Hari/Tanggal : Senin, 3 Februari 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Pengukuran Volume
2. Bahasa Indonesia : Satu Titik
3. IPAS : Indonesiaku Kaya Budaya
Capaian Pembelajaran Matematika
Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

BAHASA INDONESIA
Apa yang dimaksud dengan kalimat efektif?
Pembahasan materi mengenai kalimat efektif dipelajari dalam Buku Bahasa Indonesia 'Lihat Sekitar' untuk SD Kelas IV halaman 136.
Teman-teman tentu sudah terbiasa mengenal dan membuat kalimat.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat adalah kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan.
Suatu kalimat dapat dikatakan utuh, jika sudah mengandung semua unsur yang dibutuhkan, seperti subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan.
Ada banyak jenis kalimat yang sering kita temukan, salah satunya kalimat efektif.
Pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, kita akan belajar mengenal kalimat efektif beserta ciri-ciri dan contohnya.
Yuk, temukan penjelasan lengkapnya dari artikel ini!
Kalimat Efektif
Menurut KBBI, efektif yaitu ada efeknya, dapat membawa hasil, berhasil guna.
Sedangkan kalimat efektif yaitu kalimat yang berisi gagasan atau ide yang sesuai dengan harapan penulis atau pembicara.
Sebuah kalimat bisa dikatakan efektif jika penerima pesan dapat menyampaikan kembali gagasan, pesan, perasaan, atau pemberitahuan seperti yang dimaksud oleh pemberi pesan.
Kalimat efektif terdiri dari Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan (SPOK).
Ciri-Ciri Kalimat Efektif
Berikut ini beberapa ciri-ciri kalimat efektif agar bisa dibedakan dengan kalimat jenis lain.
1. Mengikuti aturan ejaan Bahasa Indonesia.
2. Memiliki unsur kalimat yang tepat.
3. Hemat kata, tidak bertele-tele.
4. Pesan disampaikan secara jelas.
5. Tidak mengandung makna ganda.
6. Menggunakan diksi yang tepat.
7. Padanan struktur bahasa dan gagasan harus logis dan sistematis.
Contoh Kalimat Efektif
Nah, agar teman-teman bisa memahami seperti apa bentuk kalimat efektif itu, mari kita simak contohnya sebagai berikut.
- Buku itu aku beli bulan lalu.
- Harap tenang ada ujian.
- Paus biru (Balaenoptera musculus) terkenal sebagai paus terbesar di dunia.
- Gunung Olympus Mons terbentang sekitar 600 kilometer di dekat ekuator Mars.
- Di lautan yang luas, plankton tidak berenang sendiri, melainkan dibantu oleh pasang surut, arus, dan kekuatan lainnya.
- Saat lautan terkena sinar matahari, permukaannya akan memanas.
- Sama seperti permen lainnya, permen karet juga terasa manis.
- Buatlah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang.
- Letakkan kubus satuan ke dalam kardus. Berapa kubus satuan yang dibutuhkan agar kardus terisi penuh?
- Selanjutnya, Susunlah kubus satuan agar menjadi berbagai bangun.
- Diskusi bersama anggota kelompok. Apakah hasil menyusun bangun dengan kubus satuan berbeda?
- Tulis kesimpulan yang diperoleh dari hasil aktivitas tersebut.
- Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
Hasil menyusun kubus satuan berbeda-beda sesuai dengan volume masing-masing bangun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar