Jumat, 24 November 2023

Materi Ajar: Jumat, 24 November 2023

Hari/ Tanggal : Jum'at, 24  November 2023

Kelas: IV A

 BAHASA INDONESIA     

Bab : 4 Meliuk dan Menerjang

CP    : 

1. Menyimak

·         Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

2. Membaca dan Memirsa

·         Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informasi dan mampu menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

3. Berbicara dan Mempresentasikan

·         Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh (gestur) yang santun; menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks; serta mengajukan dan menanggapi pertanyaan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan lebih aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan menerapkan tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beragam.

4. Menulis

·         Peserta didik mampu menulis teks narasi, deskripsi, rekon, prosedur, dan eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam serta informasi yang lebih terperinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik makin terampil menulis tegak bersambung.

 

TP/ ATP:

1

  • Melalui beragam teks dan kegiatan, peserta didik dapat menulis dengan struktur argumentasi, mengenal pemakaian awalan ‘ber-’ dan menggunakannya, menyampaikan petunjuk arah, serta menulis teks dengan struktur deskripsi.
IPAS

Capaian Pembelajaran 

1.  Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia  (panca indra)

2.   Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup

3. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup

                                    

Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah  tujuan pembelajaran yang akan  dicapai adalah:  Peserta didik dapat  memahami makna bersikap sederhana  dan mengidentifikasi contoh energi kinetik dalam kehidupan sehari-hari. 

BAHASA INDONESIA
KISI-KISI SOAL SAS
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
(1) Menentukan kalimat utama
(2) Mencatat hal-hal yang dibicarakan
(3) Mendengarkan teks dengan saksama
(4) Menentukan pokok pikiran
Urutan cara memperoleh informasi dalam teks yang tepat adalah ....
a. (1) - (2) - (3) - (4)
b. (2) - (1) - (3) - (4)
c. (3) - (4) - (2) - (1)
d. (4) - (3) - (2) - (1)

2. Kata berikut ini yang yang memiliki enam suku kata adalah ….
a. variasi
b. rehabilitasi
c. delima
d. kacamata

3. Ibu membeli sayuran di pasar.
Objek pada kalimat di atas adalah ….
a. ibu
b. membeli
c. sayuran
d. pasar

4. Perhatikan kalimat berikut ini!
(1) Penonton tertawa.
(2) Polisi menangkap pencuri.
(3) Petani menanam padi.
(4) Kepala sekolah berpidato.
Kalimat transitif ditunjukkan oleh kalimat nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)

5. Kalimat berikut merupakan kalimat intransitif adalah ….
a. Adik berteriak karena ketakutan.
b. Ibu menuang jus ke gelasku.
c. Amanda dapat memukul bola kasti itu hingga jauh.
d. Ayah membuat rak buku dari kayu

6. Ibu menanam bunga mawar tadi pagi.
Pola kalimat di atas yang benar adalah ….
a. S – P – 0 – K 
b. K – S – P – 0 
c. S – P – K – O
d. O – P – S – K

7. Kata-kata sulit yang ditemukan pada sebuah teks dapat dicari artinya di ….
a. Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia
b. Buku Pedoman Penentuan Istilah
c. Kamus Bahasa Inggris-Indonesia
d. Kamus Besar Bahasa Indonesia

8. Perhatikan cerita berikut ini!
    Dengan tertatih-tatih seorang nenek tua berjalan menelusuri danau yang kekeringan. Dilihatnya ikan-ikan menggelepar-gelepar kekurangan air. Kemudian, nenek itu mengambil ikan-ikan dan membawanya ke tempat yang terdapat air. Tak disangka, ikan itu berkata, "Nenek yang baik, kau telah menolongku dengan ikhlas. Sekarang ambillah emas ini untuk hidupmu sehari-hari." Nenek itu terperanjat penuh gembira.
Karakter nenek dalam penggalan cerita di atas adalah ....
a. jujur
b. suka menolong
c. suka berbohong
d. sombong

Bacalah penggalan dongeng berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10 !
    Kancil memberanikan diri menghampiri para buaya dan membuat kesepakatan dengan buaya untuk membantunya menyeberangi sungai. Kesepakatan tersebut bahwa kancil akan membawa berita baik dari raja hutan untuk memberikan daging kepada para buaya di sungai. 
    Merasa percaya dengan ucapan kancil, buaya pun menyepakatinya dan bersedia berbaris dari tepi sungai sampai ke ujung seberang sungai hingga membentuk jembatan. Kancil pun menyeberangi sungai dengan bantuan para buaya. Namun sesampainya di seberang sungai, kancil langsung mengucapkan terima kasih, kemudian langsung melarikan diri. Hal ini pun membuat para buaya marah karena merasa dibohongi.

9. Tokoh utama dalam cerita adalah ....
a. buaya
b. merpati
c. kancil
d. semut

10. Watak kancil adalah ....
a. ramah
b. sabar
c. penyayang
d. cerdik

11. Fase balita pada anak terjadi pada usia di bawah 5 tahun atau usia 2-5 tahun.
Arti kata fase adalah ….
a. jangka waktu tertentu yang ada permulaan dan batasnya
b. rancangan yang tersusun di dalam pikiran; gagasan; cita-cita
c. tingkatan masa (perubahan, perkembangan, dan sebagainya)
d. luapan perasaan yang berkembang dan surut dalam waktu singkat

12. Adik suka makan coklat.
Kata tidak baku pada kalimat di atas adalah ....
a. suka
b. makan
c. coklat
d. adik

13. Berikut ini termasuk contoh kata baku yang benar adalah ….
a. subjek, hafal, indra
b. subyek, hapal, indra
c. subjek, hapal, indera
d. subyek, hafal, indera

14. Sebab atau alasan terjadinya suatu peristiwa merupakan jawaban dari pertanyaan dengan kata tanya ….
a. apa
b. mengapa
c. kapan
d. siapa

15. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
(1) Membaca sebagian kalimat dalam paragraf secara sekilas.
(2) Menentukan kalimat yang mengandung informasi paling penting dari paragraf tersebut.
(3) Menentukan jenis paragraf dengan melihat letak kalimat utamanya.
(4) Menentukan ide pokok yang dinyatakan dalam kalimat utama tersebut.
Langkah mengidentifikasi ide pokok dalam sebuah paragraf ditunjukkan oleh nomor ….
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)

16. Kata dasar yang dapat mengubah awalan me- menjadi meng- adalah ….
a. ikat
b. tari
c. baca
d. sapu

17. Dita menyapu halaman rumahnya.
Arti kata yang bercetak tebal pada kalimat di atas memiliki makna ….
a. mengerjakan dengan alat
b. membuat jadi
c. berbuat seperti
d. menuju ke suatu tempat

18. Membaca dalam upaya mencari informasi secara detail disebut ....
a. membaca sekilas
b. membaca memindai
c. membaca intensif
d. membaca cepat

19. Orang yang bertindak sebagai pemandu diskusi yang bertugas mengatur dan mengarahkan jalannya diskusi adalah ….
a. moderator
b. peserta
c. sekretaris
d. panelis

20. Perhatikan beberapa sumber informasi berikut ini!
(1) televisi
(2) koran
(3) internet
(4) majalah

Sumber informasi berupa media cetak ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)

21. Berikut ini yang merupakan etika dalam berwawancara dengan narasumber adalah ....
a. bertanya secara panjang dan berbelit-belit
b. bertanya dengan bahasa yang sopan dan santun
c. menundukkan kepala
d. tersenyum terus-menerus saat wawancara

22. Perhatikan dua kalimat berikut!
(1) Nindi suka makanan manis.
(2) Ratna suka makanan pedas.
Konjungsi yang tepat untuk menggabungkan kalimat di atas adalah ….
a. ketika
b. kemudian
c. sedangkan
d. lalu

23. Bacalah paragraf berikut ini!
    Suasana pagi hari di Taman Wisata Kaliurang sangat sejuk dan menyenangkan. Kicau burung bersahut-sahutan. Semilir angin sepoi-sepoi menambah sejuknya udara pagi. Warna-warni bunga yang ada di taman membuat orang betah duduk. Taman dihiasi pepohonan. Taman itu juga dihiasi beberapa patung bangau putih. Patung- patung itu terlihat sangat unik. Di tengah taman terdapat kolam. Di tengah kolam terdapat air mancur. Aneka mainán anak-anak turut melengkapi Taman Wisata Kaliurang.
Gagasan utama pada paragraf di atas terletak pada ....
a. awal paragraf
b. tengah paragraf
c. akhir paragraf
d. awal dan akhir paragraph

24. Mengapa kamu menyukai kucing?
Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah ....
a. namanya Beri
b. karena kucing itu lucu
c. dari paman
d. minggu lalu

25. Berikut ini yang termasuk tugas panelis adalah ….
a. menjelaskan tujuan diskusi
b. mengatur jalannya diskusi
c. membuat kesimpulan dan merumuskan pembicaraan
d. menyampaikan materi

26. Isi pembicaraan dalam diskusi perlu dicatat menjadi sebuah rangkuman.
Hal-hal berikut yang tidak tepat untuk sebuah rangkuman adalah ....
a. Berisi inti permasalahan yang dibahas dalam makałah
b. Berisi tanggapan para peserta
c. Berisi tanggapan pembicara terhadap tanggapan para peserta
d. Berisi mengenai berita-berita paling baru dan terpercaya

27. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
(1) Menggunakan bahasa nonformal.
(2) Menggunakan data pendukung.
(3) Bersifat memperkuat pendapat.
(4) Berusaha tidak menyinggung.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan pendapat berupa persetujuan ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1). (3), dan (4)
d. (2). (3), dan (4)

28. Irvan sedang mewawancarai Bu Endang.
Posisi Bu Endang adalah sebagai seorang ….
a. moderator
b. panelis
c. narasumber
d. pewawancara

29. Seorang siswa akan mewawancarai seseorang yang hobi menanam tanaman hias.
Kalimat wawancara yang tepat untuk disampaikan siswa tersebut adalah ….
a. Ke mana bapak menjual tanaman-tanaman ini?
b. Sejak kapan bapak gemar menanam tanaman hias?
c. Mengapa bapak tidak menanam sayuran saja?
d. Mengapa bapak tidak merawat tanaman ini dengan baik?

30. Paragraf deskripsi yang menjelaskan tentang ruang dan tempat berlangsungnya peristiwa adalah paragraf deskripsi ....
a. subjektif
b. spasial
c. efektif
d. objektif

31. Berikut ini yang merupakan contoh kalimat majemuk setara adalah ….
a. Setiap Sabtu ayah bersepeda pagi.
b. Nina menyukai warna merah.
c. Andi berkunjung ke rumah nenek.
d. Edo sedang belajar ketika ayah pulang bekerja.

32. Perhatikan paragraf berikut ini!
    Pemandangan pantai Mojopahit-Mojokerto sangat mempesona. Di sebelah kiri terlihat tebing yang amat tinggi. Di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.

Anggota pancaindra yang seolah-olah dapat merasakan objek yang dideskripsikon pada paragraf di atas adalah ….
a. mata
b. hidung
c. telinga 
d. lidah

Bacalah cerita berikut ini untuk menjawab soal nomor 33 dan 34!
    Seekor anak rubah bernama Fen bertanya kepada ibunya, "Ibu, kenapa aku tidak boleh keluar dan bermain pada siang hari?"Ibu tersenyum, lalu menjawab, "Karena di gurun pasir sinar mataharinya sangat panas." Fen tidak mengerti. Hal itu bukanlah jawaban yang dia inginkan. Akhirnya, suatu hari ketika semua rubah tertidur lelap, Fen diam-diam pergi ke luar rumah. "Hemm, aku ingin tahu seberapa panasnya di luar sana,"gumamnya. Belum jauh ia berjalan, Fen sudah tak tahan lagi. Ia
melompat-lompat kepanasan.

33. Keteladanan yang dapat diambil dari cerita di atas adalah adalah ....
a. tertidur lelap di siang hari
b. diam-diam pergi dari rumah
c. sikap belajar dan ingin tahu
d. bermain di luar rumah

34. Permasalahan yang dihadapi Fen adalah ....
a. tidak dapat tidur pada siang hari
b. tidak memiliki teman
c. kepanasan di siang hari
d. penasaran terhadap larangan dari ibunya

35. Bacalah kutipan cerita rakyat berikut!
    Ketika ibu Maling Kundang menyapa anaknya, Malin Kundang tidak mempedulikannya. Bahkan ia membentak, menendang, dan tidak mengakui sebagai ibunya. Sikap seperti itu membuat ibunya tanpa sadar mengeluarkan kutukan terhadap anaknya. Akhirnya, Malin kundang berubah menjadi batu.
Watak Maling Kundang dalam cerita tersebut adalah ....
a. rendah hati
b. bijaksana
c. setia
d. durhaka

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. (1) Bunga melati merupakan jenis tanaman bunga yang banyak orang kenal karena harumnya. (2) Bunga melati juga sering dijadikan aksesoris pengantin wanita pada adat orang Jawa. (3) Bahkan harumnya yang sangat khas, ada minuman teh yang memiliki aroma melati. (4) Bunga melati juga sering digunakan sebagai bahan dan aroma saat melakukan terapi kecantikan.
Kalimat utama teks tersebut pada kalimat nomor ……………………………………………………………..

2. Struktur cerita yang disusun oleh rentetan peristiwa yang dialami oleh pelaku disebut ……………….
3. Kelelawar adalah hewan yang aktif di malam hari.
Kata kelelawar pada kalimat di atas memiliki suku kata berjumlah …………………………………………
4. Rafa menulis surat.
Kalimat di atas merupakan jenis kalimat ……………………………………………………………………….

5. Hal pertama yang harus dilakukan dalam persiapan diskusi adalah menentukan ……………………..
6. Orang yang memberikan materi diskusi atau pembicara dalam diskusi disebut ……………………….
7. Rika dan Nadia hendak mencari informasi tentang cara mencegah penyakit flu.
Narasumber yang tepat untuk mendapatkan informasi tersebut adalah ……………………………………

8. "Sejak kapan kamu belajar berenang?"
Kata tanya kapan pada pertanyaan di atas digunakan untuk menanyakan ………………………………..
9. Menutup diskusi dan membuat laporan adalah tugas dari ...................................................................
10. Paragrat yang berisi penjelasan mengenai objek. gagasan, tempat, atau peristiwa secara rinci dan detail adalah paragraf …………………………………………………………………………………………….

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan alur dalam cerita ?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………….

2.Tuliskan pola susunan (SPOK) kalimat berikut ini!
a. Budi mengerjakan PR.
b. Ayah mencuci motor pada hari Minggu.
c. Diana menggambar bunga.
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………….

3. Tambahkan awalan me- pada kata dasar berikut, kemudian buatlah kalimat dari kata berimbuhan yang terbentuk!
a. garuk
b. cat
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………….

4. Tentukan arti dari kata homonim berikut ini !
a. Mereka bertemu pada bulan Juni lalu.
b. Sinar bulan malam ini begitu indah.
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………….

5. Buatlah kalimat majemuk setara menggunakan konjungsi berikut ini!
a. dan
b. tetapi
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………….

Kunci Jawaban Room I

1. c. (3) - (4) - (2) - (1)
2. b. rehabilitasi
3. c. sayuran
4. c. (2) dan (3)
5. a. Adik berteriak karena ketakutan.
6. a. S – P – 0 – K 
7. d. Kamus Besar Bahasa Indonesia
8. b. suka menolong
9. c. kancil
10. d. cerdik
11. c. tingkatan masa (perubahan, perkembangan, dan sebagainya)
12. c. coklat
13. a. subjek, hafal, indra
14. b. mengapa
15. b. (1), (2), dan (4)
16. a. ikat
17. a. mengerjakan dengan alat
18. c. membaca intensif
19. a. moderator
20. d. (2) dan (4)
21. b. bertanya dengan bahasa yang sopan dan santun
22. c. sedangkan
23. a. awal paragraf
24. b. karena kucing itu lucu
25. d. menyampaikan materi
26. d. Berisi mengenai berita-berita paling baru dan terpercaya
27. d. (2). (3), dan (4)
28. c. narasumber
29. b. Sejak kapan bapak gemar menanam tanaman hias?
30. b. spasial
31. d. Edo sedang belajar ketika ayah pulang bekerja.
32. a. mata
33. c. sikap belajar dan ingin tahu
34. c. kepanasan di siang hari
35. d. durhaka

Kunci Jawaban Room II

1. (1) 
2. plot atau alur
3. empat
4. transitif
5. tujuan dilakukannya diskusi
6. panelis
7. dokter
8. waktu
9. moderator
10. deskripsi

Kunci Jawaban Room III

1.  Alur dalam cerita adalah rangkaian atau susunan cerita sejak awal hingga akhir
2. a. Budi mengerjakan PR = Budi (Subjek) mengerjakan (Predikat) PR (Objek)
b. Ayah mencuci motor pada hari Minggu = Ayah (Subjek) mencuci (Predikat) motor (Objek) pada hari Minggu (Keterangan)
c. Diana menggambar bunga = Diana (Subjek) menggambar (Predikat) bunga (Objek)

3. a. garuk = menggaruk. Contoh = Adik menggaruk kepalanya karena gatal
b. cat = mengecat. Contoh = Pak tukang sedang mengecat pagar rumahku

4. a. Mereka bertemu pada bulan Juni lalu.
(arti kata bulan = satuan waktu dalam kalender)
b. Sinar bulan malam ini begitu indah.
(arti kata bulan = satelit alami Bumi)

5. Kalimat majemuk setara menggunakan konjungsi :
a. dan 
Contoh :  Masalah itu sudah disampaikan kepada Guru dan sudah dicarikan solusinya.
b. tetapi 
Contoh : Besok sudah mulai ujian sekolah, tetapi Aldi belum belajar sama sekali.

Demikianlah Soal PTS/STS 1 Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka

 
PAK ( Pentingnya bertanggung jawab)
Sederhana adalah kebiasaan atau perilaku sehari-hari yang dilakukan sesuai kebutuhan dan kemampuan serta tidak mencerminkan sikap yang berlebihan atau mengandung unsur kemewahan. Sederhana ditekankan pada unsur dan kemampuan materi atau keuangan, misalnya: makan, minum, jajan, membeli buku, rumah, dan kendaraan.

IPAS
ENERGI KINETIK 

Energi gerak adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda yang berpindah. Setiap benda yang memiliki kecepatan disebut sebagai benda yang memiliki energi gerak. Misalnya, tiupan angin yang dapat menggerakan kincir angin, atau bola billiard yang semakin cepat bergerak apabila semakin kuat kita dorong. Energi gerak pada benda tersebut secara otomatis akan semakin besar.

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena gerak yang dilakukan atau dialaminya. Kata kinetik berasal dari bahasa Yunani yaitu kinetikos yang artinya bergerak. Maka dari itu, semua benda yang bergerak, sudah pasti memiliki energi kinetik. Energi kinetik disebut juga dengan energi gerak. Energi cahaya, panas, listrik, dan bunyi adalah bagian dari energi kinetik.

Simak video berikut!



1. Energi cahaya
Cahaya akan merambat dari sumber cahaya melalui gelombang elektromagnetik sehingga menerangi area sekitarnya. Cahaya dari Matahari merambat melewati jarak yang sangat jauh dan sampai ke Bumi. Pergerakan ini yang membuat energi cahaya termasuk bagian dari energi kinetik. Sampai saat ini tidak ada yang mengalahkan kecepatan cahaya bergerak.

2. Energi panas
Adanya panas, membuat partikel penyusun benda bergerak lebih aktif dibanding pada benda yang lebih dingin. Akibatnya, energi panas pada suatu benda akan bergerak ke benda yang lebih dingin.Salah satunya dengan cara kontak langsung. Perpindahan energi panas ini akan terjadi sampai kedua benda mencapai temperatur yang sama. Ketika mencampur air panas dengan air dingin, energi panas akan berpindah ke air dingin sampai suhu pada kedua air sama.

Wajan yang dipakai menggoreng, akan menjadi panas karena bersentuhan dengan api (sumber energi panas). Panas Matahari terasa sampai ke badan walau kita tidak bersentuhan dengan Matahari. Ini pengamatan sederhana yang menggambarkan bahwa energi panas bergerak.

3. Energi bunyi
Bunyi terjadi karena adanya getaran pada suatu benda. Ketika mengeluarkan bunyi, benda akan mengeluarkan gelombang suara yang bisa merambat melalui udara, air, ataupun benda padat. Gelombang suara ini akan bergerak dan masuk ke telinga manusia. Akibatnya kita bisa mendengar bunyi yang dihasilkan.

4. Energi Listrik
Energi listrik: energi listrik bisa terjadi karena adanya pergerakan elektron pada rangkaian listrik. Tanpa pergerakan elektron ini, energi listrik tidak akan terbentuk. Kawat berperan sebagai jalur elektron bergerak.

Mari Mencoba
Tidak semua pergerakan energi bisa kita lihat dengan mata. Namun ,ada beberapa percobaan yang membantu kalian mempelajarinya dengan lebih mudah.

Percobaan 1: Energi Cahaya
Alat dan bahan
  1. Kotak dus dengan ukuran cukup besar, seperti dus makanan atau sepatu.
  2. Kertas hitam untuk alas.
  3. Gunting/cutter.
  4. Pensil.
  5. Senter.
  6. Penggaris.

Langkah Percobaan:
Senter Menyala
  1. Buatlah lubang kecil ukuran 0,5-1 cm pada sisi depan dan belakang kardus. Pastikan lubang dalam posisi yang sama. Gunakan penggaris sebagai alat bantu.
  2. Pastikan dus tidak dalam kondisi tertutup dan kalian bisa melihat bagian dalam dus.
  3. Simpan dus di atas kertas hitam.
  4. Nyalakan senter dan arakan sinarnya ke lubang pada dus. 
  5. Amati bagian dalam dus dan cahaya di lubang yang lain.
  6. Diskusikan dengan kelompok kalian pertanyaan berikut : a. Transformasi energi apa yang terjadi pada senter? b. Apa yang terlihat pada bagian dalam dus saat disinari dengan senter? c. Apa yang terlihat pada lubang satunya saat disinari dengan senter? d. Bisakah kalian mengamati pergerakan cahayanya? Ke mana cahaya bergerak?
  7. Tuliskan hasil diskusi pada buku tugas.

Hasil Diskusi
a. Transformasi energi apa yang terjadi pada senter?
Energi kimia (tersimpan pada baterai) menjadi energi listrik menjadi energi cahaya. 
b. Apa yang terlihat pada bagian dalam dus saat disinari dengan senter?
Terlihat sinar lurus.
c. Apa yang terlihat pada lubang satunya saat disinari dengan senter?
Ada cahaya yang keluar dari lubang. 
d. Bisakah kamu mengamati pergerakan cahayanya? Ke mana cahaya bergerak?
Cahaya masuk ke dalam kotak dan keluar lagi pada lubang seberangnya. Ini menunjukkan bahwa cahaya bergerak.

Percobaan 2: Energi Bunyi
Alat dan bahan
  1. 2 buah gelas plastik.
  2. Benang kasur minimal 1 m.
  3. Gunting.
  4. Jarum.

Langkah Percobaan
  1. Buatlah telepon benang dari gelas plastik. Lubangi bagian dasar gelas dengan jarum dan masukkan benang ke dalamnya.
  2. Ikat benang dari bagian dalam gelas agar tidak copot.
  3. Cobalah untuk berbicara dengan teman kalian melalui telepon ini. Pastikan benang berada dalam posisi tegak dan tegang.
  4. Saat berbicara, teman kalian yang lain akan memegang benang dan merasakannya.
Telepon Mainan
  1. Diskusikan dengan teman kelompok pertanyaan berikut. a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini? b. Apa transformasi energi yang kalian lihat? c. Apakah menurut kalian yang membuat benang terasa bergetar? d. Apakah kalian bisa melihat pergerakan bunyi pada percobaan ini? Menurut kalian ke mana bunyi bergerak?
  2. Tuliskan hasil diskusi pada buku tugas.

Hasil Diskusi
a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini?
Energi bunyi dan energi kinetik.
b. Apa transformasi energi yang kalian lihat?
Energi bunyi dari suara teman yang berbicara menjadi energi kinetik (gerakan garam).
c. Apakah menurut kalian yang membuat garam bergerak?
Energi bunyi menggetarkan balon, sehingga garam ikut bergerak.
d. Apakah kalian bisa melihat pergerakan bunyi pada percobaan ini? Ke mana menurutmu bunyi bergerak?
Suara itu sampai ke telinga teman dan menggetarkan benang. Ini menunjukkan bahwa bunyi bergerak.

Percobaan 3: Energi Panas
Alat dan bahan
  1. Air panas (sebaiknya simpan dalam termos).
  2. Cangkir.
  3. Sendok teh berbahan stainless steel 2 buah

Langkah Percobaan
  1. Tuangkan air panas dalam cangkir.
  2. Simpan 1 sendok teh dalam cangkir.
  3. Tunggu selama 5 menit. Peganglah ujung sendok bagian atas yang tidak tercelup air.
Sendok dan Air Panas
  1. Bandingkan rasanya dengan sendok yang tidak dicelupkan dalam air.
  2. Diskusikan dengan teman kelompok pertanyaan berikut. a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini? b. Benda apakah yang berperan sebagai sumber panas? c. Apa perbedaan sendok yang dicelupkan ke air panas dengan yang tidak? d. Apakah kalian bisa melihat pergerakan panas pada percobaan ini? Menurut kalian ke mana panas bergerak?
  3. Tuliskan hasil diskusi pada lembar kerja.

Hasil Diskusi
a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini?
Energi panas.
b. Benda apakah yang berperan sebagai sumber panas?
Air panas.
c. Apa perbedaan sendok yang dicelupkan ke air panas dengan yang tidak?
Sendok pada air panas akan menjadi panas.
d. Apakah kalian bisa melihat pergerakan panas pada percobaan ini? Menurut kalian kemana panas bergerak?
Panas pada air bisa sampai ke ujung sendok yang tidak tercelup air. Ini menunjukkan bahwa panasnya bergerak dari air ke sendok.

Energi Kinetik
Semua yang bergerak akan memiliki energi kinetik. Walaupun beberapa energi gerakannya tidak terlihat, tetapi kita dapat merasakannya.
  1. Energi cahaya Matahari bergerak dari luar angkasa dan sampai ke Bumi.
  2. Energi panas dari api bergerak menghangatkan badan kalian.
  3. Suara alat musik bergerak sampai ke telinga kalian.
  4. Listrik dari pusat pembangkit listrik bergerak dalam kabel sampai ke rumah kalian.

Mari Refleksikan
1. Apa yang dimaksud dengan energi kinetik?
Energi yang ada pada benda-benda yang bergerak.
2. Energi apa saja yang termasuk ke dalam energi kinetik?
Energi cahaya, energi panas, energi bunyi, dan energi listrik.
3. Mengapa energi ini termasuk ke dalam energi kinetik?
Karena energi ini bergerak walaupun kita tidak bisa mengamati secara langsung gerakannya.
4. Perubahan energi apa saja yang bisa terjadi pada energi kinetik?
Energi gerak pada jari berubah menjadi energi bunyi pada senar gitar, energi bunyi menjadi energi gerak pada telepon mainan dari benang, energi listrik dari pusat pembangkit listrik menjadi energi cahaya di rumah.

KISI SOAL SAS IPAS
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Berikut ini bukan kegunaan batang bagi tumbuhan adalah ….
a. sebagai penopang
b. penyimpan cadangan makanan
c. pengangkut air dan zat-zat makanan
d. menyerap air dan zat hara (mineral) dari dalam tanah 

2. Bagian daun dikatakan lengkap jika memiliki bagian ....
a. tulang daun dan helai daun
b. tangkai daun dan pelepah daun
c. tulang daun, tangkai daun, dan pelepah daun
d. tulang daun, helai daun, tangkai daun, dan pelepah daun

3. Kemampuan tumbuhan untuk dapat mengolah makanan sendiri disebut ….
a. asimilasi
b. respiras
c. fotosintesis
d. reaksi

4. Cahaya Matahari berperan penting dalam proses fotosintesis. Pernyataan berikut yang sesuai untuk proses berlangsungnya fotosintesis adalah ….
a. Cahaya Matahari sebagai satu-satunya sumber energi
b. Fotosintesis memerlukan oksigen dan karbon dioksida.
c. Fotosintesis menghasilkan air dan karbon dioksida.
d. Fotosintesis dapat terjadi meskipun hanya menggunakan lampu neon

5. Perhatikan gambar berikut!
Contoh Soal PTS/STS IPAS Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka Gambar 1
Alat kelamin betina pada bunga ditunjukkan dengan angka ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

6. Serangga dapat membantu penyerbukan karena ….
a. Benang sari yang menempel pada serangga dapat menempel ke putik bunga lain.
b. Putik yang menempel pada serangga terbawa dan menempel ke bunga lain.
c. Serbuk sari yang terbawa serangga menempel ke kepala putik.
d. Kepala putik yang terbawa serangga menempel ke bunga lain.

7. Berikut ini yang termasuk perkembangbiakan secara vegetatif alami adalah ….
a. stek dan cangkok
b. enten dan geragih
c. spora dan tunas
d. membelah diri dan merunduk

8. Metode pengembangbiakan tumbuhan yang memerlukan tempat dan media yang khusus adalah ….
a. setek
b. cangkok
c. geragih
d. kultur jaringan

9. Fungsi akar pada tanaman ketela pohon adalah ….
a. alat perkembangbiakan dan menyimpan cadangan makanan
b. alatperkernbangbiakan dan menyerap unsur hara dalam tanah
c. menopang tumbuhan agar tetap tegak dan alat pernapasan
c. menyerap zat hara dalam tanah dan menyimpan cadangan makanan

10. Pembuluh kayu pada tumbuhan berfungsi untuk ….
a. penyokong atau penguat pada tụrnbuhan
b. pengangkut air dan mineral menuju daun
c. mengedarkan zat makanan hasil fotosintesis
d. melindungi jaringan yang ada di

13. Perhatikan tabel berikut ini!
Contoh Soal PTS/STS IPAS Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka Gambar 2
Pasangan nama bagian bunga dan fungsinya yang benar ditunjukkan oleh ….
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 5
c. 2, 3, dan 5
d. 2, 4. dan 5

14. Fungsi batang pada pohon tebu adalah sebagai ….
a. tempat melekatnya daun
b. tempat menyerap air dan unsur hara
c. tempat menyimpan cadangan makanan
d. alat perkembangbiakan

15. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini !
1) Tempat memasak makanan.
2) Sebagai alat pernapasan.
3) Tempat berlangsungnya proses penguapan.
4) Mengangkut air dan zat hara dari akar.
Pernyataan tersebut yang menunjukkan fungsi daun yang benar adalah nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (1), (2), dan (3)
d. (1), (2), (3), dan (4)

16. Bagian akar yang berfungsi untuk menyerap semua air dan garam mineral yang ada di dalam tanah adalah ….
a. rambut akar
b. tudung akar
c. ujung akar
d. inti akar

17. Proses fotosintesis dipengaruhi oleh faktor dalam dan faktor luar. Faktor di bawah ini yang tidak menentukan laju fotosintesis adalah ....
a. suhu udara dan kelembaban
b. kandungan karbon dioksida
c. kecepatan transpirasi
d. ketersediaan air

18. Fungsi stomata pada daun adalah ....
a. penguat tumbuhan muda
b. menyerap cahaya matahari
c. keluar masuk oksigen dan karbon dioksida
d. mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh tubuh

19. Tumbuhan melakukan proses fotosintesis pada daun. Hasil fotosintesis kemudian disalurkan ke seluruh bagian túmbuhan oleh jaringan ....
a. xilem
b. floem
c. kambium
d. empulur

20. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cangkok adalah ....
a. mangga, jambu, dan kelapa
b. rambutan, kelapa, dan bambu
c. mangga, jambu, rambutan
d. rambutan, bambu, mangga

21. Perhatikan tabel berikut ini !
Contoh Soal PTS/STS IPAS Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka Gambar 3
Pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan dengan cara perkembangbiakànnya adalah ….
a. (1)-(c) dan (2)-(a)
b. (2)-(d) dan (3)-(c)
c. (3)-(a) dan (4)-(b)
d. (3)-(b) dan (4)-(c)

22. Hubungan yang tepat antara tumbuhan dengan cara penyerbukannya adalah ....
a. Padi dengan bantuan angin, karena bijinya kecil dan mudah diterbangkan.
b. Kelapa dengan bantuan angin, karena pohonnya tinggi dan buahnya ringan.
c. Tembakau dengan bantuan serangga, karena bijinya kecil dan berlemak.
d. Beringin dengan bantuan mamalia, karena buahnya dapat menempel di badan mamalia.

23. Pengertian zat yang benar adalah ….
a. sesuatu yang memiliki bentuk tetap
b. sesuatu yang memiliki bentuk berubah-ubah
c. sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa
d. sesuatu yang membutuhkan ruang sebagai tempat

24. Cara membuktikan zat menempati ruang, salah satunya dengan ....
a. menentukan beratnya dengan timbangan
b. menimbang dengan alat ukur timbangan
c. dimasukkan ke dalam benda lain
d. dimasukkan ke suatu tempat

25. Pernyataan berikut yang bukan merupakan sifat-sifat zat adalah ….
a. zat cair bentuk berubah volume tetap
b. zat gas bentuk dan volume berubah
c. zat padat bentuk dan volume tetap
d. zat cair bentuk dan volume berubah

26. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Bentuknya berubah-ubah sesuai tempatnya.
(2) Menekan ke segala arah.
(3) Mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah
(4) Isinya tidak tetap.
(5) Isi tetap.
Sifat-sifat zat cair terdapat pada nomor ....
a. (1). (2), dan (4)
b. (1), (3), dan (5)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (4), dan (5)

27. Pekerja bangunan menggunakan waterpass saat memasang batu bata. Waterpass menerapkan sifat benda cair, yaitu ....
a. mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah
b. permukaan air yang tenang selalu mendatar
c. meresap melalui celah-celah kecil
d. menekan ke segala arah

28. Ban sepeda yang semula kempes, lalu dipompa akan menjadi keras. Perubahan ban sepeda dari kempes menjadi keras setelah dipompa membuktikan sifat udara yang ....
a. bentuknya dapat berubah-ubah
b. mempunyai massa
c. menempati ruang
d. isi tidak tetap

29. Air di dalam gelas-akan berbentuk seperti gelas. Ketika air tersebut dipindah ke dalam botol, air akan berubah bentuk seperti botol. Peristiwa tersebut membuktikan salah satu sifat air, yaitu ....
a. volumenya tetap
b. menekan ke segala arah
c. bentuknya berubah sesuai bentuk wadahnya
d. mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah

30. Amatilah daftar kegiatan dan perubahan wujud di bawah ini !
Contoh Soal PTS/STS IPAS Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka Gambar 4
Pasangan kegiatan dan perubahan wujud yang benar adalah ….
a. (1)-(d) dan (2)-(c)
b. (1)-(c) dan (3)-d)
c. (2)-(a) dan (3)-(b)
d. (3)-(c) dan (4)-(a)

31. Perhatikan bagan perubahan wujud zat berikut !

Contoh Soal PTS/STS IPAS Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka Gambar 5

Perubahan wujud yang ditunjukkan nomor 2, 4, dan 6 berturut-turut dinamakan ….
a. mencair, menguap, dan menyublim
b. menguap, menyublim, dan membeku
c. menyublim, mengembun, dan membeku
d. mengembun, menyublim, dan mencair

32. lbu membuat agar-agar yang kemudian dituang dalam kotak cetakan. Namun setelah dituang. agar-agar tersebut menjadi padat dan tampak sedikit berkurang. Agar-agar dalam cetakan tersebut mengalami ….
a. penyusutan pada benda padat
b. penyusutan pada benda cair
c. penyusutan pada benda gas
d. pemuaian pada benda cair

33. Kayu dapat diubah menjadi meja, hal ini menandakan sifat benda padat ….
a. dapat diubah
b. keras
c. berguna
d. tidak dipengaruhi tempatnya

34. Rendra menyalakan lilin. Setelah beberapa menit panjang lilin menjadi berkurang. Perubahan wujud yang terjadi pada peristiwa tersebut adalah ….
a. mencair dan membeku
b. menyublim dan membeku
c. mengembun dan menguap
d. menguap dan menyublim

35. Benda yang dapat berubah menjadi padat jika tercampur dengan air adalah ….
a. semen
b. batu
c. plastik
d. kapas

36. Terjadinya proses penguapan dari zat cair yang ada di permukaan bumi disebabkan oleh adanya ….
a. panas bumi
b. angin yang bertiup kencang
c. panas matahari
d. gempa tektonik

37. Budi menuangkan air panas ke dalam gelas dan ditutup. Setelah beberapa saat, bagian dalam dari tutup gelas terdapat titik-titik air. Jenis perubahan wujud yang terjadi adalah ....
a. pengembunan 
b. penyubliman
c. pembekuan
d . penguapan

38. Kegiatan sehari-hari yang memanfaatkan proses membeku adalah ....
a. pembuatan es krim
b. pemakaian minyak wangi
c. menanak nasi
d. memanaskan air

39. Benda yang dapat mengalami proses menyublim adalah ….
a. es batu
b. air
c. kamper
d. batu bata

40. Di bawah ini merupakan bentuk perubahan wujud yang dapat kembali adalah ….
a. nasi yang sudah menjadi bubur
b. kertas yang dibakar menjadi abu
c. buah mangga yang dibiarkan menjadi lembek
d. air yang berubah menjadi es

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Hasil fotosintesis adalah ………………………………………………………………………………………
2. Bunga sangat penting untuk perkembangbiakan tumbuhan karena ……………………………………..
3. Menyirip, melengkung, menjari, dan sejajar merupakan bentuk-bentuk ………………………………...
4. Tumbuhan paku dan jamur berkembang biak dengan …………………………………………………….
5. Cara perkembangbiakan tumbuhan dengan menanam bagian tertentu, seperti daun, batang, atau akar disebut dengan istilah ………………………………………………………………………………………
6. Berdasarkan wujudnya, zat atau benda yang ada di sekitar kita dapat dikelompokkan menjadi ……..
7. Sebuah batu di atas meja dipindahkan ke dalam cawan maka bentuknya ……………………………..
8. Sifat benda cair, bentuknya sesuai dengan ………………………………………………………………...
9. Perubahan ukuran benda yang disebabkan oleh panas disebut …………………………………………
10. Kerapatan zat paling renggang pada benda berwujud …………………………………………………..

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Jelaskan bagian-bagian dan fungsi akar tumbuhan!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………

2. Apa yang dimaksud bunga sempurna? Jelaskan!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………

3. Bagaimana cara daun menyerap karbon dioksida dari udara?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………

4. Mengapa tumbuhan disebut sebagai produsen makanan? Jelaskan!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………

5. Salah satu ciri makhluk hidup adalah berkembang biak. Tumbuhan sebagai bagian dari makhluk hidup tentu juga berkembang biak. Bagaimana cara tumbuhan berkembang biak? Jelaskan!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………

6. Bagaimana sifat-sifat umum dari zat padat, cair, dan gas? Sebutkan!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………

7. Apa yang menyebabkan benda mengalami perubahan wujud? Jelaskan!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………

8. Bagaimana proses terbentuknya embun pada bagian luar gelas yang berisi air es?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………

9. Bagaimana membuktikan bahwa udara itu dapat dirasakan ? Jelaskan !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………

10. Apa maksud dari perubahan wujud zat yang dapat kembali? Jelaskan beserta dengan contohnya !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………….

Kunci Jawaban Room I

1. d. menyerap air dan zat hara (mineral) dari dalam tanah 
2. d. tulang daun, helai daun, tangkai daun, dan pelepah daun
3. a. asimilasi
4. d. Fotosintesis dapat terjadi meskipun hanya menggunakan lampu neon
5. c. 3
6. c. Serbuk sari yang terbawa serangga menempel ke kepala putik.
7. c. spora dan tunas
8. d. kultur jaringan
9. c. menyerap zat hara dalam tanah dan menyimpan cadangan makanan
10. b. pengangkut air dan mineral menuju daun
13. b. 1, 3, dan 5
14. c. tempat menyimpan cadangan makanan
15. c. (1), (2), dan (3)
16. a. rambut akar
17. c. kecepatan transpirasi
18. c. keluar masuk oksigen dan karbon dioksida
19. b. floem
20. c. mangga, jambu, rambutan
21. c. (3)-(a) dan (4)-(b)
22. a. Padi dengan bantuan angin, karena bijinya kecil dan mudah diterbangkan.
23. c. sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa
24. d. dimasukkan ke suatu tempat
25. d. zat cair bentuk dan volume berubah
26. b. (1), (3), dan (5)
27. b. permukaan air yang tenang selalu mendatar
28. c. menempati ruang
29. c. bentuknya berubah sesuai bentuk wadahnya
30. b. (1)-(c) dan (3)-(d)
31. d. mengembun, menyublim, dan mencair
32. b. penyusutan pada benda cair
33. a. dapat diubah
34. a. mencair dan membeku
35. a. semen
36. c. panas matahari
37. a. pengembunan 
38. a. pembuatan es krim
39. c. kamper
40. d. air yang berubah menjadi es

Kunci Jawaban Room II

1. karbohidrat dan oksigen 
2. bunga adalah tempat berlangsungnya penyerbukan dan pembuahan
3. tulang daun
4. spora
5. stek
6. benda padat, cair, dan gas
7. tetap batu
8. tempatnya
9. memuai
10. gas

Kunci Jawaban Room III

1. Bagian-bagian akar : leher akar (pangkal akar), rambut akar, ujung akar, dan tudung akar. 
Fungsi akar tumbuhan : 
1. Sebagai penyokong batang tumbuhan dan untuk memperkuat serta memperkokoh berdirinya tumbuhan.
2. Menyerap garam mineral dan air melalui bulu-bulu akar.
3. Sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan

2. Bunga disebut bunga sempurna jika mempunyai dua macam alat kelamin, yaitu benang sari dan putik.
3. Karbon dioksida yang berada diudara diserap oleh mulut daun/stomata dengan bantuan sinar matahari
4. karena tumbuhan hijau dapat membuat sendiri makanannya melalui proses fotosintesis
5. Cara berkembang biak tumbuhan terbagi menjadi dua, yakni vegetatif dan generatif. dan disebut sebagai produsen.

6. Sifat-sifat umum dari zat padat = bentuk dan ukurannya tetap, bentuknya dapat berubah apabila mendapatkan perlakuan khusus
Sifat-sifat umum dari zat cair  = bentuk berubah-ubah mengikuti tempatnya, volumenya tetap
Sifat-sifat umum dari zat gas  = mengisi ruangan yang ditempatinya, menekan ke segala arah

7. Benda mengalami perubahan wujud akibat adanya pemanasan atau pendinginan
8. Ketika gelas diisi es, gelas menjadi dingin. Udara yang bersentuhan dengan gelas dingin ini akan turun suhunya. Uap air yang ada di udara pun ikut mendingin. Jika suhunya sudah cukup dingin, uap air ini akan mengembun membentuk tetes-tetes air di bagian luar gelas
9. Ketika udara bergerak maka kita bisa merasakan rasa sejuk melalui pori- pori kulit kita
10. Perubahan wujud zat yang dapat kembali adalah perubahan wujud yang bisa kembali lagi ke bentuk semula. Contohnya lilin padat akan meleleh jika dipanaskan, lelehan lilin akan menjadi padat kembali jika didinginkan

Demikianlah Soal PTS/STS IPAS Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran           ...