Jumat, 20 Agustus 2021

Materi Ajar Jum'at, 20 Agustus 2021

 JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan      : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  2 /1

Tema                          : Bermain di Lingkunganku

Sub Tema                  : Bermain di Lingkungan Rumah (Sub Tema 1)

Pembelajaran             : 6


 
Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Ayo kita buka pembelajaran hari ini dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 
 

Yuk literasi materi hari ini ... .

 Mari kita simak pembelajaran berikut ini bersama!

Hari ini hari jumat berkah jangan lupa perbanyak infaq dan sodaqohnya ya🤗 
 Hari ini hari jumat berkah jangan lupa perbanyak infaq dan sodaqohnya ya🤗

Pada Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah akan mempelajari tentang menjelaskan dan menemukan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda. Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat. Menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah. Mmbiasakan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah. Menyatakan kalimat matematika dan yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar. Menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran.


Ayo Membaca
Beni berjanji akan bermain pistol air dengan Edo.

Sambil menunggu Edo datang, Beni mengisi pistol mainannya dengan air.

Dengarkan temanmu membaca teks percakapan berikut!
Percakapan
Udin:Bu, dulu Ibu pernah bilang kalau air itu termasuk benda cair. Apa yang dimaksud dengan benda cair, Bu?
Ibu:Benda cair itu benda yang memiliki volume yang tetap, tetapi bentuknya berubah-ubah sesuai dengan tempat atau wadahnya. Contohnya air, minyak, dan sirup. Coba Beni perhatikan, bagaimana bentuk air setelah dimasukkan ke dalam pistol mainan itu?

Apa judul bacaan di bawah?
Judul bacaan di atas adalah Wujud Benda.
Menurutmu bacaan ini berisi tentang apa?
Bacaan tersebut berisi tentang Sifat benda cair.
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!

Kemudian, ceritakan di depan kelas.

Wujud Benda
Dilihat dari wujudnya, benda dapat dibedakan menjadi tiga.

Ada benda padat, benda cair, dan benda gas.

Benda padat adalah benda yang memiliki bentuk dan ukuran yang tetap.

Contohnya kelereng, batu, dan pensil.

Benda cair adalah benda yang memiliki ukuran yang tetap, tetapi bentuknya berubah-ubah sesuai dengan tempat atau wadahnya.

Contohnya sirup dalam botol, teh dalam gelas, dan air minum dalam cangkir.

Sedangkan benda gas adalah benda yang memiliki ukuran dan bentuk yang selalu berubah-ubah sesuai dengan tempat atau wadahnya.

Contohnya udara dalam balon, ban sepeda, dan kantong plastik yang ditiup.

Menceritakan kembali
Dilihat dari wujudnya, benda dapat dibedakan menjadi tiga yaitu benda padat, benda cair, dan benda gas. Benda padat memiliki bentuk dan ukuran yang tetap. Contohnya kelereng, batu, dan pensil. Benda cair memiliki ukuran yang tetap, tetapi bentuknya berubah-ubah sesuai wadahnya. Contohnya sirup dalam botol, teh dalam gelas, dan air minum dalam cangkir.. Benda gas memiliki ukuran dan bentuk yang selalu berubah-ubah sesuai wadahnya. Contohnya udara dalam balon, ban sepeda, dan kantong plastik yang ditiup.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu makna kata berikut!
KataMaknanya
HalusRupa atau bentuk yang dapat diraba
KasarBesar sesuatu
BasahBenda yang isi dan bentuknya tetap
TetapBersifat seperti air atau encer
BerubahRingan bersifat seperti udara

Untuk menguji hasil diskusimu, kerjakanlah latihan berikut!

Petunjuk:
Temukan kata yang sesuai dengan makna sebagai berikut!
  1. Benda yang isi dan bentuknya tetap.
  2. Rupa atau bentuk yang dapat diraba.
  3. Bersifat seperti air atau encer.
  4. Ringan bersifat seperti udara.
  5. Isi atau besarnya benda dalam sebuah ruang.
Dengarkan petunjuk gurumu sebelum mengerjakan latihan!
Teka Teki
Ayo Mengamati
Amatilah benda-benda yang ada di rumahmu! Beri tanda centang (✅) sesuai dengan wujudnya!
No.Nama BendaWujud
PadatCairGas
1.Gas Elpiji--
2.Lemari--
3.Minyak goreng--
4.Asap dari knalpot motor--
5.Meja--
6.Uap dari panci--
7.Air--
8.Televisi--
9.Sirup--
10.Sapu--

Bacakan hasil pengamatanmu!

Berikan tanggapan terhadap hasil pengamatan temanmu!

Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Bermain
Diskusikanlah dengan temanmu jawaban dari pertanyaan berikut!
1. Apa yang dilakukan Beni dan Edo?
Beni dan Edo sedang bermain pistol air.
2. Bagaimana aturan dalam bermain pistol air?
Menembakkan air tidak boleh mengenai bagian-bagian tubuh yang membahayakan, seperti mata dan telinga.
3. Apa yang terjadi jika Beni atau Edo tidak mematuhi aturan dalam bermain?

Jika Beni dan Edo tidak mematuhi aturan dalam bermain mereka bisa bertengkar.
4. Mengapa diperlukan aturan dalam bermain?
Aturan bermain diperlukan untuk menjaga keselamatan saat bermain.
5. Apa manfaat aturan tersebut?
Aturan bermain bermafaat untuk menjaga keselamatan.

Aturan ada di mana-mana.

Aturan berlaku di rumah, di sekolah, dan di masyarakat.

Aturan berguna untuk mengatur kehidupan.

Aturan di rumah wajib ditaati oleh semua anggota keluarga.

Aturan dalam bermain juga wajib ditaati oleh semua anggota yang ikut dalam permainan.

Apa yang terjadi kalau kita tidak mematuhi aturan?

Ayo Mengamati
Beni mempunyai 1 pistol air. Edo juga mempunyai 1 pistol air. 

Tiba-tiba Udin datang dan juga membawa 1 pistol air.

Berapa jumlah pistol air semuanya?
3 x 1 = 3Sama artinya dengan:3 x 1 = 1 + 1 + 1= 3

Ayo Bernyanyi
Untuk memudahkanmu mengingat perkalian, lagu di bawah ini dapat membantu.

Nyanyikanlah bersama temanmu!
Belajar Perkalian
(Irama Lagu “Becak” Ciptaan Ibu Sud)
Aku mau belajar, belajar perkalian.
Perkalian adalah penjumlahan berulang.
Ingat kata bu guru, aturan minum obat.
Ayo kawan mari kita belajar!
3 dikali 1 sama dengan berapa?
Itu sama artinya 1 nya ada 3 
Ayo kawan semua mari kita jumlahkan!
Ayo kawan siapa tahu jawabnya? 

Simak video Belajar Perkalian Berikut ini !

Ayo Berlatih
Tulis perkalian berikut dalam bentuk penjumlahan berulang. Kemudian, tentukan hasilnya!
1. 2 × 5 = 5 + 5 = 10
2. 4 × 2 = 2 + 2 + 2 + 2 = 8
3. 5 × 7 = 7 + 7 + 7 + 7 + 7 = 35
4. 6 × 4 = 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 24
5. 2 × 8 = 8 + 8 = 16
6. 7 × 6 = 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 = 42
7. 4 × 9 = 9 + 9 + 9 + 9 = 36
8. 3 × 6 = 6 + 6 + 6 = 18
9. 5 × 5 = 5 + 5 + 5 + 5 + 5 = 25
10. 8 × 3 = 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 24

Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua membimbing siswa melakukan perkalian dalam bentuk penjumlahan berulang.

Tugas
Kerjakanlah soal yang ada di modul tematik bagian A halaman 31



kalau sudah kirim jawabanmu ke bu guru ya, tulis nama lengkapmu dan nomor absenmu (tulis jawabannya saja)😉

Contoh:
Muatan PPKN
1. a. membiarkan
2.
3.
4.
5.
Muatan B.Indonesia
1.
2.
3.
4.
5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Kamis, 7 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Kamis, 21 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran                ...