Hari/Tanggal : Jum'at, 16 Agustus 2024
Kelas : IV (Empat) A
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
BAB 1 : Aku Sudah Besar
CP :
Menyimak:
Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
1. Mengenal kata-kata sulit dalam teks bacaan
2. Mencari kata-kata sulit dalam kamus dan KBBI baik dari media online maupun cetak
Yuk simak ringkasan materi dibawah ini....
Punya buku kamus di rumah?
Kamus merupakan buku acuan yang membantu kita menemukan berbagai kata beserta penjelasan, cara pelafalan, ejaan, bahkan contoh penggunaannya dalam kalimat.
Biasanya, kamus dipakai saat ingin mempelajari suatu bahasa. Bagi anak-anak, kamus bisa merangsang kemampuan bahasanya, baik untuk mata pelajaran bahasa Indonesia atau bahasa asing.
Dalam satu halamannya saja, anak bisa menemukan banyak kosakata baru dan ini merupakan hal baik untuk menambah perbendaharaan kata si kecil.
Untuk membantunya belajar lewat buku kamus, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan. Yuk simak informasinya!
1. Tentukan Kata yang Ingin Dicari Maknanya
Sebagai awal, anda bisa memancing eksplorasi anak untuk mempelajari kamus dengan cara menentukan kata apa yang ingin diketahui artinya.
Coba tanyakan pada anak, apakah selama ini ia pernah menemukan kata-kata yang belum diketahui artinya? Atau, pelafalan kata yang masih membuatnya bingung?
Kalau sudah tau kata apa yang membuatnya penasaran, anak akan semakin tertarik untuk belajar menggunakan kamus.
Pastikan mencarinya dalam bentuk kata dasar tanpa imbuhan. Misalnya, anak penasaran artinya kata memangkas, maka terangkan kalau memangkas berasal dari kata pangkas. Setelah itu, cari makna kata pangkas di kamus.
2. Cari Sesuai Huruf Pertama dalam Kata
Setiap kata di buku kamus disusun secara sistematis sesuai urutan alfabet. Dari kata yang sudah ditentukan, kamu bisa mengajak anak untuk mencari kata menurut huruf pertamanya.
Contohnya, anak ingin mencari kata “lari”. Arahkan dia untuk langsung membuka halaman kamus huruf “L”
Umumnya, buku kamus memberikan tanda huruf pertama di bagian pinggir halaman, jadi ini cukup memudahkan para pembacanya.
3. Temukan Kata dengan Membaca Cepat
Setelah anak membuka kamus sesuai huruf pertama kata yang dicari, selanjutnya tidak perlu bingung untuk membaca semua kata di halaman itu.
Agar mempersingkat pencarian, kamu belajar untuk melanjutkan mencari kata berdasarkan huruf kedua.
Misalnya, anak hendak mencari kata “getah”. Setelah halaman huruf “G” dibuka, bombing anak untuk melanjutkan menemukan gabungan huruf G dan E. Selanjutnya, cari kata dengan menambahkan huruf ketiga dan seterusnya.
Metode membaca cepat atau memindai ini akan mempermudah kita menelusuri kamus.
4. Pahami Kata Tersebut Sesuai Penjelasan Kamus
Setelah menemukan kata yang dicari, pahamilah penjelasan yang dijabarkan kamus. Anak bisa memperoleh pengetahuan lebih mengenai arti sebenarnya dari kata yang dicari, cara pelafalan yang benar, bahkan biasanya kamus juga memberikan contoh kalimat.
Kalau anak sudah membaca, anda bisa memastikan apakah ia sudah memahami penjelasan dalam kamus atau belum. Tanyakan apakah ada detail yang membuatnya bingung. Setelah paham, ayo berlatih mencari kata acak dalam LKPD yang guru bagikan dan cari maknanya di kamus.
Pendidikan Anti Korupsi
Pendidikan antikorupsi merupakan tindakan untuk mengendalikan dan mengurangi korupsi berupa keseluruhan upaya untuk mendorong generasi mendatang untuk mengembangkan sikap menolak secara tegas terhadap setiap bentuk korupsi.
Pendidikan anti korupsi adalah program pendidikan tentang korupsi yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kepedulian warganegara terhadap bahaya dan akibat dari tindakan korupsi.
Pendidikan anti korupsi diberikan agar terciptanya generasi muda yang dengan sadar dan memahami bahaya korupsi, bentuk-bentuk korupsi, dan juga mengetahui sanksi-sanksi yang akan diterima jika seseorang melakukan korupsi.
Kesimpulan :
Alhamdulillah, kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar dan seru. siswa aktif terlibat. mereka antusias menyampaikan ide dan pendapat mengenai materi hari ini dan Tuntas dalam kegiatan pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar