Rabu, 28 Agustus 2024

Materi Ajar: Rabu, 28 Agustus 2024

 Hari/Tanggal               : Rabu, 28 Agustus 2024

Kelas                            : IV A

Muatan Pelajaran         : 

1. Matematika                     :  Aturan Pembagian

CP: 

Fase B Berdasarkan Elemen :

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antarpecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal.  Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

Aljabar

Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau objek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.

Pengukuran

Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku.  Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Geometri

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

Analisis Data Dan Peluang

Pada akhir fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).

 

2. P5                                            :  Tema Kewirausahaan Pernak-pernik cantik berbahan Flanel

Kegiatan  Pembelajaran    :   P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Tujuan Pembelajaran :

- Peserta didik dapat  mengenal istilah P5

- Peserta didik dapat mengidentifikasi dimensi P5

- Peserta didik mengenal istilah wirausaha dancontoh-contohnys

- peserta didik mengetahui cara berdagang yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW

-Peserta didik berwawancara dengan para usahawan sekolah

Dimensi

Elemen

Subelemen

Capaian pada fase B

Beriman dan bertaqwa Kepada Allah SWT

Berempati kepada orang lain

Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat

 

 

 

Kreatif

Menghasilkan gagasan yang orisinal

Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk
membuat kombinasi hal yang baru dan imajinatif
untuk mengapresiasikan pikiran dan/atau
perasaannya

Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari
alternatif solusi permasalahan

Berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan
yang diambil tidak berhasil berdasarkan identifikasi
terhadap situasi

               

Mandiri

Regulasi diri

Menunjukkan inisiatif dan
bekerja secara mandiri

Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta
inisiatif untuk melakukannya dalam menunjang
pembelajaran dan pengembangan dirinya




 
Apa kabar anak-anak bu guru? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 
 


MATEMATIKA

Pada pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka Bab 7 Pembagian dengan Bilangan 2 Angka terdapat pembahasan tentang Aturan Pembagian dan Perkalian.  Tujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik mahami bahwa dalam pembagian, hasil bagi tidak mengubah apakah pembagi dan yang dibagi dikalikan dengan bilangan yang sama atau pembagi dan yang dibagi dengan bilangan yang sama. Perhatikan hubungan antara perkalian,pengali, dan hasil perkalian. Perdalam pemahaman tentang apa yang telahAnda pelajari.

Bilangan bulat (integer) adalah bilangan asli—baik positif maupun negatif—yang tidak memiliki komponen desimal atau pecahan. Melakukan perkalian dan pembagian dua atau lebih bilangan bulat tidak jauh berbeda dengan melakukan perkalian dan pembagian bilangan asli.

Pembagian adalah salah satu dari empat operasi dasar aritmetika. Operasi lainnya adalah penambahan, pengurangan, dan perkalian. Perkalian merupakan operasi matematika penskalaan satu bilangan dengan bilangan lain. Operasi ini merupakan salah satu dari empat operasi dasar di dalam aritmetika dasar (yang yang lain merupakan perjumlahan, perkurangan, dan perbagian).

1. Lakukan perhitungan berikut dengan aturan pembagian.

Ketika kita melakukan pembagian, hasil baginya akan tetap sama jika yang dibagi dan pembaginya dikalikan dengan bilangan yang sama. Hasil baginya akan tetap sama jika yang dibagi dan pembaginya dibagi dengan bilangan yang sama.
Pembagian
Pikirkan tentang cara menghitung 1500 : 500 dan 24000 : 3000 menggunakan aturan pembagian. Perhatikan bahwa pembaginya ada ratusan dan ribuan, dan pahami bahwa pembaginya bisa diselesaikan dengan menggunakan aturan pembagian.

2. Ayo, bandingkan dua kalimat matematika untuk menemukan aturan perkalian.
Rumus
Bandingkan kedua rumus tersebut dan temukan aturan yang berbeda tentang perkalian.

P5

Pada tahap ini, siswa
akan membuat
rancangan untuk usaha
yang akan dilakukan

Kegiatan pembuka:

Guru membuka dengan pertanyaan “Siapa yang ingin menjadi pengusaha ?” lalu tanyakan pada siswa usaha
apa yang ingin dilakukan oleh siswa, “Jika kamu ingin menjadi pengusaha, kira - kira apa yang “produk apa ingin
kamu tawarkan?”. Atau bisa dengan pertanyaan serupa lainnya.

Kegiatan Inti:

Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan langkah - langkah yang telah ditetapkan. Guru
juga melakukan pendampingan kepada siswa ketika melakukan kegiatan berikut :

         Memilih jenis usaha berdasarkan kebutuhan pasar

         Menganalisis kebutuhan usaha

Kegiatan penutup:

Siswa mempresentasikan hasil di depan kelas dan guru memberikan masukan serta apresiasi

Note : Kegiatan dapat dilakukan secara individu maupun kelompok.

Siswa menentukan produk yang dipilih dan target pasarnya

Untuk jenis usahanyanya adalah membuat pernak-pernik berbahan flane;

Sebelumnya siswa mengisi LKPD berikut!







Sebelumnya siswa belajar menjahit kain flanel 




Setelah mahir menjahit siswa mulai membuat sketsa huruf alfabet dari kain flanel
Ayo simak video berikut ini: 



dan coba cek juga video berikut ini:








KEGIATAN LIFE SKILL
PRAKTIK BERLATIH MENJAHIT 
dicontohkan oleh guru di kelas.

KESIMPULAN KEGIATAN HARI INI :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik aktif dan lancar anak-anak semangat sekali  dan untuk materi proyek penguatan profil pelajar Pancasila anak-anak melalui tema kewirausahaan melakukan rancangan untuk membuat usaha. Pada tahap ini, siswa akan membuat rancangan untuk usaha dari kain flanel yang akan dilakukan Kegiatan hari ini Tuntas dikerjakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran           ...