Senin, 08 Mei 2023

Materi Ajar: Selasa, 9 Mei 2023

 Hari/Tanggal   : Selasa / 9 Mei 2023

Tema              :  9 (Kayanya Negeriku)

Subtema        : 2 (Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia) 

Pembelajaran : 5

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD IPS

3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

KD SBDP

3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada

Tujuan Pembelajaran 5 :

1. Dengan membaca dan menggamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam dengan penuh kepedulian.
2. Dengan bernyanyi, siswa dapat menyanyikan lagu dengan memerhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.


Pemanfaatan Sumber Daya Alam


Kekayaan sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk menunjang dan mempermudah kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
 

Manfaat kekayaan alam bagi masyarakat dapat dirasakan langsung, misalnya hasil pertanian dan perkebunan. Sayur-sayuran, buah-buahan, padi, merupakan contoh beberapa hasil kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan secara langsung. Ada juga kekayaan alam yang dimanfaatkan secara tidak langsung. Artinya kekayaan alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat   dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Misalnya minyak bumi yang harus diolah terlebih dahulu menjadi minyak tanah, solar, bensin, maupun aspal agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sumber daya alam yang kita miliki menghasilkan kekayaan alam berupa hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil hutan, dan hasil tambang. Sumber daya alam tersebut akan bermanfaat apabila kita dapat mengolahnya dengan baik.
 

Setiap kekayaan alam yang kita miliki mempunyai manfaat dan kegunaan
masing-masing. Berikut tabel contoh hasil sumber daya alam dan manfaatnya.
 

untuk selanjutnya contoh hasil sumber daya alam dan manfaatnya dapat kalian buka buku tema 9 kalian di halaman 86-87. 

Baiklah anak sholeh dan sholehah. Itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu di tema 9 subtema 2 pembelajaran 6.

TUGAS :

 Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Rangkaian nada-nada yang dimainkan secara berirama dan teratur disebut ....

a. bunyi       

b. melodi 

c. suara      

d. tempo


2. Not setengah bernilai .... ketukan.

a. satu        

b. dua

c. tiga        

d. empat


3. Kita harus memahami nada ketika menyanyikan sebuah lagu. Pengertian dari nada adalah bunyi yang....

a. acak

b. tinggi

c. beraturan

d. tak beraturan


4. Perhatikan hal-hal berikut !

(1) Irama

(2) Alat musik

(3) Tempo

(4) Jenis lagu

Hal yang harus diperhatikan ketika menyanyikan sebuah lagu ditunjukkan oleh nomor ....

a. (1) dan (2)

b. (1) dan (3)

c. (2) dan (4)

d. (3) dan (4)


5. Perhatikan judul lagu berikut ini !

(1) Halo-Halo Bandung.

(2) Maju Tak Gentar.

(3) Mengheningkan Cipta.

(4) Bagimu Negeri.

Lagu dengan tempo cepat ditunjukkan pada nomor ....

a. (1) dan (2)

b. (2) dan (3)

c. (2) dan (4)

d. (3) dan (4)


6. Lagu "Indonesia Raya" memiliki birama ....

a. 2/4

b. 3/4

c. 4/4

d. 6/8


7. Birama 4/4, artinya tiap birama terdiri atas .... ketukan.

a. 2

b. 3

c. 4

d. 5


8. Lagu "Maju tak Gentar" diciptakan oleh ....

a. lbu Sud

b. A.T Mahmud

c. L. Manik

d. C. Simanjutak


9. Kecepatan atau kelambatan suatu lagu yang dinyanyikan disebut ....

a. irama

b. birama

c. harmoni

d. tempo


10. Tempo presto memil

iki arti ....

a. lambat sekali

b. cepat sekali

c. lambat

d. cepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Selasa, 21 Mei 2024

Hari/ Tanggal : Selasa, 21 Mei 2024       Kelas: IV A Muatan  Pembelajaran              :   1. Pendidikan Pancasila   : Gotong Royong 2. Sen...