Kamis, 26 Agustus 2021

Materi Ajar Kamis, 26 Agustus 2021

 JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan      : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  2 /1

Tema                          : Bermain di Lingkunganku

Sub Tema                  : Bermain di Rumah Teman (Sub Tema 2)

Pembelajaran             : 5


 
Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Ayo kita buka pembelajaran hari ini dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 
 

Yuk literasi materi hari ini ... .

 Mari kita simak pembelajaran berikut ini bersama!

Hari ini kita akan belajar Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 5 Bermain di Rumah Teman akan mempelajari tentang mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku. Menjelaskan prosedur dan memprektekkan variasi gerakan menarik tanpa berpindah tempat. Mnyebutkan isi teks pendek yang dibacakan. Mengelompokkan benda berdasarkan wujudnya di lingkungan. Mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Ayo Bermain Peran
Beni dan teman-teman akan bermain di rumah Edo.

Sebelum ke rumah Edo, Beni datang menjemput Udin.

Mereka berjanji berangkat bersama.

Peragakanlah teks percakapan berikut di depan kelas!
Beni:(mengetuk pintu) “Selamat sore, Bu.”
Ibu:(membukakan pintu) “Selamat sore juga Beni, silakan masuk.”
Beni:“Terima kasih, Bu. Udinnya ada, Bu?”
Ibu:“Ada, Beni. Sebentar ya, Ibu panggilkan. Udin, ini Beni sudah datang.”
Udin:(Beni datang) “Iya Bu, aku sudah siap. Bagaimana Beni, kita berangkat sekarang?”
Beni:“Baiklah, ayo!”
Beni dan Udin:“Ibu, kami berangkat dulu, ya.”
Ibu:“Beni tidak minum dulu?”
Beni:“Tidak usah Bu, terima kasih. Edo mungkin sudah menunggu kami. Kami berangkat ya, Bu.”
Ibu:Iya Nak, hati-hati di perjalanan ya.”
Beni dan Udin:“Iya, Bu.” (menyalami ibu).


Ayo Menulis
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan tesks percakapan di atas!
1. Apa isi teks percakapan yang telah kamu perankan?
Isi teks percakapan tersebut adalah beni menjemput Edo sebelum ke rumah Udin
2. Bagaimana cara Beni bertamu?
Beni bertamu dengan sopan, mengetuk pintu dan menyapa ibu Edo dengan sopan.
3. Bagaimana sikap Beni menurutmu?
Menurutku Beni anak yang santun dan sopan
4. Apa yang dilakukan Beni dan Udin sebelum berangkat ke rumah Edo?
Beni dan Udin berpamitan kepada Ibu Udin
Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Bermain Tarik-tarikan
Mari mengajukan pertanyaan sesuai gambar!

  1. Apa yang sedang mereka lakukan? Mereka sedang bermain tarik-tarikan.
  2. Siapa saja yang sedang bermain tarik-tarikan? Udin, Beni, Dayu, dan Siti.
  3. Dimana mereka bermain tarik-tarikan? Mereka bermain tarik-tarikan di halaman rumah.
  4.  

    Permainan apa yang sedang dimainkan Beni dan teman-teman?
    Beni dan teman-teman sedang bermain tarik-tarikan.
    Pernahkah kamu bermain permainan tersebut?
    Saya pernah bermain tarik-tarikan.
    Ayo Mencoba
    Amati gambar berikut!
    Bermain

    Kali ini gurumu akan membimbingmu untuk bermain tarik-tarikan.


    Dengarkan penjelasan gurumu! 

    Bermainlah sesuai aturan yang telah dijelaskan!

    Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan pengalamanmu dalam bermain!
    1. Bagaimana perasaanmu setelah bermain tarik-tarikan?
    Setelah bermain tarik-tarikan, saya merasa sangat senang karena bisa bermain dengan teman-teman
    2. Bagaimana cara bermain tarik-tarikan?
    Cara bermain tarik-tarikan adalah dengan membagi 2 kelompok sama banyak, semua anggota saling memegang tangan. Di antara dua kelompok diberi garis pembatas. Kedua kelompok saling menarik ketika aba-aba diberikan. Kelompok pemenang adalah kelompok yang mampu menarik lawan sampai melewati garis pembatas.

    3. Apa saja aturan dalam bermain tarik-tarikan?
    Aturan dalam permainan tarik-tarikan antara lain :
    • Memulai permainan ketika sudah ada aba-aba, 
    • Jumlah anggota untuk masing-masing kelompok harus sama/berimbang
    • Kelompok pemenang adalah yang mampu menarik lawan sampai garis pembatas
    4. Apa pengalamanmu yang paling berkesan selama bermain tarik-tarikan?
    Selama bermain tarik-tarikan, pengalamanku yang paling berkesan adalah menarik tali tambang dengan sekuat tenaga. Awalnya aku tidak yakin kalau aku bisa bermain dengan cukup kuat. Tapi ternyata, ketika bermain, aku tahu sekuat apapun tenaga yang kuberikan, tenaga itu akan membantu timku memperoleh kemenangan.
    5. Adakah benda yang digunakan dalam bermain tarik-tarikan?
    Tidak ada.
    Ayo Membaca
    Dengarkan temanmu membaca teks berikut!
    Ceritakan kembali secara lisan!

    Kegunaan Benda
    Ada banyak benda di sekitar kita.

    Benda membuat kegiatan kita menjadi terbantu.

    Kita tidak bisa minum kalau tidak ada air dan gelas.

    Kita tidak bisa menulis kalau tidak ada buku dan pensil.

    Begitu juga dalam bermain.

    Dalam bermain ada yang membutuhkan benda dan ada yang tidak.

    Dalam bermain tarik-tarikan kita tidak membutuhkan benda apapun.

    Namun dalam bermain lingkaran simpai, tanpa adanya simpai permainan tidak akan
    bisa terlaksana.

    Jadi, setiap benda mempunyai kegunaan masing-masing.

    Benda juga beraneka ragam.

    Ada benda padat, benda cair, dan benda gas.

    Setiap benda mempunyai kegunaan masing-masing.

    Mulai dari bangun tidur, kegiatan kita sudah tergantung dengan benda.

    Ketika mandi kita membutuhkan air, sabun, sampo, gayung, dan lain-lain.

    Ketika memasak, ibu membutuhkan kompor, wajan, pisau, dan alat-alat masak lainnya.

    Ketika akan berangkat ke sekolah kita membutuhkan seragam, sepatu, tas, buku, pensil, penggaris, dan peralatan sekolah lainnya.

    Kehidupan kita akan selalu tergantung dengan benda.

    Untuk itu, kita perlu menjaga benda-benda di sekitar kita.

    Menceritakan kembali :
    Ada banyak benda di sekitar kita. Ada benda padat, benda cair, dan benda gas. Benda tersebut membantu kegiatan kita.. Benda memiliki kegunaan masing-masing.Kehidupan kita akan selalu tergantung dengan benda. Untuk itu, kita perlu menjaga benda-benda di sekitar kita.
    Ayo Mengamati
    Amatilah gambar benda-benda berikut!

    Aneka Benda
    Lengkapi tabel berikut berdasarkan gambar yang telah kamu amati!
    No.Nama BendaWujud
    1.SapuPadat
    2.PenggarisPadat
    3.LemariPadat
    4.MejaPadat
    5.KursiPadat
    6.SiropCair
    7.Udara dalam balonGas
    8.Udara dalam ban sepedaGas
    9.KopiCair
    10.SusuCair
    11.MinyakCait
    12.SimpaiPadat
    13.Keranjang buahPadat
    14.TasPadat
    15.SepatuPadat

    Ayo Berdiskusi
    Diskusikanlah gambar berikut bersama temanmu!
    Berpamitan
    1. Apa yang sedang dilakukan Beni dan teman-teman?
    Beni sedang berpamitan keluarga Edo.
    2. Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti yang Beni dan teman-teman lakukan?
    Pernah.
    3. Kapan kita harus berpamitan?
    Kita berpamitan saat akan bepergian.
    4. Menurutmu, mengapa kita perlu berpamitan?
    Kita harus berpamitan agar orang yang tinggal di rumah mengetahui kemana anak pergi.
    Ayo Berlatih
    Tulis di buku tulismu dengan rapi ya🤗
    Berilah tanda centang ✅) pada sikap yang menunjukkan mematuhi aturan dan tanda silang (x) untuk sikap yang tidak menunjukkan mematuhi aturan.

    Kerja Sama dengan Orang Tua
    Orang tua membimbing siswa untuk membiasakan sikap taat aturan.

    SikapSikap yang Menunjukkan Mematuhi AturanSikap yang Tidak Menunjukkan Mematuhi Aturan
    Menyapa dengan senyum

    Pamit ketika hendak pergi

    Tidak merapikan peralatan setelah bermain

    Bermain sampai larut malam

    Duduk dengan sopan


Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.

Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya. 

Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini. 

Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 👍🤗

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran           ...