Hari / Tanggal : Rabu / 9 Mei 2023
Tema : 9 (Kayanya Negeriku)
Subtema : 2 (Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia)
Pembelajaran : 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengidentifikasi perilaku-perilaku orang–orang di sekitarnya, siswa dapat yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
2. Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
3. Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui bentuk-bentuk konservasi yang ada di daerah tempat tinggalnya dengan penuh kepedulian.
Bismillah...
Apa kabar anak sholih dan sholihah hari ini? Bagaimana dengan keimanan dan puasa kalian hari ini? Masih semangatkah? In syaa Allah, senantiasa istiqamah dengan amalan-amalan di bulan Ramadhan ini ya Nak... Aamiin...
Hari ini kita akan kembali ke aktivitas seperti biasanya, Kita akan melanjutkan ke pembelajaran Tema 9 "Kayanya Negeriku" Subtema 2 dihari keenam.
Apakah anak sholih dan sholihah sudah siap? Masih semangat? Alhamdulillah ^,^
Agar lebih semangat dan tidak mengantuk, silahkan anak-anak mandi, menyimak tausiah, sholat dhuha, muraajah, membaca surat Al Kahfi serta berdoa sebelum belajar ya sayank... ^,^
Yuk, simak materi berikut ini dulu ^,^
Materi PPKn
Kerjasama dalam melaksanakan kewajiban menjaga kelestarian sumber daya alam.
Sda membierikan banyak manfaat bagi masyarakat.
Tetapi pemanfaatan sumber daya alam yang berlebihan secara terus menerus dapat menimbulkan permasalaham, misalnya ketersedian sumber daya alam yang habis atau tercemarnya sumber daya alam.
Oleh karena itu baik masyarakat dengan masyarakat yang lain dan pemerintah perlu bekerjasama . dalam melaksanakan kewajiban. Hal itu bertujuan agar sumber daya alam tersebut tetap lestari.
Berikut contoh kerjasama dalam melaksanakan kewajiban menjaga kelestarian sumber daya alam.
1. Melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan rumah
2. Melakukan kegiatan reboisasi hutan
3. Melakukan pengelolaan sampah dengan baik dan benar.
4. Menyediakan tempat sampah dibeberapa titik lokasi yang sering dilalui masyarakat seperti taman serta
5. Pemerintah daerah berpartisipasi dalam membersihkan sungai dari sampah seperti menyediakan alat-alat penggeruk sampah.
Materi B.Indonesia
Sebelum melakukan wawancara kita harus memperhatikan langkah-langkah yang harus dilakukan saat wawancara seseorang.
Kita harus menentukan topik dan narasumber yang ingin diwawancarai terlebih dahulu. Kemudian kita dapat menyusun pertanyaan wawancara sesuia topik.
Untuk topik yang berhubungan dengan wabah virus kita dapat mewawancarai narasumber seorang ahli kesehatan yang menangani kasus covid 19. Seperti bagaimana penangulangi, pengobatan, menghindari virus tersebut.
MATERI MATEMATIKA
Pada pertemuan sebelumnya di kelas, anak Sholeh Sholehah sudah belajar bagaimana cara membuat gambar sudut menggunakan busur derajat.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buatlah sebuah ruas garis.
2. Letakkan pusat busur derajat pada salah satu ujung ruas garis.
3. Berilah tanda titik sesuai dengan besar derajat sudut yang akan kita buat.
4. Hubungkan salah satu ruuas garis dengan tanda titik yang sudah dibuat.
Video cara membuat sudut menggunakan busur derajat :
Soal Latihan Matematika :
Buatlah gambar sudut menggunakan busur derajat dengan besar sebagai berikut :
1. 65 derajat
2. 35 derajat
3. 120 derajat
4. 150 derajat
5. 165 derajat
Terimakasih
Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar