Hari/Tanggal : Rabu, 15 November 2023
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Kelipatan
2. Bahasa Indonesia : 4. Meliuk dan menerjang
Capaian Pembelajaran Matematika
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. |
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
S 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Apa kabar anak-anak bu Tutik hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
MATEMATIKA
Materi pembelajaran kelas 4 SD yaitu kelipatan bilangan ialah menghitung angka kelipatan dari angka-angka yang sudah tersedia.
Definisi Faktor bilangan ialah pembagi dari suatu bilangan, yaitu bilangan-bilangan yang membagi habis bilangan tersebut.
Kelipatan dan faktor persekutuan ialah kelipatan atau faktor yang sama dari bilangan-bilangan tersebut.
Sedangkan pengertian dari KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) adalah Kelipatan yang sama dari dua bilangan atau lebih.
Bilangan terkecil di antara kelipatan-kelipatan persekutuannya. Sedangkan pengertian dari FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) adalah Hasil kali faktor yang sama saja dan ambil faktor dengan pangkat terkecil.
Jadi KPK disini yaitu Hasil kali semua faktor dan ambil faktor dengan pangkat terbesar untuk faktor ynag sama.
Siswa diharapkan bisa menerapkan pemahaman tentang faktor-faktor umum dan kelipatan bersama untuk memecahkan masalah matematika hari ini.
Ini adalah contoh soal dan bagaimana pembahasannya yang dapat Anda simak!
1. Kelipatan
Kelipatan suatu bilangan bisa diperoleh dengan cara menambahkan bilangan tersebut dari bilangan sebelumnya atau mengalikan bilangan tersebut dengan 1, 2, 3, 4, dan seterusnya.
Contoh:
1. Tulislah 10 bilangan kelipatan 2!
Jawab:
Kelipatan 2 = 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, 18, 20, 22, …
2. Bilangan kelipatan 8 yang kurang dari 30 adalah . . . .
Jawab:
Kelipatan 8 = 8, 16, 24, 32, 40, 48, 56, …
Kelipatan 8 yang kurang dari 50 adalah 8, 16, dan 24.
2. Faktor
Faktor suatu bilangan bisa diperoleh dengan menentukan bilangan-bilangan yang membagi habis bilangan tersebut.
Cara lain untuk menentukan faktor dari sebuah bilangan adalah dengan menentukan perkalian dua bilangan yang hasilnya merupakan bilangan tersebut. Dengan ketentuan, bilangan yang sama hanya ditulis satu kali.
Contoh:
1. Tentukan semua bilangan yang merupakan faktor 24 !
Bilangan prima
Bilangan prima adalah bilangan yang hanya mempunyai 2 faktor yaitu 1 dan bilangan itu sendiri.
Contoh: 2, 3, 5, 7, 11, 13, ...
Bilangan prima terkecil adalah 2.
Bilangan prima yang merupakan bilangan genap adalah 2.
B. Menentukan Kelipatan dan Faktor Persekutuan
1. Kelipatan Persekutuan
Kelipatan Persekutuan (KP) dari dua bilangan adalah kelipatan dari dua bilangan tersebut yang sama.
Contoh:
1. Kelipatan persekutuan dari 4 dan 6 adalah . . . .
Jawab:
K4 = 4, 8, 12, 16, 20, 24, 28, 32, 36, 40, …
K6 = 6, 12, 18, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, …
KP 4 dan 6 = 12, 24, 36, …
2. Kelipatan persekutuan 2 dan 3 yang terletak diantara 10 dan 20 adalah . . . .
Jawab:
K2 = 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, 18, 20, 22, ...
K3 = 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, ...
KP 2 dan 3 antara 20 dan 30 adalah 12 dan 18.
2. Faktor Persekutuan
Faktor Persekutuan (FP) dari dua bilangan adalah faktor dari dua bilangan tersebut yang sama.
Contoh:
1. Faktor persekutuan dari 16 dan 20 adalah . . .
2. Faktor persekutuan dari 30 dan 18 adalah . . . .
C. Menentukan Kelipatan Terkecil (KPK)
Langkah-langkah menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan adalah:
· Menentukan kelipatan dari masing-masing bilangan.
· Menentukan kelipatan persekutuan dari dua bilangan tersebut.
· Menentukan kelipatan persekutuan yang nilainya paling kecil.
Contoh:
1. Tentukan KPK dari 8 dan 12!
Jawab:
K8 = 8, 16, 24, 32, 40, 48, 56, 64, 72, ...
K12 = 12, 24, 36, 48, 60, 72, 84, ...
KP 8 dan 12 = 24, 48, 72, ...
KPK dari 8 dan 12 = 24.
D. Menentukan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
Langkah-langkah menentukan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan adalah:
· Menentukan faktor dari masing-masing bilangan.
· Menentukan faktor persekutuan dari dua bilangan tersebut.
· Menentukan faktor persekutuan yang nilainya paling besar.
Contoh:
1. Tentukan FPB dari 15 dan 20!
Jawab:
F 15 = 1, 3, 5, 15
F 20 = 1, 2, 4, 5, 10, 20
FP 15 dan 20 = 1, 3, 5.
FPB 15 dan 30 = 5
2. Tentukan FPB dari 24 dan 45!
Jawab:
F 24 = 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 24
F 45 = 1, 3, 5, 9, 15, 45
FP 24 dan 45 = 1, 3.
FPB 24 dan 45 = 3
E. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK atau FPB
Perhatikan soal cerita berikut ini!
1. Rio dan Dimas suka berenang. Rio berenang setiap 6 hari sekali, sedangkan Dimas berenang setiap 3 hari sekali. Jika hari ini mereka berenang bersama, berapa hari lagi mereka akan berenang bersama?
Penyelesaian:
Masalah diatas dapat diselesaikan dengan menggunakan KPK.
K6 = 6, 12, 18, 24, 30, ...
K3 = 3, 6, 9, 12, ...
KPK 6 dan 3 = 6.
Jadi, mereka akan berenang bersama 6 hari lagi.
2. Ibu mempunyai 16 apel dan 40 jeruk. Ibu akan memasukkan buah-buahan tersebut dalam beberapa kantong plastik. Isi setiap plastik sama. Berapa jumlah plastik terbanyak yang dibutuhkan Ibu?
Penyelesaian:
Masalah diatas dapat diselesaikan dengan menggunakan FPB.
F16 = 1, ,2 , 4, 8, 16
F40 = 1, 2, 4, 5, 8, 10, 20, 40
FPB 16 dan 40 = 8
Jadi, jumlah plastik terbanyak yang dibutuhkan Ibu adalah 8.
Jika sudah mengerti, sekarang coba berlatih dengan menjawab soal di bawah ini:
1. Kelipatan bilangan 3 adalah....
a. 0,3,6,9,12 c. 3,6,9,12
b. 1,3,6,9,12 d. 3,6,8,12
2. Bilangan kelipatan 4 yang lebih dari 20 dan kurang dari 40 adalah....
a. 20, 24, 28, 32,36,40 c. 24, 28, 32,36,40
b. 20, 24, 28, 32,36 d. 24, 28, 32,36
3. Kelipatan persekutuan dari 6 dan 8 adalah...
a. 1,12, 24,36,48,.. c. 24,36,48,..
b. 12, 24,36,48,.. d. 24,48,...
4. Faktor dari 18 adalah....
a. 1,2,3,6,9,18 c.2,3,6,9
b. 1,2,3,6,18 d. 2,3
5. Faktor persekutuan dari 20 dan 24 adalah....
a. 1,2,3,4,5,6 c. 2,4
b. 1,2,4 d. 2
6. Faktor persekutuan dari 32 dan 36 adalah.....
a.1,2,3,4,6 c. 1,2,4
b. 1,2,3,4 d. 2,4
7. Kelipatan 3 antara 20 dan 40 yang habis dibagi 4 adalah....
a. 2,24,36 c. 36
b. 24,36 d. 40
8. Yang bukan kelipatan 6 adalah....
a. 24 c. 44
b. 30 d. 60
9. Kelipatan 8 antara 40 dan 60 adalah....
a. 40,48,52 c. 40,48,56
b. 42,50,58 d. 48,56
10. Faktor dari 51 adalah.....
a. 1,3,21,51 c. 1,3,5,17,51
b. 1,3,17,51 d. 1,3,5,15,51
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. kelipatan 9 yang kurang dari 50 adalah...
2. kelipatan dari 14 adalah....
3. kelipatan persekutuan dari 15 dan 18 adalah....
4. kelipatan 7 yang habis dibagi 2 adalah...
5. KPK dari 28 dan 36 adalah....
6. faktor dari 30 adalah ....
7. faktor dari 42 adalah ...
8. faktor persekutuan dari 39 dan 48 adalah....
9. FPB dari 60 dan 72 adalah....
10. FPB dari 64 dan 98 adalah.....
Kunci Jawaban Bagian A
1. c
2. d
3. d
4. a
5. b
6. c
7. b
8. c
9. d
10. b
Kunci Jawaban Bagian B
1. 9,18,27,36,45
2. 14,28,42
3. 90,180
4. 14,28,42,...
5. 252
6. 1,2,3,5,6,10,15,30
7. 1,2,6,7,21,42
8. 624
9. 12
10. 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar