Hari/Tanggal : Senin, 1 Desember 2025
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Anak-anak sudah siap mengikuti ujian?
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
BERIKUT JADWAL Sumatif Akhir SEMESTER 1
|
Materi-Indikator Pencapaian soal Teks Eksposisi Teks Eksplanasi -Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menjelaskan
inforrmasi yang tepat dari teks. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat
menyatakan inforrmasi yang tepat dari teks. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menjelaskan
inforrmasi yang tepat dari teks. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengurutkan
struktur teks eksposisi dengan tepat. Disajikan kutipan bacaan, peserta didik dapat menyatakan
bagian struktur teks eksposisi yang tepat. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyatakan
menjelaskan yang bukan unsur teks eksplanasi yang tepat. Disajikan sebuah teks eksplanasi,
peserta didik dapat menetukan ide pokok dari teks yang tepat. Disajikan sebuah teks Eksplanasi,
peserta didik dapat menjelaskan informasi yang tepat berdasarkan teks
tersebut. Disajikan sebuah teks Eksplanasi,
peserta didik dapat mengidentifikasi pertanyaan yang tepat dari teks
tersebut. Disajikan teks bacaan, peserta
didik dapat menyatakan bagian struktur teks eksplanasi yang tepat. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan
informasi yang sesuai dengan teks. Disajikan teks bacaan, peserta
didik dapat menentukan tanggapan yang tepat berdasarkan teks. Kosa Kata Baru, Kata kiasan, Kalimat Majemuk Ide Pokok dan Gagasan Pendukung-Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat memilih
makna yang tepat dari kata yang
dicetak tebal. Disajikan sebuah paragraf,
peserta didik dapat memilih kata yang tepat untuk melengkapi paragraf
rumpang. Disajikan sebuah ilustrasi,
peserta didik dapat memilih kata kiasan yang
tepat berdasarkan ilustrasi. Disajikan sebuah kalimat, peserta
didik dapat menunjukkan arti kata kiasan yang dicetak tebal. Disajikan dua buah kalimat,
peserta didik dapat mengubah menjadi kalimat majemuk yang tepat Disajikan beberapa kalimat,
peserta didik dapat menganalisi kalimat majemukmyang tepat. Disajikan sebuah kalimat, peserta
didik dapat menyatakan penggunaan anak kalimat yang tepat. Disajikan dua buah kalimat,
peserta didik dapat menentukan kata hubung yang tepat. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan pengertian
dari gagasan pokok yang tepat. Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan kalimat
utama berdasarkan teks. Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan ide pokok
berdasarkan teks. Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menyimpulkan sebuah paragraf. Disajkian sebuah paragraf, peserta didik dapat menyimpulkan
tema paragraf tersebut. Disajkian sebuah paragraf, peserta didik dapat
mengidentifikasi gagasan pokok yang tepat.
Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan kalimat
utama berdasarkan teks. Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan kata kunci pada
teks. Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menyimpulkan jenis paragraf. Disajikan sebuah dua teks bacaan, peserta didik dapat menentukan
perbedaan kedua teks bacaan. Disajikan sebuah tabel tentang ungkapan, peserta didik dapat mencocokkan
pengertian dari ungkapan yang tepat.
Laporan Pengamatan
Fakta dan Opini-Disajikan sebuah
laporan, peserta didik dapat menyimpulkan
isi laporan yang tepat. Disajikan sebuah laporan, peserta
didik dapat menentukan pesan yang terkandung dalam laporan tersebut.
Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menentukan jenis kalimat yang tepat. Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang
termasuk opini.
Teks Eksposisi, Teks Eksplanasi Kalimat Majemuk Fakta/Opini Laporan pengamatan Ide pokok Kosa kata baru Kata kiasan, Ide pokok dan gagasan pendukung- Disajikan penggalan teks eksposisi, peserta didik dapat menjelaskan struktur teks eksposisi yang tepat. Disajikan sebuah pernyataan peserta didik dapat
menentukan kata tanya yang tepat. Disajikan dua buah kalimat, peserta didik dapat
menentukan kata hubung yang tepat. Disjaikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menentukan
jenis kalimat tersebut. Disajikan sebuah laporan pengamatan, peserta didik dapat menentuan tempat dilaksanakan pengamatan. Disajikan sebuah bacaan, peserta didik dapat
menentukan tema paragraf tersebut. Disajikan sebuah kalimat, peserta
didik dapat menentukan makna ungkapan yang tepat . Disajikan sebuah ilustrasi,
peserta didik dapat menentukan kata ungkapan yang tepat . Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menentukan ungkapan yang tepat . Disajikan sebuah bacaan rumpang , peserta didik
dapat melengkapi dengan kata yang tepat. Disajikan dua buah kalimat, peserta didik dapat menggabungkan menjadi kalimat majemuk yang tepat. Disajikan dua buah ungkapan,
peserta didik dapat membuat kalimat menggunakan ungkapan tersebut. Disajikan beberapa kalimat,
peserta didik dapat mengurutkan menjadi kerangka karangan yang padu. Disajikan sebuah bacaan, peserta
didik dapat membuat pertanyaan
berdasarkan bacaan. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menuliskan gagasan pendukung dengan tepat. |
Latihan Soal:
📘 TEKS 1 (Eksposisi)
Judul: Manfaat Membaca
Setiap Hari
Membaca merupakan
aktivitas yang memberikan banyak manfaat bagi siswa. Dengan membaca, wawasan
akan bertambah dan kosakata baru dapat dikuasai. Selain itu, kebiasaan membaca
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis karena siswa belajar membandingkan
informasi dari berbagai sumber. Tidak hanya itu, membaca juga dapat
meningkatkan daya imajinasi. Oleh sebab itu, kebiasaan membaca perlu ditanamkan
sejak dini agar siswa mampu berkembang menjadi pembelajar sepanjang hayat.
📗 TEKS 2 (Eksplanasi)
Judul: Terjadinya
Hujan
Hujan terjadi melalui
proses penguapan air dari permukaan bumi, seperti laut, sungai, dan danau. Air
yang menguap berubah menjadi uap air yang naik ke atmosfer dan membentuk awan.
Ketika suhu udara menjadi lebih rendah, uap air mengalami pengembunan sehingga
butiran air membesar dan semakin berat. Jika butiran air dalam awan sudah tidak
dapat ditampung lagi, maka air jatuh ke bumi sebagai hujan. Proses ini
berlangsung secara berulang dan disebut siklus air.
🌟 A. PILIHAN GANDA (1–35)
Pilihlah jawaban yang
paling tepat!
1. Fakta yang terdapat dalam Teks 1 adalah …
A. Membaca adalah
kegiatan yang membosankan.
B. Membaca dapat menambah wawasan.
C. Semua siswa rajin membaca.
D. Membaca membuat siswa cepat mengantuk.
2. Pandangan penulis pada Teks 1 adalah bahwa membaca …
A. Tidak perlu
dilakukan setiap hari.
B. Hanya dilakukan saat ada tugas.
C. Sangat bermanfaat bagi perkembangan siswa.
D. Tidak berpengaruh pada kemampuan berpikir.
3. Argumen yang mendukung manfaat membaca pada Teks 1 adalah …
A. Membaca
meningkatkan kemampuan berbicara.
B. Membaca membuat siswa sering ke perpustakaan.
C. Membaca menambah kosakata baru.
D. Membaca dilakukan saat waktu luang saja.
4. Urutan struktur teks eksposisi yang benar adalah …
A. Penutup –
Argumentasi – Pernyataan pendapat
B. Pernyataan pendapat – Argumentasi – Penutup
C. Argumentasi – Penutup – Pernyataan pendapat
D. Argumentasi – Pernyataan pendapat – Penutup
5. Pernyataan yang merupakan bagian pernyataan pendapat pada Teks
1 adalah …
A. Membaca menambah
wawasan.
B. Oleh sebab itu, kebiasaan membaca perlu ditanamkan sejak dini.
C. Membaca dapat meningkatkan imajinasi.
D. Siswa perlu berpikir kritis.
6. Yang bukan termasuk unsur teks eksplanasi adalah …
A. Pernyataan umum
B. Deretan penjelas
C. Penutup
D. Orientasi
7. Ide pokok paragraf Teks 2 adalah …
A. Proses terjadinya
pengembunan
B. Siklus air terjadi melalui proses yang panjang
C. Terjadinya hujan melalui proses penguapan hingga pengembunan
D. Butiran air jatuh karena berat
8. Informasi yang tepat berdasarkan Teks 2 adalah …
A. Hujan terjadi
langsung dari awan tanpa proses lain.
B. Hujan terjadi setelah awan pecah karena angin.
C. Hujan terjadi melalui proses penguapan dan pengembunan.
D. Hujan turun hanya pada musim tertentu.
9. Pertanyaan yang tepat sesuai Teks 2 adalah …
A. Apa akibat banjir?
B. Bagaimana proses terjadinya hujan?
C. Mengapa terjadi gunung meletus?
D. Apa manfaat hujan bagi tumbuhan?
10. Struktur teks eksplanasi pada Teks 2 yang muncul di paragraf pertama
adalah …
A. Penutup
B. Deretan penjelas
C. Pernyataan umum
D. Orientasi
11. Informasi yang sesuai dengan Teks 1 adalah …
A. Membaca menurunkan
daya ingat.
B. Membaca harus dipaksakan agar bermanfaat.
C. Membaca meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
D. Membaca hanya memberikan satu manfaat.
12. Tanggapan yang tepat terhadap Teks 1 adalah …
A. Kebiasaan membaca
tidak penting.
B. Penulis berlebihan menyebutkan manfaat membaca.
C. Saya setuju bahwa membaca meningkatkan wawasan.
D. Saya tidak yakin membaca bermanfaat.
13. Kata “bening” pada kalimat “Air sungai itu sangat bening” bermakna …
A. Kotor
B. Jernih
C. Hambar
D. Dalam
14. Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang:
“… Setiap siswa harus
menjaga kebersihan kelas dengan cara …”
A. Menyapu lantai
B. Berlari cepat
C. Membuat peta
D. Menggambar hewan
15. Ilustrasi menunjukkan seorang anak sedih karena kehilangan mainan.
Kata kiasan yang tepat adalah …
A. Jatuh hati
B. Hancur hati
C. Berbunga-bunga
D. Tinggi hati
16. Arti kata kiasan “buah tangan” adalah …
A. Makanan buah-buahan
B. Hadiah dari seseorang
C. Tangan yang besar
D. Bekal makanan
17. Gabungan dua kalimat berikut menjadi kalimat majemuk:
“Ani belajar.” dan
“Ani mendengarkan musik.”
A. Ani belajar tetapi mendengarkan musik.
B. Ani belajar kemudian ia tidur.
C. Ani belajar walaupun hujan.
D. Ani belajar meskipun lapar.
18. Kalimat majemuk yang tepat adalah …
A. Ibu memasak. Ayah
membaca.
B. Ayah tidur karena lelah.
C. Ibu pergi ke pasar.
D. Aya makan nasi.
19. Anak kalimat pada kalimat “Ia belajar karena ingin juara” adalah …
A. Ia belajar
B. Karena ingin juara
C. Ia ingin juara
D. Karena belajar
20. Kata hubung yang tepat untuk menyatukan dua kalimat perbandingan
adalah …
A. Tetapi
B. Karena
C. Seperti
D. Walaupun
21. Pernyataan berikut menunjukkan gagasan pokok adalah …
A. Contoh kegiatan
belajar di rumah
B. Penjelasan tentang permainan anak
C. Kalimat yang menjadi inti paragraf
D. Kalimat yang berisi tambahan informasi
22. Kalimat utama paragraf tentang kebersihan kelas adalah …
A. Semua siswa harus
menjaga kebersihan kelas.
B. Membersihkan papan tulis adalah tugas piket.
C. Menyapu kelas dilakukan setiap pagi.
D. Tempat sampah harus dikosongkan.
23. Ide pokok paragraf tentang manfaat air adalah …
A. Air berguna untuk
minum, memasak, dan mandi.
B. Selokan harus dibersihkan.
C. Air dapat menyebabkan banjir.
D. Air dapat bersumber dari gunung.
24. Simpulan dari paragraf tentang pentingnya olahraga adalah …
A. Olahraga membuat
badan sehat.
B. Olahraga harus dilakukan di pagi hari.
C. Olahraga hanya dilakukan untuk kesenangan.
D. Olahraga menambah tugas siswa.
25. Tema paragraf tentang hewan peliharaan adalah …
A. Jenis hewan buas
B. Manfaat hewan peliharaan
C. Hewan langka
D. Hewan liar
26. Gagasan pokok paragraf adalah …
A. Hal yang
menjelaskan isi paragraf
B. Hal yang menjadi inti paragraf
C. Kalimat yang berisi contoh
D. Kalimat penjelas
27. Kalimat utama paragraf bacaan tentang persahabatan adalah …
A. Persahabatan harus
dijaga dengan baik.
B. Teman bermain bersama.
C. Teman pergi ke taman.
D. Teman bercanda setiap hari.
28. Kata kunci dari teks tentang kesehatan adalah …
A. Permainan
B. Kesehatan
C. Makanan ringan
D. Hewan
29. Jenis paragraf yang menjelaskan sebab-akibat adalah …
A. Deskripsi
B. Eksposisi
C. Narasi
D. Eksplanasi
30. Dua teks bacaan dapat dibandingkan melalui …
A. Warna teks
B. Isi dan gagasannya
C. Banyaknya baris
D. Bentuk huruf
31. Makna ungkapan “naik daun” adalah …
A. Menjadi terkenal
B. Sedih sekali
C. Tidak percaya diri
D. Kehilangan barang
32. Simpulan laporan pengamatan yang tepat adalah …
A. Pengamatan
dilakukan pada pagi hari.
B. Tanaman membutuhkan cahaya untuk tumbuh.
C. Tanaman memiliki daun hijau.
D. Tanaman berada di halaman sekolah.
33. Pesan dalam laporan pengamatan tanaman adalah …
A. Tanaman harus
dirawat dengan baik.
B. Tanaman harus dibuang.
C. Tanaman harus dibakar.
D. Tanaman tidak perlu disiram.
34. Kalimat yang merupakan fakta adalah …
A. Kucing adalah hewan
paling lucu.
B. Burung adalah hewan yang dapat terbang.
C. Kelinci lebih lucu dari ayam.
D. Harimau adalah hewan paling menarik.
35. Kalimat yang merupakan opini adalah …
A. Ayam bertelur
setiap hari.
B. Hujan turun dari awan.
C. Sebagian besar burung berkicau saat pagi.
D. Bunga mawar adalah bunga tercantik.
🌟 B. ISIAN (36–45)
36. Proses terjadinya hujan diawali oleh …
37. Pengembunan terjadi ketika …
38. Makna kata “harmonis” adalah …
39. Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tentang kebersihan
adalah …
40. Contoh kata kiasan adalah …
41. Gabungkan dua kalimat berikut menjadi kalimat majemuk:
“Saya membaca buku.”
dan “Saya mendengarkan musik.”
42. Ide pokok paragraf adalah …
43. Tema sebuah paragraf adalah …
44. Kata kunci pada paragraf tentang lingkungan adalah …
45. Simpulan paragraf adalah …
🌟 C. URAIAN (46–50)
46. Jelaskan kembali dengan bahasamu sendiri proses terjadinya hujan
berdasarkan Teks 2!
47. Buatlah 1 kalimat menggunakan ungkapan “ringan tangan”!
48. Jelaskan perbedaan fakta dan opini beserta contohnya!
49. Tuliskan ide pokok dari Teks 1 dan jelaskan alasanmu!
50. Buatlah kesimpulan dari Teks 1 dalam 2–3 kalimat!


Tidak ada komentar:
Posting Komentar