Rabu, 05 Februari 2025

Materi Ajar: Rabu, 5 Februari 2025

  Hari/Tanggal               : Rabu, 5 Februari 2025

Kelas                            : IV A

Muatan Pelajaran         : 

1. Matematika              :  Pengukuran Luas  Volume

CP: 

Fase B Berdasarkan Elemen :

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antarpecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal.  Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

Aljabar

Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau objek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.

Pengukuran

Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku.  Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Geometri

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

Analisis Data Dan Peluang

Pada akhir fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).

 TP:  Peserta didik mampu mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika 

2. P5                                            :  Tema Kewirausahaan Meronce Kreativitas dalam Setiap Karya Tangan

Kegiatan  Pembelajaran    :   P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Tujuan Pembelajaran :

-Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.

Dimensi

Elemen

Subelemen

Capaian pada fase B

Beriman dan bertaqwa Kepada Allah SWT

Berempati kepada orang lain

Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat

 

 

 

Kreatif

Menghasilkan gagasan yang orisinal

Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk
membuat kombinasi hal yang baru dan imajinatif
untuk mengapresiasikan pikiran dan/atau
perasaannya

Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari
alternatif solusi permasalahan

Berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan
yang diambil tidak berhasil berdasarkan identifikasi
terhadap situasi

               

Mandiri

Regulasi diri

Menunjukkan inisiatif dan
bekerja secara mandiri

Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta
inisiatif untuk melakukannya dalam menunjang
pembelajaran dan pengembangan dirinya


 



 
Apa kabar anak-anak bu guru? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 
 


MATEMATIKA

Volume atau bisa juga disebut kapasitas adalah penghitungan seberapa banyak ruang yang bisa ditempati dalam suatu objek. Objek itu bisa berupa benda yang beraturan ataupun benda yang tidak beraturan. Benda yang beraturan misalnya kubus, balok, silinder, limas, kerucut, dan bola. Benda yang tidak beraturan misalnya batu yang ditemukan di jalan. Volume digunakan untuk menentukan massa jenis suatu benda.

Pengukuran adalah suatu proses memberikan bilangan kepada kualitas fisik panjang, kapasitas, volume, luas, sudut, berat (massa), dan suhu. Ada dua macam alat ukur yang dijadikan patokan dalam mengukur besarnya volume suatu benda yaitu alat ukur baku dan alat tidak baku.

a. Alat Ukur Baku
Pengukuran baku merupakan pengukuran yang hasilnya tetap ataubaku (Standar). Dengan demikian alat ukur baku adalah alat ukur yang sudah dibakukan misalnya gelas ukur untuk mengukur volume benda cair. Gelas ukur adalah alat ukur tidak baku karena di dalam gelas ukur terdapat satuan volume yaitu mililiter (ml).

b. Alat Ukur Tidak Baku
Pengukuran tidak baku merupakan pengukuran yang hasilnya berbeda-beda karena menggunakan alat ukur yang tidak baku atau tidak standar. Dengan demikian alat ukur tidak baku adalah alat ukur yang belum atau tidak dibakukan misalnya gelas, sendok, gayung, cangkir, dan sebagainya. Gelas adalah salah satu contoh alat ukur tidak baku karena di dalam gelas tidak terdapat satuan volume yang standar.

Aktivitas 3 : Konsep Volume
Perlengkapan yang dibutuhkan:
1. Botol minum
2. Gelas
3. Kotak makan

Perhatikan langkah-langkah aktivitas berikut:
  1. Buatlah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang.
  2. Siapkan ember yang berisi air.
  3. Tuangkan air ke kotak makan menggunakan gelas sampai penuh.
  4. Hitunglah berapa kali kalian menuangkan air ke kotak makan sampai penuh menggunakan gelas.
  5. Tuangkan air ke kotak makan menggunakan botol minum sampai penuh.
  6. Hitunglah berapa kali kalian menuangkan air ke kotak makan sampai penuh menggunakan botol minum.
  7. Diskusikan hal berikut bersama anggota kelompok. Kegiatan menuangkan air ke kotak makan sampai penuh menggunakan gelas dan botol minum. Apakah sama banyaknya air yang dituangkan menggunakan gelas dan botol minum? Jika tidak sama, berikan alasan. (Banyaknya air yang dituangkan menggunakan gelas dan botol minum berbeda karena gelas dan botol minum berbeda ukuran, sehingga volume gelas dan botol minum juga berbeda.)
  8. Tulis kesimpulan apa yang kalian peroleh dari hasil aktivitas tersebut. Berapa banyak air yang harus dituangkan untuk mengisi kotak makan sampai penuh? (Banyak air yang harus dituangkan untuk mengisi kotak makan sampai penuh menggunakan gelas dan botol minum berbeda karena gelas dan botol minum berbeda ukuran)
  9. Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.

Ayo Berlatih
Ibu Helen mempunyai satu botol besar hand sanitizer. Ibu Helen berencana menuangkan hand sanitizer dari botol besar ke botol yang lebih kecil. Ibu Helen meminta bantuan Helen menyiapkan botol kecil untuk diisi hand sanitizer. Helen mendapat tugas membantu Ibu untuk menuangkan hand sanitizer ke botol kecil.

Jadi, botol besar penuh hand senitizer diisikan ke botol kecil sampai habis dan terdapat 8 botol kecil satuan yang terisi penuh hand sanitizer.  Dengan kata lain, volume 1 buah botol besar adalah sama dengan 8 botol kecil atau 8 satuan volume.

Kerjakan latihan berikut dengan cermat.
1. Hubungkan gambar dengan satuan volumenya dengan cermat.
Botol
2. Pada soal nomor 1, tentukan volume paling sedikit dan volume paling banyak?
Volume paling sedikit bototl d dan volume paling banyak botol b
3. Urutkan botol yang berisi hand sanitizer pada soal nomor 1 di samping mulai dari botol yang bervolume paling sedikit hingga botol yang bervolume paling banyak!
Botol d, e, c, a, dan b
Soal Latihan
1. Pernyataan yang benar berdasarkan gambar di bawah ini!
Aqua
Volume 1 buah galon air setara dengan 5 botol satuan
2. Tentukan volume dari gambar di bawah ini!
Gelas
11 gelas satuan
3. Ayah ingin berendam di bak mandi. Ayah mengisi bak mandi hingga penuh. Air yang dibutuhkan seperti pada gambar di bawah ini!
Ember
Wadah yang tepat untuk menampung volume air seperti gambar di atas adalah
Bak mandi
4. Ibu membuat jus jeruk dan disimpan di dalam teko. Ibu menuangkan jus tersebut ke dalam gelas dengan jumlah yang sama
Teko
Volume jus jeruk yang dapat ditampung dalam teko adalah
9 satuan gelas
Demikian pembahasan mengenai Pengukuran Volume Dengan Satuan Baku. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Matematika Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud




PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

AKTIVITAS 1

 

PERKENALAN

 

 

Kegiatan         : Perkenalan

Objektif           : Peserta didik diperkenalkan dengan pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar untuk dijadikan barang yang bernilai.

Materi              :

a.        Gambar pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan

b.       Video pemanfaatan alat dan bahan yang akan digunakan untuk dijadikan barang yang bernilai.

c.        Kertas untuk menggambar

d.       Alat-alat menggambar

 

PERSIAPAN

1.       Guru mencari informasi berupa gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar yang dapat dijadikan barang yang bernilai.

2.       Guru menyiapkan kertas gambar untuk menggambar hasil pengamatan peserta didik.

PELAKSANAAN

1.       Guru mengajak peserta didik mengamati gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan dari lingkungan sekitar yang dapat dijadikan karya yang bernilai.

2.       Peserta didik mengfamati gambar dan video yang ditampilkan oleh guru.

3.       Peserta didik menceritakan hal yang diamati pada gambar dan video yang telah disaksikan.

4.       Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menggambarkan alat dan bahan yang dapat dijadikan karya yang bernilai.

 

 

PERKENALAN

 

MENGENAL ALAT DAN BAHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR

 

 

NAMA : .......................................

NOMOR : ....................................

GAMBARKAN ALAT DAN BAHAN APA SAJA YANG DAPAT DIJADIKAN KARYA YANG BERNILAI.

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 2

MENGENAL JENIS RONCE

 

 

Kegiatan                : Mengenal warna, pola dan bentuk dalam meronce

Objektif                 :  Peserta didik mengenal jenis-jenis ronce

Materi                    : 

a.               Jenis-jenis Ronce

b.              Lembar Kerja Prediksi

c.               Kertas untuk menggambar

d.              Alat-alat menggambar

Peran Guru            : Fasilitator

 

 AYO SIMAK VIDEO BERIKUT INI!






Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik aktif dan lancar anak-anak semangat sekali  dan untuk materi proyek penguatan profil pelajar Pancasila anak-anak melalui tema kewirausahaan melakukan rancangan untuk membuat wadah dari jarum pentul menggunakan kain flanel. Pada tahap ini, siswa akan membuat rancangan untuk usaha dari kain flanel yang akan dilakukan. Kegiatan hari ini Tuntas dikerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Senin, 10 Maret 2025

MATERI KISI-KISI SOAL STS    Hari/Tanggal                        : Senin, 10 Maret  2025 Muatan  Pembelajaran      :   1. Matematika        ...