Jumat, 24 Juli 2020

Jumat, 24 Juli 2020


TEMA 1                                 :  Organ Gerak Hewan dan Manusia
SUB TEMA 1                         :  Organ Gerak Hewan
PEMBELAJARAN 5           :  IPA , Bahasa Indonesia, SBDP

A. Tujuan Pembelajaran

Ø  Siswa dapat mengetahui ciri ciri hewan vertebrata dan invertebrata
Ø  Siswa dapat menentukan ide pokok dari masing masing paragraf  dengan tanggung         jawab.
Ø  Siswa dapat merangkai sebuah cerita dengan percaya diri.

B. Materi Ajar

IPA
Alat Gerak pada Hewan Vertebrata dan Hewan Invertebrata

Hewan dapat di bagi menjadi dua kelompok besar yaitu vertebrata dan invertebrate.
Pengelompokan tersebut dilakukan berdasarkan ada atau tidaknya tulang belakang di tubuhnya,
Contoh : kelinci, kucing, paus, ayam, ular, ikan mas, dan katak.

Sedangkan alat gerak hewan invertebrata tidak memiliki tulang belakang di dalam tubuhnya,
Contoh : siput, semut, cacing, dan kupu kupu.

 
Umumnya, hewan invertebrata memiliki alat gerak yang serupa dengan hewan vertebrata.
Ada yang bergerak dengan otot perutnya, misalnya cacing.
Ada yang bergerak dengan sayap, misalnya kupu kupu dan lebah. Ada juga yang bergerak dengan kaki, misalnya semut dan belalang.

Bahasa Indonesia

Mengembangkan Ide Pokok

Seperti yang di jelaskan pada pembelajaran sebelumnya, ide pokok merupakan inti atau dasar permasalahan dari suatu teks. Ide pokok teks menjadi dalsar dalam pengembangan paragraf atau teks.

Untuk membuat sebuah paragraf berdasarkan ide pokok, ada beberapa langkah yang perlu di lakukan. Langkah langkah tersebut, antara lain sebagai berikut :
1.      Menentukan topik dari paragraf yang akan di buat.
2.      Menentukan ide pokok dari paragraf atau teks yang akan di buat.
3.      Membuar sebuah kalimat yang berisi ide pokok tersebut. Kalimat tersebut akan menjadi kalimat utama dari paragraph yang akan di buat.
4.      Mengembangkan kalimat dan ide pokok tersebut menjadi beberapa kalimat.
5.      Menulis beberapa kalimat yang berisi informasi informasi tambahan untuk mendukung kalimat utama yang telah di buat.
6.      Menyusun kalimat kalimat tersebut menjadi sebuah paragraf yang padu.


Contoh teks bacaan dalam menentukan ide pokok.

Gemar Membantu

Bersepeda adalah kegiatan kesukaanku, setiap hari aku selalu keliling untuk
 jalan jalan sore di taman , karena di taman aku selalu mendapatkan banyak teman.
Aku juga senang main bersama mereka.

SBDP
Jenis Jenis Gambar Ilustrasi
Langkah langkah membuat gambar ilustrasi dilakukan secara berurutan.

Jenis Jenis Gambar Ilustrasi :
1.      Gambar Realis
2.      Karikatur
3.      Kartun
4.      Gambar dekoratif
1.Gambar Realis

Gambar realis adalah gambar yang di buat sesuai dengan kenyataan atau keadaan yang sebenarnya. Gambar di buat sama dengan objek aslinya.
Contoh :

       
 
2. Karikatur

Karikatur adalah gambar yang di lebih lebihkan.
Dalam gambar karikatur ada perubahan bentuk pada setiap karakternya. Bentuknya sering kali terlihat unik dan lucu.
Contoh :

 


3.Kartun

Kartun adalah  gambar yang mengandung humor. Kartun terlihat lucu dan mengandung tawa. Tokoh kartun sangat bervariasi, bisa berupa tumbuhan, hewan atau manusia.
Contoh :

Description: C:\Users\ACER\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\gambar-kartun-lucu-imut-2.jpg      Description: C:\Users\ACER\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\family1.jpg

4.Gambar Dekoratif

Gambar dekoratif adalah gambar yang di buat dengan tujuan menggambar bentuk benda menjadi lebih indah. Gambar dekoratif banyak di jumpai pada kain bati dan relief.
Contoh :

Description: C:\Users\ACER\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Lukisan-Dekoratif-Hewan-dan-Tumbuhan-image-3.jpg            Description: C:\Users\ACER\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Lukisan-Perahu-Abstrak-size-420-x-366-Image.jpg 



MATERI PERJUMLAHAN PECAHAN DENGAN MENYAMAKAN PENYEBUT
TUJUAN PEMBELAJARAN: Peserta didik dapat menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama.
CONTOH:
1/2+3/4=…..

Caranya dengan mencari  KPK dari  2 dan 4.
Kelipatan 2 adalah 2,4,6,8,10,12,14,,16,18,20.
Kelipatan 4 adalah 4,8,12,16,20,24,28,32,36,40.
KPK dari 2 dan 4 adalah 4
Jadi penyelesaiannya seperti dibawah ini.


Jadi jawabannya
1/2+3/4=5/4
Untuk lebih jelasnya simak video pembelajaran berikut ini !

https://youtu.be/qv4yLjVyBFo



Anak-anak setelah menyimak video berikut ini silahkan kerjakan latihan matematika hari ini dengan klik link di bawah ini!


https://forms.gle/vnpmDa5kTM2Mc2Yd8

17 komentar:

  1. absen no 10 azka purbawisesa hadir bu

    BalasHapus
  2. Teuku M Alfatsyah Zamier (28)

    BalasHapus
  3. Azka narendra putra yulianto no.absen 9..hadir bu

    BalasHapus
  4. Zahra Aulia Putri, Absen No 29... Hadir bu

    BalasHapus
  5. Fazilatunnisa aqila ghali
    No absen 14 hadir bu...

    BalasHapus
  6. Ahmad Zaidan Firras No Absen 5 Hadir Bu

    BalasHapus
  7. Nabian alya andhita hadir bu (22)

    BalasHapus
  8. Achmad farand perdana absen 01 hadir bu

    BalasHapus
  9. Nazira Mutiabela No absen 27 Hadir bu

    BalasHapus
  10. Nabila jenisa putri absen 23 hadir bu

    BalasHapus
  11. Aghi Raditya Priyadi,,,hadiiir bu,,,

    BalasHapus
  12. Nayyira huriyah absen no 25 jadir bu

    BalasHapus
  13. Khalifa Alya Andhita Absen 17 Hadir Bu Tutik..

    BalasHapus
  14. Nazira Mutiabela No absen 27
    Hadir bu

    BalasHapus

Materi Ajar: Selasa, 21 Mei 2024

Hari/ Tanggal : Selasa, 21 Mei 2024       Kelas: IV A Muatan  Pembelajaran              :   1. Pendidikan Pancasila   : Gotong Royong 2. Sen...