Selasa, 11 November 2025

Materi Ajar: Selasa, 11 November 2025

 Selamat datang di perpustakaan online di kelas bu Tutik! Mari kita saling mengenal sebelum memulai pembelajaran. Saya akan menjadi teman belajar kalian selama setahun dan berharap kita bisa berkolaborasi serta menikmati perjalanan belajar ini bersama!

Hari/tanggal         :  Selasa,  4 November  2025

Kelas                      : VI AL JAZARI


Materi Muatan Pelajaran

B. Indonesia : Bab 4 Jeda Untuk Iklim

Matematika                 :Rasio


Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran: 

Peserta didik mampu menganalisis informasi dan menjelaskan hubungan kausalitas dari teks eksplanasi. Peserta didik mampu menilai efektivitas penyajian data visual (infografik, poster). Peserta didik mampu menulis teks persuasif (dalam poster) untuk meyakinkan pembaca.

Tujuan Pembelajaran: 

Murid dapat :

1. Memahami isi teks eksplanasi ilmiah "Mengenal Krisis Iklim" dan menulis ringkasannya.

2. Memberikan tanggapan terhadap teks berita tentang aksi iklim.

3. Menemukan sinonim dan antonim dari kosakata yang tersedia dalam teks.

4. Menganalisis dan menyimpulkan informasi dari infografik tentang fast fashion.

5. Merancang dan membuat poster lingkungan yang persuasif.


Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uangMereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPBPeserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

Tujuan Pembelajaran : 

1. Murid dapat menjelaskan konsep rasio dan menentukan kesamaan rasio dengan benar.

2. Murid dapat menentukan rasio bagian terhadap bagian atau rasio bagian terhadap keseluruhan

3. Murid dapat menentukan rasio jarak terhadap durasi waktu

4.  Murid dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan rasio dalam kehidupan sehari-hari.


Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


BAHASA INDONESIA


Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Membaca Teks Eksplanasi Mengenal Krisis Iklim. Tujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik Peserta didik menentukan kebenaran informasi dari teks eksplanasi ilmiah.



Pada kegiatan ini peserta didik membaca dengan nyaring teks “Mengenal Krisis Iklim”. Peserta didik mengisi tabel benar salah untuk membantu memahami teks kemudian peserta didik dan guru mendiskusikan makna kosakata baru.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan mengenai suatu fenomena atau peristiwa, baik fenomena alam maupun fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena alam yang terjadi bisa berupa tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, kebakaran hutan, proses terbentuknya pelangi, dan sebagainya. Sedangkan fenomena sosial yang dapat dijelaskan oleh teks eksplanasi antara lain; aksi sengit, tawuran, peperangan , dan lain-lain.

Teks eksplanasi bertujuan memberikan pemahaman dan wawasan secara jelas kepada pembaca . Itulah sebabnya, di dalam teks eksplanasi harus memuat proses, sebab, dan akibat suatu kejadian . Ada empat ciri-ciri teks eksplanasi, yaitu Faktual, Keilmuan, Informatif, dan Pembahasan yang Bersifat Umum. 
  1. Faktual artinya, teks eksplanasi memuat informasi yang nyata dan benar adanya.
  2. Bersifat Keilmuan artinya teks eksplanasi membahas fenomena yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Misalnya, gempa bumi dikaitkan dengan ilmu Geografi . Atau aksi tajam yang dibahas dari sudut pandang ilmu Sosiologi 
  3. Informatif artinya teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan informasi  tanpa mempengaruhi pembaca . Ingat ya, teks eksplanasi hanya menjelaskan proses terjadinya suatu kejadian, bukan untuk membujuk siapa pun.
  4. Membahas hal-hal yang bersifat umum artinya teks eksplanasi menjelaskan peristiwa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
Efek RUmah Kaca
Kosa Kata Baru
Adakah kata-kata sulit yang belum kalian pahami? Gunakan kamus untuk mencari arti kata-kata berikut ini.

Kosakata Baru dalam Bacaan “Mengenal Krisis Iklim”
  1. stratosfer: n lapisan udara di antara 10–60 km di atas permukaan bumi; lapisan udara di atas troposfer; n daerah atmosfer yang terletak antara tropopause dan stratopause, di dalam daerah ini makin ke atas suhunya makin tinggi
  2. fosil: n sisa tulang belulang binatang atau sisa tumbuhan zaman purba yang telah membatu dan tertanam di bawah lapisan tanah
  3. karbon: n Kim unsur bukan logam, dalam alam terdapat sebagai intan, grafit, dan arang; zat arang; unsur dengan nomor atom 6, berlambang C, bobot atom 12,0111
  4. metana: n gas tanpa warna dan tanpa bau, yang dapat meledak jika dicampur dengan udara, sifatnya lebih ringan daripada udara〈CH4〉
  5.  manufaktur: v membuat atau menghasilkan dengan tangan atau mesin; n proses mengubah bahan mentah menjadi barang untuk dapat digunakan atau dikonsumsi oleh manusia
  6. biodiversitas: keragaman hayati
  7. efisiensi: n ketepatan cara (usaha, kerja) dalam menjalankan sesuatu (dengan tidak membuang waktu, tenaga, biaya); kedayagunaan; ketepatgunaan; kesangkilan; n kemampuan menjalankan tugas dengan baik dan tepat (dengan tidak membuang waktu, tenaga, biaya)
  8. ekstrem: a paling ujung (paling tinggi, paling keras, dan sebagainya); a sangat keras dan teguh; fanatik
  9. pemangku kepentingan: orang atau pihak yang memiliki kepentingan

Setelah membaca, tentukan pernyataan berikut ini benar atau salah.  Beri tanda centang di kolom yang sesuai!
No.PernyataanBenarSalah
1.Krisis iklim adalah krisis yang dialami masyarakat di seluruh dunia karena adanya perubahan iklim.-
2.Suhu rata-rata bumi meningkat karena gas rumah kaca yang terjebak di atmosfer.-
3.Penggunaan energi dari bahan bakar fosil tidak menyebabkan krisis iklim.-
4.Cuaca panas ekstrem akan berdampak pada kesehatan dan kelangsungan hidup manusia.-
5.Bongkahan es besar di Arktik yang meleleh menyebabkan naiknya permukaan laut.-
6.Berkurangnya sumber daya alam bisa menyebabkan konflik antara suku, ras, dan negara.-
7.Salah satu usaha untuk mengatasi krisis iklim adalah dengan mengurangi konsumsi.-
8.Sumber energi bersih atau energi terbarukan harganya murah dan mudah diakses-

Demikian pembahasan mengenai Membaca Teks Eksplanasi Mengenal Krisis Iklim. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VI Kurikulum Merdeka, Kemendikbud



IPAS


MATEMATIKA

Rasio untuk Kelas 6 SD adalah perbandingan dua besaran yang dapat diungkapkan dalam bentuk a:b atau a/b, yang bisa disederhanakan dengan membagi kedua angka dengan nilai yang sama untuk mendapatkan rasio paling sederhanaKonsep ini penting untuk membandingkan jumlah atau ukuran secara proporsional dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam resep masakan atau perbandingan harga barang. 
Pengertian Rasio 
  • Perbandingan BesaranRasio adalah cara membandingkan dua nilai atau lebih dari suatu besaran.
  • BesaranBesaran adalah sesuatu yang bisa diukur, seperti jumlah benda, ukuran, atau berat.
  • Penulisan Rasio:
    • Menggunakan tanda "dibanding" atau ":" (misalnya, 2:3).
    • Dalam bentuk pecahan (misalnya, 2/3).
  • SatuanDalam rasio besaran yang sama, satuan tidak perlu dicantumkan.
Menyederhanakan Rasio
  • Membagi dengan Angka yang Sama
    Untuk menyederhanakan rasio, kedua angka dalam rasio dibagi dengan faktor persekutuan terbesar (FPB) atau angka pembagi yang sama. 
  • Contoh
    Rasio 4 berbanding 6 dapat disederhanakan menjadi 2 berbanding 3, dengan membagi kedua angka dengan 2. 
Penerapan Rasio dalam Kehidupan Sehari-hari
  • Membandingkan Jumlah
    Menentukan rasio jumlah buah-buahan, seperti rasio jeruk terhadap lemon dalam semangkuk buah. 
  • Membandingkan Harga
    Memilih paket bibit pohon yang lebih murah dengan menghitung rasio harga per bibit, seperti harga satu bibit. 
  • Resep Masakan
    Menentukan takaran bahan-bahan agar sesuai dengan proporsi yang diinginkan, misalnya rasio tepung dan telur untuk kue. 
Contoh Soal dan Pembahasan 
  • Soal
    Di sebuah sekolah, terdapat 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Tentukan rasio siswa laki-laki terhadap siswa perempuan!
  • Pembahasan:
    • Rasio laki-laki : perempuan adalah 10 : 15.
    • Sederhanakan rasio dengan membagi kedua angka dengan 5: 10/5 : 15/5 = 2 : 3.
    • Jadi, rasio siswa laki-laki terhadap perempuan adalah 2 berbanding 3.
Demikian pembahasan mengenai Rasio, Semoga tulisan ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Kamis, 13 November 2025