Jumat, 27 Maret 2020

Materi Ajar, Jumat, 27 Maret 2020


Ananda A. Khadafi siswa Kelas 4 A SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Tema 9 Subtema 1 PB 4 ( Friday, 27th March 2020 )
Hari/tanggal : 27th March 2020
Kelas  : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 9 (Kayanya Negriku) / Subtema 1 (Kekayaan Sumber Energi) / PB 4


KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2.
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1.
Menjelaskan pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

4.2.

Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.1.
Mempresentasikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.


Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3.
Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan
daftar pertanyaan.
3.3.1.
Mengidentifikasi informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

4.3.

Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.

4.3.1.
Membuat laporan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.


Sumber-sumber energi yang ada di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan oleh untuk sebesar-besarnya kemakmuran atau kesejahteraan masyarakat. Contohnya minyak bumi, batu bara, gas, dan air. Setiap warga negara juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkanya dengan bijak dan hemat.

Berikut hak dan kewajiban setiap warga negara terhadap sumber energi dan pemanfaatanya.

1. KEWAJIBAN TERHADAP SUMBER ENERGI

    Setiap orang memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang besar terhadap lingkungan, dan sumber energi.   
Setiap aktifitas manusia memiliki pengaruh yang besar terhadap lingkungan. Manusia dan lingkungan  memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lain. Artinya, apa yang dilakukan manusia akan berpengaruh terhadap alam.

    Oleh karena besarnya pengaruh manusia terhadap alam, maka manusia berkewajiban menjaga alam dengan baik .

     Berikut kewajiban manusia dalam menggunakan sumber energi dalam kehidupan sehari hari :

    A. Menghemat energi dengan menggunakan  seperlunya
    B. Memanfaatkan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan
    C. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga keseterdiaan sumber energi
    D. Melakukan reboisasi untuk menjaga keseterdiaan sumber air
    E. Menggunakan sumber energi alternatif seperti angin, air, atau matahari untuk menggantikan energi yang  tidak dapat diperbarui  Jika semua kewajiban telah kita tunaikan, sudah sepantasnyalah kita memperoleh hak kita.

2. HAK MEMANFAATKAN SUMBER ENRGI

    Setiap orang memiliki hak yang sama untuk menggunakan energi agar dapat menunjang kegiatanya sehari  hari. Untuk hal-hal tertentu setiap orang pun berhak mengelola energi. Hak mengelola energi diperbolehkan selama tidak melanggar undang-undang dan merugikan orang lain.
     Jika hak dan kewajiban terhadap sumber energi telah dijalankan dengan baik, manfaat sumber energi pun  dapat kita rasakan dengan baik pula.

Tugas wartawan
Wartawan  merupakan jenis pekerjaan yang bertugas untuk mencari dan menyusun berita untuk dimuat dalam surat kabar, majalah, radio dan televisi.
Saat melakukan peliputan wartawan membawa alat rekam dan alat  dari narasumber.

Tahapan wartawan dalam mencari informasi.
Sebelum wawancara
Saat wawancara
Setelah wawancara
Exercise
Upaya untuk melestarikan sumber daya air antara lain dapat kita lakukan dengan...
Mengupayakan kelestarian lingkungan harus dilakukan setiap warga .Hal ini termasuk sebagai....
Sebutkan contoh hak kita terhadap lingkungan...
Mengapa kewajibanmu disekolah harus dilaksanakan dengan baik...
Apa perbedaan hak dan kewajiban...
Orang yang memberikan informasi disebut...
Setelah selesai melakukan wawancara yang kita lakukan adalah ..
Wartawan : Apa yang bapak upayakan untuk kegiatan siswa belajar
   dirumah  dikarenakan wabah covid 19 ?
Kepala Sekolah :  Kami mengupayakan secara bersama-sama.Para siswa dan guru
   terlibat mengikuti pembelajaran secara Daring dan
   mengharapkan bertanggung jawab dan tidak melakukan
   kegiatan bepergian kemanapun.
Topik pembicaraan diatas adalah...
Tujuan melakukan wawancara adalah...
Pewawancara adalah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Selasa, 21 Mei 2024

Hari/ Tanggal : Selasa, 21 Mei 2024       Kelas: IV A Muatan  Pembelajaran              :   1. Pendidikan Pancasila   : Gotong Royong 2. Sen...