Minggu, 09 November 2025

Materi Ajar: Senin, 10 November 2025


  


Selamat datang di perpustakaan online di kelas bu Tutik! Mari kita saling mengenal sebelum memulai pembelajaran. Saya akan menjadi teman belajar kalian selama setahun dan berharap kita bisa berkolaborasi serta menikmati perjalanan belajar ini bersama!

Hari/tanggal              :  Senin, 10 November 2025

Kelas                          : VI AL JAZARI


Materi Muatan Pelajaran

B. Indonesia                : Bab 3 Jeda Untuk Iklim

IPAS                           : Kedatangan Bangsa Asing Ke Indonesia

Bahasa Indonesia:

Capaian Pembelajaran: 

Murid mampu  menganalisis informasi dan menjelaskan hubungan kausalitas dari teks eksplanasi. Peserta didik mampu menilai efektivitas penyajian data visual (infografik, poster). Peserta didik mampu menulis teks persuasif (dalam poster) untuk meyakinkan pembaca.

Tujuan Pembelajaran: 

Murid dapat :

1. Memahami isi teks eksplanasi ilmiah "Mengenal Krisis Iklim" dan menulis ringkasannya.

2. Memberikan tanggapan terhadap teks berita tentang aksi iklim.

3. Menemukan sinonim dan antonim dari kosakata yang tersedia dalam teks.

4. Menganalisis dan menyimpulkan informasi dari infografik tentang fast fashion.

5. Merancang dan membuat poster lingkungan yang persuasif.


CP IPAS

Merefleksikan sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; menganalisis hubungan antar komponen biotik dan abiotik, serta pengaruhnya terhadap ekosistem; menjelaskan fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; menghasilkan upaya penghematan energi,  serta  pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; menjelaskan sistem tata surya, serta kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; menjelaskan letak dan kondisi geografis negara Indonesia dengan menggunakan peta konvensional/digital; meninjau sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; menemukan keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan berdasarkan pemahaman terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayah tempat tinggal; serta menerapkan kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar.

Tujuan Pembelajaran: Murid mampu mengidentifikasi Latar Belakang Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia

  Pokok Bahasan  : Perjuangan Bangsa Indonesia

Materi  Kedatatangan Bangsa Asing di Indonesia, Macam-Macam Perlawanannya



Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

BAHASA INDONESIA

 Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Membaca Teks Eksplanasi Mengenal Krisis Iklim. Tujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik Peserta didik menentukan kebenaran informasi dari teks eksplanasi ilmiah.



Pada kegiatan ini peserta didik membaca dengan nyaring teks “Mengenal Krisis Iklim”. Peserta didik mengisi tabel benar salah untuk membantu memahami teks kemudian peserta didik dan guru mendiskusikan makna kosakata baru.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan mengenai suatu fenomena atau peristiwa, baik fenomena alam maupun fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena alam yang terjadi bisa berupa tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, kebakaran hutan, proses terbentuknya pelangi, dan sebagainya. Sedangkan fenomena sosial yang dapat dijelaskan oleh teks eksplanasi antara lain; aksi sengit, tawuran, peperangan , dan lain-lain.

Teks eksplanasi bertujuan memberikan pemahaman dan wawasan secara jelas kepada pembaca . Itulah sebabnya, di dalam teks eksplanasi harus memuat proses, sebab, dan akibat suatu kejadian . Ada empat ciri-ciri teks eksplanasi, yaitu Faktual, Keilmuan, Informatif, dan Pembahasan yang Bersifat Umum. 
  1. Faktual artinya, teks eksplanasi memuat informasi yang nyata dan benar adanya.
  2. Bersifat Keilmuan artinya teks eksplanasi membahas fenomena yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Misalnya, gempa bumi dikaitkan dengan ilmu Geografi . Atau aksi tajam yang dibahas dari sudut pandang ilmu Sosiologi 
  3. Informatif artinya teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan informasi  tanpa mempengaruhi pembaca . Ingat ya, teks eksplanasi hanya menjelaskan proses terjadinya suatu kejadian, bukan untuk membujuk siapa pun.
  4. Membahas hal-hal yang bersifat umum artinya teks eksplanasi menjelaskan peristiwa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
Efek RUmah Kaca
Kosa Kata Baru
Adakah kata-kata sulit yang belum kalian pahami? Gunakan kamus untuk mencari arti kata-kata berikut ini.

Kosakata Baru dalam Bacaan “Mengenal Krisis Iklim”
  1. stratosfer: n lapisan udara di antara 10–60 km di atas permukaan bumi; lapisan udara di atas troposfer; n daerah atmosfer yang terletak antara tropopause dan stratopause, di dalam daerah ini makin ke atas suhunya makin tinggi
  2. fosil: n sisa tulang belulang binatang atau sisa tumbuhan zaman purba yang telah membatu dan tertanam di bawah lapisan tanah
  3. karbon: n Kim unsur bukan logam, dalam alam terdapat sebagai intan, grafit, dan arang; zat arang; unsur dengan nomor atom 6, berlambang C, bobot atom 12,0111
  4. metana: n gas tanpa warna dan tanpa bau, yang dapat meledak jika dicampur dengan udara, sifatnya lebih ringan daripada udara〈CH4〉
  5.  manufaktur: v membuat atau menghasilkan dengan tangan atau mesin; n proses mengubah bahan mentah menjadi barang untuk dapat digunakan atau dikonsumsi oleh manusia
  6. biodiversitas: keragaman hayati
  7. efisiensi: n ketepatan cara (usaha, kerja) dalam menjalankan sesuatu (dengan tidak membuang waktu, tenaga, biaya); kedayagunaan; ketepatgunaan; kesangkilan; n kemampuan menjalankan tugas dengan baik dan tepat (dengan tidak membuang waktu, tenaga, biaya)
  8. ekstrem: a paling ujung (paling tinggi, paling keras, dan sebagainya); a sangat keras dan teguh; fanatik
  9. pemangku kepentingan: orang atau pihak yang memiliki kepentingan

Setelah membaca, tentukan pernyataan berikut ini benar atau salah.  Beri tanda centang di kolom yang sesuai!
No.PernyataanBenarSalah
1.Krisis iklim adalah krisis yang dialami masyarakat di seluruh dunia karena adanya perubahan iklim.-
2.Suhu rata-rata bumi meningkat karena gas rumah kaca yang terjebak di atmosfer.-
3.Penggunaan energi dari bahan bakar fosil tidak menyebabkan krisis iklim.-
4.Cuaca panas ekstrem akan berdampak pada kesehatan dan kelangsungan hidup manusia.-
5.Bongkahan es besar di Arktik yang meleleh menyebabkan naiknya permukaan laut.-
6.Berkurangnya sumber daya alam bisa menyebabkan konflik antara suku, ras, dan negara.-
7.Salah satu usaha untuk mengatasi krisis iklim adalah dengan mengurangi konsumsi.-
8.Sumber energi bersih atau energi terbarukan harganya murah dan mudah diakses-

Demikian pembahasan mengenai Membaca Teks Eksplanasi Mengenal Krisis Iklim. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VI Kurikulum Merdeka, Kemendikbud



IPAS

 Menjelang kedatangan bangsa Eropa, masyarakat di wilayah Nusantara hidup dengan tenteram di bawah kekuasaan raja-raja. Kedatangan bangsabangsa Eropa di Indonesia mula-mula disambut baik oleh bangsa Indonesia. Namun, lama-kelamaan, rakyat Indonesia mengadakan perlawanan karena niat jahat bangsa-bangsa Eropa itu mulai terkuak dan diketahui oleh bangsa Indonesia. Perlawanan-perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia disebabkan orang-orang Barat ingin memaksakan monopoli perdagangan dan berusaha mencampuri urusan kerajaan-kerajaan di Indonesia.

Ayo simak video berikut ini:


1. Perlawanan rakyat Aceh terhadap Portugis
Setelah Malaka dapat dikuasai oleh Portugis pada tahun 1511, terjadilah persaingan dagang antara pedagang-pedagang Portugis dan pedagang di Nusantara. Portugis ingin selalu menguasai perdagangan. Maka, terjadilah perlawanan-perlawanan terhadap Portugis. Perlawanan tersebut antara lain sebagai berikut.
  1. Sultan Ali Mughayat Syah (1514–1528) berhasil membebaskan Aceh dari upaya penguasaan bangsa Portugis.
  2. Sultan Alaudin Riayat Syah (1537–1568) berani menentang dan mengusir Portugis yang bersekutu dengan Johor.
  3. Sultan Iskandar Muda (1607–1636). Raja Kerajaan Aceh yang terkenal sangat gigih melawan Portugis adalah Iskandar Muda. Pada tahun 1615 dan 1629, Iskandar Muda melakukan serangan terhadap Portugis di Malaka.
Perlawanahan antara Aceh dan Portugis berlangung terus tetapi tidak brhasil mengalahkann sampai akhirnya Malaka jatuh ke tangan VOC tahun 1641. VOC bermaksud menjadikan Malaka menjadi pelabuhan yang ramai dan menghidupkan kembali perdagangan seperti yang pernah dialami Malaka sebelum kedatangan Portugis dan VOC.

2. Perlawanan Rakyat Maluku terhadap Portugis
Pada awalnya, Portugis diterima dengan baik oleh raja setempat dan diizinkan mendirikan benteng. Namun, lama-kelamaan, rakyat Ternate mengadakan perlawanan karena Portugis serakah, ikut campur dalam pemerintahan, membenci agama rakyat Ternate, dan bersikap sewenangwenang.

Rakyat Ternate dipimpin oleh Sultan Hairun bersatu dengan Tidore melawan Portugis sehingga Portugis terdesak. Pada waktu terdesak, Portugis mendatangkan bantuan dari Malaka dipimpin oleh Antoni Galvo sehingga Portugis mampu bertahan di Maluku.

Pada tahun 1565, rakyat Ternate bangkit kembali di bawah pimpinan Sultan Hairun. Portugis berusaha menangkap Sultan Hairun, tetapi rakyat bangkit untuk melawan Portugis dan berhasil membebaskan Sultan Hairun dan tawanan lainnya. Akan tetapi, Portugis melakukan tindakan licik dengan mengajak Sultan Hairun berunding. Dalam perundingan, Sultan Hairun ditangkap dan dibunuh.
Sultan Baabullah
Perlawanan rakyat Ternate dilanjutkan di bawah pimpinan Sultan Baabullah (putra Sultan Hairun). Pada tahun 1574, benteng Portugis dapat direbut, kemudian Portugis menyingkir ke Hitu dan akhirnya menguasai dan menetap di Timor-Timur sampai tahun 1975.

Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan informasi yang kamu dapatkan dari bacaan!
Peristiwa Perlawanan terhadap Portugis
Alasan Ternate melakukan perlawananTernate mengadakan perlawanan karena Portugis serakah, ikut campur dalam pemerintahan, membenci agama rakyat Ternate, dan bersikap sewenang-wenang.
Pemimpin rakyat Aceh dan Ternate yang melakukan perlawanan:a. Aceh:
  1. Sultan Ali Mughayat Syah (1514–1528)
  2. Sultan Alaudin Riayat Syah (1537–1568)
  3. Sultan Iskandar Muda (1607–1636)

b. Ternate:
Sultan Hairun dan Sultan Baabullah
Hasil perlawanana. Aceh
  1. Berhasil membebaskan Aceh dari upaya penguasaan bangsa Portugis.
  2. Mengusir Portugis yang bersekutu dengan Johor.

b. Ternate
Benteng Portugis dapat direbut, kemudian Portugis menyingkir ke Hitu. Akhirnya, Portugis menguasai dan menetap di Timor Timur.

Sekian materi pembelajaran pada hari ini, jangan lupa belajar dirumah dan sholat lima waktu ya. 


Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar. Murid sudah mampu membedakan fakta dan opini

Jangan lupa rapikan alat-alat belajar kalian sendiri dan mengulang membaca materi hari ini di rumah.
Mari kita akhiri kegiatan belajar  dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih.
WASSALAMUALAIKUM WR.WB.


Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Menyimak Teks Berita “Anak-Anak Muda Indonesia Ikuti  Seruan Aksi Iklim Greta Thunberg”. Tujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik Peserta didik  memahami istilah baru dari menyimak bacaan.


Pada kegiatan ini peserta didik menyimak ketika guru membacakan teks berita. Ketika menyimak, peserta didik mencatat istilah-istilah baru dan kemudian membahasnya di kelas. Biasanya peserta didik kurang memahami isi berita karena belum memahami kosakata yang digunakan. Cari makna kosakata dalam kamus dan diskusikan dengan seluruh kelas.
Jeda Iklim
Teks berita adalah teks yang menyampaikan kabar atau informasi mengenai peristiwa faktual dan aktual kepada masyarakat. Faktual artinya sesuai fakta dan tidak mengada-ngada, sedangkan aktual artinya hangat atau baru saja terjadi.

Sifat faktual pada berita dibuktikan dengan adanya keterangan dari orang-orang yang terlibat pada peristiwa tersebut. Kalau di televisi nih, kamu pasti pernah melihat reporter yang mewawancarai narasumber. Fakta-fakta berita bersumber dari keterangan warga setempat serta bukti pendukung seperti foto atau video di lokasi kejadian. Tujuan atau fungsi teks berita yaitu memberikan informasi terkini dan terpercaya untuk masyarakat. 

Kosa Kata Baru
Kosakata Baru dalam Bacaan “Anak-Anak Muda Indonesia Ikuti Seruan Aksi Iklim Greta Thunberg”
  1. aksi: n gerakan
  2. iklim: n keadaan hawa (suhu, kelembapan, awan, hujan, dan sinar matahari) dalam jangka waktu yang agak lama (30 tahun) di suatu daerah
  3. jeda: n waktu berhenti (mengaso) sebentar; waktu beristirahat di antara dua kegiatan atau dua babak (seperti dalam olahraga dan sebagainya)
  4. emisi: n kandungan gas mesin yang dibuang ke udara
  5. penggagas: n pemikir atau pencetus gagasan
  6. kesenjangan: n perihal (yang bersifat, berciri) senjang; ketidakseimbangan; ketidaksimetrisan
  7. aktivis: n orang (terutama anggota organisasi politik, sosial, buruh, petani, pemuda, mahasiswa, wanita) yang bekerja aktif mendorong pelaksanaan sesuatu atau berbagai kegiatan dalam organisasinya; n Pol seseorang yang menggerakkan (demonstrasi dan sebagainya)
  8. daring: n akr dalam jaringan, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya
  9. komitmen: n perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu; kontrak

Bisakah kalian menebak arti dari istilah berikut? Coba kalian berlatih menuliskan  arti kata-kata ini sebelum membahasnya bersama-sama di kelas.
  1. Aksi iklim = aksi untuk mengatasi krisis iklim 
  2. Aktivis lingkungan = orang atau organisasi penggerak di bidang lingkungan 
  3. Jeda untuk iklim = aksi untuk mogok sekolah atau kerja untuk berdemonstrasi menuntut penanganan krisis iklim 
  4. Turun ke jalan = berdemonstrasi dengan melakukan protes di jalanan
  5. Energi bersih = energi dari sumber terbarukan
  6. Gas rumah kaca = gas dalam atmosfer yang menjebak panas, terdiri atas CO2,  metana, dan klorofluorokarbon
  7. Titik kritis iklim = titik ketika perubahan pada iklim tidak bisa dihentikan atau diputar balik

Untuk lebih memahami arti dari kosakata yang baru kalian pelajari, pilihlah 3 kata/istilah yang paling kalian sukai dari daftar di atas dan buatlah kalimat dengan kata-kata tersebut. Contoh penggunaan dalam kalimat:
  1. Aksi iklim merupakan tindakan untuk membangun strategi antisipasi dan memanfaatkan peluang yang menguntungkan.
  2. Di tengah kekhawatiran akan kelangsungan bumi ini, kita patut berterima kasih terhadap para aktivis lingkungan.
  3. Aksi Jeda untuk Iklim Global kini rutin dihelat secara serentak di berbagai kota dunia
  4. Para pelajar di seluruh dunia tergerak untuk turun ke jalan demi  menyerukan para pemimpin dunia untuk bertindak sesuai saran para ilmuwan.
  5. Pemerintah seharusnya mengusahakan tersedianya energi bersih yang terjangkau untuk semua orang.
  6. Upaya mengurangi emisi gas rumah kaca yang menjadi tren dunia itu mendorong penetapan standar internasional untuk pengukurannya.
  7. Mencairnya es di kutub utara adalah salah satu contoh titik kritis iklim yang seharusnya membuat kita khawatir dan bertindak lebih bijaksana dalam menggunakan energi.
Demikian pembahasan mengenai Menyimak Teks Berita “Anak-Anak Muda Indonesia Ikuti  Seruan Aksi Iklim Greta Thunberg”. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VI Kurikulum Merdeka, Kemendikbud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Senin, 10 November 2025

   Selamat datang di perpustakaan online di kelas bu Tutik! Mari kita saling mengenal sebelum memulai pembelajaran. Saya akan menjadi teman ...