Hari/ Tanggal : Senin, 20 November 2023
Kelas: IV A
BAHASA INDONESIA
Bab : 4. Meliuk dan Menerjang
Materi : MAJAS
CP :
1. Menyimak
· Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
2. Membaca dan Memirsa
· Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informasi dan mampu menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
3. Berbicara dan Mempresentasikan
· Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh (gestur) yang santun; menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks; serta mengajukan dan menanggapi pertanyaan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan lebih aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan menerapkan tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beragam.
4. Menulis
· Peserta didik mampu menulis teks narasi, deskripsi, rekon, prosedur, dan eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam serta informasi yang lebih terperinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik makin terampil menulis tegak bersambung.
MATEMATIKA
Bab : FPB
CP :
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,
IPAS
Capaian Pembelajaran
1. Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra)
2. Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup
3. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup
Apa kabar anak-anak bu Tutik hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
MATEMATIKA
Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
Langkah mencari FPB dari dua bilangan
- Tentukan faktorisasi prima dari kedua bilangan dengan menggunakan pohon faktor
- Faktor prima yang sama dengan pangkat terkecil
Contoh:
Tentukan FPB dari 4 dan 8
Pembahasan:
Faktorisasi prima 4 = 2 x 2 = 22
Faktorisasi prima 8 = 2 x 2 x 2 = 23
Jadi FPB dari 4 dan 8 adalah 22
Menentukan FPB dari Dua Bilangan
Bagaimana anak hebat, apakah ananda sudah paham tentang FPB? Semoga ananda sudah memahaminya. Supaya ananda lebih memahaminya, kerjakan soal latihan berikut ini ya!
1). 12 dan 16
Pembahasan:
Faktorisasi prima 12 = 2 x 2 x 3 = 22 x 3
Faktorisasi prima 16 = 2 x 2 x 2 x 2 = 24
Jadi FPB dari 12 dan 16 adalah 22 = 4
2). 15 dan 18
Pembahasan:
Faktorisasi prima 15 = 3 x 5
Faktorisasi prima 18 = 2 x 3 x 3 = 2 x 32
Jadi FPB dari 15 dan 18 adalah 3
3). 18 dan 20
Pembahasan:
Faktorisasi prima 18 = 2 x 3 x 3 = 2 x 32
Faktorisasi prima 20 = 2 x 2 x 5 = 22 x 5
Jadi FPB dari 18 dan 20 adalah 2
4). 20 dan 36
Pembahasan:
Faktorisasi prima 20 = 2 x 2 x 5 = 22 x 5
Faktorisasi prima 36 = 2 x 2 x 3 x 3 = 22 x 32
Jadi FPB dari 20 dan 36 adalah 22 = 4
5). 24 dan 28
Pembahasan:
Faktorisasi prima 24 = 2 x 2 x 2 x 3 = 23 x 3
Faktorisasi prima 28 = 2 x 2 x 7 = 22 x 7
Jadi FPB dari 24 dan 28 adalah 22 = 4
Contoh soal 1
Ayo tulislah semua faktor persekutuan dari pasangan bilangan berikut. Lalu temukan FPB nya.
1. (6 dan 12)
2. (18 dan 20)
3. (32 dan 42)
Jawaban:
Faktor bilangan 6 = 1, 2, 3, dan 6.
Faktor bilangan 12 = 1, 2, 3, 4, 6, dan 12.
FPB 6 dan 12 adalah 6
Faktor bilangan 18 = 1, 2, 3, 6, 9, dan 18.
Faktor bilangan 20 = 1, 2, 4, 5, 10, dan 20.
BAHASA INDONESIA
Majas Personifikasi
- Indonesia masih merajai dunia olahraga badminton.
- Dunia mengingat Indonesia pernah meraih sepasang medali emas di Olimpiade 1992.
- Bulu tangkis tumbuh dan berkembang pesat dari hari ke hari.
- Olahraga tepuk bulu ini perlahan meniti tangga menjadi favorit dunia.
- Sejak itu Indonesia makin bersemangat mengumpulkan berbagai medali kejuaraan dalam pertandingan bulu tangkis tingkat dunia.
- Bulu tangkis sendiri adalah cabang olah raga yang berusia sangat lama.
- Perhatikan benda-benda di sekitar kalian. Misalnya pensil, sepatu, sapu, pohon, daun, matahari, dan sebagainya.
- Bayangkan benda itu dapat bertingkah laku seperti manusia. Sesuaikan dengan keadaannya saat ini. Misalnya kalian melihat teman kalian menulis dengan pensil. Pensil itu bergerak di atas kertas. Kalian bisa membuat sebuah kalimat majas personifikasinya: Pensil Dita menari-nari di atas kertas dan bercerita tentang liburan sekolah.
- Kalian dapat menuliskan majas personifikasi yang sudah kalian temukan di selembar kertas, lalu buatlah hiasan dan gambar yang sesuai.
- Tempelkan atau pasanglah karya kalian pada papan pajangan di kelas.
- Pensil Dita menari-nari di atas kertas dan bercerita tentang liburan sekolah.
- Kupu-kupu menari indah di antara bunga.
- Bunga-bunga mengangguk menyambut kehadiran sang surya.
- Setiap pagi alarm handphone bernyanyi membangunkanku dari kesiangan
- Matahari tersenyum manis menyapaku di pagi hari
- Kotak dus dengan ukuran cukup besar, seperti dus makanan atau sepatu.
- Kertas hitam untuk alas.
- Gunting/cutter.
- Pensil.
- Senter.
- Penggaris.
- Buatlah lubang kecil ukuran 0,5-1 cm pada sisi depan dan belakang kardus. Pastikan lubang dalam posisi yang sama. Gunakan penggaris sebagai alat bantu.
- Pastikan dus tidak dalam kondisi tertutup dan kalian bisa melihat bagian dalam dus.
- Simpan dus di atas kertas hitam.
- Nyalakan senter dan arakan sinarnya ke lubang pada dus.
- Amati bagian dalam dus dan cahaya di lubang yang lain.
- Diskusikan dengan kelompok kalian pertanyaan berikut : a. Transformasi energi apa yang terjadi pada senter? b. Apa yang terlihat pada bagian dalam dus saat disinari dengan senter? c. Apa yang terlihat pada lubang satunya saat disinari dengan senter? d. Bisakah kalian mengamati pergerakan cahayanya? Ke mana cahaya bergerak?
- Tuliskan hasil diskusi pada buku tugas.
Energi kimia (tersimpan pada baterai) menjadi energi listrik menjadi energi cahaya.
Terlihat sinar lurus.
Ada cahaya yang keluar dari lubang.
Cahaya masuk ke dalam kotak dan keluar lagi pada lubang seberangnya. Ini menunjukkan bahwa cahaya bergerak.
- 2 buah gelas plastik.
- Benang kasur minimal 1 m.
- Gunting.
- Jarum.
- Buatlah telepon benang dari gelas plastik. Lubangi bagian dasar gelas dengan jarum dan masukkan benang ke dalamnya.
- Ikat benang dari bagian dalam gelas agar tidak copot.
- Cobalah untuk berbicara dengan teman kalian melalui telepon ini. Pastikan benang berada dalam posisi tegak dan tegang.
- Saat berbicara, teman kalian yang lain akan memegang benang dan merasakannya.
- Diskusikan dengan teman kelompok pertanyaan berikut. a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini? b. Apa transformasi energi yang kalian lihat? c. Apakah menurut kalian yang membuat benang terasa bergetar? d. Apakah kalian bisa melihat pergerakan bunyi pada percobaan ini? Menurut kalian ke mana bunyi bergerak?
- Tuliskan hasil diskusi pada buku tugas.
Energi bunyi dan energi kinetik.
Energi bunyi dari suara teman yang berbicara menjadi energi kinetik (gerakan garam).
Energi bunyi menggetarkan balon, sehingga garam ikut bergerak.
Suara itu sampai ke telinga teman dan menggetarkan benang. Ini menunjukkan bahwa bunyi bergerak.
- Air panas (sebaiknya simpan dalam termos).
- Cangkir.
- Sendok teh berbahan stainless steel 2 buah
- Tuangkan air panas dalam cangkir.
- Simpan 1 sendok teh dalam cangkir.
- Tunggu selama 5 menit. Peganglah ujung sendok bagian atas yang tidak tercelup air.
- Bandingkan rasanya dengan sendok yang tidak dicelupkan dalam air.
- Diskusikan dengan teman kelompok pertanyaan berikut. a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini? b. Benda apakah yang berperan sebagai sumber panas? c. Apa perbedaan sendok yang dicelupkan ke air panas dengan yang tidak? d. Apakah kalian bisa melihat pergerakan panas pada percobaan ini? Menurut kalian ke mana panas bergerak?
- Tuliskan hasil diskusi pada lembar kerja.
Energi panas.
Air panas.
Sendok pada air panas akan menjadi panas.
Panas pada air bisa sampai ke ujung sendok yang tidak tercelup air. Ini menunjukkan bahwa panasnya bergerak dari air ke sendok.
- Energi cahaya Matahari bergerak dari luar angkasa dan sampai ke Bumi.
- Energi panas dari api bergerak menghangatkan badan kalian.
- Suara alat musik bergerak sampai ke telinga kalian.
- Listrik dari pusat pembangkit listrik bergerak dalam kabel sampai ke rumah kalian.
Energi yang ada pada benda-benda yang bergerak.
Energi cahaya, energi panas, energi bunyi, dan energi listrik.
Karena energi ini bergerak walaupun kita tidak bisa mengamati secara langsung gerakannya.
Energi gerak pada jari berubah menjadi energi bunyi pada senar gitar, energi bunyi menjadi energi gerak pada telepon mainan dari benang, energi listrik dari pusat pembangkit listrik menjadi energi cahaya di rumah.
- Ban sepeda akan terasa panas saat kalian pakai.
- Badan kalian akan terasa panas sehabis berolahraga.
- Petir yang keras akan membuat kaca-kaca bergetar.
- Bahkan leher kalian akan terasa bergetar saat berbicara.
- Buatlah ilustrasi untuk kegiatan pada masing-masing energi.
- Berikan tanda panah untuk menggambarkan arah gerak pada energi cahaya, bunyi, dan panas.
- Berikan warna agar gambar kalian terlihat menarik.
- Tunjukkan dan jelaskan hasil karya kalian pada teman-teman agar mereka juga mendapatkan ilmu.
- Energi kinetik adalah energi yang disebabkan oleh gerak.
- Energi yang termasuk energi kinetik yaitu energi bunyi, energi panas, energi cahaya, dan energi listrik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar