Senin, 17 November 2014

PETUNJUK PENGISIAN RAPOR K13



A.   PETUNJUK

1.    Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini merupakan ringkasan hasil penilaian terhadap seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Laporan perkembangan dan hasil belajar peserta didik secara rinci, disajikan dalam portofolio yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini.
2.    Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini dipergunakan selama Peserta Didik yang bersangkutan mengikuti pelajaran di Sekolah Dasar;
3.    Apabila pindah sekolah, buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini dibawa oleh Peserta Didik yang bersangkutan untuk dipergunakan di sekolah baru dengan meninggalkan arsip/copy di sekolah lama;
4.    Apabila buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini hilang, dapat diganti dengan Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pengganti yang disahkan oleh Kepala Sekolah asal;
5.    Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini harus dilengkapi dengan pas foto(3 cm x 4 cm) dan pengisiannya dilakukan oleh Guru Kelas;
6.    Laporan penilaian memuat hasil belajar yang disajikan secara kuantitatif dan diskriptif untuk masing-masing kompetensi.
7.    Keterangan Nilai Kuantitatif
Nilai Kuantitatif dengan  Skala  14 (berlaku kelipatan 0,33) digunakan untuk Nilai Pengetahuan (KI 3) dan Nilai Keterampilan (KI 4). Indeks Nilai Kuantitatif dengan Skala 1 – 4 dan 0-100 adalah :
Konversi nilai akhir
Predikat
(Pengetahuan dan Keterampilan)
Klasifikasi Sikap dan Ekstrakurikuler
Skala 0-100
Skala 1- 4
86 -100
4
A
SB
81- 85
3.66
A-
76 – 80
3.33
B+
B
71-75
3.00
B
66-70
2.66
B-
61-65
2.33
C+
C
56-60
2
C
51-55
1.66
C-
46-50
1.33
D+
K
0-45
1
D


KETERANGAN NILAI KUALITATIF
Nilai kualitatif yang digunakan untuk nilai sikap spiritual (KI 1), dan sikap sosial (KI 2), serta kegiatan ekstrakurikuler, adalah:
SB       =          Sangat Baik 
B          =          Baik 
C                     =          Cukup
K          =          Kurang

8.    Laporan perkembangan fisik/kesehatan diisi dengan data kuantitatif berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan guru atau pihak lain yang relevan.

9.    Laporan kondisi kesehatan diisi dengan deskripsi hasil pemeriksanaan yang dilakukan guru atau pihak lain yang relevan.

10.  Kolom ketidakhadiran diisi dengan data akumulasi ketidakhadiran siswa, baik karena sakit, izin, maupun tanpa keterangan dalam satu semester.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Selasa, 21 Mei 2024

Hari/ Tanggal : Selasa, 21 Mei 2024       Kelas: IV A Muatan  Pembelajaran              :   1. Pendidikan Pancasila   : Gotong Royong 2. Sen...