Hari/Tanggal : Rabu, 12 Februari 2025
Kelas : IV A
Muatan Pelajaran :
Fase B Berdasarkan Elemen :
ELEMEN | CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Bilangan | Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antarpecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. |
Aljabar | Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau objek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100. |
Pengukuran | Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah. |
Geometri | Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan. |
Analisis Data Dan Peluang | Pada akhir fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan). |
TP: Peserta didik mampu mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika
2. P5 : Tema Kewirausahaan Meronce Kreativitas dalam Setiap Karya Tangan
Kegiatan Pembelajaran : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Tujuan Pembelajaran :
-Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.
Dimensi | Elemen | Subelemen | Capaian pada fase B | |
Beriman dan bertaqwa Kepada Allah SWT | Berempati kepada orang lain | Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat | ||
Kreatif | Menghasilkan gagasan yang orisinal | Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk | ||
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari | Berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan | |||
Mandiri | Regulasi diri | Menunjukkan inisiatif dan | Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta |
AKTIVITAS 1
PERKENALAN
Kegiatan : Perkenalan
Objektif : Peserta didik diperkenalkan dengan pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar untuk dijadikan barang yang bernilai.
Materi :
a. Gambar pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan
b. Video pemanfaatan alat dan bahan yang akan digunakan untuk dijadikan barang yang bernilai.
c. Kertas untuk menggambar
d. Alat-alat menggambar
PERSIAPAN
1. Guru mencari informasi berupa gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar yang dapat dijadikan barang yang bernilai.
2. Guru menyiapkan kertas gambar untuk menggambar hasil pengamatan peserta didik.
PELAKSANAAN
1. Guru mengajak peserta didik mengamati gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan dari lingkungan sekitar yang dapat dijadikan karya yang bernilai.
2. Peserta didik mengfamati gambar dan video yang ditampilkan oleh guru.
3. Peserta didik menceritakan hal yang diamati pada gambar dan video yang telah disaksikan.
4. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menggambarkan alat dan bahan yang dapat dijadikan karya yang bernilai.
PERKENALAN
MENGENAL ALAT DAN BAHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR
NAMA : ....................................... NOMOR : .................................... |
GAMBARKAN ALAT DAN BAHAN APA SAJA YANG DAPAT DIJADIKAN KARYA YANG BERNILAI. |
AKTIVITAS 2
MENGENAL JENIS RONCE
Kegiatan : Mengenal warna, pola dan bentuk dalam meronce
Objektif : Peserta didik mengenal jenis-jenis ronce
Materi :
a. Jenis-jenis Ronce
b. Lembar Kerja Prediksi
c. Kertas untuk menggambar
d. Alat-alat menggambar
Peran Guru : Fasilitator
MATEMATIKA
Volume adalah bilangan yang menyatakan ukuran suatu bangun ruang. Untuk menghitung volume balok dapat dilakukan dengan membandingkan dengan satuan pokok volume bangun ruang. Contohnya volume kubus yang memiliki rusuk 1 satuan, sehingga volume kubus satuan tersebut adalah 1 cm³.
- Buatlah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang.
- Letakkan kubus satuan ke dalam kardus. Berapa kubus satuan yang dibutuhkan agar kardus terisi penuh?
- Selanjutnya, Susunlah kubus satuan agar menjadi berbagai bangun.
- Diskusi bersama anggota kelompok. Apakah hasil menyusun bangun dengan kubus satuan berbeda?
- Tulis kesimpulan yang diperoleh dari hasil aktivitas tersebut.
- Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
Hasil menyusun kubus satuan berbeda-beda sesuai dengan volume masing-masing bangun
Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik aktif dan lancar anak-anak semangat sekali dan untuk materi proyek penguatan profil pelajar Pancasila anak-anak melalui tema kewirausahaan melakukan rancangan untuk membuat cincin dari motek2 dengan kreativitas masing-masing Pada tahap ini, siswa akan membuat rancangan untuk usaha dari pernak pernik yang akan dilakukan. Kegiatan hari ini Tuntas dikerjakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar