Selasa, 14 Maret 2023

Ringkasan Materi Matematika Kelas 4 Semester 2 (K13)

 

Kisi-Kisi Soal PTS Matematika

Hari/tanggal          :  Selasa, 14 Maret 2023

Kelas                : IV A


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh



Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 Anak-anak sudah siap melaksanakan ujian semester? Mulailah dengan berdoa dan jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan ujian hari ini!




Berikut adalah Ringkasan materi yang akan diujikan besok terkait PTS Matematika

Materi Bangun Datar

A. Segi banyak
Bangun datar dibedakan menjadi dua, yakni bangun datar beraturan dan tak beraturan. Bangun datar beratruan atau segi banyak beraturan adalah bangun datar yang memiliki sisi sama Panjang dan sudut-sudutnya sama besar. Sedangkan bangun yang memiliki sisi sama namun sudut-sudutnya tidak sama maka bukanlah termasuk segi banyak bertauran. Contoh bangun segi banyak beraturan adalah segi lima beratuan, segi enam beraturan, logo ambulan, dan sebagainya.

B. Keliling Bangun Datar
Secara garis besar, cara mengitung keliling adalah jumlah seluruh sisi bangun datar. Baik bangun datar beraturan maupun tidak beratuan. Akan tetapi untuk mempermudah dalam memahami keliling biasanya dibuat rumus. Oleh karena itu yang dipelajari dalam sub bab keliling bangun datar adalah keliling dari Segita, Persegi, dan Persegi Panjang.
rumus bangun datar SD

C. Luas Bangun Datar
Luar bangun datar merupakan materi dasar yang harus diketahui ketika duduk dibangku SD. Materi Luas bangun datar kelas 5 K13 ini kami sajikan dalam bentuk gambar. Dalam gambar di atas peserta didik tidak hanya harus menghafal rumus luas, akan tetapi juga harus memahami konsep dari luas bangun datar.

D. Hubungan Antar Garis
Garis adalah kumpulan titik-titik yang berkesinambungan sehingga membentuk garis lurus. Dengan kata lain, titik-titik yang tersusun secara terus menerus akan membentuk garis.
Berdasarkan posisinya, garis dibedakan menjadi 2 yakni garis Horisontal dan Vertikal. Garis Horisontal adala garis yang mendatar, sedangkan garis vertical adalah garis yang tegak.
Macam-macam garis dibedakan menjadi beberapa macam:
-  Ruas Garis atau segmen garis alah potongan garis yang dibatasi oleh 2 titik pada setiap ujungnya.
-  SInar garis adalah ruas garis yang salah satu ujungnya tidak terbatas atau ditandai dengan tanda panah.
-  Garis lurus adalah garis yang kedua ujungnya tanpa batas biasanya menggunakan tanda panah pada kedua ujungnya.


Pengolahan Data

Untuk Materi Statistika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 terbaru, pengolahan data hanya sebatas pengenalan. Peserta didik hanya akan dikenalkan tentang statistika mengenai membaca data. Beberapa materi turunan dari membaca data diantaranya adalah:
materi dan soal statistika SD

- Mengetahui jumlah data
- Mengetahui banyak data
- mengetahui data tertinggi dan terendah (bisa berupa banyak dan sedikit)
- Membandingkan data
- Mencari selisih data, dan sebagainya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Selasa, 21 Mei 2024

Hari/ Tanggal : Selasa, 21 Mei 2024       Kelas: IV A Muatan  Pembelajaran              :   1. Pendidikan Pancasila   : Gotong Royong 2. Sen...