Minggu, 13 Agustus 2023

Materi Ajar: Senin, 14 Agustus 2023

Kelas/Semester                   : 4/I

Muatan  Pembelajaran    :  

1.  Bahasa Indonesia

2. Matematika

3. IPAS


Tujuan Pembelajaran:

1.  Melalui kegiatan memasangkan kata, peserta didik dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar.

2. Memahami sistem nilai tempat dari bilangan besar

3.Peserta didik dapat Memahami kebutuhan untuk melakukan proses fotosintesis

4. Memahami dampak proses  fotosintesis dan kaitannya dengan pentingnya menjaga tumbuhan di bumi


Pada materi bahasa indonesia kelas 4 sd semester 1 kurikulum merdeka membahas tentang cara mencari kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Saat ini kita tida perlu menggunakan kamus yang tebal untuk mencari arti sebuah kata. di era digital ini kita dimudahkan dengan fasilitas yang ada. Cukup kita memasukkan kata yang hendak kita cari artinya, maka akan muncul arti dari kata tersebut. Masih bingung?

Untuk menemukan arti kata yang sulit kita dapat menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) baik yang berbentuk fisik atau pun kita bisa mencarinya secara daring di internet. Apabila kita belum pernah mencari arti kata sulit melalui KBBI secara daring, mungkin panduan di bawah ini dapat membantu. Dan berikut ini merupakan langkah langkah yang dapat kita lakukan.

  1. Buka laman Kemendikbud dengan alamat https://kbbi.kemdikbud.go.id/.
  2. Tuliskan kata sulit yang kamu temukan dalam bacaan dalam kolom pencarian yang
    disediakan.
  3. Catat atau tulis arti kata yang kamu cari dalam buku catatanmu.

Dan apabila kita hendak mencari arti kata sulit dalam Kamus Besar BahaSa Indbnesia (KBBI) yang berbentuk fisik, dan berikut ini merupakan langkah langkah yang bisa kamu terapkan.

  1. Carilah sebuah kata yang menurutmu sulit atau kamu tidak mengetahui artinya.
  2. Bukalah bagian huruf dalam kamus sesuai huruf pertama kata yang tidak kamu ketahui
    artinya. Misalnya kata ‘influenza’ maka bukalah bagian dalam kamus yang menunjuk huruf ‘i’.
  3. Setelah membuka bagian huruf ‘n’ dalam KBBI, maka lanjutkan pencarian dengan mengidentifikasi huruf kedua, misalnya influenza maka kamu harus mencari pada urutan suku kata ‘in’.
  4. Setelah itu buka huruf ke tiga dan seterusnya sampai ketemu kata influenza. Setelah itu catat dalam buku catatanmu.
Setelah itu buka buku cetakmu dan bergantian membacakan sebuah teks wacana. jawablah pertanyaan yang ada dalam teks lalu carilah kata-kata sulit yang ada dalam teks ( Kamu bisa menggunakan kamus manual ataupu kamus daring)


Pengertian Homonim

Menurut KBBI, homonim memiliki arti kata yang serupa lafal dan ejaannya, namun berlainan artinya karena berasal dari sumber yang berbeda.

MATEMATIKA

Pada pembelajaran matematika kelas iv sekolah dasar kurikulum merdeka Bab I Bilangan Cacah Besar terdapat kegiatan membahas persoalan Bilangan cacah besar. Tujuan pembelajaran pada kegiatan ini adalah mengkonfirmasi apa yang telah dipelajari dan menggunakan apa yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah. Untuk anak-anak yang masih kesulitan, minta mereka menentukannya berdasarkan tabel notasi nilai tempat. Saat membandingkan besar kecil bilangan, pastikan siswa membandingkannya secara berurutan dari nilai tempat teratas, karena jumlah digit bilangan tersebut sama.


Persoalan
  1. Memastikan mekanisme bilangan cacah besar. Sarankan kepada anak-anak yang yang mengalami kesulitan untuk berpikir dengan menggunakan tabel notasi nilai tempat.
  2. Perdalam pemahaman tentang cara membaca dan menulis bilangan besar. Mengetahui bahwa bilangan besar digunakan dalam berbagai situasi, sehingga siswa dapat merasa dekat dengan bilangan-bilangan tersebut. Kontrol dengan ketat cara membaca bilangan dengan pemisah 3 digit dan notasi nilai tempat.
  3. Mampu menulis angka dengan memperhatikan angka 0 yang bernilai kosong. Merangkum apa yang dipelajari dalam "bilangan cacah besar" di buku catatan. Dalam matematika, ketika mempelajari satuan pembelajaran yang baru, masalah sering kali diselesaikan dengan menggunakan hal-hal yang telah dipelajari dan pengalaman yang ada. Oleh karena itu, adalah efektif untuk merangkum hal-hal yang tercantum di sebelah kiri pada setiap unit ketika mempelajari unit-unit baru yang berkaitan.

Persoalan 1

1. Isilah dengan bilangan atau kata yang sesuai.(Memahami sistem nilai tempat dari bilangan besar)
Pada kegiatan ini peserta didik memastikan mekanisme bilangan cacah besar. Sarankan kepada anak-anak yang yang mengalami kesulitan untuk berpikir dengan menggunakan tabel notasi nilai tempat.

① Angka 6 pada bilangan 36.495.000.000 berada di nilai tempat.
Angka 6 pada bilangan 36.495.000.000 berada di nilai tempat miliaran.
② 465 miliar merupakan ... kumpulan 1 miliar.
465 miliar merupakan 465 kumpulan 1 miliar.
③ 1 triliun sama dengan ... kali 10 miliar
1 triliun sama dengan 100 kali 10 miliar

2. Ayo, baca bilangan-bilangan berikut. (Membaca bilangan besar)
Pada kegiatan ini peserta didik memperdalam pemahaman tentang cara membaca dan menulis bilangan besar. Mengetahui bahwa bilangan besar digunakan dalam berbagai situasi, sehingga siswa dapat merasa dekat dengan bilangan-bilangan tersebut. Kontrol dengan ketat cara membaca bilangan dengan pemisah 3 digit dan notasi nilai tempat.

① Jarak antara matahari dan bumi. 149.600.000 km
149 juta 600 ribu km
② Total anggaran pendapatan belanja negara (APBN) pada tahun 2008 adalah 854.600.000.000.000 rupiah.
854 triliun 600 miliar rupiah
3. Ayo, tulis bilangan-bilangan berikut. (Menginterpretasikan bilangan)
Pada kegiatan ini peserta didik belajar menulis angka dengan memperhatikan angka 0 yang bernilai kosong. Merangkum apa yang dipelajari dalam  "bilangan cacah besar" di buku catatan. Dalam matematika, ketika mempelajari satuan pembelajaran yang baru, masalah sering kali diselesaikan dengan menggunakan hal-hal yang telah dipelajari dan pengalaman yang ada. Oleh karena itu, adalah efektif untuk merangkum hal-hal yang tercantum di sebelah kiri pada setiap unit ketika mempelajari unit-unit baru yang berkaitan

① Bilangan yang menyatakan 100 kali 340 juta.
100 x 340 juta = 34.000 juta = 34 miliar
② Bilangan yang merupakan jumlah 3 kumpulan 1 triliun dan 48 kumpulan 100 juta.
3 triliun dan 4.800 juta = 3 triliun 4 milliar dan 800 juta
③ Bilangan yang merupakan 58.013 kumpulan 100 juta.
58.013 x 100 juta = 5.801.300 juta = 5 triliun 801 miliar dan 300 juta

Persoalan 2
Pada kegiatan ini peserta didik membuat bilangan bulat 10 digit menggunakan 10 kartu dari 0 hingga 9. Disarankan untuk membuat angka 10 digit dengan menentukan tujuan seperti angka terbesar atau angka terkecil.

Ayo, buat bilangan 10 angka dengan menggunakan 10 kartu yang bertuliskan angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9.
9.678.543.201 dan 9.678.543.102 (angkat terbesar 9.678.543.201 dan angka terkecil 9.678.543.102)
2. Ayo, dengarkan Chia, Kadek, Dadang, dan Yosef katakan, dan selanjutnya pilih bilangan yang mengekspresikannya.

Pada kegiatan ini peserta didik memikirkan tentang bilangan yang dibuatoleh Chia, Kade, Dadang, dan Yosef. Memikirkan bilangan yang dibuat masing-masing berdasarkan balon percakapan. Dapat mengetahu angka terbesar dan terkecil. Buat mereka mengerti bahwa ide dasarnya tetap sama meskipun angkanya mendekati 5 miliar. Buat mereka memikirkan secara berurutan  dengan baik tentang bilangan yang dibuat Yosef.

Ayo dengarkan Chia, Kadek, Dadang dan Yosef katakan dan selanjutnya pilih bilangan yang mengekspresikannya!
A. 4.987.653.102
B. 5.012.346.798
C. 4.987.653.210
D. 5.067.894.213
E. 5.148.920.736
F. 5.012.346.879
G. 4.987.653.201
H. 5.067.894.312
I. 4.987.663.120
J. 5.012.346.897
K. 5.089.674.231
L. 5.012.346.789
Chia
  • Chia : Bilanganku bernilai paling dekat dengan 5 miliar di antara bilangan-bilangan yang lebih kecil dari 5 miliar (C 4.987.653.210)
  • Kadek : Bilanganku bernilai terdekat kedua dengan 5 miliar di antara bilangan-bilangan yang lebih besar dari 5 miliar (J 5.012.346.897)
  • Dadang : Bilanganku bernilai terdekat kedua dengan 5 miliar di antara bilangan-bilangan yang lebih kecil dari 5 miliar. (G  4.987.653.201)
  • Yosef : Bilanganku lebih kecil dari bilangan milik Chia.Angka pada nilai tempat jutaan dan ratusan adalah angka-angka yang sama seperti yang ada pada bilangan milik Dadang (A 4.987.653.102 )

Demikian pembahasan mengenai Pembahasan Persoalan Bilangan Cacah Besar. Semoga tulisan ini bermanfaat.



MATEMATIKA

Pada materi bab 2 kali ini membahas tentang Perhitungan Pembagian.

Para siswa diajarkan untuk mengetahui cara dan aturan pembagian


Jika dalam operasi perkalian, hasilnya disebut hasil kali, maka di operasi pembagian hasilnya disebut hasil bagi.

Hasil kali didapatkan dari tumpukan atau penjumlahan berulang dari suatu angka.

Sementara hasil bagi didapatkan dari ukuran, perbandingan, atau pengurangan berulang dari suatu angka.


Dalam aturan pembagian setiap siswa perlu memperhatikan besaran angka dan pembaginya.

Misalnya ada 24 cokelat, yang akan dibagikan kepada 8 orang anak.

Maka berapa banyak cokelat yang diterima oleh setiap anak?

Jawaban:

Cara menghitung => jumlah objek : angka pembaginya

=> Jadi 24 cokelat : 8 orang anak

=> Maka tiap anak akan mendapatkan 3 cokelat.


Aturan yang bisa kamu amati antar pembagi dan hasil baginya, simak contoh soal dan jawaban berikut ini:

Kunci Jawaban Soal Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Volume 1 Halaman 25


Untuk lebih jelasnya ayo kita simak video berikut ini!




 Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi

Manusia dan hewan akan mencari makanan jika merasakan lapar. Hewan akan bergerak mencari mangsa. Manusia akan memasak atau pergi membeli kebutuhannya. Lalu, bagaimana dengan tumbuhan? Makhluk hidup ini tidak berpindah-pindah tempat seperti kita. Tidak juga memiliki mulut. Namun, sama seperti semua makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga membutuhkan makanan. Caranya melalui proses fotosintesis.


Berdasarkan video di atas jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa fungsi fotosintesis pada tumbuhan ?
2. Bagaimana proses fotosintesis pada tumbuhan ?
3. Coba sebutkan manfaat fotosintesis bagi manusia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Kamis, 7 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Kamis, 21 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran                ...