SEMESTER 1
Hari/ Tanggal : Senin, 28 Agustus 2023
Kelas: IV A
1. MATEMATIKA
Bab : PEMBAGIAN
Materi : Aturan Pembagian
CP :
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,
TP / ATP :
- Menemukan aturan pembagian dari cara pembagian yang "bilangan yang dibagi"-nya sama besar.
- Menentukan aturan pembagian dari cara pembagian yang "bilangan pembagi"-nya sama besar
2. BAHASA INDONESIA
Bab : Di Bawah Atap
Materi : Imbuhan Me-
CP :
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
2. Melalui kegiatan mengisi tabel homonim, peserta didik dapat memahami kata-kata yang memiliki makna jamak dengan tepat
TP/ ATP:
1. Melalui latihan, peserta didik dapat mengenali perubahan bentuk awalan ‘me-’ dan menggunakannya sesuai ketentuan bahasa Indonesia dengan benar.
Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik
3. IPAS
BAB : Wujud Benda
CP:
1. Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra)
2.
Peserta didik dapat membuat simulasi
menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup
TP/ATP:
1.
Peserta didik dapat mengenali materi dan karakteristiknya dengan benar.
2.
Peserta didik dapat mempelajari karakteristik wujud zat/materi dengan
baik.
Peserta didik dapat mempelajari bagaimana perubahan wujud zat terjadi dengan tepat
Apa kabar anak-anak bu Tutik hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
1. MATEMATIKA
Ayo kita gunakan aturan pembagian ini untuk menemukan bilangan yang tepat untuk ...
1. 32 : 8 = 8 : ...
2. 14 : 2 = 56 : ...
2. BAHASA INDONESIA
Awalan me-
Bahas Bahasa Indonesia Kelas 4
Fungsi awalan me- adalah untuk membentuk kata kerja.
Contoh =
1. rokok.
Rokok adalah kata benda.
Me- + rokok = merokok (kata kerja).
2. Rusak
Rusak adalah kata sifat.
Me- + rusak = merusak (kata kerja)
Awalan me- bisa berubah bentuk menjadi “men-“, “menge-“, “mem-“, atau “menye-“.
==
Mari membuat kalimat!
1. Menyanyi = me + nyanyi
Winda menyanyi diiringi petikan gitar Farhan.
Coco suka menyanyi di kamar mandi.
Lani berlatih menyanyi di kamarnya.
2. Melihat = me + lihat
Ani melihat gunung tinggi bersama Siti.
Aku melihat bintang-bintang di angkasa dengan teropong bintang.
Aku melihat harimau melahirkan di kebun binatang.
3. Meminum = me + minum
Aku meminum dua gelas air putih setiap bangun tidur.
Setelah makan, Soni tidak lupa meminum obat dan vitamin.
Dayu meminum jus jeruk bersama Ali di kantin sekolah.
4. Menginjak = meng + injak
Risa menginjak permen karet yang sudah dikerubungi semut di jalan.
Nenek tidak sengaja telah menginjak bunga milik kakak.
Ricky berteriak kesakitan setelah kakiknya menginjak pecahan botol kaca.
Kerjakan latihan berikut ini di buku tulis kalian.
1. Tuliskan 10 kata yang huruf pertama kata dasarnya luluh ketika diberi awalan 'me-'.
Contoh:
'me-' + tiup = meniup
Jawaban:
'me-' + tari --- menari
'me-' + panjat --- memanjat
'me-' + saring --- menyaring
'me-' + pegang --- memegang
'me-' + tolong --- menolong
'me-' + taruh --- menaruh
'me-' + semprot --- menyemprot
'me-' + perah --- memerah
'me-' + satu --- menyatu
'me-' + tambah --- menambah
2. Tuliskan 10 kata yang huruf pertama kata dasarnya tidak luluh ketika diberi awalan 'me-'.
Contoh:
'me-' + aduk = mengaduk
Jawaban:
'me-' + lompat --- melompat
'me-' + acak --- mengacak
'me-' + aduk --- mengaduk
'me-' + urut --- mengurut
'me-' + elak --- mengelak
'me-' + ambil --- mengambil
'me-' + cari --- mencari
'me-' + cerna --- mencerna
'me-' + asah --- mengasah
'me-' + alir --- mengalir
Untuk lebih jelasnya Ayo simak video berikut ini!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar