Hari/Tanggal : Rabu, 1 November 2023
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Pembulatan angka
2. Bahasa Indonesia : 4. Meliuk dan menerjang
Capaian Pembelajaran Matematika
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. |
BCapaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
S 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Apa kabar anak-anak bu Tutik hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
MATEMATIKA
Setelah menyimak video di atas, silakan kerjakan soal berikut!
b. 3600
c. 3700
d. 3800
a. 4000
b. 4.400
c. 4.500
d. 4.550
3. 54.426 jika dibulatkan kepada ribuan terdekat hasilnya adalah…
a. 50.000
b. 54.000
c. 54.400
d. 55.000
4.Tentukan hasil pembulatan ke ratusan terdekat pada bilangan 4.792..
a. 4000
b. 4700
c. 4790
d. 4800
5.hasil pembulatan dari 425.600 ke ribuan adalah…
a. 400.000
b. 420.000
c. 426.000
d. 430.000
6.Tentukan hasil dari pembulatan bilangan berikut ini nomor 5.225 dibulatkan pembulatan atas ke tempat ratusan adalah…
a. 5.200
b. 5.240
c. 5.300
d. 5.400
7. Bilangan 1.263 jika dibulatkan pembulatan bawah ke ratusan hasilnya adalah…
a. 1200
b. 1270
c. 1280
d. 1300
8. Bilangan 6.326 jika dibulatkan ke pembulatan bawah ratusan terdekat hasilnya adalah…
a. 6.200
b. 6.300
c. 6.400
d. 6.500
9. Bilangan 24.516 jika dibulatkan ke pembulatan atas tempat puluhan ribu terdekat hasilnya adalah…
a. 20.000
b. 30.000
c. 40.000
d. 45.000
10. Bilangan 16.436 jika dibulatkan ke dalam pembulatan bawah ribuan terdekat hasilnya adalah…
a. 10.000
b. 15.000
c. 16.000
d. 17.000
Pragraf 1 | |
---|---|
Ide Pokok | Lima desa yang terkenal dengan ciri khas tarian dan para penarinya. |
Ide Pendukung |
|
Pragraf 2 | |
Ide Pokok | Desa Olehsari di Banyuwangi, Jawa Timur, terkenal dengan tari seblang |
Ide Pendukung |
|
Pragraf 3 | |
Ide Pokok | Desa Cempaga di Bali terkenal dengan tari baris |
Ide Pendukung |
|
Pragraf 4 | |
Ide Pokok | Desa Barikin di Kalimantan Selatan dikenal dengan tari baksa kembang |
Ide Pendukung |
|
Pragraf 5 | |
Ide Pokok | Desa Situraja di Jawa Barat terkenal dengan tari umbul |
Ide Pendukung |
|
Pragraf 6 | |
Ide Pokok | Desa Gigieng di Aceh dengan tari seudati |
Ide Pendukung |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar