Hari/Tanggal : Rabu, 14 Agustus 2024
Kelas : IV A
Muatan Pelajaran :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antarpecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
2. P5 : Tema Kewirausahaan Pernak-pernik cantik berbahan Flanel
Kegiatan Pembelajaran : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Tujuan Pembelajaran :
- Peserta didik dapat mengenal istilah P5
- Peserta didik dapat mengidentifikasi dimensi P5
- Peserta didik mengenal istilah wirausaha dancontoh-contohnys
- peserta didik mengetahui cara berdagang yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW
-Peserta didik berwawancara dengan para usahawan sekolah
Dimensi | Elemen | Subelemen | Capaian pada fase B | |
Beriman dan bertaqwa Kepada Allah SWT | Berempati kepada orang lain | Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat | ||
Kreatif | Menghasilkan gagasan yang orisinal | Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk | ||
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari | Berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan | |||
Mandiri | Regulasi diri | Menunjukkan inisiatif dan | Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta |
MATEMATIKA
Pada buku Kurikulum Merdeka Matematika SD kelas 4, ada materi tentang perkalian bilangan cacah.
Perkalian adalah operasi hitung penjumlahan berulang dari suatu bilangan.
Nah, kalau bilangan cacah adalah himpunan bilangan bulat positif yang dimulai dari angka 0.
Perkalian bilangan cacah umumnya dilakukan seperti perkalian bilangan lainnya,
Hanya saja perkalian bilangan cacah yang nilainya lebih besar biasanya lebih mudah dihitung dengan cara bersusun.
Yuk, kita pelajari langkah-langkah perkalian bilangan cacah dengan cara bersusun!
Langkah-Langkah Perkalian Bilangan Cacah
Perkalian bulangan cacah dengan cara bersusun dibedakan menjadi dua, yaitu:
1. Perkalian cara bersusun dengan menyimpan.
2. Perkalian cara bersusun tanpa menyimpan.
Perkalian Bilangan Cacah Cara Bersusun dengan Menyimpan
Berikut contoh perkalian bilangan cacah dengan cara bersusun menyimpan. Contoh 47x9. Nah, berikut cara penyelesaiannya.
7 x 9 = 63
Angka 3 ditulis pada tempat nilai satuan dan angka 6 disimpan.
4 x 9 = 36.
36 + angka yang disimpan = 36 + 6 = 42. Jadi 47 x 9 = 423.
"Perkalian susun menyimpan dilakukan dengan cara menyimpan angka."
Perkalian Bilangan Cacah Cara Bersusun dengan Tanpa Menyimpan
Contoh 12 x 4. Berikut cara penyelesaiannya.
2 x 4 = 8.
Ditulis angka 8 di tempat nilai satuan.
1 x 4 = 4.
Ditulis angka 4 di tempat nilai puluhan.
Jadi hasinya 12 x 4 = 48.
Nah, itulah cara perkalian bilangan cacah cara susun dengan menyimpan dan tanpa menyimpan.
AYO SIMAK VIDEO BERIKUT INI!
Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profill pelajar Pancasila (pembelajaran kokurikuler), dan ekstrakurikuler.
Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi utama meliputi:
- Beriman, bertakwa kepada Allah SWT, dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan global.
- Bergotong-royong.
- Mandiri.
- Kreatif
- Bernalar kritis
Selain mengajarkan bagaimana berusaha, buku ini juga memberikan pengetahuan kepada kalian beragam jenis usaha yang bisa dilakukan di sekolah, bagaimana cara memulainya, dan bahkan kalian akan dipandu sampai bagaimana mengatur keuangan.
Untuk menjadi sukses, tentunya kita juga harus mengimplementasikan sikap-sikap positif, agar juga mendapatkan hasil yang positif juga, selain mengandalkan teknik berdagang secara teknis. Oleh karena itu, berikut beberapa tips cara berdagang ala Nabi Muhammad SAW.
Lembar Kerja Peserta Didik
Bagaimanakah akhlak Nabi | Apakah perilaku Nabi Muhammad SAW |
Perniagaan Nabi Muhammad SAW | |
Wawancara
Persiapan :
1. Guru dapat memastikan terlebih dahulu siswa sudah pernah melakukan wawancara sebelumnya. Jika
siswa belum pernah melakukan wawancara, guru dapat memberikan kegiatan latihan wawancara di
awal dengan topik sederhana
Pelaksanaan :
Kegiatan Pembuka :
(Kegiatan di atas dilakukan jika siswa belum pernah melakukan kegiatan wawancara)
2. Guru meminta siswa untuk mencari tokoh pengusaha yang ada di lingkungan sekitar.
3. Guru mempersilakan setiap siswa untuk menanyakan kesukaan dari teman sekelas sebelum
memberikan kesimpulan bahwa mengetahui suatu topik dapat dilakukan dengan wawancara.
Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan video contoh wawancara sederhana. Lalu guru menjelaskan bahwa untuk
melakukan wawancara diperlukan panduan pertanyaan terlebih dahulu.
2. Siswa menyusun pertanyaan sederhana yang ingin ditanyakan ketika wawancara.
3. Guru memberikan penguatan untuk setiap pertanyaan yang akan diajukan ketika wawancara
4. Siswa melakukan wawancara secara langsung dengan tokoh pengusaha yang berada di lingkungan
sekitar.
Kegiatan Penutup :
1. Siswa saling berbagi hasil dari wawancara yang telah didapatkan
2. Guru dan teman sekelas memberi tanggapan dari hasil wawancara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar