Senin, 07 Agustus 2023

Materi Ajar: Senin, 7 Agustus 2023

 Kelas/Semester                   : 4/I

Muatan  Pembelajaran    :  

1.  Bahasa Indonesia

2. Matematika

3. IPAS

Tujuan Pembelajaran:

1.  Melalui kegiatan menulis surat, peserta didik dapat menggunakan         tanda baca, kosakata baru, dan kalimat transitif dan intransitif 

2. Peserta didik  dapat melihat cara membandingkan angka besar.

3.Peserta didik dapat mengidentifikasi alat indera pendengaran beserta     fungsinya




Bahasa Indonesia

Surat adalah kertas yang tertulis yang di dalamnya ada isi atau tujuan. Surat mengandung informasi berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan, laporan, pemikiran, sanggahan, dan lain-lain.Surat memiliki banyak jenis, salah satunya adalah surat pribadi.

Surat pribadi adalah surat yang ditulis seseorang atau individu kepada orang lain yang bersifat pribadi. Surat pribadi adalah surat yang bersifat personal atau tidak resmi, bebas, menggunakan bahasa sehari-hari, dan berisi masalah-masalah pribadi.

Maksud dan isi surat pribadi ada macam-macam. Contohnya adalah surat pada keluarga jauh, teman, atau sahabat pena.Surat pribadi memiliki beberapa ciri yang membedakan dengan jenis surat yang lain. Ciri-ciri surat pribadi antara lain sebagai berikut
  1. Isi surat bersifat pribadi;
  2. Tidak menggunakan kop surat;
  3. Bahasa yang digunakan boleh tidak resmi atau bahasa sehari-hari;
  4. Salam pembuka dan penutup bersifat tidak formal;
  5. Gaya penulisan lebih bebas.

Surat pribadi memiliki beberapa tujuan, di antaranya adalah menanyakan kabar, memberitahukan keadaan, memberikan undangan, dan menyampaikan pesan.

Kalian bisa melihat dan mempelajari contoh surat berikut ini sebelum kalian menulis surat!
Semarang, 23 Agustus 2020

Salam, Bimo
Apa kabarmu? Semoga kamu serta Om dan Tante sehat semua, ya. Kami di sini juga baik-baik saja. Ingat tidak, pohon jambu yang ada di depan rumahku?

Sekarang pohon itu sudah besar dan tinggi. Aku suka sekali memanjatnya. Memanjat sudah menjadi hobiku. Kadang aku belajar dan membaca buku di atas pohon itu. Suatu kali tanganku tidak sengaja menyenggol ulat. Uh, gatal sekali. Sejak itu aku takut setiap melihat ulat. Aku pikir, mungkin aku fobia dengan ulat, tetapi kata Ibu aku hanya takut biasa.

Bagaimana denganmu, apa hobimu? Apa yang tidak kamu suka? 

Salam hangat,
Abdul, penyuka durian


 

Pada pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar kurikulum merdeka pada Bab I Bilangan Cacah Besar terdapat kegiatan Membaca Bilangan Cacah Besar. Tujuan pembelajaran kali ini adalah mengetahui cara menyatakan bilangan dengan nilai ratusan juta berdasarkan komposisi bilangan.


Bilangan cacah adalah himpunan bilangan bulat yang tidak negatif atau himpunan bilangan asli ditambah 0. Contoh bilangan cacah adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8. 9. 10 dan seterusnya. Sedangkan nama bilangan atau nominal yang sering digunakan untuk menyatakan besaran atau harga adalah satuan, puluhan, ratusan, ribuan, jutaan, milyaran, dan triliunan.

Cara Membaca Bilangan Cacah Besar dengan Setiap Tiga Angka
Ada banyak bilangan besar yang dapat kita temukan di sekitar kita yang ditandai dengan tanda titik untuk memisahkan tiga angkanya. Tanda titik ini digunakan karena kita kesulitan ketika membaca bilangan cacah besar tersebut. Sehingga bilangan tersebut diberi tanda titik setiap tiga angka. 

Dalam Sistem Bilangan, kita menyatakan bilangan besar dengan beberapa satuan nilai tempat, yaitu dengan memasukkan satuan nilai tempat baru ribuan, jutaan, milliaran, dan trilliunan pada setiap 3 digit angka, untuk menyadari hal ini, tabel notasi nilai tempat sangatlah efektif. Saat menggunakan tabel notasi nilai tempat, diharapkan guru membuat siswa sadar bahwa di samping satuan nilai tempat baru akan muncul setiap tiga digit

Cara Membaca Bilangan Cacah Besar.
  1. Jika kalian menggunakan nilai tempat 10 ribuan, 100 jutaan, dan 1 triliunan dengan baik, maka kalian akan mudah untuk membacanya.
  2. Pisahkan bilangan pada setiap tiga digit, lalu berilah tanda pada seribu, 1 juta, 1 milliar, dan 1 trilliun.

Ketika kita membaca suatu bilangan yang besar, satuan, puluhan, dan ratusan dipertimbangkan sebagai satu kesatuan. Pisahkan bilangan tersebut per 3 angka menggunakan “satu, sepuluh, dan seratus”. Setiap kumpulan 3 angka dibaca sebagai “satuan, ribuan, jutaan, miliaran, dan triliunan” dari kanan .

1. Ayo, baca jumlah penduduk Indonesia 257.913.000 orang.
JutaanRibuanSatuan
ratus jutaanpuluh jutaanjutaanratus ribuanpuluh ribuanribuanratusanpuluhansatuan
257913000

a. Berada di nilai tempat manakah angka 5?
Angka 5 berada pada nilai tempat puluh jutaan
b. Berada di nilai tempat manakah angka 2?
Angka 2 berada pada nilai tempat ratus jutaan.
Bilangan yang terdiri dari 10 kumpulan 10 juta ditulis 100.000.000, dan dibaca seratus juta. Seratus juta adalah suatu bilangan dengan 10.000 kumpulan 10 ribu.
c. Bacalah jumlah penduduk Indonesia
Bilangan di atas dibaca “dua ratus lima puluh tujuh juta sembilan ratus tiga belas ribu”

2. Tuliskan jumlah penduduk Amerika Serikat, Tiongkok, dan dunia.
Penduduk Dunia

6.593.000.000 dapat ditulis sebagai 6 miliar 593 juta.


3. Tulislah bilangan-bilangan berikut ini
a. Bilangan yang menyatakan jumlah 10 kumpulan 100 juta adalah 1 miliar, ditulis ...
1.000.000.000
b. Bilangan yang menyatakan jumlah 10 kumpulan 1 miliar adalah 10 miliar, ditulis ...
10.000.000.000
c. Bilangan yang menyatakan jumlah 10 kumpulan 10 miliar adalah 100 miliar, ditulis ...
100.000.000.000

4. Bilangan berikut ini menyatakan jarak tempuh cahaya dalam  waktu 1 tahun.
9.460.000.000.000 km
a. Berada di nilai tempat manakah angka 4?
Ratus miliaran
b. Berada di nilai tempat manakah angka 9?
Triliunan
c. Bacalah bilangan di atas yang menunjukkan jarak tempuh cahaya dalam waktu satu tahun.
Sembilan triliun empat ratus enam puluh miliar (kilometer)
10 kumpulan 100 miliar ditulis 1.000.000.000.000, dan disebut satu triliun.Bilangan tersebut juga ditulis 1 triliun. Satu triliun merupakan bilangan dengan 10.000 kumpulan seratus juta.

5. Bilangan berikut ini adalah jarak antara bintang utara dan bumi.
4.068.000.000.000.000 km
Empat kuadriliun enam puluh delapan triliun (kilometer)
6. Bacalah bilangan berikut ini.
a. 31.300.000.000 kg
(Banyak produksi telur ayam petelur di Indonesia tahun 2007)
Tiga puluh satu miliar tiga ratus juta (kilogram)
b. 212.000.000.000.000 liter
(Banyaknya bahan bakar minyak di bumi pada tahun 2007)
Dua ratus dua belas triliun (liter)

Latihan
Bacalah bilangan-bilangan berikut ini.
1. 5.920.053.300 kg (Banyaknya beras yang dihasilkan di Indonesia pada tahun 2018)
Lima miliar sembilan ratus dua puluh juta lima puluh tiga ribu tiga ratus (kilogram)
2. 1.509.528.000 kg (Produksi perikanan budidaya di Indonesia pada tahun 2007) 
 Satu miliar lima ratus sembilan juta lima ratus dua puluh delapan ribu (kilogram)



2IPS

IPAS

Sebelum memulai pembelajaran ayo kita simak video berikut ini!

Perhatikan video berikut



Telinga merupakan organ yang mampu mendeteksi atau mengenal suara dan juga berperan untuk keseimbangan dan posisi tubuh. Manusia memiliki sepasang telinga yang terletak simetris di bagian yang berlawanan. Fungsinya untuk menjaga keseimbangan dan lokalisasi suara.



Telinga terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

1. Bagian Luar
Daun telinga, berfungsi untuk mengumpulkan gelombang suara yang nantinya menuju ke saluran telinga.

Saluran telinga, berfungsi untuk menangkap dan mencegah debu, maupun hewan berukuran kecil yang masuk ke telinga.

2. Bagian Tengah
Gendang telinga (membran timpani), berfungsi untuk menangkap gelombang suara lalu mengubahnya menjadi getaran yang diteruskan ke tulang telinga.

Tulang telinga, berfungsi landasan untuk meneruskan getaran yang masuk dari gendang telinga ke rumah siput. Tulang telinga terdiri dari martil, landasan, dan sanggurdi.

3. Bagian Dalam

Saluran eustachius
Saluran eustachius merupakan penghubung antara telinga tengah dan faring. Saluran ini berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara pada telinga luar dengan tengah.
Dalam keadaan diam, saluran eustachius akan tertutup. Saluran ini akan terbuka saar mengunyah dan menguap.

  • Koklea

Koklea memiliki bentuk yang menyerupai siput dan bertanggung jawab untuk mengubah getaran dari telinga tengah menjadi sinyal saraf. Pada bagian dalam koklea, terdapat rambut kecil yang mengubah getaran menjadi impuls listrik. 

Selanjutnya, saraf koklea akan mengirimkan impuls listrik menuju ke otak untuk diterjemahkan sebagai suara.

  • Saluran setengah lingkaran

Saluran setengah lingkaran terlihat seperti tiga tabung kecil yang terhubung. Bagian ini memiliki cairan dan dilapisi oleh rambut kecil. Fungsinya membantu menyeimbangkan tubuh. 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Telinga

Guna menjaga kesehatan telinga, kamu bisa melakukan beberapa langkah perawatan yang sederhana berikut ini:

  • Membersihkan telinga dengan lembut menggunakan kain bersih. Hindari memakai cotton bud atau benda keras lainnya yang dapat melukai telinga.
  • Jaga kebersihan saluran telinga dan hindari pengumpulan kotoran yang berlebihan.


Jawablah pertanyaan berikut!
1. Telinga terbagi menjadi ..........bagian, yaitu ........., ......., .........
2. Apa Fungsi telinga bagian luar ?
3. Saluran yang berfungsi menyeimbangkan tekanan udara pada telinga adalah ......
4. Apa  fungsi saluran setengah lingkaran?
5. Bagaimana cara menjaga kesehatan telinga ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Kamis, 7 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Kamis, 21 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran                ...