Kamis, 04 April 2024

Materi Ajar: Kamis, 4 April 2024

HARI/TANGGAL                      : Kamis, 4 April 2024

KEGIATAN PEMBELAJARAN    : P5 ( PROJEK PENGUATAN PROFIL 

                                                   PELAJAR PANCASILA )

TEMA                                        : KEWIRAUSAHAAN

JUDUL                                      : KREASI PERCA BUATANKU


TUJUAN KEGIATAN P5 


●    Membentuk karakter Pelajar Pancasila (berkebhinekaan global, gotong royong, dan bernalar kritis) 
Anak dapat mengolah bahan bekas menjadi berdaya guna dan bernilai
●      Peserta didik mampu 
menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan keluarga dan sekolah
●      Peserta didik terbiasa bekerja bersama dalam 
melakukan kegiatan dengan kelompok 
(melibatkan dua atau lebih orang)
●      Peserta didik berani mencoba, tidak mudah 
menyerah saat mendapatkan tantangan, dan
adaptif dalam situasi baru, dan mencoba untuk
●      Peserta didik dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiradan/perasaannya  dalam bentuk karya dan  atau Tindakan sederhana serta mengapresiasi karya dan Tindakan yang dihasilkan●      Peserta didik berani bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya.

Tujuan Pembelajaran :

-Peserta didik dapat mengetahui cara memanfaatkan kain sisa/perca 

- Peserta didik dapat mengembangkan dimensi profil pelajar Pancasila saat proyek  kegiatan berlangsung.

Tujuan, Alur dan Pecapaian Projek Melalui tema “Kewirausahaan” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, Projek “Kreasi Perca Buatanku” ini bertujuan untuk membentuk pelajar yang mempunyai kesadaran untuk menjalani hidup yang lebih hemat dan dapat memanfaatkan kembali barang bekas/limbah yang tidak terpakai. Projek ini dimulai dengan tahap pengenalan, dimana pelajar akan mengeksplorasi permasalahan yang ada sekitar dirinya dan lingkungan terdekat, misalnya di rumah dan di sekolah seputar barang-barang bekas yang tidak terpakai. Dalam tahapan ini pelajar akan mengidentifikasi awal permasalahan yang akan menjadi acuan dalam tahapan-tahapan selanjutnya.


Apa kabar anak-anak Bu Guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Tujuan Pembelajaran hari ini adalah perserta didik dapat membuat kerajinan dari kain perca (taplak meja)

Kerajinan taplak meja  dari Kain Perca.
Taplak adalah salah satu produk home decor yang biasa digunakan untuk menutupi serta membantu melindungi meja dari goresan dan noda, serta untuk menambah nilai estetika pada suatu ruangan.
Taplak meja bisa dibuat dari berbagai bahan, salah satunya adalah kain perca yang tidak terpakai. Taplak meja dari kain perca memiliki tampilan yang unik dan eksklusif, termasuk ke dalam produk kerajinan yang bernilai , dan memiliki nilai jual yang tinggi.

sebelum melakukan aksi ayo kita tonton video berikut ....




Alat dan Bahan Membuat Taplak Meja

kain perca
alat jahit : benang, jarum jahit
gunting
kertas karton
kapur/pensil

Langkah-langkah Cara Membuat Taplak Meja Dari Kain Perca

taplak meja dari kain perca sangatlah mudah. Berikut ini beberapa langkah membuat taplak meja dari kain perca yang dibisa diikuti:
  1. Pertama - tama adalah menentukan ukuran taplak meja. Tentukan terlebih dahulu seberapa besar ukuran taplak meja yang ingin dibuat.
  2. Kemudian adalah memembuat pola pada karton. Buat pola jiplakan berbentuk geometris seperti segitiga, segiempat, segilima atau bentuk-bentuk lainnya yang terukur pada kain karton.
  3. Kemudian adalah memotong kain perca. Jiplaklah pola pada kain perca dengan menggunakan kapur kain atau pensil kain lalu potong kain perca sesuai ukuran dan bentuk yang diinginkan. Saat memotong kain jangan lupa tambahkan ruang atau lebihkan kain sebesar 1/4 inchi diluar batas jahitan untuk menyambungnya.
  4. Tahap terakhir adalah menyambung kain perca. Susunlah potongan kain perca dengan motif yang berbeda-beda di atas lantai atau meja kerja kemudian gabungkan satu persatu dengan mesin jahit hingga membentuk lembaran kain berukuran besar sesuai ukuran taplak meja yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Selasa, 30 April 2024

  Hari/ Tanggal : Selasa, 30 April 2024        Kelas: IV A Muatan  Pembelajaran              :   1. Pendidikan Pancasila   : Gotong Royong 2...