Kelas/Semester : 4/I
Muatan Pembelajaran :
1. Bahasa Indonesia
2. Matematika
3. IPAS
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui kegiatan memasangkan kata, peserta didik dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar.
2. Memahami sistem nilai tempat dari bilangan besar
3.Peserta didik dapat Memahami kebutuhan untuk melakukan proses fotosintesis
4. Memahami dampak proses fotosintesis dan kaitannya dengan pentingnya menjaga tumbuhan di bumi
Pada materi bahasa indonesia kelas 4 sd semester 1 kurikulum merdeka membahas tentang cara mencari kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Saat ini kita tida perlu menggunakan kamus yang tebal untuk mencari arti sebuah kata. di era digital ini kita dimudahkan dengan fasilitas yang ada. Cukup kita memasukkan kata yang hendak kita cari artinya, maka akan muncul arti dari kata tersebut. Masih bingung?
Untuk menemukan arti kata yang sulit kita dapat menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) baik yang berbentuk fisik atau pun kita bisa mencarinya secara daring di internet. Apabila kita belum pernah mencari arti kata sulit melalui KBBI secara daring, mungkin panduan di bawah ini dapat membantu. Dan berikut ini merupakan langkah langkah yang dapat kita lakukan.
- Buka laman Kemendikbud dengan alamat https://kbbi.kemdikbud.go.id/.
- Tuliskan kata sulit yang kamu temukan dalam bacaan dalam kolom pencarian yang
disediakan. - Catat atau tulis arti kata yang kamu cari dalam buku catatanmu.
Dan apabila kita hendak mencari arti kata sulit dalam Kamus Besar BahaSa Indbnesia (KBBI) yang berbentuk fisik, dan berikut ini merupakan langkah langkah yang bisa kamu terapkan.
- Carilah sebuah kata yang menurutmu sulit atau kamu tidak mengetahui artinya.
- Bukalah bagian huruf dalam kamus sesuai huruf pertama kata yang tidak kamu ketahui
artinya. Misalnya kata ‘influenza’ maka bukalah bagian dalam kamus yang menunjuk huruf ‘i’. - Setelah membuka bagian huruf ‘n’ dalam KBBI, maka lanjutkan pencarian dengan mengidentifikasi huruf kedua, misalnya influenza maka kamu harus mencari pada urutan suku kata ‘in’.
- Setelah itu buka huruf ke tiga dan seterusnya sampai ketemu kata influenza. Setelah itu catat dalam buku catatanmu.
Pengertian Homonim
Menurut KBBI, homonim memiliki arti kata yang serupa lafal dan ejaannya, namun berlainan artinya karena berasal dari sumber yang berbeda.
MATEMATIKA
Pada pembelajaran matematika kelas iv sekolah dasar kurikulum merdeka Bab I Bilangan Cacah Besar terdapat kegiatan membahas persoalan Bilangan cacah besar. Tujuan pembelajaran pada kegiatan ini adalah mengkonfirmasi apa yang telah dipelajari dan menggunakan apa yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah. Untuk anak-anak yang masih kesulitan, minta mereka menentukannya berdasarkan tabel notasi nilai tempat. Saat membandingkan besar kecil bilangan, pastikan siswa membandingkannya secara berurutan dari nilai tempat teratas, karena jumlah digit bilangan tersebut sama.
- Memastikan mekanisme bilangan cacah besar. Sarankan kepada anak-anak yang yang mengalami kesulitan untuk berpikir dengan menggunakan tabel notasi nilai tempat.
- Perdalam pemahaman tentang cara membaca dan menulis bilangan besar. Mengetahui bahwa bilangan besar digunakan dalam berbagai situasi, sehingga siswa dapat merasa dekat dengan bilangan-bilangan tersebut. Kontrol dengan ketat cara membaca bilangan dengan pemisah 3 digit dan notasi nilai tempat.
- Mampu menulis angka dengan memperhatikan angka 0 yang bernilai kosong. Merangkum apa yang dipelajari dalam "bilangan cacah besar" di buku catatan. Dalam matematika, ketika mempelajari satuan pembelajaran yang baru, masalah sering kali diselesaikan dengan menggunakan hal-hal yang telah dipelajari dan pengalaman yang ada. Oleh karena itu, adalah efektif untuk merangkum hal-hal yang tercantum di sebelah kiri pada setiap unit ketika mempelajari unit-unit baru yang berkaitan.
Persoalan 1
Angka 6 pada bilangan 36.495.000.000 berada di nilai tempat miliaran.
465 miliar merupakan 465 kumpulan 1 miliar.
1 triliun sama dengan 100 kali 10 miliar
149 juta 600 ribu km
854 triliun 600 miliar rupiah
100 x 340 juta = 34.000 juta = 34 miliar
3 triliun dan 4.800 juta = 3 triliun 4 milliar dan 800 juta
58.013 x 100 juta = 5.801.300 juta = 5 triliun 801 miliar dan 300 juta
9.678.543.201 dan 9.678.543.102 (angkat terbesar 9.678.543.201 dan angka terkecil 9.678.543.102)
- Chia : Bilanganku bernilai paling dekat dengan 5 miliar di antara bilangan-bilangan yang lebih kecil dari 5 miliar (C 4.987.653.210)
- Kadek : Bilanganku bernilai terdekat kedua dengan 5 miliar di antara bilangan-bilangan yang lebih besar dari 5 miliar (J 5.012.346.897)
- Dadang : Bilanganku bernilai terdekat kedua dengan 5 miliar di antara bilangan-bilangan yang lebih kecil dari 5 miliar. (G 4.987.653.201)
- Yosef : Bilanganku lebih kecil dari bilangan milik Chia.Angka pada nilai tempat jutaan dan ratusan adalah angka-angka yang sama seperti yang ada pada bilangan milik Dadang (A 4.987.653.102 )
Demikian pembahasan mengenai Pembahasan Persoalan Bilangan Cacah Besar. Semoga tulisan ini bermanfaat.
MATEMATIKA
Pada materi bab 2 kali ini membahas tentang Perhitungan Pembagian.
Para siswa diajarkan untuk mengetahui cara dan aturan pembagian
Jika dalam operasi perkalian, hasilnya disebut hasil kali, maka di operasi pembagian hasilnya disebut hasil bagi.
Hasil kali didapatkan dari tumpukan atau penjumlahan berulang dari suatu angka.
Sementara hasil bagi didapatkan dari ukuran, perbandingan, atau pengurangan berulang dari suatu angka.
Dalam aturan pembagian setiap siswa perlu memperhatikan besaran angka dan pembaginya.
Misalnya ada 24 cokelat, yang akan dibagikan kepada 8 orang anak.
Maka berapa banyak cokelat yang diterima oleh setiap anak?
Jawaban:
Cara menghitung => jumlah objek : angka pembaginya
=> Jadi 24 cokelat : 8 orang anak
=> Maka tiap anak akan mendapatkan 3 cokelat.
Aturan yang bisa kamu amati antar pembagi dan hasil baginya, simak contoh soal dan jawaban berikut ini:
Untuk lebih jelasnya ayo kita simak video berikut ini!
Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar