Subtema : 3 ( Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia)
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :
KD PKN
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
KD Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan pengamatan, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
2. Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui kerja bakti dan manfaatnya dengan penuh kepedulian
Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas sumber energi alternatif. hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3 yakni tentang Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di pembelajaran 4 dibawah ini.
Yuk simak ringkasan materi dibawah ini....
Ringkasan Materi
PKN
Aktivitas manusia sering memicu lahirnya bencana alam. Misalnya terjadinya banjir, kebakaran hutan,
atau krisis air bersih. Mengapa perilaku manusia dapat memicu terjadinya bencana alam?
Perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap alam justru akan merugikan manusia itu sendiri. Misalnya, hanya demi mengejar keuntungan melalui jual beli kayu, manusia menebangi hutan secara membabi buta. Hal tersebut akan memicu terjadinya tanah longsor, kekeringan, dan banjir. Pohon yang menjadi pelindung tanah, peyerap air, dan penyuplai udara bersih sudah tidak ada lagi. Perbuatan yang demikian merupakan perbuatan yang tidak mencerminkan pemenuhan kewajiban sebagai warga negara. Perbuatan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang, namun berdampak pada banyak orang dan berdampak pula pada keberlangsungan hidup manusia dan alam.
Mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan oleh perilaku masyarakat terhadap lingkungan, maka masyarakat harus secara sadar mengembangkan perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan lingkungan alam. Bahkan, masyarakat pun harus mau bersatu padu dan bahu membahu menjaga kelestarian lingkungan alam.
Berikut ini adalah contoh sikap persatuan dan kesatuan yang dapat kita lakukan;
Sikap persatuan dan kesatuan di rumah :
1. Saling menghargai dan saling menyanyangi anggota keluarga
2. Saling menghargai perbedaan kelompok antar anggota
3. Saling membantu bila ada anggota keluarga yang mengalami kesulitan
4. mendengarkan nasihat orang tua
5. Gotong royong dalam
Contoh sikap persatuan dan kesatuan di sekolah :
1. Piket bersama membersihkan kelas atau halaman sekolah
2. Belajar kelompok
3. Saling menghargai dan menghormati antar teman
4. Membantu teman yang sedang mengalami kesulitan
5. Menjenguk teman yang sedang sakit
Contoh sikap persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat :
1. Saling menghargai dan tidak membedakan antar anggota masyarakat
2. Hidup rukun, dengan cara mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi
3. Kerja bakti secara rutin membersihkan lingkungan
4. Bergotong royong membangun sarana dan prasarana kebersihan
5. Melakukan ronda malam untuk menjaga ketertiban lingkungan
BAHASA INDONESIA
Kerja bakti merupakan kegiatan positif masyarakat yang banyak manfaatnya. Selain memupuk jiwa persatuan dan kesatuan, kerja sama, juga dapat berguna dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan umum. Kerja bakti apa saja yang sering dilakukan oleh warga masyarakat di sekitar tempat tinggalmu? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.
Latihan hari ini,
Petunjuk soal :Tuliskan pendapatmu di buku tulis kalian.
Amatilah gambar berikut. Selanjutnya, tuliskan pendapatmu mengenai gambar.
Apakah perilaku atau sikap orang-orang pada gambar mencerminkan
persatuan dan kesatuan? Jelaskan !
1.
2.
3.
4.
5.
Baiklah anak sholeh sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Dan besok kita akan bertemu pada preman 9 subtema 3 pembelajaran 5.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar