
Perhatikan gerakan yang dilakukan Udin.

Lakukanlah gerakan tersebut.

Lakukanlah pemanasan terlebih dahulu.

Mari lakukan permainan berikut.
Udin Bermain
Ayo Membaca
Udin dan Made
Udin:Made, ayo, kita berolahraga bersama di lapangan!
Made:Maaf, Din. Kali ini aku tidak ikut berolahraga.
Udin:Tidak apa-apa, Made. Apakah kamu akan pergi ke suatu tempat?
Made:Betul, Din. Aku akan mengunjungi paman bersama keluargaku.
Udin:Baiklah, selamat bersenang-senang..
Made:Terima kasih, Udin.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Siapa yang mengajak berolahraga pada teks di atas?
Jawab: Pada teks tersebut yang mengajak berolahraga dalah Udin.
2. Apa maksud ajakan tersebut?
Jawab: Udin mengajak Made berolahraga bersama di lapangan.
3. Siapakah yang menolak ajakan?
Jawab: Made menolak ajakan Udin.
4. Mengapa ia menolak ajakan tersebut?
Jawab: Made menolak ajakan Udin karena ia akan mengunjungi pamannya.
5. Tuliskan kalimat penolakan yang diucapkan!
Jawab: Maaf, Din. Kali ini aku tidak ikut berolahraga.

Ayo Membaca
Bacalah pengalaman Udin di bawah ini!

Olahraga Bersama
Warga di sekitar rumahku akan berolahraga bersama.

Kegiatan tersebut dilakukan di lapangan.

Di perjalanan menuju lapangan, aku bertemu Made.

Aku mengajak Made untuk ikut berolahraga.

Namun, Made tidak bisa ikut. Made akan mengunjungi pamannya.

Tiba di lapangan, sudah banyak anak yang berkumpul.

Mereka sedang melakukan pemanasan.

Kami berolahraga dengan kompak.

Kami senang berolahraga bersama.

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan berikut sesuai pengalaman yang ditulis Udin!

Siapakah yang menolak ajakan Udin?
Made menolak ajakan Udin.
Buatlah kalimat penolakan yang sebaiknya diucapkan teman Udin!
Kalimat penolakan : Maaf Udin. Aku tidak bisa ikut olahraga sekarang karena aku harus mengunjungi pamanku. Lain kali aku akan ikut.

Ayo Mencoba
Apakah kamu pernah berolahraga bersama warga di sekitar rumahmu?

Siapa saja yang mengikuti acara olahraga tersebut?

Apakah kamu mengajak atau diajak temanmu?

Tuliskan pengalamanmu itu!
Warga di kampungku sering mengadakan senam bersama. Kegiatan senam biasanya dilakukan pada hari Minggu pagi. Senam itu diikuti sebagian warga, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Kebetulan saudaraku dari luar kota sedang berkunjung ke rumahku, jadi aku mengajaknya untuk senam bersama warga sekitar. Kami berolahraga dengan riang gembira.

Made menolak ajakan Udin dengan sopan.

Sikap Made dan Udin menunjukkan kerukunan dan persatuan.

Menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat,sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila.

Tuliskan contoh pengamalan sila ketiga di masyarakat!

Contoh pengamalan sila ketiga di Masyarakat
  1. Hidup rukun dengan sesama tetangga sekitar.
  2. Saling berbagi makanan.
  3. Tidak mengutamakan diri sendiri.
  4. Siap membantu jika ada warga lain yang sedang kesusahan.
  5. Bergotong royong melakukan pekerjaan bersama.

Beri tanda✅ pada kolom yang tepat! Apakah sikap-sikap berikut ini sesuai atau tidak sesuai sila ketiga Pancasila?
No.SikapSesuaiTidak Sesuai
1.Melakukan ronda menjaga keamanan bersama-sama
2.Hanya bergaul dengan tetangga dekat saja
3.Melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan
4.Ikut serta dalam kegiatan warga.
5.Lebih menyukai barang-barang dari luar neger

Ceritakan pengalamanmu menerapkan nilai-nilai sila ketiga Pancasila di masyarakat!

Sampaikan ceritamu di depan kelas dengan percaya diri.
Aku dan teman-teman suka bermain sepak bola. Kami selalu bermain dengan kompak. Kami tidak membedakan satu sama lain. Ketika mengalami kekalahan kami tidak pernah saling menyalahkan.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua menjelaskan contoh sikap yang tidak sesuai dengan sila ketiga di masyarakat beserta akibatnya.

Ibu-ibu menyiapkan banyak makanan untuk peserta gotong royong.

Ada 95 kue bolu dan 120 kue lemper.

Kue itu disajikan dan dimakan 158 buah.

Berapa sisa kue sekarang?

Ingatlah penjumlahan dan pengurangan yang sudah dipelajari sebelumnya.
Penjumlahan
Sisa kue sekarang adalah 57

Tugas
Kerjakanlah soal-soal berikut di buku tulismu. Tulis dengan rapi ya! Beri nama lengkap, tanggal dan nomor absen.
1. 138+52-84=
....




2. 225 + 115 - 90 = ....

3. Jumlah minuman mula-mula 336 gelas. Berapakah sisanya jika sudah diminum 59 gelas dan 92 gelas?

4. Udin mempunyai 180 butir biji-bijian. Mutiara memberikan 125 butir lagi kepada Udin. Biji-bijian tersebut digunakan untuk membuat hiasan sebanyak 148 butir. Berapa sisa biji-bijian sekarang?

5. Tuliskan 2 contoh penerapan sila ketiga di Masyarakat!

Selamat mengerjakan oh ya nak, bagi yang belum mengumpulkan tugas kolase ibu guru tunggu ya, batas pengumpulan tugas proyek kelas berkahir pada hari ini ya...

Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.

Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya. 

Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini. 

Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 👍🤗

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran           ...