Jumat, 27 Agustus 2021

Materi Ajar, Jum'at, 27 Agustus 2021

 JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan      : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  2 /1

Tema                          : Bermain di Lingkunganku

Sub Tema                  : Bermain di Rumah Teman (Sub Tema 2)

Pembelajaran             : 6


 
Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Ayo kita buka pembelajaran hari ini dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 
 

Yuk literasi materi hari ini ... .

 Mari kita simak pembelajaran berikut ini bersama!

Pada Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 2 Bermain di Rumah Teman akan mempelajari tentang menemukan dan menjelaskan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek. Mlaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar. Menyebutkan san mensimulasikan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah. Menyatakan kalimat matematika dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Ayo Mengamati
Beni dan Udin sedang bermain kosakata tentang nama-nama benda.

Bantulah Beni dan Udin menemukan kata pada kolom huruf berikut!

Dengarkan penjelasan gurumu terlebih dahulu!

Tabel Nama Benda

Tuliskan kata-kata yang telah kamu temukan pada kolom berikut!
No.Kata BendaWujudKegunaan
1.SapuPadatUntuk menyapu
2.MejaPadatUntuk meletakkan benda
3.AirCairMinum, mandi, mencuci, dan lain-lain
4.UdaraGasBernapas, mengisi ban, danmengisi balon
5.BonekaPadatBermain

Ayo Mengamati
Amatilah sebuah benda kesukaanmu!

Tuliskanlah ciri-ciri dan kegunaannya!

Benda Kesukaanku
Benda kesukaanku adalah boneka. Boneka biasanya terbuat dari bahan kain yang berisi busa di tengah nya. Boneka berbentuk bermacam-macam tiruasn hewan dan manusia. Boneka beruna untuk menemaniku bermain.

Ayo Membaca
Bacalah percakapan berikut bersama temanmu!
Percakapan
Beni:Bu, apa manfaat aturan bagi kita?
Ibu:Banyak sekali manfaatnya. Coba Beni bayangkan jika dalam bermain tidak ada aturan, apa yang terjadi?
Beni:Hmm..pasti kita akan berbuat semau kita, Bu.
Ibu:Nah, apa nanti akibatnya?
Beni:Bisa bertengkar, Bu.
Ibu:Iya benar sekali, Beni. Aturan juga akan melatih kita untuk bersikap disiplin.

Apa isi teks percakapan di atas?
Isi teks percakapan tentang manfaat aturan bagi kita.
Mengapa kita perlu mematuhi aturan?
Kita perlu mematuhi aturab agar dapat bersikap disiplin
Perankanlah di depan kelas!

Berikan tanggapan terhadap penampilan temanmu!

Ayo Menulis
Tuliskan pendapatmu berdasarkan gambar berikut!
GambarPendapatku
Pendapat 1
Sebaiknya saat bersepeda harus berhati-hati dan jangan ngebut karena dapat menyebabkan terjatuh.
Pendapat 2
Sebaiknya membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan karena jika membuang sampah sembarangan akan mengotori lingkungan
Pendapat 3
Sebaiknya saat ibu memasak di dapur kita ikut membantu sesuai dengan kemampuan kita.
Pendapat 4
Sebaiknya setelah bangun tidur segera dirapikan kembali agar kamar tidur menjadi tidak berantakan.
Dari keempat gambar tersebut, manakah sikap yang mematuhi aturan?
Gambar yang mematuhi aturan adalah gambar seorang anak yang membatu ibunya dan membereskan tempat tidur.
Sikap manakah yang tidak mematuhi aturan?
Sikap yang tidak mematuhi aturan adalah naik sepeda ngebut dan membuang sampah sembarangan.
Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut!

Manfaat Mematuhi Aturan
Aturan berguna untuk melatih kdisiplinan. Dengan mematuhi aturan kita akan disyang orang tua dan kamat tidur tetap rapi.
Akibat tidak mematuhi aturan
Akibat tuidak mematuhi aturan dapat mengakibatkan kecelakaan dan lingkungan menjadi kotor.
Ayo Berlatih
Lengkapi kalimat perkalian berikut!
Lengkapi sebanyak mungkin yang kamu bisa!

1.3 × 5 = 15
5 × 3 = 15
1 × 15= 15
15.×1 = 15
2.1 x 24 = 24
2 x 12 = 24
3 x 8 = 24
4 x 6 = 24
6 x 4 = 24
8 x 3 = 24
12 x 2 = 24
24 x  1 = 24
3.1 x 40 = 40
2 x 20 = 40
4 x 10 = 40
5 x 8 = 40
8 x 5 = 40
10 x 4 = 40
20 x 2 = 40
40 x 1 = 40
4.1 x 56 = 56
2 x 28 = 56
4 x 14 = 56
7 x 8 = 56
8 x 7 = 56
14 x 4 = 56
28 x 2 = 56
56 x 1 = 56
5.1 x 81 = 81
3 x 27 = 81
9 x 9 = 81
81 x 1 = 81
27 x 3 = 81



Ayo Mengamati
Perhatikan contoh berikut!

Beni diminta ibu untuk merapikan buku-buku yang tidak terpakai lagi.

Buku-buku tersebut dimasukkan ke dalam 3 dus.

Masing-masing dus berisi 8 buku.

Berapa banyak buku yang dirapikan Beni?

Penyelesaian:
Banyak dus = 3
Setiap dus berisi = 8 buku
Banyak buku yang dirapikan Beni adalah:
3 x 8 = 24
Jadi, banyak buku yang dirapikan Beni adalah 24 buku.

Ayo Berlatih
Selesaikanlah soal cerita berikut
1. Edo mempunyai 8 kantong kelereng.
Setiap kantong berisi 10 kelereng.
Berapa banyak kelereng yang dimiliki Edo?

Penyelsaian :
Edo mempunyai 8 kantong kelereng
Setiap kantong berisi 10 kelereng
Banyak kelereng yang dimiliki Edo adalah
8 x 10 = 80
Jadi banyak kelereng Edo adalah 80 buah

2. Di atas meja terdapat 6 keranjang buah.
Setiap keranjang berisi 4 buah apel.
Berapa banyak apel seluruhnya?
.
Penyelesaian :
Di atas meja terdapat 6 keranjang buah.
Setiap keranjang berisi 4 buah apel.
Banyak apel seluruhnya adalah
6 x 4 = 24
Jadi banyak apel seluruhnya adalah 24 buah

3. Ibu membeli 4 kotak kue.
Setiap kotak berisi 8 kue.
Berapa banyak kue yang dibeli ibu?

Penyelesaian :
Ibu membeli 4 kotak kue.
Setiap kotak berisi 8 kue.
Banyak kue yang dibeli ibu adalah
4 x 8 = 32
Jadi banyak kue yang dibeli ibu adalah 32.

4. Di atas rak ada 3 kotak pensil.
Setiap kotak berisi 7 pensil.
Berapa banyak pensil semuanya?

Penyelesaian :
Di atas rak ada 3 kotak pensil.
Setiap kotak berisi 7 pensil.
Banyak pensil semuanyaadalah
3 x 7 = 21
Jadi banyak pensil semuanya adalah 21 buah.

5. Udin memetik jambu, lalu dimasukkan ke
dalam 6 keranjang.
Setiap keranjang berisi 8 jambu.
Berapa banyak jambu yang dipetik Udin?

Penyelsaian :
Udin memetik jambu, lalu dimasukkan ke
dalam 6 keranjang.
Setiap keranjang berisi 8 jambu.
Banyak jambu yang dipetik Udin adalah
6 x 8 = 46 buah
Jadi banyak jambu yang dipetik Udin adalah 48 buah.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua berdiskusi dengan siswa tentang pemecahan masalah yang berhubungan dengan perkalian.

Tugas hari ini adalah menghapalkan perkalian dua lalu kirimkan video hapalanmu kepada ibu guru.
semangat menghapal ya nak!

Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.

Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya. 

Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini. 

Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 👍🤗

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Kamis, 7 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Kamis, 21 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran                ...