Hari/Tanggal : Selasa / 9 Mei 2023
Tema : 9 (Kayanya Negeriku)
Subtema : 2 (Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia)
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :
KD IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
KD SBDP
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
Tujuan Pembelajaran 5 :
1. Dengan membaca dan menggamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam dengan penuh kepedulian.
2. Dengan bernyanyi, siswa dapat menyanyikan lagu dengan memerhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.
Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Kekayaan sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk menunjang dan mempermudah kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
Manfaat kekayaan alam bagi masyarakat dapat dirasakan langsung, misalnya hasil pertanian dan perkebunan. Sayur-sayuran, buah-buahan, padi, merupakan contoh beberapa hasil kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan secara langsung. Ada juga kekayaan alam yang dimanfaatkan secara tidak langsung. Artinya kekayaan alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Misalnya minyak bumi yang harus diolah terlebih dahulu menjadi minyak tanah, solar, bensin, maupun aspal agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sumber daya alam yang kita miliki menghasilkan kekayaan alam berupa hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil hutan, dan hasil tambang. Sumber daya alam tersebut akan bermanfaat apabila kita dapat mengolahnya dengan baik.
Setiap kekayaan alam yang kita miliki mempunyai manfaat dan kegunaan
masing-masing. Berikut tabel contoh hasil sumber daya alam dan manfaatnya.
untuk selanjutnya contoh hasil sumber daya alam dan manfaatnya dapat kalian buka buku tema 9 kalian di halaman 86-87.
Baiklah anak sholeh dan sholehah. Itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu di tema 9 subtema 2 pembelajaran 6.
TUGAS :
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Rangkaian nada-nada yang dimainkan secara berirama dan teratur disebut ....
a. bunyi
b. melodi
c. suara
d. tempo
2. Not setengah bernilai .... ketukan.
a. satu
b. dua
c. tiga
d. empat
3. Kita harus memahami nada ketika menyanyikan sebuah lagu. Pengertian dari nada adalah bunyi yang....
a. acak
b. tinggi
c. beraturan
d. tak beraturan
4. Perhatikan hal-hal berikut !
(1) Irama
(2) Alat musik
(3) Tempo
(4) Jenis lagu
Hal yang harus diperhatikan ketika menyanyikan sebuah lagu ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (3) dan (4)
5. Perhatikan judul lagu berikut ini !
(1) Halo-Halo Bandung.
(2) Maju Tak Gentar.
(3) Mengheningkan Cipta.
(4) Bagimu Negeri.
Lagu dengan tempo cepat ditunjukkan pada nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (3) dan (4)
6. Lagu "Indonesia Raya" memiliki birama ....
a. 2/4
b. 3/4
c. 4/4
d. 6/8
7. Birama 4/4, artinya tiap birama terdiri atas .... ketukan.
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
8. Lagu "Maju tak Gentar" diciptakan oleh ....
a. lbu Sud
b. A.T Mahmud
c. L. Manik
d. C. Simanjutak
9. Kecepatan atau kelambatan suatu lagu yang dinyanyikan disebut ....
a. irama
b. birama
c. harmoni
d. tempo
10. Tempo presto memil
iki arti ....
a. lambat sekali
b. cepat sekali
c. lambat
d. cepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar